Soal Pengembangan Kurikulum Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pengembangan Kurikulum Beserta Jawaban
  1. Menurut Sukmadinata (2005) salah satu prinsip dalam pengembangan KTSP yaitu prinsip efektivitas, maksudnya ... .
    a. Kurikulum dituntut mempunyai kesesuaian dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan masyarakat
    b. Kurikulum dituntut mempunyai sifat elastis atau fleksibel, maksudnya kurikulum harus berisi hal-hal yang solid untuk melaksanakan adaptasi menurut kondisi lapangan.
    c. Kurikulum dituntut biar gampang dilaksanakan dengan sumber daya yang tersedia.
    d. Kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai
  2. Sekolah tanggap terhadap kebutuhan pengguna jasa layanan pendidikan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan yang telah ditetapkan, dalam administrasi berbasis sekolah merupakan ciri ... .
    a. Akuntabilitas
    b. Partisipasi
    c. Keterbukaan
    d. Kemandirian  
  3. Kegiatan yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan perkembangan akseptor didik serta kebutuhan dan potensi sumber daya yang ada, dalam pengembangan KTSP merupakan langkah ... .
    a. Menganalisis konteks
    b. Menelaah standar kompetensi lulusan dan standar isi
    c. Memilih dan mengorganisasikan pengalaman berguru dan materi pelajaran
    d. Menentukan sumber belajar
  4. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan materi pelajaran yaitu sebagai berikut, kecuali ... .
    a. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa
    b. Kebermanfaatan bagi siswa
    c. Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun
    d. Harus sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan dikuasai siswa.
  5. Komite sekolah sanggup dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah terutama untuk membantu sekolah dalam ... .
    a. Mengoordinasikan semua sumber daya yang ada di sekolah
    b. Memantau pelaksanaan kurikulum di sekolah
    c. Memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah
    d. Memberikan klarifikasi perihal langkah-langkah pengembangan kurikulum sekolah
  6. Proses strukturisasi dunia sebagai suatu keseluruhan yang menghadirkan dua kecenderungan yang saling bertentangan yaitu proses penyeragaman (homogenization) dan pemberagaman (differenciation), sehingga membuat interaksi rumit antara lokalisme dan globalisme, merupakan karakteristik masyarakat kala ... .
    a. Perkembangan IPTEK
    b. Profesionalisme
    c. Informasi
    d. Globalisasi  
  7. Masyarakat pada masa depan sangat membutuhkan SDM yang mempunyai kepribadian yang sanggup bangkit diatas kaki sendiri dan terbuka sehingga bisa membuat perubahan. Hal ini memberikan bahwa salah satu ciri utama SDM masa depan yang ... .
    a. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
    b. Memiliki solidaritas sosial
    c. Memiliki kreativitas
    d. Mempunyai integritas yang tinggi
  8. Kemampuan memberikan pengetahuan, berdiskusi, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan merupakan muatan kurikulum dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tingkat literasi ... .
    a. Performative
    b. Epistemic
    c. Functional
    d. Informational
  9. Salah satu pendekatan pengembangan kurikulum masa depan yang menyatakan bahwa kemampuan menyerap dan memahami informasi gres secara cepat untuk menguasai suatu perubahan yang terjadi yaitu ... .
    a. Accelerated learning
    b. Quantum learnig
    c. Cooperative learning
    d. E-learning  
  10. Kurikulum sekolah rendah untuk orang Eropa, Tionghoa, dan Indonesia yang haknya disamakan dengan Bangsa Eropa (Europe Lagree School – ELS) menekankan pada mata pelajaran ... .
    a. Bahasa Belanda
    b. Sejarah
    c. Pendidikan Jasmani
    d. Bahasa Inggris
  11. GBPP sebagai salah satu produk pengembangan kurikulum berisi klarifikasi perihal ... .
    a. Tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran
    b. Sistem pengajaran dan bahasa pengantar
    c. Dasar-dasar pengembangan kurikulum
    d. Kualitas lulusan yang diharapkan
  12. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil berguru yang dibutuhkan dicapai oleh akseptor didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam...
    a. Silabus
    b. RPP
    c. Silabus dan RPP
    d. SKL
  13. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
    a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
    b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
    c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
    d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
  14. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya yaitu sebagai berikut:
    a. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan aktivitas berguru untuk mencapai kompetensi dasar
    b. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
    c. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru
    d. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
  15. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
    a. Materi atau materi bimbing berbasis kompetensi
    b. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada akseptor didik
    c. RPP bersumber dari silabus
    d. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
  16. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
    a. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
    b. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
    c. Silabus untuk pembuatan indikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
    d. Silabus untuk mengarahkan ke­giatan berguru akseptor didik dalam upaya mencapai KD
  17. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut ......
    1) Kompetensi dasar :Mengenal aktivitas bermusyawarah
    2) Indikator : menyebutkan dua ciri aktivitas bermusyawarah
    3) Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri aktivitas musyawarah dengan benar
    Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....
    a. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
    b. Mendorong partisipasi aktif akseptor didik
    c. Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik
    d. Keterkaitan dan keterpaduan
Jawaban:
  1. d. Kurikulum harus berkaitan dengan keberhasilan dalam implementasinya untuk mencapai 
  2. a. Akuntabilitas
  3. a. Menganalisis konteks 
  4. c. Anita pindah ke Surabaya dan hidup di sana untuk lebih dari lima tahun 
  5. c. Memberikan pertimbangan terhadap kebijakan kurikulum sekolah 
  6. d. Globalisasi  
  7. c. Memiliki kreativitas
  8. b. Epistemic
  9. a. Accelerated learning 
  10. a. Bahasa Belanda
  11. a. Tujuan dan ruang lingkup materi mata pelajaran 
  12. b. RPP
  13. a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
  14. a. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan aktivitas berguru untuk mencapai kompetensi dasar
  15. b. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada akseptor didik
  16. d. Silabus untuk mengarahkan ke­giatan berguru akseptor didik dalam upaya mencapai KD
  17. d. Keterkaitan dan keterpaduan

Subscribe to receive free email updates: