Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Perkembangan Peserta Didik Beserta Jawaban
- Ada individu yang sanggup bertindak dengan cepat, ada individu yang bertindak dengan lambat, tetapi ada juga individu yang bertindak dengan biasa-biasa saja. Hal ini terjadi lantaran adanya perbedaan yang didasarkan pada ....
a. Emosinya
b. Kepribadiannya
c. Intelegensinya
d. Kematangannya - Perbedaan motorik anak laki-laki dan perempuan yang duduk di kelas 4 dan 5 ketika diberi pendidikan jasmani yang sama adalah, anak perempuan akan lebih menonjol dari anak laki-laki dalam hal....
a. Berlaku cepat
b. Memanjat
c. Meloncat jauh
d. Melempar jauh - Perkembangan fisik anak yang berkaitan dengan proposisi, bentuk, dan ukuran tubuh bahwasanya lebih dipengaruhi oleh aneka macam kondisi, terutama...
1). Sosial, ekonomi dan budaya
2). Perkembangan aspek kecerdasan, emosional, dan moral
3). Pengaruh proses kelahiran
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3 - Menurut Gilingan perkembangan moral seorang perempuan dari adanya kesadaran untuk tidak mau menyakiti orang lain maupun menyakiti dirinya sendiri, kepada prinsip persamaan dengan tahap....
a. Kesadaran dan perubahan diri
b. Moralitas tidak berbuat kekerasan
c. Orientasi terhadap keberadaan diri
d. Kebaikan sebagai pengorbanan diri - Sehubungan dengan kiprah perkembangan orang dewasa, maka Pak Hadi dan istrinya seharusnya memperhatikan putri tunggalnya yang bekerjasama dengan... ketika putri tunggalnya sudah menuntaskan kuliahnya dan bekerja
a. Rencana anaknya untuk membeli rumah
b. Teman akrab yang akan menjadi suaminya
c. Menganjurkan anaknya untuk aktif dengan organisasi sosial
d. Pentingnya menabung untuk masa tuanya - Seorang Bupati sebelum mengakhiri masa jabatannya menciptakan patung peringatan di kotanya. Menurut Maslow hal ini merupakan pola pemenuhan kebutuhan ….
a. Rasa aman
b. Sosial
c. Harga diri
d. Aktualisasi diri - Karakteristik dari anak berkelainan fisik sanggup dilihat dari pernyataan di bawah ini, yaitu ....
a. Banyak bawah umur yang bahagia bergaul dengan Rita yang buta matanya semenjak bayi
b. Rita yang lumpuh semenjak lahir kadang menarik diri dari acara kelas bersama teman-temannya
c. Walaupun Rita sering tidak masuk sekolah lantaran sakit, tetapi nilainya tidak terlalu buruk
d. Bu Rita selalu memperhatikan Bona yang menderita buta dan tuli dari kecil - Perkembangan intelektual antara siswa SLTP dan siswa SLTA mempunyai perbedaan. Kemampuan siswa SLTP dalam hal mengoperasikan kaidah logika formal masih terbatas, sedangkan siswa SLTA sudah sanggup berpikir....
1). Generalisasi
2). Komprehensi
3). Mendekati abstrak
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3 - Perkembangan seorang anak sangat dipengaruhi oleh pengalaman anak dengan lingkungan sekitarnya. Pendapat di atas dikemukakan oleh seorang psikolog asal Rusia, yaitu ....
a. Jean Piaget
b. Lev V. Gotsky
c. Ivan Pavlov
d. B.F. Skinner - Kekurangan nutrisi sanggup menjadikan duduk perkara dalam perkembangan kognitif anak dan aneka macam duduk perkara dalam hubungan keluarga. Akibat yang fatal pada anak adalah....
a. Anak malas makan dan beraktifitas
b. Tidak mempunyai energi untuk merespon perhatian ibunya
c. Tidak menyebarkan kemampuan antar pribadi
d. Agak pasif dan sangat bergantung pada orang dewasa - Pada usia 12 – 13 tahun pertumbuhan fisik perempuan lebih cepat daripada pria, tetapi pada ketika pertumbuhan menjadi matang, laki-laki lebih cepat daripada wanita. Hal tersebut menunjukkan percepatan pertumbuhan….
a. Remaja laki-laki sama dengan remaja wanita
b. Ada perbedaan remaja laki-laki dengan wanita
c. Tidak menunjukkan keteraturan
d. Pada awal remaja laki-laki lebih cepat - Menurut Cattel dan Horn, kecerdasan yang berkaitan dengan penguasaan kecakapan-kecakapan khusus yang dipelajari disebut dengan ….
a. Kecerdasan umum
b. Crystalised intelegence
c. Fluid intelligence
d. Kecerdasan intelektual - Karakteristik pertumbuhan fisik pada siswa sekolah menengah ialah …
1). Ciri kelamin primer
2). Pertambahan berat badan
3). Pertambahan tinggi badan
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3 - Anak-anak SD kadang kala melaksanakan konservasi dan kadang kala tidak melakukannya. Berarti bawah umur itu sedang mengalami tahap konservasi ….
a. Tahap pra operasional
b. Tahap operasional
c. Tahap operasional konkret
d. Tahap transisional - Anak yang mengalami gangguan emosional sering menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut kecuali ….
a. Mencari sahabat berkelompok
b. Membutuhkan proteksi orang lain
c. Perilakunya menunjukkan anti sosial
d. Kadang membutuhkan proteksi psikiater - Salah satu kesulitan yang dialami oleh anak yang mempunyai kelainan fisik ialah kesulitan berpartisipasi, yang sanggup dilihat pada pola berikut .....
a. Susi sangat lamban dalam merespons informasi yang diterimanya dari luar
b. Dini berbadan besar tidak sanggup mengikuti acara olahraga dengan baik
c. Rudi tidak sanggup mengikuti acara yang diadakan oleh kelasnya, lantaran keterbatasan gerak tubuhnya
d. Karena merasa rendah diri dengan keadaan tubuhnya, maka Rina sering merasa malas untuk belajar - Yanti yang menderita celebral palsy semenjak kecil, berdasarkan Denhoff disebabkan oleh ....
a. Gangguan saraf
b. Ketidakmatangan saraf visual
c. Membesarnya tulang kepala
d. Kerusakan gangguan otak - Susi mempunyai kesulitan dalam memecahkan duduk perkara dan memahami konsep-konsep materi pelajaran, serta sulit untuk berguru keterampilan akademik. Kondisi Susi ini dikategorikan sebagai ....
a. Kebodohan
b. Sakit jiwa
c. Keterbelakangan mental
d. Gangguan emosional - Yang termasuk dalam karakteristik anak autis, ialah ....
a. Dina selalu usil terhadap temannya
b. Anton suka tertawa sendiri
c. Dian sangat sulit untuk bersosialisasi terhadap lingkungannya
d. Andi gemar sekali dengan olahraga renang - Hormon pertumbuhan yang merangsang pertumbuhan fisik remaja ialah hormon …
a. Seksual
b. Adrenalin
c. Liphase
d. Testosteron dan estrogen - Di koran dikemukakan bahwa siswa lebih muda sering menjadi bulan-bulanan abang kelasnya, hal ini merupakan efek lingkungan sistem ….
a. Mikro
b. Meso
c. Exo
d. Makro - Upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran untuk menghadapi tingkat kecerdasan siswa yang berbeda, di antaraya adalah....
a. Memperhatikan kondisi sosial anak
b. Memanfaatkan aneka macam macam media pendidikan
c. Mengelompokkan anak yang berintelegensi tinggi
d. Mengelompokkan anak yang berintelegensi rendah - Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan orang remaja ….
1). Hereditas dan lingkungan
2). Kekuatan fisik dan mental
3). Motivasi untuk berkembang
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3 - Antara remaja laki-laki dengan remaja perempuan mempunyai perbedaan. Remaja laki-laki lebih perhatian terhadap nilai ....
a. Kejujuran
b. Kesejahteraan
c. Sosial
d. Kekeluargaan - Berdasarkan hierarki sasaran pembelajaran anak autis, yang fundamental untuk dikuasai anak dalam pembelajaran adalah....
a. Mengembangkan kemampuan anak membantu dirinya untuk bersikap sanggup bangun diatas kaki sendiri sesuai dengan usianya
b. Aktivitas dalam masyarakat dan bisa memberi bantuan di aneka macam bidang
c. Mengembangkan kemampuan membaca dan berhitung semoga sanggup bersosialisasi di rumah dan masyarakat
d. Memahami perasaan orang lain dan sanggup mengungkapkan apa yang diinginkan dan tidak diinginkannya
Jawaban:
- c. Intelegensinya
- c. Meloncat jauh
- a. 1 dan 2
- b. Moralitas tidak berbuat kekerasan
- b. Teman akrab yang akan menjadi suaminya
- b. Sosial
- b. Rita yang lumpuh semenjak lahir kadang menarik diri dari acara kelas bersama teman-temannya
- a. 1 dan 2
- b. Lev V. Gotsky
- b. Tidak mempunyai energi untuk merespon perhatian ibunya
- b. Ada perbedaan remaja laki-laki dengan wanita
- b. Crystalised intelegence
- d. 1, 2 dan 3
- d. Tahap transisional
- a. Mencari sahabat berkelompok
- c. Rudi tidak sanggup mengikuti acara yang diadakan oleh kelasnya, lantaran keterbatasan gerak tubuhnya
- d. Kerusakan gangguan otak
- c. Keterbelakangan mental
- c. Dian sangat sulit untuk bersosialisasi terhadap lingkungannya
- d. Testosteron dan estrogen
- a. Mikro
- b. Memanfaatkan aneka macam macam media pendidikan
- c. 2 dan 3
- a. Kejujuran
- a. Mengembangkan kemampuan anak membantu dirinya untuk bersikap sanggup bangun diatas kaki sendiri sesuai dengan usianya