Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pembelajaran Kelas Rangkap Beserta Jawaban
- Bu Ratna mengajar siswa kelas 4, alasannya Pak Roni tidak bisa hadir, maka Bu Siti merangkap mengajar kelas 5 sampai Bu Siti perlu mengumpulkan kedua kelas tersebut menjadi satu ruangan. Bu Siti pada waktu menjelaskan kurang menguasai bahan yang diajarkan. Dari kasus diatas yang sanggup dilakukan guru tersebut adalah....a. Mendiskusikan dengan guru lain yang lebih tahu.b. Mendatangkan guru bidang studi lain.c. Tidak perlu membahas bahan tersebut.d. Mempelajari bidang studi yang lain.
- Bu Dita mengajar mata pelajaran PPKn kelas 4, jikalau rumusan indikatornya berbunyi siswa sanggup melakukan kewajibannya sebagai warga negara di lingkungan desa dan kecamatan, maka pengalaman berguru siswa yang harus dirancang oleh guru di kelas menurut PKR tersebut ialah siswa secara....a. Perseorangan menciptakan karangan tentang" menjaga kebersihan lingkungan"b. Berkelompok berdiskusi perihal lingkungan.c. Mandiri mengerjakan tugas.d. Perseorangan menciptakan kliping tokoh- tokoh masyarakat.
- Pada waktu bersamaan Bu Dira mengajar mata pelajaran PPKn dengan topik" Hidup rukun" di kelas 1, kelas 4, dan kelas 5. Berdasarkan topik tersebut bahan yang sesuai untuk kelas 1 adalah....a. Bekerja bakti di lingkungan RT.b. Perayaan natal bersama.c. Bermain bersama.d. Toleransi beragama.
- PKR diterapkan alasannya banyak sekali alasan, terutama alasannya adanya kekurangan…a. Gurub. Ruanganc. Muridd. Sarana
- PKR memiliki manfaat mudah sebagai berikut, kecuali…a. Dapat mendidik murid yang bisa mandirib. Ekonomisc. Menghemat waktu dan tenagad. Dapat meningkatkan jumlah dan memeratakan kesempatan belajar
- Sebagai salah satu bentuk pembelajaran, PKR mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran secara umum, prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut kecuali…a. Guru harus memperhatikan kemampuan murid yang berbeda-bedab. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecilc. Guru harus berusaha meningkatkan keaktifan muridd. Penguatan sanggup meningkatkan motivasi murid dalam belajar
- Secara khusus, PKR memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali…a. Kadar tinggi WKAb. Keserempakan acara belajar-mengajarc. Kontak psikologis guru-murid yang berkelanjutand. Guru berperan sebagai fasilitator
- Ibu Dini yang merangkap kelas IV dan kelas V segera pergi membantu kelompok kelas IV dikala dia melihat kelompok ini sedang bertengkar, keadaan ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…a. Kontak psikilogis guru murid yang berkelanjutanb. Keserempakan acara belajar-mengajarc. Kebiasaan mandirid. Pemanfaatan sumber secara efisien
- Bapak Anto yang sedang merangkap kelas III dan kelas IV meminta beberapa murid kelas IV yang pandai untuk membantu beberapa temannya menuntaskan kiprah yang diberikan. Tindakan pak Anto ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…a. Kadar tinggi WKAb. Kebiasaan mandiric. Keserempakan acara belajar-mengajard. Pemanfaatan sumber secara efisien
- Melalui PKR sanggup ditanamkan kebiasaan berdikari pada diri murid alasannya dalam PKR, murid lebih banyak menerima kesempatan untuk…a. Bertanggung jawab dalam penyelesaian tugasnyab. Belajar sesuai dengan keinginannyac. Membantu gurud. Membantu teman
- Guru PKR juga sanggup mendatangkan ‘orang sumber’ untuk melatih murid menciptakan suatu keterampilan dari bambu. Hal ini dilakukan untuk mengatakan bahwa guru…..a. Mengetahui sumber-sumber yang ada di desab. Tidak bisa mengajar keterampilan dari bambuc. Mempunyai kemampuan terbatasd. Dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa
- Dalam PKR guru sanggup memanfaatkan murid sebagai tutor. Hal ini sanggup dilakukan sehingga murid yang padai dapat….a. Menunjukkan kelebihannyab. Meringankan beban guru mengajarc. Membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang samad. Menggantikan kiprah guru jikalau guru tidak hadir
Jawaban:
- a. Mendiskusikan dengan guru lain yang lebih tahu.
- a. Perseorangan menciptakan karangan tentang" menjaga kebersihan lingkungan"
- c. Bermain bersama.
- a. Guru
- c. Menghemat waktu dan tenaga
- b. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecil
- d. Guru berperan sebagai fasilitator
- a. Kontak psikilogis guru murid yang berkelanjutan
- d. Pemanfaatan sumber secara efisien
- a. Bertanggung jawab dalam penyelesaian tugasnya
- d. Dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa
- c. Membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang sama