Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Profesi Guru Beserta Jawaban
- Bila suatu tujuan pembelajaran berbunyi: siswa sanggup menyatakan bagaimana perasaannya dikala mengalami suatu musibah, maka tujuan tersebut termasuk tipe tujuan..a. Keperilakuanb. Afektifc. Psikomotorikd. Ekspresif
- Kegiatan epilog pembelajaran bertujuan untuk..a. Mengakhiri acara pembelajaranb. Membuktikan adanya acara awal dan acara intic. Siswa sanggup merefleksikan bahan pelajarand. Siswa mempunyai ingatan terhadap pelajaran yang gres diterimanya
- Kegiatan mengajar berbeda dengan acara manajerial, salah satu acara manajerial yang nampak di bawah ini adalah....a. Membantu siswa mencapai tujuan pembelajaranb. Mendiagnosis kebutuhan siswac. Menyampaikan bahan pembelajarand. Mengembangkan kekerabatan yang baik dengan guru dan siswa
- Pilihlah salah satu referensi acara yang paling mayoritas dilakukan guru pada tingkat kelas tengah....a. Berperilaku menyenangkan siswa secara individualb. Mengubah peranan dari adikara kepada lebih demokratisc. Lebih memperhatikan secara kelompokd. Melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan hukum sekolah lainnya
- Menurut Sutan Zanti dan Syamsiar Syahrun, setiap profesi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali....a. Setiap pekerjaan dipersiapkan melalui pendidikan dan latihan yang bersifat formalb. Pekerjaan yang dilakukannya mendapatkan ratifikasi dari masyarakatc. Memerlukan latihan yang cukup usang dan pengetahuan yang cukup tinggid. Membutuhkan pengawasan dari organisasi tertentu
- Peningkatan profesional guru telah diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 wacana guru dan dosen. Bentuk peningkatan kemampuan profesional guru yang dimaksud adalah....a. Dalam pembelajaran, guru harus memakai Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)b. Proses pembelajaran tidak lagi bersifat teacher central (pembelajaran berpusat kepada guru)c. Pendidikan guru minimal strata 1 atau D4d. Mengutamakan pengembangan kompetensi tiap pribadi
- Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru secara cermat kemungkinan besar sanggup menghindari munculnya sikap yang bermasalah. Penjelasan ini merupakan bentuk dari pendekatan....a. Instruksionalb. Pendekatan modifikasi perilakuc. Sosio-emosional yang positifd. Menempatkan kelas sebagai suatu sistem sosial
- Proses penilaian terdiri dari beberapa aspek menyerupai di bawah ini, kecuali....a. Memperoleh informasib. Membentuk judgementc. Mengambil keputusand. Memberikan penilaian
- Berikut ini yaitu beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen kelas yaitu ...1). Keragaman usia2). Kecakapan3). Etnik dan kesiapan belajara. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Proses judgement dilakukan oleh seorang guru setelah....a. Merumuskan definisi evaluasib. Memperoleh informasi yang tepatc. Menulis butir-butir soal yang efektifd. Mengolah hasil pengukuran
- Teknik inkuiri berbeda dengan teknik observasi. Salah satu teknik inkuiri yang nampak di bawah ini adalah....a. Guru selalu bertanya kepada siswanya wacana apa yang sedang dipikirkanb. Guru selalu melihat dan mencicipi apa yang diungkapkan siswac. Memilah dan menentukan bahan pelajaran yang paling sesuaid. Memberikan nilai kepada siswa yang selalu merespons pelajaran
- Kelemahan tipe soal balasan singkat dibandingkan dengan tipe soal uraian, adalah...a. Sulit menentukan skor secara objektifb. Lebih bersifat subjektifc. Sulit menciptakan butir soald. Sering kali bersifat ambigu
- Menyusun butir soal uraian mempunyai syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain....a. Memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh bahan yang telah diajarkanb. Dapat mengukur hasil mencar ilmu yang akan diujic. Merumuskan balasan dalam bentuk homogend. Antara soal dengan balasan mempunyai kesinambungan
- Selain untuk keberhasilan proses mengajar, tes formatif juga bertujuan untuk...a. Pengolahan data hasil evaluasib. Menguji banyak fakta dalam waktu singkatc. Menguji hasil mencar ilmu yang lengkapd. Melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran
- Membantu memecahkan problem yang dihadapi akseptor didik, merupakan kewajiban guru BP dalam menjalankan profesinya. Pengertian bimbingan dan konseling berkaitan dengan kegiatan..a. Mengarahkan sikap siswa sesuai tingkat perkembangannyab. Memberikan pandangan sesuai dengan talenta minat siswac. Menunjukkan sikap kreatif dan prinsip sanggup bangun diatas kaki sendiri sesuai dengan kemampuan siswad. Memberikan pendidikan mental sesuai dengan tujuan
- Kompetensi sosial guru merupakan kemampuan guru untuk….1). Memahami dirinya sebagai cuilan yang tidak terpisahkan dari masyarakat2). Tindakan sesuai dengan kehendak hatinya3). Mampu membuatkan kiprah sebagai anggota masyarakat dan warga negaraa. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Anak sanggup menentukan dan memutuskan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan....a. Tujuan bimbinganb. Fungsi bimbinganc. Prinsip bimbingand. Asas bimbingan
- Layanan bimbingan hendaknya berkesinambungan dan berdasar pada potensialitas siswa. Hal ini berafiliasi dengan . . . .a. Pengembangan dan keutuhannyab. Proses dan individualitasc. Keutuhan dan berkegiatand. Untuk semua siswa dan kemandirian
- Guru merupakan tangan pertama dalam menangani dan melaksanakan pembimbingan dan konseling kepada akseptor didik karena….a. Siswa bersahabat dengan gurub. Guru yang menemukan problem dan memahami latar belakang siswac. Guru lebih mengetahui minat dan talenta siswad. Kedekatan siswa dan guru akan memperjelas talenta dan minat siswa
- Memberikan dukungan pemecahan problem menurut prinsip bimbingan, merupakan acara guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan….a. Azas bimbinganb. Tujuan bimbinganc. Kaidah bimbingand. Struktur bimbingan
- Berikut ini yaitu ciri-ciri dari suatu profesi, kecuali . . .a. Mampu bekerja dengan baikb. Sistem imbalan yang memadaic. Pengakuan dari masyarakatd. Memiliki standar kerja baku
- Diadakannya pelatihan-pelatihan di Balai Pelatihan Guru (BPG) wacana hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengajar merupakan referensi dari perjuangan pengembangan. . .a. Strategi pembelajaranb. Pengetahuanc. Keterampilan mengajard. Profesi
- Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada…a. Perbuatannya yang luhurb. Pengabdiannya yang tanpa pamrihc. Perilakunya yang sanggup mendapatkan amanah dan diteladanid. Tugasnya sebagai penyampai nilai-nilai luhur masyarakat
- Di bawah ini merupakan peranan guru dalam membantu perkembangan eksklusif siswa, kecuali . ..a. Pedulib. Konsistenc. Permisifd. Lingkungan yang labil
- Sebagai administrator, kepala sekolah melaksanakan tugasnya dengan cara…a. Mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikanb. Mengklasifikasikan acara pendidikanc. Mengelola kebutuhan prasaranad. Mengelola manajemen pendidikan
- Berikut ini problem siswa yang perlu dukungan bimbingan guru kecuali masalah…a. Hasil mencar ilmu rendahb. Takut berbicara di depan kelasc. Kekurangan uangd. Kurang percaya diri
- Berikut ini yaitu dukungan untuk menumbuhkan sikap mencar ilmu pada siswa kelas 4 SD, kecuali…a. Membiasakan mengerjakan PR dengan tertibb. Membuat catatan yang terang dan rapic. Melatih siswa membaca dengan cermatd. Mengganti guru yang disukai siswa
- Siswa yang kurang bisa menguasai diri sering menciptakan keributan di kelas, dan sering tidak masuk lantaran kurang diperhatikan oleh guru. Gejala tersebut merupakan stres yang disebabkan oleh faktor....a. Iklim kehidupan keluargab Fisik-biologikc. Pekerjaand. Psikologik
- Tipe kepribadian yang sanggup menangkal atau mengurangi kadar stres pada diri seseorang adalah....a. Emotional supportb. Optimismec. Appraisal supportd. Hardiness
- Contoh coping positif/ konstruktif adalah....a. Setiap mempunyai masalah, saya selalu membicarakannya dengan orang lainb. Setiap mempunyai masalah, saya menduga niscaya disebabkan oleh orang lainc. Saya menunda satu acara supaya sanggup mengerjakan acara yang laind. Saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain
- Cara atau metode yang sanggup dilakukan seseorang dalam melaksanakan pendekatan coping positif yaitu menyerupai di bawah ini, kecuali...a. Memahami dan mengerti tingkatan stressb. Memahami sebab-sebab timbulnya stressc. Memelihara stres dengan sebaik-baiknyad. Dapat menemukan solusi mengatasi stress
- Guru dalam mempersiapkan bahan pelajaran didasarkan pada kebutuhan siswanya, hal ini diadaptasi dengan karakteristik arahan etik suatu profesi ditinjau dari aspek….a. Filosofis – kontekstualb. Etis – psikologisc. Etis – pragmatisd. Pengabdian
- Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional meliputi klarifikasi . . .1). Substansi ilmu2). Landasan pendidikan3). Proses kependidikan dan keguruan serta pembelajarana. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Makna yang terkandung dari arahan etik guru Indonesia ( PGRI) yang kedelapan adalah....a. Merupakan organisasi pendidikan guru republik Indonesiab. Tidak boleh bersikap sewenang-wenang terhadap guruc. Harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap gurud. Mengurus semua kebutuhan guru
- Seorang guru dipilih, ditugaskan, disediakan, dan ditempatkan sesuai dengan jenjang pendidikan dengan mengindahkan kriteria standar kualifikasi profesional. Tindakan ini merupakan acara di tingkat....a. Strukturalb. Institusionalc. Operasionald. Instruksional
- Salah satu tujuan organisasi profesi kependidikan yaitu meningkatkan dan membuatkan kemampuan anggotanya, hal ini berarti dengan adanya kekuatan dan kewibawaan organisasi akan berdampak kepada para anggotanya terutama dalam hal....a. Pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkanb. Kemampuan memberikan proses pembelajaranc. Kemudahan memperoleh akomodasi pembelajarand. Kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya
- Rika lebih suka menentukan menjadi guru dibandingkan sebagai ekonom atau arsitektur, lantaran Rika beranggapan profesi guru mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah…1). Mengajar yaitu jabatan yang mempunyai nilai sosial tinggi2). Mengajar merupakan jabatan yang disegani3). Jabatan guru mempunyai laba rohaniah dibandingkan ekonomia. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
Jawaban:
- d. Ekspresif
- c. Siswa sanggup merefleksikan bahan pelajaran
- d. Mengembangkan kekerabatan yang baik dengan guru dan siswa
- d. Melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan hukum sekolah lainnya
- c. Memerlukan latihan yang cukup usang dan pengetahuan yang cukup tinggi
- c. Pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
- a. Instruksional
- d. Memberikan penilaian
- d. 1, 2 dan 3
- b. Memperoleh informasi yang tepat
- a. Guru selalu bertanya kepada siswanya wacana apa yang sedang dipikirkan
- d. Sering kali bersifat ambigu
- a. Memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh bahan yang telah diajarkan
- d. Melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran
- a. Mengarahkan sikap siswa sesuai tingkat perkembangannya
- b. 1 dan 3
- c. Prinsip bimbingan
- b. Proses dan individualitas
- d. Kedekatan siswa dan guru akan memperjelas talenta dan minat siswa
- a. Azas bimbingan
- a. Mampu bekerja dengan baik
- d. Profesi
- c. Perilakunya yang sanggup mendapatkan amanah dan diteladani
- d. Lingkungan yang labil
- a. Mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan
- c. Kekurangan uang
- d. Mengganti guru yang disukai siswa
- d. Psikologik
- d. Hardiness
- d. Saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain
- c. Memelihara stres dengan sebaik-baiknya
- c. Etis – pragmatis
- d. 1, 2 dan 3
- c. Harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru
- b. Institusional
- d. Kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya
- b. 1 dan 3