Soal Uji Kompetensi Bidan Lengkap Jawaban

Latihan Soal Uji Kompetensi Bidan Beserta Jawaban
  1. Seorang perempuan, usia 35 th sudah mempunyai 2 orang 2 anak, 3 th dan 1 th, tiba ke puskesmas untuk ber KB. Hasil pengkajian pasien belum pernah ber KB. Pada dokumtentasi bidan menggaris bawahi usia pasien. Apakah alasan bidan menganggap usia peting di perhatikan pada kasus tersebut? 
    a. Usia 35 tahunan batas resiko
    b. Pasien terlambat ber KB
    c. Pasien belum pernah ber KB
    d. Untuk penentuan alternative KB yang di pilih
  2. Seorang perempuan berusia 26 th tiba ke BPM. Ingin menggunakan kontrasepsi jangka panjang AKDR untuk tidak mempunyai anak lagi. Hasil investigasi planotes (-) dan sedang haid hari ke 3. Apakah tindakkan awal di lakukan bidan tersebut? 
    a. Melakukan pemasangan AKDR 
    b. Memberikan inform KB AKDR 
    c. Memberi konseling peralatan AKDR 
    d. Mempersiapkan peralatan AKDR
  3. Bidan tiba kerumah seseorang perempuan berusia 35 th. Keluhan 1 bulan postpartum anak ke 4 dan ingin menghentikan kehamilannya dengan menggunakan alat kentrasepsi. Dari hasil pemeriksaa TD 110/80 mmHg, N 70 x/m, RR 6 x/m, perdarahan post partum (-). Apakah alat kontrasepsi yang sebaiknya di sarankan untuk perempuan tersebut?
    a. Metode kontrasepsi sederhana tanpa alat
    b. Kontrasepsi sederhan dengan alat
    c. Kontrasepsi hormonal
    d. Kontrasepsi mantap
  4. Seorang perempuan umur 29 th tiba eke BPM. Keluhan melahirkan 40 hri yang lalu, anak pertama, sedang menyusui dan belum mau melaksanakan hubungan intim lantaran takut hamil. Dari investigasi TD 110/70 mmHg, N 89 x/m, RR 24 x/m, S 36,50 C. Apa pil keemasan isi 28 ysng di berikan bidan untuk kasus tersebut? 
    a. 75 norgestrel
    b. 00 norgestrel
    c. 200 norgestrel
    d. 300 norgestrel
  5. Seorang perempuan berusia 28 th tiba ke klinik bersalin. Keluhan telah menggunakan pil kombinasi selama 1 th, kini mengalami bercak-bercak perdarahan di luar haid. Dari hasil investigasi TTV normal,muka berjerawat dan BB meningkat 15 kg. Apakah problem ganguan haid pada kasus di atas? 
    a. Menoragia
    b. Metroagia
    c. Polimenorhea
    d. Oligomenorhea
  6. Seorang perempuan usia 26 th tiba keklinik telah melahirkan 6 bulan lalu, belum Kb, ingin menggunakan alat kontrasepsi dan sedang menyusui. Hasil pemeriksaaan TD 120/70mmHg, planotest (-) dan masa proteksi ASI ekslusif. Apakah tindakkan yang paling utama dailakukan bidan pada perempuan tersebut? 
    a. Pemeriksaan fisik pada klien
    b. Pemberian alat kontrasepsi KB pada klien
    c. Lakukan konseling KB pada klien
    d. Memberikan informed choice pada klien
  7. Bidan tiba ke rumah seoarng perempuan berusia 27 th, telah melahirkan anak ke 5 2 bulan yang lalu. Dengan keluhan ingin menghentikan kehamilannya, sedang menyusui dan ingin menggunakan KB. Hasil investigasi terdapat varices berat pada tungkai, TD 50/100 mmHg dan pernah terkena penyakit storek. Apa yang di gunakan untuk klien tersebut dengan metode kontrasepsi maksimal?
    a. 8 tahun
    b. 5 tahun
    c. 3 tahun
    d. 7 tahun
  8. Seorang perempuan usia 23 th, menikah 1 bulan yang kemudian tiba ke klinik bersalin. Dengan keluhan belum ingin mempunyai anak, suami bekerja di luar kota dan akan menggunakan KB kondom. Dari hasil anamnesa suami mempunyai riwayat ejakulasi dini. Apakah imbas samping utam pada penggunaan KB tersebut? 
    a. Ekspulsi
    b. Keputihan
    c. Reaksi alergi
    d. Infeksi jalan masuk uretera
  9. Ny. V usia 42 th, mengalami menstruasi tidak teratur kurang lebih 6 bulan, dikala ini setiap menstruasi perdarahan banyak keluar stosel. Datang ke bidan, hasil investigasi fisik TD 120/70 mmHg, N 120 x/m dan cepat. R 29 x/m, investigasi abdomen teraba masa berbenjol-benjol. Tindakkan sementara dalam mengatasi perdarahan Ny. V yang sanggup di berikan adalah.. 
    a. Roboransia
    b. Uterotonika
    c. Hormone estrogen
    d. Suntikan antikoagulan
  10. Seorang ibu usia 27 th mekahirkan anak ke 2 berusia 2 bulan, masih menyusui dan belum mendapat haid. Datang ke bidan dengan maksud ingin ber KB yang tidak mengganggu kelancaran ASI, hasil investigasi TTV normal. Apakah konseling kontrasepsi yang sempurna di berikan bidan pada kasus tersebut?
    a. Kontap
    b. Implant
    c. Suntikan
    d. Mal hingga bayi berusia 6 bulan
  11. Seorang ibu berusia 31 th berjulukan Ny. lila, tiba keklinik bidan, dengan diantar suaminya. Ibu tersebut tiba dengan keluhan 2 bulan tidak tiba haid, dan mual muntah setiap paginya semenjak 2 hari yang lalu. Ibu tersebut mempunyai anak pertama yang berusia 2 tahun dan tidak pernah mengalami keguguran. Pada investigasi yang dilakukan didapatkan hasil. TD 100/70 mmHg, N : 60x/I. P :16 x/I, S:37 c, ball (+), dan dilakukan investigasi planotes hasilnya positif (+). Dari scenario diatas diagnose yang paling sempurna untuk ibu laila adalah.. 
    a. Mual muntah biasa
    b. Morning sickness
    c. Molahidatidosa
    d. Tanda-tanda hamil
  12. Ibu ani G2 P1 A1 H1 28 th tiba ke klinik, di antar oleh adiknya. Ibu ani tiba dengan keluhan 2 hari keluar darah merah segar dari kemaluan tanpa di sertai rasa nyeri. Usai kehamilan ibu ani sudah 34 minggu. Dari investigasi yang telah di lakukan, didapatkan hasil USG terlihat ada yang menghambat jalan lahir yang terang sekali. Apakah diagnose ibu ani yang paling tepat… 
    a. Abortus 
    b. Kehamilan gamely 
    c. Sirotinus 
    d. Plasenta previa 
  13. Seorang perempuan berusia 28 th G3 P2 A0 H2 tiba ke klinik dokter seorang hebat kandungan diantar oleh suaminya. Ibu tiba dengan keluhan sering sakit kepala dan sakit pada ulu hantinya dan bukan sering pusing. Di dapatkan hasil investigasi TD :140/100 mmHg, N :70 x/I, P: 22 x/I, S :37 c. Pemeriksaan apakah yang paling sempurna di lakukan untuk ibu tersebut untuk menegakkan diagnose… 
    a. Skintess 
    b. Protein urine 
    c. Glukosa 
    d. Gula darah 
  14. Seorang perempuan berusia 32 th tiba ke klinik bidan di antar oleh suaminya. Ibu tersebut bekerja di salah satu PT swasta. Ibu menyampaikan ini kehamilan yang ke 3, dan tidak pernah mengalami keguguran. Ibu tersebut menyampaikan ini gres investigasi kehamilan yang ke 2. Dari investigasi bidan di dapatkan hasil TFU 3 jari di bawah processus xypoideus (PX). Berapakah standar minimal investigasi kehamilan pada ibu tersebut… 
    a. 1 
    b. 2 
    c. 3 
    d. 4 
  15. Ibu fatma berusia 28 th G2 P1 A0 H1 tiba ke bidan desa diantar suaminya. Ibu tersebut tiba ingin memeriksakan kehamilannya. Pada investigasi palpasi didapatkan hasil TFU pertengan sentra dan PX, dan pada dikala investigasi auskultasi tedengar BJJ lebih dari satu. Pada kasus diatas apakah diagnose yang ada pada kehamilan ibu fatma tersebut… 
    a. Kehamilan normal 
    b. Kehamilan ektopik 
    c. Kehamilan gamely 
    d. Kehamilan berisiko 
  16. Seorang perempuan G5 P4 A0 H4 tiba ke BPM dengan keluhan darah banyak tiba-tiba dari kemaluan . hasil investigasi di dapatkan, usia kehamilan ibu 32 minggu. Nadi cepat dan lemah 110 x/I, tekanan darah 70/50 mmHg, pernafasan cepat 35 x/I, kulit terasa lembab dan dingin, ibu dalam keadaan tidak sadar. Apakah penangan awal yang paling sempurna pada kasus diatas… 
    a. Rujuk ibu segera mungkin 
    b. Pasang infuse ringer lactate 
    c. Siapkan alat untuk pertolongan persalinan 
    d. Lakukan kateterisasi kandung kemih 
  17. Seorang perempuan G5 P4 A0 H tiba ke BPM dengan keluhan sering merasa pusing, cepat lelah, mata berkunang-kunang apalagi ketika berdiri dari duduk nafsu makan berkurang. Hasil investigasi TD 90/60 mmHg, N 85 x/I, nafas 25 x/I, conjungtiva terlihat pucat. TFU 3 jari di atas pusat. Hasil investigasi lab HB 9 gr %. Apakah diagnose yang paling sempurna pada kasus di atas… 
    a. Ibu hamil dengan anemia ringan 
    b. Ibu hamil dengan anemia sedang 
    c. Ibu hamil dengan anemia berat 
    d. Ibu hamil dengan pre eklamsia ringan 
  18. Seorang perempuan hamil tiba ke BPM dengan keluhan keluar darah yang banyak dari kemaluan nya membasahi 1 helai pembalut di sertai dengan gumpalan. Perut ibu terasa mules, dan nyeri. Sudah tidak tiba haid 3 bulan yang lalu. Hasil investigasi dalam di temukan sudah ada pembukann, ketuban menonjol. Tes kehamilan positif. Tanda vital dalam batas normal. tinggi fundus melebih usia kehamilan, tidak terasa janin, uterus teraba lunak. Tes kehamilan positif. Hasil investigasi di sertai dengan gelembung-gelembungkecil menyerupai mata ikan. Diagnose apakah yang paling sempurna untuk kasus di atas.. 
    a. Mollahidatidosa 
    b. Abortus insipient 
    c. Abortus komplit 
    d. Abortus inkomplit 
  19. Seorang perempuan tiba dengan keluarganya ke BPM. Suami menyampaikan istrinya sering mual muntah. Suami menyampaikan ini kehamilannya yang pertama, istri terlihat lemah, nafsu makan menurun semenjak 2 ahad yang lalu. Hasil investigasi ibu tampak lemas, kesadaran apatis, TD 80/50 mmHg, nadi 102 x/I, suhu 27,9 c, nafas 27 x/I, BB kini 47 kg, BB belum hamil 50 kg. ekspresi kering, nafas berbau aseton, bau tanah kehamilan 10 minggu. Apakah diagnose yang paling sempurna pada kasus di atas?
    a. Hipermesis gravidarum derajat
    b. Hiperemsis derajat II
    c. Hiperemsis derajat III
    d. Morning sickness
  20. Seorang perempuan G5 P4 A0 H4 tiba ke BPM dengan keluhan sering merasa pusing, cepat lelah, mata berkunang-kunang apalagi ketika berdiri dari duduk dan nafsu makan berkurang. Hasil pemriksaan TD 90/60 mmHg, nadi 85 x/I, nafas 25 x/I, conjungtiva terlihat pucat. TFU 3 jari di atas pusat. Hasil lab Hb 9 gr %. Apakah penatalaksanaan yang paling sempurna pada kasus diatas… 
    a. Memberikan ibu tablet Fe dengan takaran 1x1
    b. Menganjurkan ibu biar lebih sering melaksanakan ANC
    c. Menganjurkan ibu biar mengkomsumsi tomat
    d. Menganjurkan ibu untuk menguarangi aktifitasnya
  21. Ny. T seorang ibu rumah tangga, tiba ke poli kandungan dengan keluhan ada nanah di kawasan kemaluan pecahan bawah, ada leukore, panas dan nyeri waktu kencing, dari hasil anamnesa, suami bekerja sebagai driver bus antar provinsi dan pulangnya 1 ahad sekali. Sesuai data kasus diatas Ny. T menderita penyakit… 
    a. Vulvitis
    b. Vaginitis
    c. Cervixitis
    d. Bartholinitis
  22. Nn, S umur 19 thn tiba ke tempat bidan untuk di periksa. KU pucat dan perut membesar dengan TFU 3 jari di bawah sentra serta teraba lunak dengan balotemen nagatif.hasil anamnesa nn S belum pernah menstruasai, setiap bulan mencicipi nyeri siklik ± 5 hari. Perut Nn. S membesar di sebabkan… 
    a. Adanya cairan dirongga perut 
    b. Tertumpuknya darah di uterus 
    c. Adanya tumor jinak 
    d. Adanya tumor jinak otot 
  23. Ny. K umur 40 th P6A1 tiba ke tempat bidan untuk periksa lantaran perdarahan. KU pucat, t :90/60 mmHg, N :88 x/m, S:37,6 C, R :18 x/m, Hb 7 gram hasil anamnesa Ny. K mengalami perdarahan bila melaksanakan hubungan seksuak.untuk menegakkan diagnosis, maka Ny. K perlku di lakukan pemeriksaan.. 
    a. Tes DNA HPV 
    b. Darah 
    c. Urine 
    d. VDRL 
  24. Nn. A umur 35 th tiba ke BPS ingin periksa payudara sebelah kiri terdapat benjolan yang semakin usang semakin membesar, sulit digerakkan, terasa sakit. Berdasarkan data di atas, kemungkinan Nn. A menderita… 
    a. Piget disease 
    b. Kanker payudara 
    c. Fibro adeno mammae 
    d. Kista sarcoma filodes 
  25. Ny.m umur 40 th mempunyai 2 anak, tiba ke praktek bidan, dalam 1 tahun terakhir ini mengalami menstruasi tidak teratur, sering mengalami panas di muka, kemerahan, demam, hasil anamnesa Ny. M mengalami menstrusai pertama pada usia 9 th. Sesuai dengan data di atas kemungkinan Ny. M mengalami... 
    a. Fase menopause 
    b. Fase pra menopause 
    c. Fase perimenopause 
    d. Fase pasca menopause 
  26. Ny. n umur 21 th tiba ke BPS, dengan keluahan pada payudara sebelah kanan teraba benjolan, gampang di gerakkan, tidak berubah-ubah besarnya dan tidak nyeri. Deteksi dini yang sanggup dilakukan pada Ny. N adalah… 
    a. Mammografi 
    b. SADARI
    c. IVA test
    d. Papanicolou smear
  27. Ny. I umur 30 th dengan riwayat abortus 3 kali. Sekarang mengalami perdarahan yang tidak kunjung berhenti semenjak mulai haid hingga sekarang. Perdarahan telah terjadi selama 12 hari dengan sifat darah banyak, di sertai nyeri pada perut yang terus-menerus. Ia kini merasa sering pusing dan gampang berkunang-kunang. Dari investigasi VT di jumpai adanya masa uterus. Padat dan berbenjol-benjol. Berdasarakan hasil pemeriksaan, dugaan diagnose Ny. I adalah…
    a. Myoma uteri
    b. Molla hidatidosa
    c. Abortus habitualis
    d. Torsi myoma uteri
  28. Ny. T umur 47 th mengeluh semenjak 1 th ini mengalami menstruasi yang tidak teratur, kadang kala 3 bulan tidak menstruasi, kadang menstruasi sangat banyak. Ahkir-akhir ini sering merasa cemas, dada berdebar-debar, sulit tidur dan gampang tersinggung. Setelah di lakukan investigasi di jumpai hasil TD 130/80 mmHg, N 88 x/m, BB 76 kg. gampang tersinggung, rasa cemas, sulit tidur yang dialami Ny. T merupakan...
    a. Reaksi seksorik
    b. Reaksi neurosis
    c. Reaksi hiperaktif
    d. Reaksi vasomotoris
  29. Ny. V umur 42 th mengalami menstruasi tidak teratur kurang lebih 6 bulan, dikala ini setiap menstruasi perdarahan banyak dan keluar stosel. Datang ke bidan, hasil investigasi fisik TD 120/70 mmHg, N 120 x/m dan cepat, R 29 x/m, investigasi abdomen teraba masa berbenjol-benjol. Sesuai data kemungkinan Ny. V mengalami suspect.. 
    a. Myoma uteri
    b. Endometriosis
    c. Cystoma ovarii
    d. Servixitis uteri
  30. Ny. R umur 38 th, BB 75 kg, TB 150 cm, tiba ke bidan dengan keluhan rasa panas dan nyeri dikala kencing, leukorea yang di sertai rasa gatal, hingga menjadi iritasi. Ia merasa terganggu dikala coitus. Hasil investigasi tampak intoitus vagina berwarna merah, nanah dan tertutup secret. Pemeriksaan utama pada kasus di atas adalah…
    a. Obstetric
    b. Ginekologi
    c. Antropometri
    d. Tanda-tanda vital
  31. Seorang perempuan berusia 25 th tiba ke BPM dengan keluhan kram pada perut pecahan bawah, terjadi perdarahan pervaginaan semenjak 3 hari yang lalu, pusing dan penglihatan berkunang-kunang, adanya mual muntah yang berlebihan sehingga terjadi gangguan pemenuhan cairan dan nutrisi. Ibu menyampaikan ini kehamilannya yang ke 2. Haid terakhir pada tunggal lebih kurang 2 bulan yang lalu. Dati hasil investigasi di temukan TD 130/80 mmHg, nadi dan pernafasan dalam batas normal. uterus teraba lunak, TFU 3 jari di atas symphisis, DJJ negative, terliahat adanya pengeluaran darah berwarna kehitaman dan jaringan menyerupai seakan-akan buah anggur. Apakah diagnose sempurna untuk kasus diatas?
    a. Kehamilan ektopik terganggu
    b. Molahhidatidosa
    c. Mioma uteri
    d. Kista ovarium
  32. Ny. E G2 P! A0 hamil 8 bulan tiba ke bidan diantar oleh keluarga dengan tidak sadar dikala di rumah Ny. E mengalami kenjang-kenjang. Hasil investigasi yang di lakukan oleh bidan di dapati palpasi TFU pertengahan sentra dan px, presentasi kepala, panggung kanan, DJJ (+) 120 x/m dan hasil investigasi fisik TD 130 70 mmHg. Nadi 80 x/m, RR 20 x/m, Apakah komplikasi yang sanggup terjadi pada Ny. E? 
    a. Prematuritas 
    b. Ablasio retina 
    c. Infeksi 
    d. Hipertensi 
  33. Ny. L umur 36 G5 P4 A0 hamil 3 bulan tiba ke BPS di antar oleh suaminya dengan keluhan perdarahan bercak dari jalan lahir semenjak 2 jam yang kemudian perut pecahan bawah kram, PP test positif dan hasil investigasi fisik di dapatkan TD 100/70 mmHg, nadi 80 x/m, suhu 36 C. Bagaimanakah bidan menangani kasus Ny. L tersebut? 
    a. Melakukan rujukan 
    b. Aspirasi vakum manual 
    c. Infuse dan menganjurkan tirah baring 
    d. Hanya berikan terapi oral saja 
  34. Ny. D 29 th G3 P2 A0 tiba ke BPS dengan suaminya pukul 03.30 WIB telah melahirkan anak ke 3 secara spontan. Hasil pemriksaan fisik normal TD 110/70 mmHg, nadi 80 x/m, pernafasan 20 x/m dan suhu 37 c, telah di berikan suntikkan yang ke 2 10 UI per IM pada pukul 03.45 WIB kemudian di coba melaksanakan peneganggan tali sentra terkendali, di dapatkan bawah plasenta masih belum lepas. Apakah tindakkan yang harus di lakukan pada Ny. D tersebut? 
    a. Penjahitan robekkan
    b. Manual plasenta
    c. Reposisi uteri
    d. Masase
  35. Ny. A umur 23 th G1 P0 A0 hamil 39 ahad tiba ke bidan bersama suaminya mengeluh kenceng-kenceng, perut terasa sering mulas di sertai nyeri yang sang sangat hebat, keluar keringat dingin, dan gelisah. Setelah di lakukan investigasi oleh bidan di dapatkan hasil perut teraba keras, denyut nadi pernafasan meningkat, hasil VT : TBJ 4900 gram, panggul sempit, dengan hasil investigasi fisik yang di lakukan TD 110/70 mmHg, nadi 82 x/m, RR 21 x/m, suhu 37 C. Apakah yang memicu keadaan tersebut terjadi ? 
    a. Kehamilan ganda
    b. Memiliki problem lapisan rahim
    c. Memiliki sel telur yang menempel sangat rendah di dalam rahim
    d. Makrosemia
  36. Nn. K18 th umur tiba ke BPS dengan ibunya untuk periksa. KU pucat dan perut membesar dengan TFU 3 jari di bawah sentra serta teraba lunak dengan ballottement negative. Hasil anamnesa Nn. K belum pernah menstruasi, setiap bulan merasa nyeri siklik kurang lebih 5 hari dari hasil investigasi fisik TD 110/7 mmHg, Hb 9 gr/dl. Nadi 80 x/m, RR 20 x/m. Bagaimanakah tindakkan tenaga medis untuk mengatasi kasus Nn. K diatas? 
    a. Hymenektomi
    b. Eksterpasi hymen
    c. Insisis hymen
    d. Radiasi hymen
  37. Ny. C umur 48 th tiba ke klinik dengan keluhan menstruasi sudah tidak teratur lagi, gampang berdebar-debar dan ia merasa malas berafiliasi seksual dengan suaminya. Keluhan yang di alami oleh Ny. C dikala berafiliasi seksual?
    a. Anorgasmia
    b. Disparunia
    c. Frigiditas
    d. Vaginismus
  38. Ny. R 18 th tiba dengan ibunya sudah beberapa kali haid dengan jumlah darah sangat banyak, darah keluar di sertai dengan bekuan darah dan jadwal haid teratur menyerupai biasa-biasanya. Akhir-akhirnya ini setiap menstruasi di sertai dengan perasaan sakit yang hebat, padahal sebelumnya tidak pernah menyerupai itu jikalau sedang menstruasi. Apakah diagnose sementara pada kasus di atas?
    a. Polip endometrium
    b. Endometriosis
    c. Mioma uteri
    d. Disfungsi uterus bleeding
  39. Ny. R umur 40 th dengan suaminya tiba ke BPS Amelia, telah menikah 3 tahun belum mempunyai anak. Tidak menggunakan alat kontrasepsi, hubungan senggama tidak masalah, mereka berkeinginan untuk segera di karunia anak. Setelah di lakukan investigasi medis ternyata Ny. R terdapat sumbatan pada tuba fallopi. Apakah kemungkinan penyebab utama pada kasus di atas?
    a. Endometriosis
    b. Hiperprolaktinemia
    c. Salphingitis
    d. Polycystic ovary syndrome
  40. Ny. M GVI PIII AII umur 34 th, hamil 29 minggu, tiba ke RS bersama suaminya dengan keluhan perdarahab pervaginaan merah kehitaman, nyeri perut menetap,gerakkan janin tidak di rasakan oleh ibu, hasil investigasi DJJ (-), palpasi ditemukan perut teraba keras TD 120/80, nadi 80 x/m, suhu 36 c. Apakah diagnosis yang sanggup di tegakkan pada kasus di atas? 
    a. Vasa previa
    b. Plasenta previa
    c. Solution plasenta
    d. Placenta letak rendah
  41. Ny. ani berusia 40 th, G4 P3 A0 usia kehamilan 22 ahad tiba ke BPM dengan keluhan sering mengeluh pusing dan pertambahan berat tubuh yang cepat. Anamnesa dan investigasi tidak mempunyai riwayat penyakit keluarga, riwayat keturunan kembar ada dan tidak pernah mempunyai riwayat operasi. TD: 140/90 mmHg, S: 37,5 c, N: 79 x/i. P : 21 x/m, pameriksaan Leopold teraba lebih dari 3 pecahan besar janin. Auskultasi terdengar DJJ di dua tempat untuk Ny. Ani?
    a. Kehamilan gamely
    b. Makrosemia
    c. Kehamilan ektopik
    d. Kehamilan anggur
  42. Ny. heni gres melahirkan di puskesmas 1 jam yang kemudian bayi lahir impulsif BB 3000 gram, panjang tubuh 50 cm, dan jenis kelamin perempuan. Berdasarkan hasil pengkajian ditemukan KU ibu baik TD 110/70 mmHg, N : 76 x/m, kontraksi uterus baik, TFU 2 jari di bawah pusat, plasenta lahir impulsif lengkap, Ny. heni mengeluh perutnya mules dan masih mengeluarkan darah, sehingga merasa cemas dengan keadaannya. Apakah asuhan yang diberikan sehabis hasil pengkajian selama 30 menit suhu tubuh ibu meningkat? 
    a. Mobilisasi dini 
    b. Rujuk segera 
    c. Rehidasi 
    d. Berikan analgesic 
  43. Ny. wina umur 26 th G2 P1 A0, hamil 3 bulan tiba ke klinik sari dengan keluhan mengeluarkan sebagian hasil konsepsi yang tertinggal hanya desidua dan palasenta dengan genjala amenorea, sakit perut, mulas-mulas, perdarahan berupa stosel. Hasil pemeriksaan, TD 90/60 mmHg, nadi 120 x/m, suhu 36 c, palpasi 2 jari di bawah symphisis, terdapat pembukann serviks, Hb 9,3 gr/dl. Apakah diagnose yang sempurna untuk Ny. wina? 
    a. Abortus kompletus 
    b. Abortus imminens 
    c. Abortus insipiens 
    d. Abortus inkompletus 
  44. Ny. M melahirkan anak ke 2 G2 P1 A0 di puskesmas, sehabis plasenta lahir lengkap, 1 jam kemudian terjadi perdarahan banyak dari vagina lebih dari 500 cc. konsistensi uterus lunak, tinggi fundus uteri 3 jari di bawah pusat, ibu tampak lemas, tekanan darah 90/60 mmHg, nadi 92 x/m, apakah tindakkan yang seharusnya di lakukan untuk pencegahan perdarahan dari kasus di atas? 
    a. Kompresi aorta 
    b. Melakukan komprensi bimanual Internal
    c. Melakukan masase uterus 
    d. Melakukan kompresi bimanual eksternal
  45. Ny. A umur 24 th G1 P0 A0 hamil 39 ahad tiba ke bidan mengeluh kenceng-kenceng, perut terasa sering mules disertai nyeri yang sangat hebat. Keluar keringat hirau taacuh dan gelisah. Setelah dilakuakn investigasi oleh bidan di sanggup hasil perut teraba keras, denyut nadi dam pernafasan meningkat, serta teraba lekukan melintang pada segmen bawah rahim setinggi pusat. Hasil investigasi fisik TD 110/60 mmHg, nadi 100 x/m, suhu 37 c. Apakah yang menjadikan kasus tersebut terjadi? 
    a. Insersia uteri sekunder 
    b. Incoodinate action 
    c. Atonia uteri 
    d. Insersia uteri primer 
  46. Ny. F umur 23 th G1 P0 A0 hamil 40 ahad tiba ke BPS, mengeluh bahwa kenaikan berat badanya meningkat terlalu banyak, hasil investigasi janin tunggal, hidup, intrauterine, preskep, puka divergen, dikala ini sedang dalam proses persalinan kala II di rumah, sehabis kepala janin lahir pundak anterior tidak sanggup lahir. Apabila kepala di tarik terlalu berpengaruh pada kasus di atas sanggup mengakibatkan terjadinya? 
    a. Tali sentra menumbung 
    b. Tangan menjungkit 
    c. cebral palsy 
    d. Brachial palsy 
  47. Ny. A 22 th hamil 40 ahad G1 P0 A0 tiba ke klinik bidan janin hidup intrauterine, presentasi kepala, sudah masuk pintu atas panggul, punggung kanan, TFU 38 cm, dikala ini sedang proses persalinan kala II di klinik. Setelah kepala janin lahir dan terjadi putaran paksi luar, nahu anterior macet di atas symphisis pubis dan tidak sanggup masuk melalui pintu bawah panggul. Apakah diagnose yang sempurna untuk kasus diatas? 
    a. Partus presipitatus 
    b. Partus macet 
    c. Distosia bahu 
    d. Kemacetan kelahiran kepala 
  48. Ny. M umur 26 th G2 P1 A0 tiba ke BPS menyatakan semenjak 2 bulan terakhir tidak menstruasi. Mengeluh sakit pada pecahan bawah mengeluh sakit pada pecahan bawah mengeluarkan darah bercak berwarna coklat tua. Hasil investigasi di sanggup belum ada(+). Apakah etiologi darai kasus Ny. M tersebut? 
    a. Hipotiroid
    b. Siklus haid tidak teratur
    c. Endometriosis tuba
    d. Peritonitis
  49. Ny. C 35 th G2P1A0 umur kehamilan 30 ahad tiba ke BPS dengan keluhan cepat merasa lelah, sesak nafas, nyeri dada, keluhan tersebut hilang pada dikala istirahat. Pemeriksaan fisik di adapatkan palpasi dan odema tungkai dan tangan, TD 110/90 mmHg, nadi 88 x/m. Apabila penyakit Ny. C berlanjut, kemungkinan akan terjadi komplikasi berupa?
    a. Eklampsia
    b. Plasenta previa
    c. Preeclampsia
    d. Kehamilan ektopik terganggu
  50. Ny. sila 30 th G2P0A1 hamil 40 ahad ke RS janin tunggal hidup intrauterine dengan letak kepala, TFU 39 cm, dari investigasi yang di lakukan di sanggup kan hasil bahwa pembukaan sudah lengkap dengan kepala sudah di H IV. Setelah di pimpin meneran 45 menit alhasil kepala lahir, tetapai pundak anterior macet atas sympshisis pubis. Selama hamil Ny. sila mengeluh banyak makan, banyak minum dan sering BAK. Pada pemriksaan fisik normal TD 120/70 mmHg, nadi 80 x/m, suhu 37 c. Apakah faktor predisposisi yang sanggup mengakibatkan kesuliatan menyerupai yang di alami Ny. sila adalah?
    a. Ibu menderita DM
    b. Ketuban pecah lama
    c. Manipulasi intrauterus
    d. Hematoma dan hemaoragi
Jawaban:
  1. d. Untuk penentuan alternative KB yang di pilih
  2. b. Memberikan inform KB AKDR 
  3. d. Kontrasepsi mantap
  4. a. 75 norgestrel
  5. d. Oligomenorhea
  6. c. Lakukan konseling KB pada klien
  7. b. 5 tahun
  8. c. Reaksi alergi
  9. b. Uterotonika
  10. d. Mal hingga bayi berusia 6 bulan
  11. b. Morning sickness
  12. d. Plasenta previa 
  13. b. Protein urine 
  14. d. 4
  15. c. Kehamilan gamely 
  16. b. Pasang infuse ringer lactate
  17. b. Ibu hamil dengan anemia sedang
  18. a. Mollahidatidosa
  19. b. Hiperemsis derajat II
  20. a. Memberikan ibu tablet Fe dengan takaran 1x1
  21. a. Vulvitis
  22. b. Tertumpuknya darah di uterus 
  23. a. Tes DNA HPV 
  24. b. Kanker payudara
  25. b. Fase pra menopause 
  26. b. SADARI
  27. a. Myoma uteri
  28. b. Reaksi neurosis
  29. a. Myoma uteri
  30. b. Ginekologi
  31. b. Molahhidatidosa
  32. d. Hipertensi 
  33. c. Infuse dan menganjurkan tirah baring 
  34. b. Manual plasenta
  35. d. Makrosemia
  36. c. Insisis hymen
  37. b. Disparunia
  38. b. Endometriosis
  39. c. Salphingitis
  40. c. Solution plasenta
  41. a. Kehamilan gamely
  42. d. Berikan analgesic 
  43. d. Abortus inkompletus 
  44. d. Melakukan kompresi bimanual eksterna 
  45. a. Insersia uteri sekunder 
  46. d. Brachial palsy 
  47. c. Distosia bahu
  48. c. Endometriosis tuba
  49. a. Eklampsia
  50. a. Ibu menderita DM

Subscribe to receive free email updates: