Soal Sistem Pengendalian Administrasi Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Sistem Pengendalian Manajemen Beserta Jawaban
  1. Bagian anggaran berdiskusi dengan pengusul anggaran membahas proposal anggaran yang diajukan dengan aneka macam perkiraan dan dibandingkan pula dengan realisasi anggaran periode sebelumnya yaitu salah satu urutan penyusunan anggaran dalam tahap ….
    a. Pengajuan proposal anggaran.
    b. Negosiasi.
    c. Review.
    d. Revisi.
  2. Di bawah ini yang termasuk bentuk kompensasi yaitu …
    a. Gaji, tunjangan, lelang jabatan.
    b. Bonus, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, jenjang karir yang baik.
    c. Kenyamanan bekerja, fasilitas, rotasi.
    d. Rentang kendali manajemen, bonus liburan, asuransi kesehatan
  3. Tujuan sistem pengendalian administrasi sumber daya insan pada kegiatan rekrutmen yaitu …
    a. Memastikan bahwa kegiatan rekrutmen berjalan efisien
    b. Mengupayakan rekrutmen diikuti oleh banyak peserta
    c. Mendapatkan personil sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.
    d. Mengawasi penggunaan keuangan sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat.
  4. Berikut yaitu faktor penyebab kegagalan proses rekrutmen dan seleksi …
    a. Tingkat kompetisi yang tinggi.
    b. Unsur hubungan diutamakan.
    c. Banyaknya jumlah pelamar.
    d. Kompensasi yang rendah
  5. Unit acara organisasi yang menjalankan fungsi kegiatannya dengan mengeluarkan sejumlah biaya, namun manfaat yang diberikan tidak sanggup secara pribadi dihitung dalam suatu satuan uang yang terperinci disebut dengan …
    a. Pusat pertanggungjawaban biaya.
    b. Pusat pertanggungjawaban pendapatan.
    c. Pusat pertanggungjawaban laba.
    d. Pusat pertanggungjawaban ekuitas.
  6. Suatu analisis yang dipakai untuk sanggup melihat pengaruh-pengaruh yang akan terjadi akhir terjadinya perubahan variabel-variabel masukan dalam analisis risiko keuangan yaitu …
    a. Analisis sensitivitas.
    b. Analisis cost- volume- profit.
    c. Analisis fundamental.
    d. Analisis portofolio.
  7. Menurut Kaplan & Norton (1996) balance scorecard memakai empat pendekatan pengukuran yaitu ….
    a. Finansial, pelanggan, proses bisnis & internal, penemuan & pembelajaran
    b. Nilai perusahaan, pelanggan, penemuan & pembelajaran, jaringan
    c. Proses bisnis & internal, pemasok, pelanggan, lingkungan organisas
    d. Pelanggan, kinerja keuangan, supply-chain management, difusi inovasi.
  8. Pengukuran kinerja dengan membandingkan anggaran dan realisasinya sanggup memakai analisis …
    a. Rasio keuangan
    b. Tren
    c. Regresi.
    d. Varians
  9. Menurut PSAK no. 45, komponen laporan keuangan yang harus ada di perusahaan nirlaba yaitu …
    a. Neraca.
    b. Laporan keuntungan rugi.
    c. Laporan arus kas.
    d. Laporan prospektus.
  10. Bentuk laporan keuangan organisasi nonprofit yang tidak terdapat dalam format laporan keuangan organisasi profit yaitu …
    a. Laporan posisi keuangan.
    b. Laporan arus kas.
    c. Laporan aktivitas.
    d. Catatan atas laporan keuangan.
  11. Prinsip pembatasan penggunaan sumber daya yang dipakai dan dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu hingga batas waktu dan penggunaan yang telah ditetapkan pada akuntansi organisasi nirlaba disebut prinsip pembatasan ….
    a. Permanen.
    b. Temporer.
    c. Tetap.
    d. Terikat.
  12. Sesuai dengan karakteristiknya, metode pencatatan akuntansi yang sanggup dipakai oleh organisasi nirlaba yaitu ...
    a. Cash basis saja.
    b. Accrual basis saja.
    c. Cash & accrual basis saja.
    d. Cash, accrual, dan modified accrual basis.
  13. Berikut yang merupakan sumber pendanaan organisasi nonprofit yaitu …
    a. Setoran pemilik
    b. Donasi masyarakat.
    c. Penawaran saham.
    d. Obligasi.
  14. Metode evaluasi kinerja yang dilakukan dengan mengukur kinerja berdasarkan pencapaiannya atas tujuan-tujuan spesifik yang telah ditentukan sebelumnya yaitu …
    a. Multiperson comparison
    b. Management by objective
    c. Written essays
    d. Critical incidents.
  15. Sistem kompensasi harus memenuhi konsep keadilan yang mempunyai 3 fitur utama berdasarkan Jackson et al. (2010) yaitu…
    a. Distributif, prosedural, interaksional.
    b. Partisipatif, distributif, prosedural.
    c. Fungsional, prosedural, interaksional
    d. Proporsional, interaksional, partisipatif.
  16. Output akuntansi sebagai cuilan dari sistem pengendalian administrasi keuangan yaitu …
    a. Laporan keuangan.
    b. Anggaran
    c. Neraca.
    d. Laporan audit
  17. Kepuasan konsumen sanggup diukur dari nilai fungsional suatu produk, artinya ….
    a. Kelebihan secara teknis dari produk yang ditawarkan.
    b. Manfaat yang didapat berdasarkan nilai uang yang sanggup diperoleh
    c. Bersifat sangat subjektif, abstrak, emosional
    d. Jumlah pengorbanan yang telah dikeluarkan.
  18. Gengsi atau pujian atas pembelian suatu produk bermerk berkaitan dengan nilai …
    a. Fungsional.
    b. Ekonomis.
    c. Emosional.
    d. Pengorbanan.
  19. Bauran pemasaran yang dilihat dari perspektif penjual yaitu 4 P – product, price, place, promotion perlu dipadankan dengan perspektif pembeli yang dikenal dengan 4 C yaitu…
    a. Consumer, cost, convenience, communication.
    b. Cost, complain, convenience, communication.
    c. Care, consumer, communication, cost.
    d. Convenience, capability, complain, care.
  20. Upaya untuk menyediakan produk dalam sejumlah kanal distribusi yang memungkinkan konsumen sanggup dengan gampang memperolehnya merupakan salah satu bauran pemasaran yang berkaitan dengan …
    a. Product.
    b. Price.
    c. Place.
    d. Promotion.
Jawaban:
  1. a. Pengajuan proposal anggaran
  2. b. Bonus, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, jenjang karir yang baik.
  3. c. Mendapatkan personil sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.
  4. b. Unsur hubungan diutamakan.
  5. a. Pusat pertanggungjawaban biaya.
  6. a. Analisis sensitivitas.
  7. d. Pelanggan, kinerja keuangan, supply-chain management, difusi inovasi.
  8. b. Tren
  9. c. Laporan arus kas.
  10. c. Laporan aktivitas.
  11. b. Temporer.
  12. d. Cash, accrual, dan modified accrual basis.
  13. b. Donasi masyarakat.
  14. a. Multiperson comparison
  15. b. Partisipatif, distributif, prosedural.
  16. a. Laporan keuangan.
  17. a. Kelebihan secara teknis dari produk yang ditawarkan.
  18. c. Emosional
  19. a. Consumer, cost, convenience, communication.
  20. a. Product.

Subscribe to receive free email updates: