Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Manajemen Rantai Pasokan Beserta Jawaban
- Metode penentuan jumlah optimal yang menekankan pada pemesanan yang paling hemat disebut...a. EOQb. EPQc. reorder pointd. safety stock
- Berikut ini ialah langkah-langkah untuk mencapai taktik yang sempurna terkait dengan kemampuan rantai pasok dalam memenuhi kepuasan pelanggan, kecuali....a. Pencapaian taktik yang tepatb. Memahami kemampuan rantai pasokc. Memenuhi tingkat pelayanan yang tinggid. Memahami pelanggan dan ketidakpastian dari rantai pasok
- Kaitan antara aktivitas-aktivitas utama dan pendukung dalam perusahaan untuk mencapai taktik kompetitif perusahaan merupakan esensi dari...a. Supply chainb. Value chainc. Demand uncertaintyd. Implied demand uncertainty
- Tujuan utama dari efficient supply chain dalam taktik rantai pasok yaitu...a. Respon cepat terhadap permintaanb. Meminimalkan persediaan semoga biaya rendahc. Menurunkan harga produkd. Memasok undangan pada biaya terendah
- Hal-hal berikut sanggup mengurangi imbas bullwhip effect dalam rantai pasok, kecuali...a. Mengurangi variabilitasb. Strategi partnershipc. Pengurangan lead timed. Membangun produk yang inovatif
- Kemampuan perusahaan untuk memenuhi undangan konsumen dalam waktu yang secepat mungkin merupakan esensi dari...a. Kustomisasib. Fleksibilitas volumec. Kompetisi berbasis waktud. Lead time
- Perencanaan stratejik, undangan dan penawaran merupakan proses makro dalam rantai pasok yaitu...a. Crelationship management (CRM)b. Supplier relationship management (SRM)c. Internal supply chain management (ISCM)d. Transaction management foundation (TMF)
- Data berikut dipakai untuk menjawab pertanyaan No. 24 dan 25. Diketahui undangan rata-rata jarum suntik per tahun PT. Alfath ialah 3.000 unit, biaya pemesanan ialah sebesar Rp. 300.000,00 per pemesanan, dan biaya penyimpanan per unit per tahun ialah sebesar Rp. 10.000,00. Pembelian optimal untuk tiap kali pemesanan adalah...a. 300 unitb. 325 unitc. 424 unitd. 450 unit
- Jumlah pemesanan dalam setahun adalah...a. 4 kali pemesanan per tahunb. 5 kali pemesanan per tahunc. 6 kali pemesanan per tahund. 7 kali pemesanan per tahun
- Salah satu proses makro dalam rantai pasok Customer Relationship Mangement (CRM) adalah...a. Penjualanb. Pelayananc. Pembeliand. Desain kolaborasi
- Salah satu kemungkinan prioritas persaingan dalam hal kualitas yaitu....a. Desain dengan performa yang tinggib. Kustomisasic. Ketepatan pengirimand. Kecepatan layanan
- Berikut ini ialah tujuan dari administrasi logistik pipeline, kecuali...a. Waktu respon yang lebih cepatb. Biaya yang lebih rendahc. Peningkatan variabilitas produkd. Kualitas yang lebih tinggi
- Komponen utama dari Order Cycle Time (OCT), 3 diantaranya adalah...a. Peramalan permintaan, perakitan pesanan, dan transportasib. Transportasi, penerimaan pesanan, dan pengirimanc. Peramalan permintaan, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanand. Penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
- Pengukuran terhadap tingkat ketersediaan produk yang berupa matriks dari jumlah kepuasan undangan pelanggan terhadap ketersediaan produk disebut...a. Replenishment lot sizeb. Responsive supply chainc. Cycle service leveld. Supply chain
- Sekumpulan tindakan rantai pasok untuk mengurangi replenishment lead-time disebut...a. Penundaanb. Tailored sourcingc. Memperbaiki peramaland. Tanggapan cepat
- Cara-cara berikut merupakan pengaturan untuk tingkat optimal ketersediaan produk, kecuali...a. Mengatur tingkat ketersediaan produkb. Memperhitungkan rentangan untuk biaya kehabisan barangc. Memastikan tingkat ketersediaan barangd. Memperbaiki peramalan undangan produk
- Mengelola pengaturan produk yang dipakai dan meminimalisasi pengembalian di masa yang akan tiba merupakan salah satu kunci utama proses bisnis rantai pasok yaitu...a. Demand managementb. Customer service managementc. Returns managementd. Customer relationship management
- Kelemahan dalam melihat citra besar dan bertindak hanya pada satu bab dalam perusahaan merupakan salah satu kendala dalam integrasi rantai pasok yaitu...a. Lack of trustb. Silo mentalityc. Lack of knowledged. Lack of supply chain visibility
- Strategi pembeli untuk meningkatkan pesanan saat terjadi kelebihan undangan disebut...a. Rationingb. Bullwhip effectc. Order batchingd. Shortage gaming
- Hubungan menurut kepercayaan antara dua tingkatan dalam rantai pasok merupakan esensi dari...a. Power-based relationshipb. Trust-based relationshipc. Deterrence-based viewd. Process-based view
- Proses makro yang fokus pada interaksi fatwa atas antara perusahaan dan pemasok disebut...a. Customer relationship mangement (CRM)b. Supplier relationship management (SRM)c. Internal supply chain management (ISCM)d. Transaction management foundation (TMF)
Jawaban:
- a. EOQ
- c. Memenuhi tingkat pelayanan yang tinggi
- b. Value chain
- d. Memasok undangan pada biaya terendah
- d. Membangun produk yang inovatif
- c. Kompetisi berbasis waktu
- c. Internal supply chain management (ISCM)
- c. 424 unit
- d. 7 kali pemesanan per tahun
- a. Penjualan
- a. Desain dengan performa yang tinggi
- c. Peningkatan variabilitas produk
- d. Penempatan pemesanan konsumen, penerimaan pesanan, dan pemrosesan pesanan
- c. Cycle service level
- d. Tanggapan cepat
- d. Memperbaiki peramalan undangan produk
- c. Returns management
- b. Silo mentality
- d. Shortage gaming
- b. Trust-based relationship
- b. Supplier relationship management (SRM)