Soal Profesi Guru Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Profesi Guru Beserta Jawaban
  1. Bila suatu tujuan pembelajaran berbunyi: siswa sanggup menyatakan bagaimana perasaannya dikala mengalami suatu musibah, maka tujuan tersebut termasuk tipe tujuan.. 
    a. Keperilakuan 
    b. Afektif 
    c. Psikomotorik 
    d. Ekspresif
  2. Kegiatan epilog pembelajaran bertujuan untuk.. 
    a. Mengakhiri acara pembelajaran 
    b. Membuktikan adanya acara awal dan acara inti 
    c. Siswa sanggup merefleksikan bahan pelajaran 
    d. Siswa mempunyai ingatan terhadap pelajaran yang gres diterimanya 
  3. Kegiatan mengajar berbeda dengan acara manajerial, salah satu acara manajerial yang nampak di bawah ini adalah.... 
    a. Membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran 
    b. Mendiagnosis kebutuhan siswa 
    c. Menyampaikan bahan pembelajaran 
    d. Mengembangkan kekerabatan yang baik dengan guru dan siswa  
  4. Pilihlah salah satu referensi acara yang paling mayoritas dilakukan guru pada tingkat kelas tengah.... 
    a. Berperilaku menyenangkan siswa secara individual 
    b. Mengubah peranan dari adikara kepada lebih demokratis 
    c. Lebih memperhatikan secara kelompok 
    d. Melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan hukum sekolah lainnya 
  5. Menurut Sutan Zanti dan Syamsiar Syahrun, setiap profesi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali....
    a. Setiap pekerjaan dipersiapkan melalui pendidikan dan latihan yang bersifat formal
    b. Pekerjaan yang dilakukannya mendapatkan ratifikasi dari masyarakat
    c. Memerlukan latihan yang cukup usang dan pengetahuan yang cukup tinggi
    d. Membutuhkan pengawasan dari organisasi tertentu 
  6. Peningkatan profesional guru telah diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 wacana guru dan dosen. Bentuk peningkatan kemampuan profesional guru yang dimaksud adalah....
    a. Dalam pembelajaran, guru harus memakai Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
    b. Proses pembelajaran tidak lagi bersifat teacher central (pembelajaran berpusat kepada guru)
    c. Pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
    d. Mengutamakan pengembangan kompetensi tiap pribadi 
  7. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru secara cermat kemungkinan besar sanggup menghindari munculnya sikap yang bermasalah. Penjelasan ini merupakan bentuk dari pendekatan.... 
    a. Instruksional 
    b. Pendekatan modifikasi perilaku 
    c. Sosio-emosional yang positif 
    d. Menempatkan kelas sebagai suatu sistem sosial 
  8. Proses penilaian terdiri dari beberapa aspek menyerupai di bawah ini, kecuali.... 
    a. Memperoleh informasi 
    b. Membentuk judgement 
    c. Mengambil keputusan 
    d. Memberikan penilaian  
  9. Berikut ini yaitu beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen kelas yaitu ...
    1). Keragaman usia
    2). Kecakapan
    3). Etnik dan kesiapan belajar
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  10. Proses judgement dilakukan oleh seorang guru setelah.... 
    a. Merumuskan definisi evaluasi 
    b. Memperoleh informasi yang tepat 
    c. Menulis butir-butir soal yang efektif 
    d. Mengolah hasil pengukuran 
  11. Teknik inkuiri berbeda dengan teknik observasi. Salah satu teknik inkuiri yang nampak di bawah ini adalah.... 
    a. Guru selalu bertanya kepada siswanya wacana apa yang sedang dipikirkan 
    b. Guru selalu melihat dan mencicipi apa yang diungkapkan siswa 
    c. Memilah dan menentukan bahan pelajaran yang paling sesuai 
    d. Memberikan nilai kepada siswa yang selalu merespons pelajaran 
  12. Kelemahan tipe soal balasan singkat dibandingkan dengan tipe soal uraian, adalah... 
    a. Sulit menentukan skor secara objektif
    b. Lebih bersifat subjektif 
    c. Sulit menciptakan butir soal 
    d. Sering kali bersifat ambigu 
  13. Menyusun butir soal uraian mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain.... 
    a. Memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh bahan yang telah diajarkan 
    b. Dapat mengukur hasil mencar ilmu yang akan diuji 
    c. Merumuskan balasan dalam bentuk homogen 
    d. Antara soal dengan balasan mempunyai kesinambungan 
  14. Selain untuk keberhasilan proses mengajar, tes formatif juga bertujuan untuk... 
    a. Pengolahan data hasil evaluasi 
    b. Menguji banyak fakta dalam waktu singkat 
    c. Menguji hasil mencar ilmu yang lengkap 
    d. Melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran  
  15. Membantu memecahkan problem yang dihadapi akseptor didik, merupakan kewajiban guru BP dalam menjalankan profesinya. Pengertian bimbingan dan konseling berkaitan dengan kegiatan.. 
    a. Mengarahkan sikap siswa sesuai tingkat perkembangannya 
    b. Memberikan pandangan sesuai dengan talenta minat siswa 
    c. Menunjukkan sikap kreatif dan prinsip sanggup bangun diatas kaki sendiri sesuai dengan kemampuan siswa 
    d. Memberikan pendidikan mental sesuai dengan tujuan 
  16. Kompetensi sosial guru merupakan kemampuan guru untuk….
    1). Memahami dirinya sebagai cuilan yang tidak terpisahkan dari masyarakat
    2). Tindakan sesuai dengan kehendak hatinya
    3). Mampu membuatkan kiprah sebagai anggota masyarakat dan warga negara
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3 
  17. Anak sanggup menentukan dan memutuskan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan.... 
    a. Tujuan bimbingan 
    b. Fungsi bimbingan 
    c. Prinsip bimbingan 
    d. Asas bimbingan 
  18. Layanan bimbingan hendaknya berkesinambungan dan berdasar pada potensialitas siswa. Hal ini berafiliasi dengan . . . . 
    a. Pengembangan dan keutuhannya 
    b. Proses dan individualitas 
    c. Keutuhan dan berkegiatan 
    d. Untuk semua siswa dan kemandirian  
  19. Guru merupakan tangan pertama dalam menangani dan melaksanakan pembimbingan dan konseling kepada akseptor didik karena…. 
    a. Siswa bersahabat dengan guru 
    b. Guru yang menemukan problem dan memahami latar belakang siswa 
    c. Guru lebih mengetahui minat dan talenta siswa 
    d. Kedekatan siswa dan guru akan memperjelas talenta dan minat siswa 
  20. Memberikan dukungan pemecahan problem menurut prinsip bimbingan, merupakan acara guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan…. 
    a. Azas bimbingan 
    b. Tujuan bimbingan 
    c. Kaidah bimbingan 
    d. Struktur bimbingan  
  21. Berikut ini yaitu ciri-ciri dari suatu profesi, kecuali . . .
    a. Mampu bekerja dengan baik
    b. Sistem imbalan yang memadai
    c. Pengakuan dari masyarakat
    d. Memiliki standar kerja baku
  22. Diadakannya pelatihan-pelatihan di Balai Pelatihan Guru (BPG) wacana hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengajar merupakan referensi dari perjuangan pengembangan. . .
    a. Strategi pembelajaran
    b. Pengetahuan
    c. Keterampilan mengajar
    d. Profesi
  23. Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada…
    a. Perbuatannya yang luhur
    b. Pengabdiannya yang tanpa pamrih
    c. Perilakunya yang sanggup mendapatkan amanah dan diteladani
    d. Tugasnya sebagai penyampai nilai-nilai luhur masyarakat 
  24. Di bawah ini merupakan peranan guru dalam membantu perkembangan eksklusif siswa, kecuali . .. 
    a. Peduli 
    b. Konsisten 
    c. Permisif 
    d. Lingkungan yang labil 
  25. Sebagai administrator, kepala sekolah melaksanakan tugasnya dengan cara… 
    a. Mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan 
    b. Mengklasifikasikan acara pendidikan 
    c. Mengelola kebutuhan prasarana 
    d. Mengelola manajemen pendidikan  
  26. Berikut ini problem siswa yang perlu dukungan bimbingan guru kecuali masalah… 
    a. Hasil mencar ilmu rendah 
    b. Takut berbicara di depan kelas 
    c. Kekurangan uang 
    d. Kurang percaya diri 
  27. Berikut ini yaitu dukungan untuk menumbuhkan sikap mencar ilmu pada siswa kelas 4 SD, kecuali… 
    a. Membiasakan mengerjakan PR dengan tertib 
    b. Membuat catatan yang terang dan rapi 
    c. Melatih siswa membaca dengan cermat 
    d. Mengganti guru yang disukai siswa 
  28. Siswa yang kurang bisa menguasai diri sering menciptakan keributan di kelas, dan sering tidak masuk lantaran kurang diperhatikan oleh guru. Gejala tersebut merupakan stres yang disebabkan oleh faktor.... 
    a. Iklim kehidupan keluarga 
    b Fisik-biologik 
    c. Pekerjaan 
    d. Psikologik 
  29. Tipe kepribadian yang sanggup menangkal atau mengurangi kadar stres pada diri seseorang adalah.... 
    a. Emotional support 
    b. Optimisme 
    c. Appraisal support 
    d. Hardiness 
  30. Contoh coping positif/ konstruktif adalah.... 
    a. Setiap mempunyai masalah, saya selalu membicarakannya dengan orang lain 
    b. Setiap mempunyai masalah, saya menduga niscaya disebabkan oleh orang lain 
    c. Saya menunda satu acara supaya sanggup mengerjakan acara yang lain 
    d. Saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain 
  31. Cara atau metode yang sanggup dilakukan seseorang dalam melaksanakan pendekatan coping positif yaitu menyerupai di bawah ini, kecuali... 
    a. Memahami dan mengerti tingkatan stress 
    b. Memahami sebab-sebab timbulnya stress 
    c. Memelihara stres dengan sebaik-baiknya 
    d. Dapat menemukan solusi mengatasi stress  
  32. Guru dalam mempersiapkan bahan pelajaran didasarkan pada kebutuhan siswanya, hal ini diadaptasi dengan karakteristik arahan etik suatu profesi ditinjau dari aspek…. 
    a. Filosofis – kontekstual 
    b. Etis – psikologis 
    c. Etis – pragmatis 
    d. Pengabdian 
  33. Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional meliputi klarifikasi . . .
    1). Substansi ilmu
    2). Landasan pendidikan
    3). Proses kependidikan dan keguruan serta pembelajaran
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3 
  34. Makna yang terkandung dari arahan etik guru Indonesia ( PGRI) yang kedelapan adalah.... 
    a. Merupakan organisasi pendidikan guru republik Indonesia 
    b. Tidak boleh bersikap sewenang-wenang terhadap guru 
    c. Harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru 
    d. Mengurus semua kebutuhan guru  
  35. Seorang guru dipilih, ditugaskan, disediakan, dan ditempatkan sesuai dengan jenjang pendidikan dengan mengindahkan kriteria standar kualifikasi profesional. Tindakan ini merupakan acara di tingkat.... 
    a. Struktural 
    b. Institusional 
    c. Operasional 
    d. Instruksional 
  36. Salah satu tujuan organisasi profesi kependidikan yaitu meningkatkan dan membuatkan kemampuan anggotanya, hal ini berarti dengan adanya kekuatan dan kewibawaan organisasi akan berdampak kepada para anggotanya terutama dalam hal.... 
    a. Pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan 
    b. Kemampuan memberikan proses pembelajaran 
    c. Kemudahan memperoleh akomodasi pembelajaran 
    d. Kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya 
  37. Rika lebih suka menentukan menjadi guru dibandingkan sebagai ekonom atau arsitektur, lantaran Rika beranggapan profesi guru mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah… 
    1). Mengajar yaitu jabatan yang mempunyai nilai sosial tinggi 
    2). Mengajar merupakan jabatan yang disegani 
    3). Jabatan guru mempunyai laba rohaniah dibandingkan ekonomi 
    a. 1 dan 2 
    b. 1 dan 3 
    c. 2 dan 3 
    d. 1, 2 dan 3 
Jawaban:
  1. d. Ekspresif
  2. c. Siswa sanggup merefleksikan bahan pelajaran
  3. d. Mengembangkan kekerabatan yang baik dengan guru dan siswa  
  4. d. Melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan hukum sekolah lainnya 
  5. c. Memerlukan latihan yang cukup usang dan pengetahuan yang cukup tinggi
  6. c. Pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
  7. a. Instruksional 
  8. d. Memberikan penilaian  
  9. d. 1, 2 dan 3
  10. b. Memperoleh informasi yang tepat 
  11. a. Guru selalu bertanya kepada siswanya wacana apa yang sedang dipikirkan 
  12. d. Sering kali bersifat ambigu 
  13. a. Memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh bahan yang telah diajarkan
  14. d. Melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran
  15. a. Mengarahkan sikap siswa sesuai tingkat perkembangannya 
  16. b. 1 dan 3
  17. c. Prinsip bimbingan
  18. b. Proses dan individualitas 
  19. d. Kedekatan siswa dan guru akan memperjelas talenta dan minat siswa 
  20. a. Azas bimbingan 
  21. a. Mampu bekerja dengan baik
  22. d. Profesi
  23. c. Perilakunya yang sanggup mendapatkan amanah dan diteladani
  24. d. Lingkungan yang labil 
  25. a. Mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan 
  26. c. Kekurangan uang
  27. d. Mengganti guru yang disukai siswa
  28. d. Psikologik
  29. d. Hardiness 
  30. d. Saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain 
  31. c. Memelihara stres dengan sebaik-baiknya 
  32. c. Etis – pragmatis 
  33. d. 1, 2 dan 3 
  34. c. Harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru 
  35. b. Institusional 
  36. d. Kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya 
  37. b. 1 dan 3 

Subscribe to receive free email updates: