Uji Kompetensi Dokter - Soal Dan Jawaban

Latihan Soal  Uji Kompetensi Dokter Lengkap Jawaban
  1. Seorang laki-laki berusia 30 tahun yang sebelumnya dalam keadaan sehat, menderita demam dan pruritus, berkeringat malam, serta menemukan benjolan di atas klavikula sinistra selama tiga minggu. Pemeriksaan fisik memperlihatkan pembesaran nodus lymphatikus yang tidak nyeri, berdiameter 3 cm, berkonsistensi kenyal dan berlokasi di regio supraklavikula. Pemeriksaan sinar X thoraks memberi kesan adanya limfo-adenopati mediastinal. Manakah balasan yang paling sempurna di bawah ini yang merupakan penyebab penyakit pada pasien tersebut?
    a. Tuberkulosis
    b. Karsinoma metastatik
    c. Penyakit Hodgkin
    d. Sarkoidosis
  2. Seorang anak laki-laki berusia 8 digigit oleh seekor lebah. Dalam lima menit terlihat lesi yang membengkak, berukuran 2 cm, dan berwarna merah di tempat gigitan tersebut. Di antara balasan berikut, temuan manakah yang lebih banyak didominasi pada lesi gigitan tersebut ? 
    a. Reaksi terhadap korpus alienum 
    b. Perdarahan 
    c. Infiltrasi limfositik 
    d. Vasodilatasi 
  3. Seorang laki-laki berusia 80 tahun menderita sebuah karsinoma ulseratif pada kulit skrotum dextra. Grup kelenjar manakah di bawah ini yang pertama kali akan mendapatkan sel-sel metastatik dari karsinoma tersebut ? 
    a. Iliaka eksterna 
    b. Iliaka Interna 
    c. Inguinal superfisialis 
    d. Inguinal profunda 
  4. Seorang anak perempuan berusia 4 tahun tidak sanggup makan selama dua hari lantaran penyakit gastro-intestinal. Dari balasan di bawah ini, manakah yang menjadi sumber utama energi yang akan dioksidasi pada otot rangka penderita tersebut ? 
    a. Kreatin Fosfat otot 
    b. Glikogen otot 
    c. Trigliserida otot 
    d. Asam lemak serum 
  5. Seorang laki-laki berusia 35 tahun mengalami luka bakar pada seluruh ketebalan kulit pada tempat dorsum manus. Sebuah flap rotasi dari kulit normal dan jaringan subkutaneus dibentuk untuk menutupi defek tersebut. Dari balasan di bawah ini, pada lapisan manakah pembuluh darah arterial yang akan memperlihatkan vaskularisasi pada flap tersebut ? 
    a. Stratum Basale 
    b. Dermis serpihan dalam 
    c. Stratum corneum
    d. Lemak subkutan 
  6. Seorang laki-laki berusia 24 tahun dirujuk ke unit gawat darurat rumah sakit sesudah tertusuk benda tajam di thoraks anterior pada sisi medial papilla mamae sinistra. Pada dikala tiba, diketahui tekanan darah = 70/50 mmHg. Vena-vena leher tampak melebar.Suara pernafasan vesikuler normal pada kedua paru. Dari pilihan balasan di bawah ini, step pengelolaan berikutnya yang paling sempurna adalah:
    a. Foto Sinar X Thoraks 
    b. Intubasi endotracheal
    c. EKG
    d. Insersi tabung pada cavum thoraks sebelah kiri.
  7. Seorang perempuan berusia 22 tahun berobat ke dokter 3 bulan sesudah menemukan sebuah benjolan pada kuadran lateral bawah mammae dextra. Pemeriksaan fisik memperlihatkan massa berdiameter 2 cm, berbentuk oval, padat, halus, dan kendaraan beroda empat pada mamae tersebut. Tidak ditemukan pembesaran kelenjar getah bening axilla. Jika biopsi eksisi di lakukan pada benjolan tersebut, maka kemungkinan besar akan memperlihatkan tanda-tanda penyakit: 
    a. Nekrosis lemak
    b. Fibroadenoma 
    c. Kelainan fibrokistik mammae
    d. Karsinoma intraduktal
  8. Seorang perempuan berusia 54 tahun dibawa ke unit gawat darurat oleh keluarganya lantaran baal dan lemah pada tangan kiri dan kedua kakinya selama 2 jam. Dia mempunyai riwayat tekanan darah tinggi dan penggunaan alkohol serta merokok sebanyak 2 bungkus rokok setiap hari selama 30 tahun. Rasa pada tangan kiri dan kedua kaki menurun dan kekuatan otot yaitu 0/5. Terdengar bruit pada arteri karotid kanan. 
    Manakah dari investigasi di bawah ini yang paling sempurna untuk penegakan diagnosis awal? 
    a. Electroencephalography
    b. Carotid duplex scan
    c. CT scan kepala
    d. Echocardiography
  9. Satu hari sesudah perbaikan terhadap ruptur aneurisma aorta yang dilakukan dalam keadaan emergensi, seorang laki-laki berusia 66 tahun menghasilkan urine sebanyak 35 mL selama perioda 4 jam, sebuah kateter foley masih terpasang. Dia mendapatkan 14 unit darah selama operasi. Suhu C (100 F), tekanan darah 104/68 mmHg, dan naditubuhnya 37.8 126x/menit. Pemeriksaan fisik memperlihatkan adanya edema perifer yang luas. Suara jantung normal. Pada investigasi dengan auskultasi bunyi paru terdengar bersih. Perut teraba lunak. Hasil investigasi laboratorium menunjukkan: Hematocrit 27%, Serum Na+ 143 mEq/L, K+ 5.0 mEq/L, Urine Na+ 6 mEq/L. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang merupakan penyebab oliguria yang paling sempurna untuk pasien tersebut? 
    a. Gagal jantung 
    b. Hypovolemia
    c. Occluded Foley catheter
    d. Renal artery thrombosis
  10. Pria, 38 th, 2 mgg ini mencicipi kaki kirinya terasa sangat nyeri dikala tidur. sebetulnya dirasa sakit semenjak 1 tahun belakangan, namun hanya dirasakan jikalau berjalan. Penderita mengeluh jarak tempuh makin usang makin pendek dan sering berhenti lantaran nyeri. Bila istirahat nyeri hilang. Penderita seorang perokok berat. PF secara umum normal, pada eks. inf. sinistra tidak teraba pulsasi a. dorsalis pedis dan tibialis posterior investigasi lab normal.
    Manakah diagnosis yg paling mungkin?
    a. Acute arterial occlusion -> tdk mgkn akut sdh 1 thn
    b. Thromboangitis obliterans 
    c. Diabetic arteriopathy
    d. Chronic arterial thrombosis 
  11. Pria, 31 th, menderita Buerger's disease. mengeluh ujung kelingking kaki kanannya kehitaman dan bau. juga dirasakan sangat nyeri. PF umum normal, status lokalis: tampak gangren kering pd ujung digiti V pedis dex. Lab: Hb 13,1 Leu 12.100 lab lain normal Tindakan pd pasien:
    a. Nekrotomi & debridement, kemudian disiapkan u/ amputasi elektif
    b. Nekrotomi & debridement, kemudian diberi analgetik, antibiotik, & vasodilator oral
    c. insisi & drainase, --> analgetik, antibiotik, vasodilator oral
    d. tidak nekrotomi & debridement --> tapi analgetik, antibiotik, vasodilator oral ?
  12. Wanita 35 tahun, tungkai kanan jerawat semenjak 2 thn lalu, tidak nyeri. Diagnosa paling mungkin?
    a. deep vein thrombosis
    b. Lipedema
    c. Limfedema 
    d. Edema statis 
  13. Perempuan 18th, nyeri diujung kaki kiri semenjak 5 hari yll, jari tsb tampak pucat dan cuek dibanding kaki kanan. pulsasi hanya terperinci teraba di inguinal tetapi lemah. semenjak 1bln yll sakit kepala terus menerus. TD di lengan kiri-kanan sama, tetapi TD di tungkai kiri lebih lemah dr yg lain. Diagnosis paling mungkin?
    a. Arterioskelosis
    b. Aterosklerosis obliterans
    c. Tromboflebitis
    d. Arteritis takayasu
  14. Apa tanda dan tanda-tanda terpenting dari Volkmann's ischemic:
    a. Pallor
    b. Coolness
    c. Swelling
    d. Pain
  15. Seorang gadis manis tiba ke praktek saudara mengharapkan tinggi tubuh bertambah lantaran ia bercita2 jd pramugari. dr menyarankan / Rontgen tempat lutut. apa yg terutama dilihat dari hasil Ro pd masalah diatas?
    a. Periosteum
    b. Epiphysis
    c. Metaphysis
    d. Perichondrium
  16. Laki2, 25th, kecelakaan kemudian lintas (KLL) --> sepeda motor, dibawa ke dukun tulang. 1mgg kemudian dibawa ke UGD & trnyata mengalami patah tulang (Fx) terbuka 1/3 atas tibia grade 3A. Tindakan?
    a. Pemberian antibiotik (AB) dan anti tetanus serum (ATS)
    b. Dilakukan imobilisasi dgn plaster cast
    c. Dilakukan investigasi kultur dan resistensi test bakteri dr lukanya
    d. Dilakukan debridement, fiksasi eksternal, AB yg sesuai
  17. Pria 81 tahun ditemukan keluarganya dalam keadaan disorientasi dan kebingungan. Pemeriksaan di ruang emergensi memperlihatkan adanya hipoglikemi. Pria ini tidak demam, investigasi fisik dalam batas normal. Dilakukan bolus dekstrosa dan pasien segera membaik, gula darahnya menjadi 122 mg/dL dan investigasi neurologi kembali normal. Obat manakah yang paling sering menyebabkan gejala-gejala tersebut diatas :
    a. Metformin
    b. a -glukosidase inhibitor
    c. Sulfonylurea
    d. Grinid
  18. Terapi obat yang paling sempurna untuk pasien diabetes tipe 1 yaitu :
    a. Injeksi insulin NPH malam sebelum tidur
    b. Injeksi insulin adonan (NPH + RI) pagi dan malam sebelum makan
    c. Insulin RI setiap kali sebelum makan dan NPH sebelum tidur
    d. Kombinasi sulfonylurea pagi dan NPH sebelum tidur
  19. Anda sebagai dokter komite olah raga nasional. Suatu hari tiba seorang sprinter consult ke anda perihal makanan dan minuman apa yang baik dikonsumsi menjelang pertandingan. Untuk menjawab duduk kasus tersebut anda berfikir jenis metabolisme apakah yang lebih banyak didominasi pada sprinter dikala bertanding ?
    a. Aerobic oxidation
    b. b-oxidation
    c. Aerobic glycolysis & glycogenolysis
    d. Anaerobic glycolysis
  20. Laki2 30 tahun, menikah 5 tahun blm punya anak, tanda2 seks sekunder (+), penis bentuk dan ukuran normal, ada benjolan di inguinal kanan 4x3 cm. Diagnosa ?
    a. Chriptorchimus
    b. Hernia scrotalis
    c. Varicocele
    d. Torsio testis
  21. Seorang laki-laki 40 th, pekerjaan sopir angkot tiba ke tempat praktek dokter dengan keluhan sakit tenggorokan dan batuk semenjak 2 ahad yang kemudian yang awalnya disertai pilek. Saat ini pileknya sudah sembuh, batuknya masih tetap khususnya malam hari. Dari anamnesa diketahui pasien yaitu perokok berat yang sudah sering menerima advis untuk menghentikan rokoknya, riwayat penyakit sebelumnya tidak ada. Dari investigasi didapatkan pharynx kemerahan dan lain-2 dalam batas normal. Terapi yang diberikan dokter berupa advis berhenti merokok dan obat .Obat manakah di bawah ini yang paling sempurna untuk pasien tsb ?
    a. Gliseril guaiakolat
    b. Dextrometorfan
    c. Ipekak
    d. Doveri
  22. Seorang perempuan usia 26 tahun tiba ke Rumah Sakit dengan keluhan murka marah tanpa sebab, gelisah, jikalau ditanya jawabannya incoherent selama 2 hari sebelum ke Rumah Sakit. Penderita sering kejang selama 11 tahun, frequensi kejang 2 - 3 kali per bulan, satu ahad sebelum MRS penderita kejang kejang selama 15 menit, tensi 110 / 70, nadi 110/ menit, pernafasan 24 x / menit, suhu 36,7 derajat celsius. Selain kelompok obat anti epileptika, pada penderita ini diberikan obat apa?
    a. Alprazolam
    b. Imipramine
    c. Haloperidol
    d. Diazepam
  23. Seorang ibu umur 30 tahun tiba kedokter dengan tanda-tanda panas 4 hari tidak turun-turun dan hasil investigasi : suhu tubuh 38°C, nadi 90 x/mnt dan dokter melaksanakan investigasi laboratorium dan didapat trombosit : 150.000 maka diagnosa ditegakkan yaitu DBD. Tindakan dokter tersebut termasuk dalam acara menyerupai dibawah ini..
    a. Pencegahan primer
    b. Pencegahan sekunder
    c. Pencegahan tertier
    d. Promosi kesehatan
  24. Seorang laki-laki umur 60 tahun tiba kedokter membawa hasil Ro photo sesudah 6 bln menjalani pemotretan dengan hasil bahwa penderita tersebut dinyatakan sembuh dari penyakitnya tetapi dokter menyuruh penderita control lagi dalam waktu 1 bulan hingga 3 bulan. Tindakan dokter ini termasuk dalam acara apa ? 
    a. Pencegahan primer
    b. Pencegahan sekunder
    c. Pencegahan tertier
    d. Deteksi dini
  25. Epidemiologi yaitu ilmu yang mempelajari antara lain perihal frekuensi dan distribusi penyakit. Dalam hal distribusi penyakit apakah artinya atau maknanya? 
    a. Pandemi
    b. Endemis
    c. Epidemi
    d. Berdasarkan waktu
  26. Dalam rencana acara imunisasi Polio dokter Puskesmas sebagai koordinator diwilayah kerjanya. Pimpinan Puskesmas dan stafnya bekerja keras semoga sasaran sanggup tercapai, namun ada beberapa kendala lantaran beberapa lantaran ada beberapa posyandu yang tidak memenuhi sasaran dalam pelaksanaannya lantaran kekurangan vaksin polio. Dari unsur pokok/fungsi administrasi unsur manakah yang kurang dilakukan oleh dokter Puskesmas sebagai koordinator sebelum pelaksanaan?
    a. Planning
    b. Organizing
    c. Actuating
    d. Controlling
  27. Seorang anak laki-laki berumur 8 tahun dengan tunamental. Pada investigasi fisik ditemukan fenotip seorang laki-laki dengan tanda-tanda perempuan yaitu bunyi tinggi, pertumbuhan payudara, testis kecil, alat genetalia luar tampak normal.Pemeriksaan analisa semen tidak ditemukan spermatozoa. Pemeriksaan kariotip ditemukan pemanis seks kromosom X sehingga nomenklatur kromosom yaitu 47,xxy dan formula kromosomnya 2n + 1 ( Trisomi seks kromosom ). Diagnosis manakah yang paling sempurna untuk masalah diatas ?
    a. Turner Syndrome
    b. Klinefelter Syndrome
    c. Patau Syndrome
    d. Edward Syndrome
  28. Bila hasil investigasi EKG penderita tersebut memperlihatkan potensial QRS compleks pada hantaran L-1 = 0,4 mV dan pada hantaran L-3 = 0,4 mV. Jawablah 3 soal berikut ini. Sumbu listrik pada bidang frontal jantung pasien tersebut adalah...
    a. 00
    b. 300
    c. 600
    d. 900
  29. 1.Seorang perempuan berusia 32 tahun yang menderita diabetes mellitus tipe 1 mengalami gagal ginjal progresif dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Dialisis belum dilakukan pada pasien ini. Pemeriksaan fisik tidak memperlihatkan tanda-tanda abnormalitas. Hasil investigasi laboratorium memperlihatkan kadar hemoglobin = 9 dang/dl, hematokrit = 28 %, m3. Apus darah tepi memperlihatkan sel-sel eritrosit MCV 94 normositer dan normokromik. Manakah balasan di bawah ini yang paling mungkin sebagai penyebab kondisi pasien tersebut ?
    a. Perdarahan akut
    b. Leukemia limfositik kronik
    c. Anemia Sideroblast
    d. Defisiensi erythropoietin
  30. Seorang laki-laki berusia 30 tahun yang sebelumnya dalam keadaan sehat, menderita demam dan pruritus, berkeringat malam, serta menemukan benjolan di atas klavikula sinistra selama tiga minggu. Pemeriksaan fisik memperlihatkan pembesaran nodus lymphatikus yang tidak nyeri, berdiameter 3 cm, berkonsistensi kenyal dan berlokasi di regio supraklavikula. Pemeriksaan sinar X thoraks memberi kesan adanya limfo-adenopati mediastinal. Manakah balasan yang paling sempurna di bawah ini yang merupakan penyebab penyakit pada pasien tersebut?
    a. Tuberkulosis
    b. Karsinoma metastatik
    c. Penyakit Hodgkin
    d. Sarkoidosis
  31. Seorang anak laki-laki berusia 8 digigit oleh seekor lebah. Dalam lima menit terlihat lesi yang membengkak, berukuran 2 cm, dan berwarna merah di tempat gigitan tersebut. Di antara balasan berikut, temuan manakah yang lebih banyak didominasi pada lesi gigitan tersebut ? 
    a. Reaksi terhadap korpus alienum 
    b. Perdarahan 
    c. Infiltrasi limfositik 
    d. Vasodilatasi 
  32. Seorang laki-laki berusia 80 tahun menderita sebuah karsinoma ulseratif pada kulit skrotum dextra. Grup kelenjar manakah di bawah ini yang pertama kali akan mendapatkan sel-sel metastatik dari karsinoma tersebut ? 
    a. Iliaka eksterna 
    b. Iliaka Interna 
    c. Inguinal superfisialis 
    d. Inguinal profunda 
  33. Seorang anak perempuan berusia 4 tahun tidak sanggup makan selama dua hari lantaran penyakit gastro-intestinal. Dari balasan di bawah ini, manakah yang menjadi sumber utama energi yang akan dioksidasi pada otot rangka penderita tersebut ? 
    a. Kreatin Fosfat otot 
    b. Glikogen otot 
    c. Trigliserida otot 
    d. Asam lemak serum 
  34. Laki-laki, 60 tahun berdebar, tubuh mengurus, nafsu makan meningkat, gampang emosi, keringat meningkat, sulit tidur.
    a. Hipertiroid
    b. Hipotiroid
    c. Diabetes Melitus
    d. Diabetes Insipidus
  35. Laki-laki, 24 tahun, terdapat benjolan di leher depan, tidak sakit. Orang sekampung mempunyai sakit yang sama menyerupai ini.
    a. Defisiensi Krom
    b. Defisiensi vit B1
    c. Defisiensi Iodium
    d. Oklusi kelenjar lemak
  36. 25 tahun, demam, linu, menggunakan putow 5 th, 3x/hari dan lemes. 5 jam yg kemudian pasien gelisah, keluar ingus banyak, Keadaan manakah yang sesuai dengan kondisi diatas….
    a. Sindroma Withdrawal
    b. Overdosis
    c. Keracunan kronik
    d. Adiksi
  37. Keadaan manakah yang paling sesuai untuk penggunaan putow pada kasus: 
    a. Adiksi
    b. Toleransi
    c. Abstinensia
    d. Sugesti
  38. Seorang laki-laki, 20 tahun mengeluh BAK warna kuning semenjak 2 hari. Pada Pemeriksaan fisik terlihat sclera ikterik dan kulit warna kuning. Pemeriksaaan lanjutan apa yang anda usulkan pada pasien ini ?
    a. SGOT/PT
    b. Ureum/creatinin
    c. As. Urat
    d. GDS dan GDP
  39. Seorang wanita, 30 th dibawa keluarga ke UGD lantaran muntah darah. Riwayat pasien ini menderita Hepatitis B kronik. Pemeriksaan fisik tampak lemas, TD 140/90, Nadi 90x/mnt, Konjungtiva Palpebra anemis (+), Rambut ketiak (-), ginekomasti (+), spider navi (+), Liver span 5 cm. Apa penyebab hematemesis pada pasien ini?
    a. Sind. Mallory Weiss
    b. Pecahnya Varises Esofagus
    c. Esofagitis
    d. Perforasi Ulcus Gaster 
  40. Pemeriksaan Radiologis Rutin pada anak umur 2 bulan:
    a. Foto thorax PA
    b. Foto thorax lateral kiri
    c. Foto top lordotik
    d. Foto thorax AP
  41. Sesak 2hr, batuk, panas tinggi, flu 3hari. Respirasi 53x/menit, t 390C cuping hidung (+).
    a. Efusi pleura
    b. Bronkopneumonia
    c. Pneumonia
    d. Sind Schwarte
  42. Seorang perempuan hamil 29 ahad tiba untuk ANC. Tensi 150/90, proteinuri +2. Trombosit , hepar Normal. Yang dilakukan:
    a. SC
    b. Induksi Persalinan
    c. Pemberian Mg S04
    d. Konservatif
  43. Wanita G3P2A0 Riwayat SC, hamil aterm, 20 jam inpartu belum lahir, 3 jam dipimpin belum lahir. VT: terapa tangan, letak belakang kepala. CPD relatif Tindakan?
    a. SC
    b. Partus Percobaan
    c. Vacum
    d. Forsep
  44. Laki-laki, 50 th. Hipertensi selama 5 th T= 170/100 mmhg, proposal anda sebagai dokter keluarga:
    a. Pola makan
    b. Olahraga aerobik
    c. Mengurangi strees
    d. Mengganti obat
  45. Kejadian pada anak usia 5 th dimana ibunya belum pernah vaksinasi TT, pilih salah satu yang benar:
    a. Epidemik
    b. Endemik
    c. Pandemik
    d. Wabah
  46. Anak Perempuan 13 th dibawa ibunya ke poliklinik dengan keluhan panas tubuh terus menerus semenjak 3 hari yll (keringat cuek (+).. ? goresan pena ga jelas) nyeri kepala, nyeri otot t.u tungkai,mual muntah, keluar darah dari hidung, bintik2 merah. Px selanjutnya?
    a. Tes RL
    b. Widal
    c. Darah rutin
    d. Apus tenggorok
  47. Suntika PP 1,5 jt unit i.m pada laki2 50 th. Tiba2 pasien jatuh ke lantai. PF: kesadaraan menurun, TD 60/ palp, N:120x/mnt, RR=24x/mnt. Penyebab:
    a. Ggg pompa jantung
    b. Perdarahan hebat
    c. Rasa sakit yang berat
    d. Vasodilatasi hebat
  48. Laki2 25 th gatal2 seluruh tubuh sesudah makan udang. Sejak 5 th yll. Sel apa yang jmlnya meningkat?
    a. Sel plasma
    b. Mast cell
    c. Fibrosit
    d. Makrofag
  49. Perempuan, 35th, hamil anak ke 4, dtng ke RS dengan keluhan cepat lelah dan lesu. PF: tidak ada pembesaran organ, Hb =8, Leu 12 rb, Tr 350rb, mikrositik hiokrom, anisopoikilositosis, eliptosit, Hit jenis dbn, retikulosit dbn. Pemeriksaan Lab yang tepat?
    a. Kadar besi
    b. Diff count
    c. Elektroforesis Hb
    d. Analisa tinja
  50. Seorang pasien tidak sadar di bawa ke UGD stlh menjd korban tabrak lari. N >120 TD turun, kehilangan darah 30-40%. Mnrt ATLS, pembagian terstruktur mengenai syok perdarahan?
    a. I, 
    b. II, 
    c. III, 
    d. IV,
Kunci Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: