Soal Muskuloskeletal Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Muskuloskeletal Beserta Jawaban
  1. Ifa yakni Seorang mahasiswi yang rajin dan juga baik hati. Namun pada kemarin ia berdiri kesiangan, hasilnya ia berangkat kuliah dengan terburu-buru. Tanpa menghiraukan keadaan kemudian lintas yang ramai, akhirnya ia mengalami kecelakaan yang menimbulkan lengan kanannya patah, sehingga ia tidak sanggup melaksanakan pekerjaan yang seharusnya sanggup ia lakukan ibarat menulis. Tulang apakah yang mengalami cedera pada kasis Ifa?
    a. Scapula
    b. Clavicula
    c. Ulna dan hasta
    d. Femur
  2. Bu Sarah yakni seorang perempuan lansia dengan umur 50 tahun, dia mengalami perubahan pada tulang belakangnya yaitu miring bahu, nyeri punggung, postur membungkuk, perut buncit kelainan apa yang dialami oleh bu Sarah ?
    a. Skleroderma
    b. Tumor
    c. Dislokasi 
    d. Osteorosis
  3. Bajuri memanjat pohon Rambutan untuk mengambil Rambutan yang sudah memerah di depan halaman rumahnya. Namun sehabis hingga pada puncak, Bajuri menginjak batang yang lemah, kemudian jatuh dengan posisi tengkurap. Setelah ditolong oleh ayahnya, ternyata pergelangan tangannya tidak sanggup digerakkan. Hipotes sementara apa yang terjadi pada Bajuri ?
    a. Tulang karpus dengan tulang radius dan tulang ulna mengalami dislokasi
    b. Tulang radius dengan tulang ulna mengalami dislokasi
    c. Tulang radius dengan tulang karpus mengalami dislokasi
    d. Tulang karpus mengalami dislokasi
  4. Andi yakni sekolah di Sekolah Menengan Atas kelas 2 yang mengalami kecelakaan kemudian lintas. Sampai di bawa ke rumah sakit, dia masih tidak sadarkan diri. Setelah itu dia mencoba menggerakkan lengan bawahnya, namun tidak bisa. Menurut insiden di atas, mengapa lengan bawahnya tidak sanggup digerakkan ?
    a. Karena terjadi gangguan pada otot triseps lengan atas
    b. Karena terjadi gangguan pada otot brakialis
    c. Karena terjadi gangguan pada otot ankoneus
    d. Karena terjadi gangguan pada otot maseter
  5. Doni berusia 10 tahun dia jatuh dari tangga, sehingga tidak sanggup melaksanakan gerakan fleksi plantar. Dari masalah di atas, apakah yng menimbulkan Doni tidak sanggup melaksanakan gerakan fleksi plantar ?
    a. Otot tibialis posterior mengalami gangguan, sehingga tidak sanggup melaksanakan gerakan fleksi plantar
    b. Otot popliteus mengalami gangguan, sehingga tidak sanggup melaksanakan gerakan fleksi plantar
    c. Otot plantaris mengalami gangguan, sehingga tidak sanggup melaksanakan gerakan fleksi plantar
    d. Otot peroneus longus mengalami gangguan, sehingga tidak sanggup melaksanakan gerakan fleksi plantar
  6. Reina, gadis kurus berlari sekuat tenaga menuju ke arah kantin lantaran laparnya sehabis terdengar bunyi bel istirahat. Namun ketika hingga pada jalan menurun, Reina ibarat kehilangan kendali dan terjatuh. Kemudian Reifa yang mengetahui hal itu, kemudian menolong Reina untuk bangun. Namun Reina meringis kesakitan dan tidak sanggup menegakkan kakinya, sehabis dilihat ternyata salah satu tulang lututnya menonjol dari dalam kulitnya. Menurut hipotesa sementara, apa yang terjadi pada lutut Reina ?
    a. Terjadi dislokasi pada tulang fibula Reina
    b. Terjadi dislokasi pada tulang tibia Reina
    c. Terjadi dislokasi pada tulang patela Reina
    d. Terjadi dislokasi pada tulang patela dn tulang fibula Reina
  7. Rizal bermain di taman depan rumahnya. Kemudian terjatuh dan menangis dengan kerasnya. Setelah dilihat, ternyata lengan bawahnya tidak sanggup digerakkan. Menurut hipotesa sementara, mengapa hal itu terjadi ?
    a. Terjadi gangguan antara tulang radius dan tulang ulna dengan tulang humerus mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
    b. Terjadi gangguan antara tulang radius dengan tulang karpus mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
    c. Terjadi gangguan antara tulang humerus dengan tulang klavikula mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
    d. Terjadi gangguan antara tulang humerus dengan tulang karpus mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
  8. Pasien Prayitno menderita suatu penyakit, dengan tanda-tanda tidak sanggup menarik sudut mulutnya ke arah lateral. Menurut masalah singkat di atas, hipotesa sementara dari pasien Prayitno otot manakah serta syaraf keberapakah yang mengalami gangguan?
    a. Otot risorius dan syaraf fasial (VII)
    b. Otot orbikularis lisan dan syaraf fasial (VII)
    c. Otot businator dan syaraf fasial (VII)
    d. Otot businator dan syaraf fasial (VI)
  9. Ketika firman pulang dari menonton pertandingan sepak bola. Firman melihat ada perjaka mabuk yang sedang cekcok lisan dengan warga setempat. Dan taklama kemudian kedua orang tersebut saling bertengkar dengan saling tonjok dan saling memukul. Firman yang melihat insiden tersebut eksklusif melerai tetapi kedua perjaka itu tidak minghiraukan firman. Pemuda yang mabuk tersebut malah balik memukul pipi sebelah kanan firman. firmanpun eksklusif terjatuh ketanah dengan luka bisul membiru dan kepalanya sedikit mengeluarkan darah lantaran terbentur kerikil waktu jatuh ke tanah. 
    Sistem apakah yang terganggu kalau dilihat dari kondisi firman?
    a. Sistem saraf
    b. Sistem kardiovaskuler
    c. Sistem muskulus
    d. a, b, dan c salah
  10. Jam menunjukkan pukul 12.30 siang Ari bersama kawan-kawannya pulang sekolah. sesampai dipertenhgahan jalan ari melihat ada seorang penjual es cendol. Karena cuacanya yang sangat panas dan tenggorokan ari terasa kering. Ari bersama kawan-kawannya eksklusif menghampiri penjual es cendol tersebut dan membeli es bersama kawan-kawannya. lantaran cuaca yang sangat panas ari eksklusif meminum es tersebut dan tanpa sadar ari berada di bawah pohon kelapa yang buahnnya sudah banyak yang kering. Aripun kejatuhan buah kelapa yang sudah kering tersebut yang mengenai pundak kirinya. yang menjadikan pundak kirinya memar dan tangannya sulit digerakkan. 
    Sendi apakah yang terganggu kalau dilihat dari masalah tersebut?
    a. Sendi putar 
    b. Sendi enggsel
    c. Sendi peluru
    d. Sendi pelana
  11. Karena hari libur kuliyah faruq diajak ayahnya untuk berlibur kepantai. faruq bersama ayahnya berlibur dengan mengendarai sepeda motor. sesampai di desa kulonprogo ban sepeda yang tumpangi faruq dan ayahnya pecah. ayah faruqpun tidak sanggup mengendalikan sepeda montornya lantaran terlalu kencang dan akhirnya keduanya pun terjatuh. ayah faruq selamat dari insiden tersebut tanpa ada luka. tetapi faruq mengalami luka sobek dibagian paha atas.
    Sistem apakah yang terganggu pada pada luka firman?
    a. Sistem kardiovaskuler
    b. Sistem integumen
    c. Sistem saraf
    d. Sistem 
  12. Didesa sukabumi tinggalah seorang anak yang berjulukan Dani dia sangat suka dengan yang namanya mangga hingga suatu seketika dia pergi kekebun mangga milik ayahnya. Dia eksklusif memanjat pohon mangga tersebut dan tanpa disadari ranting yang diinjaknya patah sehingga dia terjatuh dan mengalami patah tulang di lengan kepingan bawah. Sistem apakah yang terganggu kalau dilihat dari kondisi Dani?
    a. Sistem saraf
    b. Sistem integumen
    c. Sistem muskuloskeletal
    d. a,b,c benar
  13. Dikota malang ada pertandingan sepak bola antara arema melawan persebaya dimana pada ketika Marcio menggiring bola dia dilanggara oleh Andik begitu keras pada lutut kepingan bawah sehingga dia tidak sanggup berjalan. Sendi apakah yang terganggu kalau dilihat dari kondisi Marcio?
    a. Sendi putar
    b. Sendi engsel
    c. Sendi pelana
    d. Sendi peluru
  14. Trauma pada suatu otot atau tendon biasanya disebabkan oleh peregangan otot atau tendon yang melebihi batas normal. Ini merupakan definisi dari……
    a. Sprain
    b. Atrofi
    c. Rabdomiolosis
    d. Strain
  15. Berkas (bundel) serat kolagen yang melekatkan otot ke tulang, serat kolagen dianggap sebagai jaringan ikat dan dihasilkan oleh sel-sel fibroblas
    Dari keterangan diatas merupakan pengertian dari……….
    a. Otot Jantung
    b. Otot Polos
    c. Tulang
    d. Tendon
  16. Seorang pria berusia 25 tahun menggalami kecelakaan ketika bersky air atau jets kie. Orang itu mengeluh bahwa dadanya merasa sakit, ganguan apa yang terjadi pada pria tersebut
    a. Fraktur tulang rusuk
    b. Fraktur pergelangan tangan
    c. Fraktur radius distal
    d. Fraktur Vertebral
  17. Di desa sumbersari ada perkebunan kelapa dan pada ketika itu kelapa sudah mulai masuk pada masa panen. Pak Komar selaku pemilik kebun itu menyuruh seorang warga yang berjulukan Sigit untuk memanen buah kelapa. Ketika dia sudah di atas dia terpeleset dan jatuh hingga mengalami patah tulang di paha kepingan atas. Dilihat dari kondisinya sendi apakah yang terganggu pada Sigit?
    a. Sendi fibrus
    b. Sendi gerak bebas
    c. Sendi sinovial
    d. Sendi tulanag rawan
  18. Melekat pada tulang dan berperan pada pergerakan tubuh¸serabut multinukleus lurik dan berkumpul dalam bundel paralel¸di persyarafi oleh syaraf motorik…..
    a. Otot rangka
    b. Otot polos
    c. Otot jantung
    d. Otot skelet
  19. Seorang anak berjulukan Budi berumur 13 tahun mengendarai sebuah motor di jalan raya, ketika waktu yang bersamaan datanglah sebuah kendaraan beroda empat yang melaju cepat dan menabrak anak tersebut. Anak tersebut mengalami luka robek di paha yang mengeluarkan darah dan terlihat tulang anak tersebut patah muncul ke luar. Apakah nama gangguan yang dialami anak tersebut ?
    a. Fraktur terbuka
    b. Fraktur tertutup
    c. Nyeri sendi
    d. Osteoporosis
  20. Manakah yang termasuk struktur lapisan tulang…
    a. Humerus
    b. Periosteum
    c. Osteoblas
    d. b dan c benar
Jawaban:
  1. c. Ulna dan hasta
  2. d. Osteorosis
  3. a. Tulang karpus dengan tulang radius dan tulang ulna mengalami dislokasi
  4. a. Karena terjadi gangguan pada otot triseps lengan atas
  5. a. Otot tibialis posterior mengalami gangguan, sehingga tidak sanggup melaksanakan gerakan fleksi plantar
  6. b. Terjadi dislokasi pada tulang tibia Reina
  7. a. Terjadi gangguan antara tulang radius dan tulang ulna dengan tulang humerus mungkin dikarenakan tertindihnya oleh badannya
  8. a. Otot risorius dan syaraf fasial (VII)
  9. d. a, b, dan c salah
  10. a. Sendi putar 
  11. b. Sistem integumen
  12. c. Sistem muskuloskeletal
  13. b. Sendi engsel
  14. d. Strain
  15. d. Tendon
  16. a. Fraktur tulang rusuk
  17. c. Sendi sinovial
  18. d. Otot skelet
  19. a. Fraktur terbuka
  20. d. b dan c benar

Subscribe to receive free email updates: