Kesulitan Berguru Siswa - Soal Dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Kesulitan Belajar Siswa Lengkap Jawaban
  1. Ada banyak jenis kesulitan/gangguan berguru yang seringkali ditemui dalam perkembangan seorang penerima didik. Antara lain, penerima didik mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, dan berhitung.
    Kesulitan tersebut termasuk jenis kesulitan belajar…
    a. Social-emosional
    b. Akademik
    c. Simbolik
    d. Nonsimbolik
  2. Memaksimalkan acara ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan acara informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan berguru dalam hal ….
    a. Mengemukakan gagasan
    b. Mengaktualisasikan diri
    c. Penciptaan kekerabatan yang baik
    d. Menformulasikan tindakan
  3. Setiap individu tidak sama. Perbedaan individu ini menyebabkan perbedaan tingkah laris berguru di kalangan penerima didik. Sehingga memunculkan perbedaan kemampuan penerima didik dalam memahami materi pembelajaran di kelas yang sering disebut sebagai kesulitan belajar. Ada banyak faktor penyebab kesulitan berguru siswa. Salah satu penyebab kesulitan berguru siswa yakni intelegensi yang rendah dan terbatas.
    Penyebab kesulitan berguru tersebut digolongkan ke dalam factor…
    a. Intelektual
    b. Kondisi fisik dan kesehatan
    c. Sosial
    d. Keluarga
  4. Tindakan yang paling sempurna dilakukan pada ketika siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
    a. Mengulang kembali materi yang diajarkan
    b. Memberikan kiprah biar siswa mempelajari materi yang belum dipahami
    c. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
    d. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
  5. Seorang penerima didik bisa mendengarkan gosip yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam hal ….
    a. Kesulitan akademis
    b. Gangguan simbolik
    c. Gangguan nonsimbolik
    d. Gangguan social
  6. Membuat rancangan untuk mengatasi kesulitan berguru penerima didik sanggup dilakukan dengan cara bimbingan belajar. Beberapa pendekatan sanggup dilakukan untuk mendeteksi siswa yang diduga mebutuhkan layanan bimbingan belajar. Antara lain, membuat kekerabatan yang baik, penuh keakraban sehingga tidak terjadi jurang pemisah antara guru dengan siswa.
    Pendekatan tersebut dinamakan….
    a. Call them approach
    b. Maintain good relationship
    c. Developing a desire for counseling
    d. Analisis sosiometris
  7. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah….
    a. Membantu siswa biar sanggup memecahkan problem pribadinya
    b. Menbantu siswa biar sanggup melaksanakan adaptasi diri dengan lingkungannya
    c. Membantu siswa biar sanggup mengatasi kesulitan belajar
    d. Membantu siswa biar memperoleh gosip tertentu
  8. Permasalahan sosial emosional dalam berguru yang dialami penerima didik sangat beragam. Salah satunya yakni penerima didik cenderung pendiam, pasif, dan gampang tersinggung. Mereka tidak berani bertanya atau menjawab sebab merasa tidak bisa dan cenderung kurang berani bergaul serta suka menyendiri.
    Permasalahan yang dialami penerima didik tersebut di sebut….
    a. Hiperaktif
    b. Distractibiliti child
    c. Poor Self Consept
    d. Impulsif
  9. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang dipakai untuk mengidentifikasi kesulitan berguru penerima didik yang bersumber dari faktor sosial yakni …
    a. Sosiometri
    b. Angket
    c. Wawancara
    d. Brainstorming
  10. Bila anda sebagai guru menemukan penerima didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
    a. Memindahkantempat duduk penerima didik ke meja yang paling depan
    b. Mengulangi klarifikasi materi didik kepada seluruh penerima didik
    c. Memberikan proteksi berguru kepada penerima didik yang bersangkutan
    d. Menugaskan seluruh penerima didik membaca buku sumber
  11. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk sahabat daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik menerima nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan berguru yang bersumber dari faktor …
    a. Keluarga
    b. Sosial
    c. Kondisi fisik
    d. Intelektual
  12. Cara mengatasi kesulitan berguru seharusnya menurut tanda-tanda yang teramati dan faktor penyebab kesulitan belajar. Jika kesulitan berguru itu timbul sebab materi pelajaran bersifat abnormal sehingga sulit dipahami siswa, upaya yang dilakukan guru antara lain yakni ….
    a. Mengatur kawasan duduk siswa
    b. Melaksanakan jadwal remedial
    c. Menggunakan alat peraga pelajaran dan media berguru yang tepat
    d. Menciptakan suasana berguru menyenangkan
Kunci Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: