Soal Administrasi Kinerja Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Manajemen Kinerja Beserta Jawaban
  1. Cara melakukan monitoring sistem administrasi kinerja adalah...
    a. Mencatat dan menganalisis penilaian kinerja
    b. Membantu mengintegrasikan target organisasi, kelompok dan individu
    c. Proses komunikasi yang berkelanjutan 
    d. Untuk memberdayakan karyawan dengan memperlihatkan kendali yang lebih besar
  2. Angket ialah daftar pernyataan atau pertanyaan yang dikirimkan kepada responden, baik secara pribadi atau tidak pribadi (melalui pos atau perantara), laba dari angket adalah...
    a. Kemungkinan responden asal mengisi saja
    b. Sukar mengolahnya
    c. Responden tidak perlu menuliskan buah pikirannya
    d. Nilai
  3. Kelemahan dari angket adalah…
    a. Tidak punya kesempatan untuk menjawab lebih bebas, dan ada kemungkinan responden asal mengisi saja
    b. Responden tidak perlu menuliskan buah pikirannya
    c. Pengisian menggunakan waktu yang singkat
    d. Dapat menjaring responden yang relatif banyak 
  4. Cara pertama mengimplementasikan administrasi kinerja yaitu dengan menetapkan ....
    a. Perencanaan
    b. Tujuan
    c. Pengorganisasian
    d. Pengarahan
  5. Kelebihan metode Proper Man adalah...
    a. Kemungkinan terjadinya subyektivitas dan "KKN" dalam penilaian juga masih cukup besar
    b. Metode ini cukup sulit membuatnya dan harus disiap­kan oIeh sejumlah tenaga spesialis 
    c. Peningkatan kualitas SDM yang berkesinambungan pada gilirannya akan menghasilkan peningkatkan "out­put" baik dalam kuantitas maupun kualitas
    d. Penilaian seorang bawahan oleh atasannya juga dikomentari oleh atasannya 
  6. Konsep MBS adalah...
    a. Proses atau sistem yang di­rancang untuk memandu manajer di mana seorang atasan dan bawahannya bantu-membantu menetapkan target yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu dan untuk pencapaian itu bawahan dibebani tanggung jawab sepenuhnya.
    b. Mengarahkan para manajer, supervisor pada hasil-hasil yang harus dicapai
    c. Memaksa semua orang dalam organisasi mengikat­kan diri mereka secara watak pada perjuangan pencapaian tujuan yang spesifik
    d. Mengarahkan cara berpikir mereka dalam kerangka kebutuhan-kebutuhan organisasi di masa depan dan menetapkan sasaran-sasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut
  7. Kelebihan penggunaan MBS adalah...
    a. Sering dianggap sebagai resep untuk mengobati semua penyakit organisasi
    b. Terlalu menekankan pada HASIL tanpa mem­perdulikan CARA mencapai hasil tersebut 
    c. Agak bertentangan dengan sistem nilai budaya lebih banyak didominasi bangsa Asia
    d. Mengarahkan cara berpikir mereka dalam kerangka kebutuhan-kebutuhan organisasi di masa depan dan menetapkan sasaran-sasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut
  8. Salah satu tujuan penilaian administrasi kinerja yaitu pengembangan. Yang dimaksud dengan pengembangan dalam penilaian administrasi kinerja adalah...
    a. Dapat dipakai untuk memilih pegawai yang perlu dilatih dan membantu penilaian hasil training
    b. Dapat dipakai untuk proses penentuan kenaikan gaji, insentif dan promosi.
    c. Dapat dipakai untuk memotivasi pegawai, membuatkan inisiatif, rasa tanggungjawab sehingga mereka terdorong untuk meningkatkan kinerjanya.
    d. Dapat bermanfaat bagi pengembangan keahlian dan keterampilan serta perencanaan SDM.
  9. Ciri-ciri dari PMS (PerformanceManagement System) adalah…
    a. Meningkatkan prestasi kerja karyawan baik secara individu maupun kelompok
    b. Meningkatkan produktivitas kerja sebagai konsekuensi meningkatnya prestasi kinerja individu dan kelompok.
    c. Merangsang minat dalam pengembangan pribadi dengan tujuan meningkatkan hasil karya dan prestasi pribadi serta potensi laten karyawan dengan cara memperlihatkan umpan balik pada mereka wacana prestasi mereka
    d. Mengevaluasi efektifitas keseluruhan proses dan kontribusinya terhadap keseluruhan kinerja semoga sanggup diperoleh perubahan dan peningkatan
  10. Salah satu dasar yang diharapkan untuk mengelola pegawai yang berkinerja rendah yaitu mengidentifikasikan dan merumuskan dilema yang ada, hal ini dikemukakan oleh...
    a. Amstrong
    b. Milcovich
    c. Wibisono
    d. Surya Dharma
  11. Hampir semua manajer terlibat dalam aktifitas yang sanggup digolongkan sebagai konseling sebagai bab dari kehidupan kerja mereka yang normal, hal ini dikemukakan oleh...
    a. Amstrong
    b. Milcovich
    c. Wibisono
    d. Surya Dharma
  12. Indikator negatif dari kepemimpinan yang rendah adalah...
    a. Motivasi berprestasi rendah
    b. Gagal mengklarifikasikan target atau standar kinerja
    c. Kelemahan dalam menganalisis masalah
    d. Tidak tegas
  13. Usaha atau kegiatan atau aktivitas yang diprakarsai dan dilaksanakan oleh pimpinan perusahaan untuk mengarahkan dan mengendalikan prestasi karyawan, merupakan definisi administrasi kinerja berdasarkan ....
    a. Ruky
    b. Wibisono
    c. Kaplan
    d. Neely
  14. Kekurangan sistem administrasi adalah...
    a. Matinya kreativitas dan penemuan untuk mengadakan perubahan-perubahan.
    b. Mengubah budaya
    c. Memotivasi karyawan
    d. Meningkatkan keefektifan organisasi
  15. Salah satu dasar sistem administrasi berikut ini berdasarkan Maskell adalah...
    a. Praktis dimengerti
    b. Berkaitan pribadi dengan taktik perusahaan
    c. Berorientasi jangka panjang
    d. Kriteria kinerja kuantitatif lebih disukai daripada kualitatif
  16. Dasar perancangan sistem administrasi kinerja berdasarkan Wibosono, adalah...
    a. Basis waktu
    b. Kriteria kinerja kuantitatif lebih disukai daripada kualitatif
    c. Kriteria kinerja yang akan diukur dalam setiap level organisasi berasal dari tujuan perusahaan
    d. Variabel-variabel diukur secara nonfinansial
  17. Salah elemen kunci yang sebaiknya terkandung dalam pernyataan strateji semoga sanggup unggul dibandingkan dengan pesaing adalah…
    a. Menawarkan keunggulan kompetitif
    b. Uji nilai tambah
    c. Uji konsistensi
    d. Uji keunggulan kompetitif
  18. Salah tes untuk menilai apakah pernyataan-pernyataan yang terkandung dalam strateji itu anggun atau tidak , adalah...
    a. Uji nilai tambah
    b. Uji orisinalitas
    c. Uji konsistensi
    d. Uji keunggulan kompetitif
  19. Manfaat administrasi kinerja bagi para manajer adalah...
    a. Memotivasi diri meningkatkan kinerja 
    b. Untuk membantu manajer menjadi membimbing, mempercayai orang menggunakan metodenya, mendelegasikan kewenangan, dan menjadi pemimpin 
    c. Menemukan bahwa bos sudah semenjak usang tidak puas akan hasil kerja seorang karyawan
    d. Memberikan suatu sarana yang amat mempunyai kegunaan bagi komunikasi ke atas dan ke samping
  20. Salah satu kelebihan sistem administrasi kinerja berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh the Institute of Personeel Management (1992) adalah...
    a. Meningkatkan keberhasilan, semangat, dan produktivitas perusahaan
    b. Mengkomunikasikan nilai-nilai baru
    c. Mengubah budaya
    d. Pembinaan karyawan
Jawaban:
  1. a. Mencatat dan menganalisis penilaian kinerja
  2. c. Responden tidak perlu menuliskan buah pikirannya
  3. a. Tidak punya kesempatan untuk menjawab lebih bebas, dan ada kemungkinan responden asal mengisi saja
  4. b. Tujuan
  5. c. Peningkatan kualitas SDM yang berkesinambungan pada gilirannya akan menghasilkan peningkatkan "out­put" baik dalam kuantitas maupun kualitas
  6. a. Proses atau sistem yang di­rancang untuk memandu manajer di mana seorang atasan dan bawahannya bantu-membantu menetapkan target yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu dan untuk pencapaian itu bawahan dibebani tanggung jawab sepenuhnya.
  7. a. Sering dianggap sebagai resep untuk mengobati semua penyakit organisasi
  8. a. Dapat dipakai untuk memilih pegawai yang perlu dilatih dan membantu penilaian hasil training
  9. d. Mengevaluasi efektifitas keseluruhan proses dan kontribusinya terhadap keseluruhan kinerja semoga sanggup diperoleh perubahan dan peningkatan
  10. a. Amstrong
  11. b. Milcovich
  12. b. Gagal mengklarifikasikan target atau standar kinerja
  13. a. Ruky
  14. a. Matinya kreativitas dan penemuan untuk mengadakan perubahan-perubahan.
  15. b. Berkaitan pribadi dengan taktik perusahaan
  16. a. Basis waktu
  17. a. Menawarkan keunggulan kompetitif
  18. b. Uji orisinalitas
  19. b. Untuk membantu manajer menjadi membimbing, mempercayai orang menggunakan metodenya, mendelegasikan kewenangan, dan menjadi pemimpin 
  20. c. Mengubah budaya

Subscribe to receive free email updates: