Soal Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Beserta Jawaban
  1. Yang dimaksud kecakapan hidup pribadi/menurut Broling yaitu apabila seseorang dapat....
    a. Membagi waktunya dengan baik antara tugasnya sebagai anggota masyarakat dengan kiprah profesionalnya
    b. Membimbing dirinya sendiri supaya sanggup menuntaskan masalahnya sebaik mungkin
    c. Mempunyai kepercayaan diri sanggup menghadapi tantangan zaman yang semakin maju
    d. Melakukan pekerjaan sebaik mungkin supaya menerima kepercayaan dari atasan daerah kerjanya
  2. Pendidikan berbasis luas merupkan pendekatan yang mempunyai karakteristik bahwa....
    a. Pendidikan menjangkau seluruh lapisan masyarakat
    b. Masyarakat di pelosok pedesaan juga mendapatkan pendidikan formal
    c. Pendidikan memperlihatkan fondasi yang besar lengan berkuasa dan fundamental pada siswa
    d. Pembelajaran diberikan secara menyeluruh
  3. Strategi renung- latih- telaah pada pembelajaran bermaksud supaya siswa....
    a. Memahami diri sendiri sehingga sanggup menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan
    b. Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan talenta serta minatnya
    c. Melatih keterampilannya supaya mencapai hasil maksimal
    d. Memilih salah satu keterampilan yang menjadi minatnya
  4. Pembelajaran partisipasif pada tahap perencanaan dimaksudkan agar....
    a. Siswa sanggup mengetahui rancangan pembelajaran dari guru
    b. Siswa memperlihatkan masukan pada guru ihwal bahan pelajaran yang diperlukan
    c. Guru memperlihatkan alternatif pembelajaran yang akan diberikan
    d. Guru ikut memilih pembuatan kurikulum
  5. Salah satu ciri dari pembelajaran partisipatif terlihat apabila....
    a. Pendidik berperan aktif dalam pembelajaran
    b. Siswa merasa nyaman dan termotivasi ketika pembelajaran
    c. Pembelajaran berjalan dengan lancar
    d. Siswa diikutsertakan dalam pembuatan kurikulum
  6. Iklim berguru diciptakan pendidik dengan maksud agar....
    a. Antara pendidik dan akseptor didik sanggup terjalin kebersamaan
    b. Dapat tercapai tujuan berguru ibarat yang diharapkan
    c. Peserta didik lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran
    d. Kelas lebih terlihat tertib pada waktu pembelajaran berlangsung
  7. Jika dilihatdari proses, yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran kontekstual di antaranya adalah....
    a. Dalam mendapatkan bahan pelajaran, siswa diharapkan sanggup menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari
    b. Guru dalam memberikan pembelajaran harus melalui tahapan-tahapan tertentu
    c. Materi pelajaran yang akan disampaikan guru perlu memperhatikan karakteristik setiap siswa
    d. Pembelajaran berlangsung dimulai dengan menjelaskan hal- hal yang sifatnya sederhana terlebih dahulu
  8. Perbedaan antara kontekstual dengan pembelajaran konvensional dilihat dari acara siswa terlihat ketika....
    a. Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara aktif
    b. Pembelajaran konvensional melibatkan siswa lebih aktif
    c. Guru berperan aktif dalam pembelajaran kontekstual
    d. Guru hanya sebagai pembimbing dalam pembelajaran konvensional
  9. Pembelajaran kontekstual yang didasarkan pada konsktruksivisme bercirikan....
    a. Pembelajaran berpusat pada guru sebagai pendidik
    b. Siswa aktif membuatkan pengetahuan yang diperoleh di kelas
    c. Guru mengkonstruksi pengetahuan
    d. Antara siswa dan guru sama- sama mengkonstruksi pengetahuan
  10. Belajar sanggup bangun diatas kaki sendiri pada orang cerdik balig cukup akal berdasarkan pendapat Knowles menekankan pada....
    a. Penguasaan bahan yang lebih mendalam
    b. Kesadaran untuk berguru lebih baik
    c. Menerapkan pengalaman sehari - hari sebagai sumber pengetahuan
    d. Kebutuhan pengetahuan yang berbeda- beda dengan pada waktu anak-anak
  11. Terbuka terhadap setiap kesempatan berguru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan berguru mandiri. Artinya, si pelajar harus....
    a. Kreatif dalam mengolah pengetahuan
    b. Menimba pengalaman terhadap orang sanggup memperoleh pengetahuan
    c. Mampu melihat orang lain supaya sanggup memperoleh sukses
    d. Didorong rasa keingintahuannya terhadap ilmu yang baru
  12. Menurut Rogers pendidik sanggup berperan sebagai fasilitator dengan tugasnya....
    a. Menyiapkan planning pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak
    b. Memotivasi siswa agarlebih gampang mendapatkan pembelajaran
    c. Merencanakan media yang dibutuhkan dalam pembelajaran
    d. Mempersiapkan mental siswa untuk mendapatkan pembelajaran
  13. Pakaian, perumahan, dan alat rumah tangga merupakan peralatan hidup manusia. Pernyataan tersebut yaitu unsur pokok kebudayaan yang dikemukakan oleh....
    a. Melvile
    b. Bronislaw
    c. Kluckhohn
    d. Ferdinan Tonies
  14. Dilihat dari religi, unsur kebudayaan Ralp Linton sanggup diwujudkan pada saat....
    a. Melakukan upacara keagamaan
    b. Melakukan kolaborasi dengan orang lain
    c. Menkomunikasikan ide
    d. Mengungkapkan banyak sekali perasaan
  15. Membiasakan anak untuk berdoa sebelum melaksanakan kegiatan dan mencuci tangan sebelum makan merupakan pola norma kebudayaan yang mencerminkan....
    a. Pendidikan
    b. Tata tertib
    c. Berestetika
    d. Bersosialisasi
  16. Evaluasi berguru yang mengacu pada Teori Vygotsky menganjurkan pengetesan lapisan bawah dan lapisan atas zona perkembangan untuk....
    a. Mengetahui tingkat status dan kemampuan berguru siswa ketika ini
    b. Menilai pemahaman anak yang lalu
    c. Mengukur kemampuan anak yang akan datang
    d. Menilai keterampilan dan pemahaman yang dimiliki anak
  17. Pada kegiatan pembelajaran IPA kelas III SD, bawah umur ditugaskan untuk mengamati dan menggolongkan hewan yang menyusui dan memakan daging. Dalam kegiatan tersebut guru berperan sebagai....
    a. Konselor
    b. Penyuluh
    c. Fasilitator
    d. Pemimpin
  18. Ki Hajar Dewantara beropini bahwa pendidikan mempunyai arah dan tujuan. Artinya, pendidikan bertujuan untuk memenuhi....
    a. Kepentingan pemerintah
    b. Kepentingan golongan
    c. Menghilangkan kemiskinan
    d. Menanggulangi kebodohan dan kemiskinan
  19. Peran guru dalam proses berguru sistem pondok yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu sebagai berikut, kecuali....
    a. Mencetak pemimpin yang digugu
    b. Menghasilkan seorang intelektual
    c. Mengembangkan kondisi dan suasana pondok
    d. Mentransfer ilmu pengetahuan pada akseptor didik
  20. Tokoh yang mengungkapkan bahwa kebudayaan merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian adalah....
    a. E.B. Taylor
    b. Tilaar
    c. Talcott
    d. Selo Sumarjan dan Soelaeman
  21. Tahap pengalaman nyata merupakan tahap awal dalam insiden belajar, yakni ketika seseorang sanggup mengalami insiden atau kejadian sebagaimana adanya. Pernyataan tersebut merupakan tahapan berguru sesuai dengan Teori Humanistik yang dikemukakan oleh....
    a. Mumford
    b. Habermas
    c. Honey
    d. Kolb
  22. Pak Joko mengajar di kelas III SD. Pak Joko menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan melalui pengamatan. Dari kegiatan tersebut pembelajaran yang dilakukan merupakan contoh....
    a. Membimbing anak berguru aktif
    b. Menentukan bahan pembelajaran
    c. Mengidentifikasi kemampuan akseptor didik
    d. Mengevaluasi proses dan hasil belajar
  23. Pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi bab yang aktif dan partisipatif dalam masyarakat. Pernyataan tersebut sesuai dengan teori pembelajaran yang dikemukakan oleh....
    a. Honey
    b. John Dewey
    c. Mumford
    d. Ausbel
  24. Dalam cara pandang pendidikan tradisional, guru memegang kendali dalam pembelajaran. Sedangkan pada cara pandang progresif guru bertindak sebagai berikut, kecuali....
    a. Fasilitator
    b. Pengayom
    c. Teman berdiskusi
    d. Pemberi hukuman
  25. Pandangan sosiokultural konstruktivisme Teori Vygotsky yang menekankan kemandirian yaitu siswa belajar....
    a. Untuk menuntaskan kiprah yang kompleks dengan memakai media
    b. Berdasarkan konsep
    c. Melalui pemecahan masalah
    d. Dengan orang cerdik balig cukup akal dan teman sebaya
Jawaban:
  1. a. Membagi waktunya dengan baik antara tugasnya sebagai anggota masyarakat dengan kiprah profesionalnya
  2. c. Pendidikan memperlihatkan fondasi yang besar lengan berkuasa dan fundamental pada siswa
  3. a. Memahami diri sendiri sehingga sanggup menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan
  4. b. Siswa memperlihatkan masukan pada guru ihwal bahan pelajaran yang diperlukan
  5. b. Siswa merasa nyaman dan termotivasi ketika pembelajaran
  6. a. Antara pendidik dan akseptor didik sanggup terjalin kebersamaan
  7. a. Dalam mendapatkan bahan pelajaran, siswa diharapkan sanggup menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari
  8. a. Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara aktif
  9. b. Siswa aktif membuatkan pengetahuan yang diperoleh di kelas
  10. c. Menerapkan pengalaman sehari - hari sebagai sumber pengetahuan
  11. d. Didorong rasa keingintahuannya terhadap ilmu yang baru
  12. b. Memotivasi siswa agarlebih gampang mendapatkan pembelajaran
  13. c. Kluckhohn
  14. a. Melakukan upacara keagamaan
  15. a. Pendidikan
  16. a. Mengetahui tingkat status dan kemampuan berguru siswa ketika ini
  17. c. Fasilitator
  18. d. Menanggulangi kebodohan dan kemiskinan
  19. d. Mentransfer ilmu pengetahuan pada akseptor didik
  20. b. Tilaar
  21. d. Kolb
  22. a. Membimbing anak berguru aktif
  23. b. John Dewey
  24. d. Pemberi hukuman
  25. a. Untuk menuntaskan kiprah yang kompleks dengan memakai media

Subscribe to receive free email updates: