Soal Uji Kompetensi (Ukom) Perawat Lengkap Jawaban

Latihan Soal Uji Kompetensi (UKOM) Perawat Besera Jawaban
  1. Pasien Andi 26 tahun dirawat diruang inap rumah sakit jiwa, hasil pengkajian klien berbaring dilantai ruangan, berdiam diri, memejamkan mata. Pasien menyampaikan bahwa dirinya bahu-membahu sudah tidak ada didunia ini lagi. Pasien menyampaikan bahwa jiwanya telah dibawa dan ia sudah tidak memperlukan apapun lagi. Apa duduk masalah keperawatan utama masalah tersebut?
    a. Waham Curiga
    b. Waham Nihilistik
    c. Waham Kebesaran
    d. Waham Siar Pikir
  2. Cewek umur 21 tahun pergi ke Puskesmas mengeluh nyeri diseluruh kepala, jantung berdebar debar, dan sesak nafas. Menurutnya, keluhan tersebut alasannya ialah ia suka memikirkan hasil UKOM Keperawatan yang gagal lulus padahal ia sudah 10 kali mengikuti UKOM dan sudah hampir setiap waktu mengikuti BIMBEL UKOM Gratis dan Berbayar. ia menyampaikan merasa kesalahan terbesar ketika mengisi lembar UKOM yaitu ia selalu lupa mengisi nomor ujian peserta. Apa diagnosis keperawatan psikososial pada masalah ini?
    a. Berduka
    b. Stress
    c. Ansietas
    d. Depresi
  3. Mr.Sentotov usia 42 tahun dirawat RS Jiwa selama 2 minggu, hari terakhir waktu perawatan pasien boleh pulang dan dinyatakan sudah sembuh. Pada interaksi terakhir, perawat berkata ke pasien "nanti dirumah bapak harus minum obat 2 kali sehari sesuai dengan aktivitas yang kita buat berdua pak".Apa elemen Komunikasi Terapeutik yang telah dilaksanakan oleh perawat tersebut?
    a. Rencana tindak lanjut
    b. Validasi
    c. Evaluasi
    d. Eksplorasi perasaan
  4. Perawat sedang melaksanakan komunikasi Terapeutik ke pasien, dan berkomunikasi dengan pasien pada tahap terminasi akhir. Kegiatan interaksi dengan pasien dilaksanakan perawat sebelum dijemput keluarganya. Manakah kalimat perawat yang paling sempurna pada relasi terapeutik perawat pada pasien pada masalah diatas?
    a. "Bagaimana perasaan mbak siang ini?"
    b. "Coba mbak sebutkan, apa saja yang saya ajarkan selama mbak dirawat disini?"
    c. "Bagaimana jikalau kita bicara disini saja?"
    d. "Selamat siang mbak" "Apa saja latihan yang sudah mbak lakukan?"
  5. Pasien Mr Lukman umur 55 tahun dirawat di RS Jiwa, dari hasil pengkajian, pasien sering mengeluh bab perutnya ada paku serta pasien merasa asisten nya sudah patah tidak bisa dipakai lagi, pasien tidak nyaman dan ia terganggu. Namun hasil investigasi fisik dan permeriksaan lainnya tidak ditemukan apapun, pasien sehat sehat saja dan karenanya tidak menyerupai yang diungkapkan pasien. Apakah duduk masalah keperawatan dari masalah tersebut?
    a. Waham sisip pikir
    b. Waham curiga
    c. Waham Somatik
    d. Waham Siar Pikir
  6. Pasien Tn. Susilo umur 39 tahun di rawat di ruang perawatan RS Jiwa memperlihatkan penampilan menyerupai seorang dukun, ia memakai handuk dan menjadikannya sorban serta mengunyah apapun yang ia temukan, ia kadang bergaya menyerupai orang kesurupan. Saat ini pasien mengaku sebagai seorang yang bisa menciptakan apapaun, bisa menebak masa depan seseorang, sanggup menghilang dan sanggup melayang, ia mengaku sebagai utusan dari langit. Apa duduk masalah keperawatan yang sempurna untuk masalah diatas?
    a. Waham somatik
    b. harga diri rendah
    c. Waham Kebesaran
    d. Waham Keagamaan
  7. Tn. Bardan usia 32 Tahun dibawa ke unit gawat darurat (UGD) RS Jiwa dengan hasil investigasi dan pengkajian lengkap ke keluarga, dan keluerga menyampaikan Tn. Bardan gres habis membacok orang lain, pasien suka bertonjokkan, langgar mulut, marah-marah, merusak kemudahan umum dan barang di rumah hancur melayang di lempar Tn. Bardan , ketika di ruangan Tn. Bardan mencoba lari. Apa tindakan yang sempurna untuk situasi tersebut?
    a. Melakukan Fiksasi
    b. Melakukan komunikasi teraupetik
    c. Membiarkan Tn. Bardan mengekspresikan kemarahannya
    d. menyekap dan membawa Tn. Bardan ke ruangan isolasi
  8. Anak muda tanggung usia 21 tahun masuk dan dirawat di RS Jiwa semenjak 1 bulan yang lalu, anak muda taunggung tersebut dibawa keluarga dengan alasan suka tertawa sendiri, senyum senyum berlebihan, suka sendirian, sibuk sendiri, dan tidak mau makan semenjak 1 hari yang lalu. Apa duduk masalah keperawatan utama dari masalah tersebut?
    a. Defisit Perawatan Diri
    b. Gangguan Kebutuhan Nutrisi
    c. Gangguan persepsi sensori Halusinasi
    d. Ansietas
  9. Wanita Ny. Siska 31 tahun dirawat di RSJ 1 Bulan kemudian dengan alasan masuk RS Jiwa Karena ia suka menyendiri, tidak mau berbicara. Saat dilakukan pengkajian, klien tidur dengan melengkungkan diri menyerupai posisi janin, menghindari cahaya, TD 110/80 mmHg, Nadi 64x / menit, RR 15 x / Menit. Apa duduk masalah keperawatan utama masalah tersebut?
    a. Isolasi Sosial
    b. Perilaku Kekerasan 
    c. Defisit Perawatan Diri
    d. Kerusakan Komunikasi Verbal
  10. Seorang Ibu hamil 36 tahun dirawat 1 hari diruang bersalin dan mengeluh kontraksi tidak teratur, kontraksi berhenti ketika ibu berjalan. Dirasakan nyeri pada bab belakang dan pada abdomen diatas pusar. Hasil investigasi serviks lunak tetapi tidak ada perubahan signifikan dalam penipisan. Tanda dan tanda-tanda diatas merupakan ciri ciri apa?
    a. Persiapan persalinan
    b. Persalinan palsu
    c. Persalinan sejati
    d. Persalinan Kala I
  11. Seorang Ibu ketika ini menjalani proses persalinan, Ibu tersebut mengedan dan lahir bayi laki laki, bayi pribadi menangisa, DJJ<100X/menit, ekstremitas fleksi sedikit, batuk bersin, dan hanya tubuh yang terlihat merah. Berapa Nilai Apgar bayi pada masalah diatas?
    a. 10
    b. 9
    c. 8
    d. 7
  12. Ibu hamil G1 P0 A0, 20 ahad tiba keklinik mengeluh perutnya mulai besar, sakit pada pinggang, TTV dengan TD 100/70 mmHg, N 80x/Menit, DJJ 130x/menit. Diagnosa Keperawatan Prioritas apa yang bisa diangkat dari data diatas?
    a. Gangguan Citra tubuh berafiliasi dengan persepsi perubahan biofisik, respon orang lain
    b. Gangguan teladan pernafasan berafiliasi dengan pergeseran diafragma tanggapan pembesaran uterus
    c. Kurangnya pengetahuan berafiliasi dengan minimnya info yang diperoleh perihal perubahan fisiologi/psikologis yang normal pada trimester II
    d. Ketidakefektifan koping individu berafiliasi dengan krisis situasi, kerentanan pribadi, persepsi tidak realistis
  13. Seorang ibu tiba memeriksakan kondisi kehamilannya, sehabis dilakukan USG kandungan didapatkan hasil plasenta berimplantasi pada segmen bawah rahim sehingga tepi bawahnya berada pada jarak lebih kurang 2cm dari ostium uteri internum. Dari hasil USG diatas merupakan jenis plasenta previa apa?
    a. Parsialis
    b. Sentralis
    c. Marginalis
    d. Letak rendah
  14. Ibu hamil dengan status obstetri G3P2A0 tiba ke klinik kandungan, pada ketika dilakukan pengkajian klien mengatyakan HPHT pada tanggan 2 september 2014, Setelah itu perawat melaksanakan perhitungan taksiran partus dengan memakai rumus Naegele. Berdasar data diatas, tanggal berapa ibu hamil tersebut diperkirakan partus?
    a. 5 Juni 2015
    b. 9 Juni 2015
    c. 9 Juli 2015
    d. 5 Juli 2015
  15. Seorang laki-laki usia 66 tahun , pada 6 bulan kemudian istrinya meninggal dunia dikarenakan sakit. Ia tinggal bersama anak lelakinya. Selama wawancara, ekspresi lansia tersebut tampak sedih, banyak menunduk,pandangan kosong dan menangis disaat ditanya perihal mendiang istrinya. Ia merasa gagal merawat istrinya. Klien mengeluh nafsu makan menurun, susah tidur pada malam hari dan malas bergaul dengan para tetangganya. Apa duduk masalah yang dialami Lansia tersebut?
    a. Pikun
    b. Depresi
    c. Demensia
    d. Gangguan Jiwa
  16. Seorang wanita lansia usia 70 tahun dibawa keluarganya ke physiater. Keluarga menyampaikan 5 bulan terakhir, nenek lansia tersebut mengurung diri dikamar, hanya mau mandi 1x sehari, nafsu makan menurun, dan tidak mau menceritakan masalahnya. Apa teknik yang sempurna bagi anda sebagai perawat profesional demi menggali duduk masalah yang dialami klien lansia tersebut?
    a. Beri perhatian terus menerus pada klien walaupun ia tidak mau bicara
    b. Anjurkan klien melaksanakan perawatan diri secara mandiri
    c. Anjurkan keluarga untuk memperlihatkan perawat khusus kepada lansia tersebut
    d. Anjurkan klien memakai antidepresan secara teratur
  17. Lansia menderita penyakit paru obstruktif menahun (PPOK), 1 Minggu terakhir keluhan sesa bertambah berat. Hasil X-Ray tampak Hipertrofi Ventrikel kanan sehingga timbul edema pada kedua tungkai kaki, Kulit tampak pucat, denyut nadi tidak teratur. Klien tersebut bertanya apakah hidupnya tidak akan usang lagi? Apa jawaban yang sempurna untuk pasien tersebut?
    a. Kondisi ibu akan baik-baik saja, tak perlu kuatir
    b. Kondisi ibu ketika ini kritis dan perlu perawatan intensif
    c. Saya tidak tahu mengenai penyakit ibu
    d. Kondisi ibu ketika ini menurun, ibu sebaiknya banyak istirahat.
  18. Kakek usa 71 tahun pada 2 hari kemudian jatuh dikamar mandi, tanggapan tragedi tersebut, klien mengeluh tidak bisa menahan urine hingga ke Wc lagi. Hasil investigasi tidak ditemukan gangguan sistem perkemihan kakek tersebut. Manakah kelainan eliminasi urin yang dialami kakek?
    a. Inkontinensi Fungsional
    b. Inkontinensi urgensi
    c. Inkontinensi Stres
    d. Inkontinensi Overflow
  19. Klien usia 57 tahun , pada sebulan kemudian gres saja kehilangan anaknya alasannya ialah kecelakaan kemudian lintas. Saat ini klien terus menyalahkan orang yang menabrak anaknya. Ia seringkali bicara dengan nada tinggi dan berangasan jikalau mengingat hal tersebut. Manakah tahap fase kehilangan selanjutnya yang mungkin dialami oleh klien diatas?
    a. Anger (Marah)
    b. Depression (depresi)
    c. Grief (reaksi emosi)
    d. Denial (menyangkal)
  20. Perempuan usia 28 tahun tiba ke poli kandungan. Pasien mengeluh terlambat mens selama kurang lebih 3 minggu. Hasil pengkajian mens terakhir pada tanggal 28 januari 2015, TD 120/70 mmHg, frekuensi napas 18x/menit, nadi 75x/menit, hasil investigasi urin positif hamil. Kapan taksiran partus ibu tersebut?
    a. 03 Oktober 2015
    b. 04 Oktober 2015
    c. 05 Oktober 2015
    d. 06 Nopember 2015
  21. Perempuan usia 19 tahun post partum satu hari lalu, cemas alasannya ialah ASI belum keluar. Bayinya menangis ketika disusukan. Hasil investigasi tampak pailla mammae menonjol keluar. Perawat mengajarkan perawatan dan teknik menyusui kepada pasien. Apakah kiprah perawat tersebut?
    a. Change Agen
    b. Advokator
    c. Konsultan
    d. Pendidik
  22. Perempuan usia 28 tahun G1P0A0 hamil 37 ahad tiba ke poli kandungan untuk memeriksakan kehamilan dan keadaan janinnya. Pemeriksaan fisik TD 120/90 mmHg, frekuensi nadi 64x/menit, TFU 36 cm, punggung kanan, DJJ positif, kepala berada diatas spina iskiadika. Berapakah tafsiran berat janin?
    a. 3875 gram
    b. 3565 gram
    c. 3720 gram
    d. 3765 gram
  23. Perawat dan bidan berkolaborasi melaksanakan administrasi aktif kala III pada pasien P1A0, di ruang bersalin sehabis bayi lahir diberikan suntikan oksitosin 10 UI/IM, kemudian dicoba melaksanakan peregangan tali sentra terkendali tetapi plasenta belum lepas. Tindakan apa yang dilakukan selanjutnya?
    a. Melakukan manual plasenta
    b. Mengobservasi selama 15 menit
    c. Melakukan kompresi bimanual interna
    d. Melakukan peregangan tali sentra terkendali
  24. Perempuan usia 31 tahun G2P0A1 tiba ke poliklinik kandungan memeriksakan kehamilannya, tiba dengan keluhan cemas alasannya ialah semenjak kemarin tidak mencicipi pergerakan janinnya. Hasil investigasi usia kehamilan 7 bulan. Apakah tindakan yang harus segera dilakukan?
    a. Mengkaji pergerakan janin
    b. Mengukur TTV
    c. Mengukur TFU
    d. Mengukur DJJ
  25. Seorang wanita usia 29 tahun primi para nifas hari ke 2, menyampaikan badannya kurang nyaman, terutama ketika menyusui bayi. Ibu menyampaikan perutnya mules, ketika dilakukan investigasi ditemukan konjungtiva tidak anemis, puting susu menonjol, kontraksi uterus baik, konsistensi keras, lochea rubra, tanda homan negatif, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi pernafasan 22x permenit. Apakah diagnosa keperawatan dari masalah diatas?
    a. Gangguan rasa nyaman
    b. Nyeri akut
    c. Nyeri kronis
    d. Resiko infeksi
  26. Perempuan usia 24 tahun tiba ke puskesmas tanggal 2 februari 2017 dengan keluhan mual-mual, ekspresi terasa pahit dan perut terasa begah, ibu muda tersebut menyampaikan selama ini siklus mensnya normal, namun alasannya ialah kesibukan dia menyampaikan mensnya terlambat hampir sebulan. Ibu tersebut juga menyampaikan HPHT nya pada 12 desember 2016. Hasil investigasi TTV yaitu TD 110/70 mmHg, Frekuensi nafas 20x/menit, frekuensi nadi 70x/menit Hasil PP test (+). Berapa usia kehamilan ibu tersebut pada ketika kunjungan ke puskesmas?
    a. 5-6 minggu
    b. 6-7 minggu
    c. 7-8 minggu
    d. 8-9 minggu
  27. Seorang tenaga kesehatan sedang melaksanakan kontribusi persalinan pada ibu inpartu anak kedua, sehabis dipimpin meneran maka berturut-turut kepala, wajah dan hidung, petugas mengelap wajah bayi serta membiarkan bayi melaksanakan putaran paksi luar. Tindakan apa yang selanjutnya dilakukan petugas?
    a. Mengecek apakah ada lilitan tali pusat
    b. Menekan kepala kearah bawah mengeluarkan pundak atas dengan tehnik biparietal
    c. Menaikkan kepala keatas untuk mengeluarkan pundak bawah dengan tehnik biparietal
    d. Melakukan sangga susur untuk mengeluarkan badan.
  28. Seorang paramedis tengah melaksanakan kontribusi persalinan pada ibu primipara di puskesmas, bayi lahir spontan, menangis keras, bergerak aktif dan berwarna kemerahan, petugas segera mengeringkan bayi dengan menilai sekilas. Apa yang selanjutnya dilakukan?
    a. Meraba abdomen ibu untuk memastikan apakah ada bayi kedua
    b. Memberikan suntikan oksitoksin 10 unit
    c. Melakukan pengkleman tali sentra dan memotongnya
    d. Melakukan massage abdomen selama 15 detik untuk mencegah perdarahan
  29. Ibu anggun usia 34 tahun tiba ke poliklinik kandungan untuk mengontrol luka operasi SC, riwayat persalinan sebagai berikut:
    - Lahir normal laki-laki pada tahun 2004
    - Ab0rtus pada kehamilan 10 ahad tahun 2007
    - Lahir prematur anak wanita 32 ahad tahun 2010
    - Lahir anak kembar laki laki dengan berat 2300 gram pada tahun 2015.
    - TD : 110/80 mmHg
    - Nadi : 69x/menit
    - Nafas : 20x/menit
    - Suhu : 36,6 derajat selsius. 
    Bagaimana cara pencatatan paritas yang bear pada klien diatas?
    a. G3P3A1
    b. G4P3A0
    c. G3P4A1
    d. G4P3A1
  30. Seorang laki-laki usia 25 tahun mengalami kecelakaan bab os frontal kepala membentur jalan, hasil pengkajian dilakukan sehabis 2 jam tragedi ditemukan data bahwa pasien tidak sadarkan diri, tampak darah segar dimulut, pernafasan grugling, nilai GCS E2 M2 V2, saturasi oksigen 85%.Tindakan untuk jalan nafas definitif yang bisa dilakukan pada pasien tersebut adalah?
    a. Suction
    b. Pasang Ventilator
    c. Pemasangan OPA
    d. Intubasi (dan pasang ETT)
  31. Anak umur 7 tahun dengan berat badan16 kg masuk IGD dibawa oleh ibunya dengan keluhan BAB cair tanpa ampas 6x disertai muntah 4x, pasien tidak mau makan dan minum. Pada investigasi awal, turgor kulit kembali dalam 6 detik, mata cekung, bibir kering, auskultasi bising usus 25x permenit, suhu 38,9 derajat selsius. Apa duduk masalah keperawatan prioritas pada masalah diatas?
    a. Hipertermia
    b. Kekurangan volume cairan
    c. Nutrisi kurang dari kebutuhan
    d. Resiko kekurangan volume cairan
  32. Seorang wanita usia 25 tahun masuk IGD dengan hematoma pada bab temporal dextra tanggapan kecelakaan sepeda motor, pasien mengalami penurunan kesadaran, pasien membuka mata dengan cubitan dan bisa menepis cubitan tersebut dengan tangan kanannya, dan pada ketika diajak bicara hanya erangan yang keluar dari ekspresi pasien. Berapa nilai skor GCS pasien tersebut?
    a. E2 V5 M5
    b. E3 V2 M4
    c. E2 V3 M5
    d. E3 V2 M5
  33. Tuan Setya Novanto mengalami kecelakaan tragis dan dilarikan ke IGD, dalam perjalanan dia muntah dan mengalami amnesia > 30 menit, mengalami fraktur tengkorak, disorientasi ringan (bingung)/ Apa yang dialami Tuan Setya Novanto?
    a. Cedera kepala berat (CKB) GCS :3-8
    b. Cedera kepala sedang (CKS) GCS : 9-12
    c. Cedera kepala tertutup
    d. Cedera kepala terbuka
  34. Perempuan usia 30 tahun mengalami depresi tanggapan suaminya terkena masalah korupsi, ketika melaksanakan pengkajian didapatkan data bahwa pasien pernah melaksanakan 3 kali percobaan mengakhiri hidupnya dengan meminum racun. Apa tindakan pertama yang sanggup dilakukan pada masalah diatas?
    a. Mengidentifikasi benda berbahaya disekeliling
    b. Mengamankan benda berbahaya disekeliling
    c. Mengajarkan cara mengendalikan diri
    d. Anjurkan pengawasan ketat
  35. Seorang laki-laki umur 26 tahun terjatuh dari lantai 2 apartemen kemudian dibawa ke Instalasi Gawat Darurat dengan kondisi penurunan kesadaran, ketika dilakukan investigasi terlihat luka lecet pada leher dan tidak ada tanda luka pada bab lain. Apakah evaluasi primer gawat darurat yang pertama kali harus dilakukan pada pasien tersebut?
    a. Memeriksa tanda-tanda vital
    b. Monitoring teladan pernafasan
    c. Memantau kepatenan jalan masuk pernafasan
    d. Mengobservasi perdarahan
  36. Laki-laki usia 56 tahun tiba ke rumah sakit dengan keluhan batuk berdarah. Dia mengaku semenjak 4 bulan kemudian menderita batuk disertai dahak kental yang tak kunjung sembuh hingga sekarang, bahkan semenjak satu bulan terakhir nafasnya terasa sesak yang semakin berat. Suara nafas stridor disemua lapang paru. Diagnosa keperawatam yang mungkin muncul adalah?
    a. Nyeri berafiliasi dengan biro cidera fisik
    b. Bersihan jalan nafas tidak efektif berafiliasi dengan penumpukan sekret
    c. Perubahan teladan nafas berafiliasi dengan perluasan paru
    d. Kerusakan pertukaran gas berafiliasi dengan hiperventilasi
  37. Seorang laki-laki usia 17 tahun dibawa rekannya ke IGD Rumah Sakit Ratu Zalecha Martapura Kalimantan Selatan dengan keluhan sesak nafas, sehabis terlibat perkelahian. Dari anamnesis, pasien mengaku wajah dan dada kirinya ditendang berkali-kali. Pasien tampak pucat dan gelisah serta merintih kesakitan alasannya ialah nyeri dada. Dari investigasi tanda vital didapat Tekanan darah 90/60 mmHg, denyut nadi 114x permenit, frekuensi nafas 36x permenit dan temperatur tubuh 37 derajat selsius. Diagnosa keperawatan yang mungkin muncul adalah?
    a. Nyeri berafiliasi dengan biro cidera fisik
    b. Bersihan jalan nafas tidak efektif berafiliasi dengan penumpukan sekret
    c. Perubahan teladan nafas berafiliasi dengan perluasan paru
    d. Kerusakan pertukaran gas berafiliasi dengan hiperventilasi
  38. Gadis anggun usia 17 tahun dibawa orangtuanya ke instalasi gawat darurat dengan riwayat demam 3 hari yang lalu. Saat ini pasien mengeluh mual,muntah dan nyeri ulu hati. Hasil investigasi didapatkan data tekanan darah 100/70 mmHg, frekuensi nadi 90 x permenit, frekuensi nafas 20 x permenit, suhu tubuh 37 derajat selsius, haemoglobin plasma 13 gr/dl. trombosit 100.000mm₃, hematokrit 36 vol %. Apa duduk masalah keperawatan pada gadis anggun tersebut?
    a. Nyeri akut
    b. Hipertermia
    c. Gangguan rasa nyaman : mual
    d. Gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
  39. Seorang ibu usia 30 tahun dirawat di IGD dengan riwayat jatuh dari sepeda motor. Pada ketika tragedi klien tidak memakai helm. Keluar darah bercampur Rhinorea dari hidung dan indera pendengaran klien, lebam disekitar kelopak mata, kebiruan dibelakang telinga, tekanan darah 100/80 mmHg, suhu tubuh 39 derajat selsius, teladan pernafasan cheyne-stokes, terjadi penurunan kesadaran. Manakah yang mengindikasikan terjadinya fraktur basis crani?
    a. Keluar darah bercampur rhinorea dari hidung dan telinga
    b. Terdapat lebam pada kelopak mata
    c. TTV : TD 100/80mmHg, suhu 39 derajat selsius
    d. Pola pernafasan cheyne-stokes
Jawaban:
  1. b. Waham Nihilistik
  2. c. Ansietas
  3. a. Rencana tindak lanjut
  4. b. "Coba mbak sebutkan, apa saja yang saya ajarkan selama mbak dirawat disini?"
  5. c. Waham Somatik
  6. c. Waham Kebesaran
  7. a. Melakukan Fiksasi
  8. c. Gangguan persepsi sensori Halusinasi
  9. a. Isolasi Sosial
  10. b. Persalinan palsu
  11. d. 7
  12. a. Gangguan Citra tubuh berafiliasi dengan persepsi perubahan biofisik, respon orang lain
  13. b. Sentralis
  14. d. 5 juli 2015
  15. b. Depresi
  16. a. Beri perhatian terus menerus pada klien walaupun ia tidak mau bicara
  17. d. Kondisi ibu ketika ini menurun, ibu sebaiknya banyak istirahat.
  18. a. Inkontinensi Fungsional
  19. a. Anger (Marah)
  20. b. 04 Oktober 2015
  21. d. Pendidik
  22. c. 3720 gram
  23. b. Mengobservasi selama 15 menit
  24. d. Mengukur DJJ
  25. a. Gangguan rasa nyaman
  26. c. 7-8 minggu
  27. a. Mengecek apakah ada lilitan tali pusat
  28. a. Meraba abdomen ibu untuk memastikan apakah ada bayi kedua
  29. d. G4P3A1
  30. d. Intubasi (dan pasang ETT)
  31. b. Kekurangan volume cairan
  32. a. E2 V5 M5
  33. a. Cedera kepala berat (CKB) GCS :3-8
  34. a. Mengidentifikasi benda berbahaya disekeliling
  35. c. Memantau kepatenan jalan masuk pernafasan
  36. b. Bersihan jalan nafas tidak efektif berafiliasi dengan penumpukan sekret
  37. c. Perubahan teladan nafas berafiliasi dengan perluasan paru
  38. d. Gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
  39. a. Keluar darah bercampur rhinorea dari hidung dan telinga

Subscribe to receive free email updates: