Soal Administrasi Rantai Pasokan Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Manajemen Rantai Pasokan Beserta Jawaban
  1. Metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling hemat disebut...
    a. EOQ
    b. EPQ
    c. reorder point
    d. safety stock
  2. Berikut ini ialah langkah-langkah untuk mencapai taktik yang sempurna terkait dengan kemampuan rantai pasok dalam memenuhi kepuasan pelanggan, kecuali....
    a. Pencapaian taktik yang tepat
    b. Memahami kemampuan rantai pasok
    c. Memenuhi tingkat pelayanan yang tinggi
    d. Memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok
  3. Kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dan pendukung dalam perusahaan untuk mencapai taktik kompetitif perusahaan merupakan esensi dari...
    a. Supply chain
    b. Value chain
    c. Demand uncertainty
    d. Implied demand uncertainty
  4. Tujuan utama dari efficient supply chain dalam taktik rantai pasok yaitu...
    a. Respon cepat terhadap permintaan
    b. Meminimalkan persediaan semoga biaya rendah
    c. Menurunkan harga produk
    d. Memasok undangan pada biaya terendah
  5. Hal-hal berikut sanggup mengurangi imbas bullwhip effect dalam rantai pasok, kecuali...
    a. Mengurangi variabilitas
    b. Strategi partnership
    c. Pengurangan lead time
    d. Membangun produk yang inovatif
  6. Kemampuan perusahaan untuk memenuhi undangan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin merupakan esensi dari...
    a. Kustomisasi
    b. Fleksibilitas volume
    c. Kompetisi berbasis waktu
    d. Lead time
  7. Perencanaan stratejik, undangan dan penawaran merupakan proses makro dalam rantai pasok yaitu...
    a. Crelationship management (CRM)
    b. Supplier relationship management (SRM)
    c. Internal supply chain management (ISCM)
    d. Transaction management foundation (TMF)
  8. Data berikut dipakai untuk menjawab pertanyaan No. 24 dan 25. Diketahui undangan rata-rata jarum suntik per tahun PT. Alfath ialah 3.000 unit, biaya pemesanan ialah sebesar Rp. 300.000,00 per pemesanan, dan biaya penyimpanan per unit per tahun ialah sebesar Rp. 10.000,00. Pembelian optimal untuk tiap kali pemesanan adalah...
    a. 300 unit
    b. 325 unit
    c. 424 unit
    d. 450 unit
  9. Jumlah pemesanan dalam setahun adalah...
    a. 4 kali pemesanan per tahun
    b. 5 kali pemesanan per tahun
    c. 6 kali pemesanan per tahun
    d. 7 kali pemesanan per tahun
  10. Salah satu proses makro dalam rantai pasok Customer Relationship Mangement (CRM) adalah...
    a. Penjualan
    b. Pelayanan
    c. Pembelian
    d. Desain kolaborasi
  11. Salah satu kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu....
    a. Desain dengan performa yang tinggi
    b. Kustomisasi
    c. Ketepatan pengiriman
    d. Kecepatan layanan
  12. Berikut ini ialah tujuan dari administrasi logistik pipeline, kecuali...
    a. Waktu respon yang lebih cepat
    b. Biaya yang lebih rendah
    c. Peningkatan variabilitas produk
    d. Kualitas yang lebih tinggi
  13. Komponen utama dari Order Cycle Time (OCT), 3 diantaranya adalah...
    a. Peramalan permintaan, perakitan pesanan, dan transportasi
    b. Transportasi, penerimaan pesanan, dan pengiriman
    c. Peramalan permintaan, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
    d. Penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
  14. Pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan undangan pelanggan terhadap ketersediaan produk disebut...
    a. Replenishment lot size
    b. Responsive supply chain
    c. Cycle service level
    d. Supply chain
  15. Sekumpulan tindakan rantai pasok untuk mengurangi replenishment lead-time disebut...
    a. Penundaan
    b. Tailored sourcing
    c. Memperbaiki peramalan
    d. Tanggapan cepat
  16. Cara-cara berikut merupakan pengaturan untuk tingkat optimal ketersediaan produk, kecuali...
    a. Mengatur tingkat ketersediaan produk
    b. Memperhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barang
    c. Memastikan tingkat ketersediaan barang
    d. Memperbaiki peramalan undangan produk
  17. Mengelola pengaturan produk yang dipakai dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan tiba merupakan salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu...
    a. Demand management
    b. Customer service management
    c. Returns management
    d. Customer relationship management
  18. Kelemahan dalam melihat citra besar dan bertindak hanya pada satu bab dalam perusahaan merupakan salah satu kendala dalam integrasi rantai pasok yaitu...
    a. Lack of trust
    b. Silo mentality
    c. Lack of knowledge
    d. Lack of supply chain visibility
  19. Strategi pembeli untuk meningkatkan pesanan saat terjadi kelebihan undangan disebut...
    a. Rationing
    b. Bullwhip effect
    c. Order batching
    d. Shortage gaming
  20. Hubungan menurut kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok merupakan esensi dari...
    a. Power-based relationship
    b. Trust-based relationship
    c. Deterrence-based view
    d. Process-based view
  21. Proses makro yang fokus pada interaksi fatwa atas antara perusahaan dan pemasok disebut...
    a. Customer relationship mangement (CRM)
    b. Supplier relationship management (SRM)
    c. Internal supply chain management (ISCM)
    d. Transaction management foundation (TMF)
Jawaban:
  1. a. EOQ
  2. c. Memenuhi tingkat pelayanan yang tinggi
  3. b. Value chain
  4. d. Memasok undangan pada biaya terendah
  5. d. Membangun produk yang inovatif
  6. c. Kompetisi berbasis waktu
  7. c. Internal supply chain management (ISCM)
  8. c. 424 unit
  9. d. 7 kali pemesanan per tahun
  10. a. Penjualan
  11. a. Desain dengan performa yang tinggi
  12. c. Peningkatan variabilitas produk
  13. d. Penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
  14. c. Cycle service level
  15. d. Tanggapan cepat
  16. d. Memperbaiki peramalan undangan produk
  17. c. Returns management
  18. b. Silo mentality
  19. d. Shortage gaming
  20. b. Trust-based relationship
  21. b. Supplier relationship management (SRM)

Subscribe to receive free email updates: