Komunikasi Efektif - Soal Dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Komunikasi Efektif  Lengkap Jawaban
  1. Saudara mengajar di kelas 12 yang berjumlah 25 siswa yang terbagi menjadi 6 kelompok secara acak.Siswa Saudara akan berdiskusi kelompok dengan 6 topik yang berbeda. Kondisi kelas Saudara seringramai kalau melaksanakan diskusi sebab volume bunyi mereka keras dan gaduh. Bila diskusi kelompok berlangsung kondisi kelas tidak efektif dan tujuan diskusi tidak tercapai. Apa yang akan Saudara lakukan? 
    a. Saudara meminta mereka berdiskusi hingga selesai dan meminta perwakilan dari 3 kelompokmenyampaikan hasilnya. 
    b. Saudara menawarkan kebebasan berdiskusi dan meminta alhasil dalam bentuk plakat. 
    c. Saudara memberikan hukum diskusi antara lain: mencari kawasan yang nyaman di luar kelas dan setiap anggota kelompok wajib memberikan pendapatnya secara efektif. 
    d. Saudara menawarkan kebebasan mereka berdiskusi dan meminta perwakilan dari semuakelompok memberikan alhasil di depan kelas. 
  2. Kata-kata santun yang sanggup dipakai untuk menasihati siswa dalam kelas yang lebih dari sebagian penerima didiknya telah membolos yaitu …. 
    a. Disiplin itu kebutuhan hidup. Untuk bisa sukses, syarat utamanya yaitu disiplin. Membolos merupakan oposisi disiplin. Bisakah kejadian ini kita kubur dalam-dalam? 
    b. Sejarah gres sekolah ini ada kelas yang penerima didiknya membolos lebih dari dari separuh isi kelas. Kalian apa punya hatiya? Tolong jangan diulangi kejadian ini. 
    c. Ujian nasional tinggal sebulan, di mana letak kepedulian Anda wacana UN. Reputasi sekolah jangan hancur di tangan kalian. Mari kita jaga bersama prestasi sekolah ini. 
    d. Ibu masih bahagia mendengar kalian lebih dari 50% membolos. Apa jadinya kelas ini seandainya 100% membolos. Bisakah kejadian ini terulang? 
  3. Dalam berkomunikasi menyebut nama komunikan yaitu cara yang menyenangkan indera pendengaran mereka.Nama seseorang yaitu salah satu kata yang mempunyai emosional yang sangat berpengaruh bagi mereka. Tapi hal itu belum tentu seberapa sering Anda katakan nama seseorang. Namun, lebih pada bagaimanaAnda mengatakannya. Hal ini sanggup terbantu dengan cara Anda berlatih menyampaikan nama seseorang untuk satu atau dua menit hingga Anda mencicipi adanya emosional yang kuat. Ketika Anda menyebutkan nama mereka lebih menyentuh dibanding orang lain yang mereka kenal, mereka akan menemukan bahwa Andalah yang paling berkesan. 
    Uraian di atas merupakan serpihan dari …. 
    a. Tujuan komunikasi 
    b. Komunikasi yang efektif 
    c. Metode Komunikasi 
    d. Prinsip Komunikasi 
  4. Pak Imron menawarkan kebanggaan kepada Asmawi, penerima didiknya yang bisa menjawab dengan sempurna pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Imron kepada Asmawi yaitu dengan cara Pak Imron mengacungkan jempol. 
    Pujian menyerupai yang dilakukan Pak Imron kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi… 
    a. Personal 
    b. Satu arah 
    c. Verbal 
    d. Nonverbal 
  5. Ibu Prapti menjelaskan bahan pelajaran kepada penerima didiknya di kelas IV dengan jelas. Sehingga bahan pelajaran yang disampaikan Bu Prapti sanggup dimengerti dengan baik oleh penerima didik. 
    Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan seni administrasi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu…. 
    a. Clarity 
    b. Humble 
    c. Audible 
    d. Respect 
  6. Ibu Malihah menegur siswa yang tidak memperhatikan ketika ia mengajar dengan cara menatap pribadi siswa tersebut. 
    Komunikasi yang diberikan ibu Malihah kepada siswa tersebut merupakan komunikasi… 
    a. Verbal 
    b. Nonverbal 
    c. Kelompok 
    d. Massa 
  7. Pelambangan pesan ke dalam bentuk bahasa disebut dengan.... 
    a. Huruf 
    b. Decoding 
    c. Encoding 
    d. Noise 
  8. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan penerima didik dengan memakai bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ….. 
    a. 1. Membrikan pertanyaan atau kiprah sebagai permintaan kepada penerima didik untuk merespon; 2. Penyiapan kondisi psikologis penerima didik; 3. Respon penerima didik untuk merespon; 4. Reaksi guru terhadap respons penerima didik. 
    b. 1. Reaksi guru terhadap respons penerima didik; 2. Penyiapan kondisi psilogis penerima didik; 3. menawarkan pertanyaan atau kiprah sebagai permintaan kepada penerima didik untuk merespon; 4. Respon penerima didik untuk merespon. 
    c. 1. Memberikan pertanyaan atau kiprah sebagai permintaan kepada penerima didik untuk merespon; 2. Respon penerima didik untuk merespon; 3. Reaksi guru terhadap respon penerima didik; 4. Penyiapan kondisi psilogis penerima didik 
    d. 1. Penyiapan kondisi psikologis penerima didik; 2. Memberikan pertanyaan atau kiprah sebagai permintaan kepada penerima didik untuk merespon; 3. Respon penerima didik untuk merespon; 4. Reaksi guru terhadap respon penerima didik. 
  9. Saat pembelajaran, guru menawarkan pertanyaan yang dijawab beberapa siswa. Salah satu siswa menjawab salah atau berbeda dengan siswa lainnya. Cara guru dalam memberi tanggapan yang efektif, empati, dan santun yaitu …. 
    a. “Coba kita dengar bersama, mengapa tanggapan sobat kau berbeda dengan yang lain?” 
    b. ”Coba kau pelajari lagi materinya, mengapa tanggapan kau bisa berbeda?” 
    c. ”Menurut yang lain, mana tanggapan yang benar?” 
    d. ”Mengapa kau menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!” 
  10. Saat simpulan pembelajaran, guru menawarkan pertanyaan secara klasikal untuk menggali kemampuan siswa menyimpulkan bahan yang telah dipelajari. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa tersebut dengan tenggang rasa dan santun yaitu …. 
    a. “Mengapa kau menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!” 
    b.”Kurang tepat. Siapa yang sanggup menjawab dengan benar?” 
    c.”Kurang tepat, kau perlu banyak belajar!” 
    d.”Siapa yang sanggup menjawab dengan benar?” 
  11. Para siswa kelas IV SD berguru di dalam kelas. Mereka mendapatkan bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru.
    Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur….
    a. Media
    b. Noise
    c. Message
    d. Decoding 
  12. Bu Meida mengajar di kelas V dengan cara berkomunikasi secara pribadi kepada para siswanya. Sehingga terjadi komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa. Komunikasi yang dipakai bu Meida memakai komunikasi....
    a. Verbal
    b. Satu arah
    c. Nonverbal
    d. Personal 
  13. Saat pembelajaran, banyak siswa yang membutuhkan perhatian khusus dari guru sebab kurang bisa mengikuti beberapa bahan pelajaran yang diberikan. Cara guru dalam menawarkan tanggapan yang efektif, empati, dan santun semoga penerima didik merasa senang, bergairah, dan berinisiatif yaitu ....
    a. Menyamakan pendapat dari beberapa siswa yang saling mengemukakan argumen untuk mencapai kesepahaman
    b. Terus memacu siswa menjawab pertanyaan yang diberikan hingga mendapatkan tanggapan yang benar.
    c. Meminta siswa menawarkan alasan atas tanggapan yang diberikan
    d. Meminta siswa tertentu untuk menjawab dengan benar.
Kunci Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: