Soal Mutu Pelayanan Kebidanan Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Mutu Pelayanan Kebidanan Beserta Jawaban
  1. Yang termasuk dalam ruang lingkup standar pelayanan kebidanan pada tunjangan persalinan yaitu …………………
    a. Persiapan persalinan
    b. Persiapan untuk kehidupan keluarga sehat
    c. Penatalaksanaan aktif persalinan kala III
    d. Penanganan pada dua jam pertama sehabis persalinan
  2. Pada PDCA langkah satu untuk mengamati keadaan sebagai berikut kecuali
    a. Sumber daya manusia…..
    b. Kesehatan, penyakit dan kesakitan
    c. Ekonomi
    d. Masyarakat
  3. Unsur-unsur planning pada PDCA kecuali…..
    a. Waktu
    b. Biaya
    c. Judul rencana
    d. Pengeluaran
  4. Menetapkan target/sasaran apa yang akan dicapai tahun depan, bulan depan, ahad depan dan seterusnya. Merupakan fungsi dari….
    a. Plan
    b. Do
    c. Exam
    d. Check
  5. Setelah memutuskan tujuan, langkah selanjutnya dalam langkah langkah perencanaan adalah…..
    a. Mengamati keadaan
    b. Mengenali masalah
    c. Mengkaji hambatan
    d. Menjadwalkan kegiatan
  6. Dalam langkah langkah perencanaan Langkah 1. mengamati keadaan hal apa saja yang harus di taatii adalah, kecuali ………..
    a. Masyarakat
    b. Kesehatan, penyakit, kesakitan
    c. Organisasi pelayanan kesehatan
    d. Alat-alat medis
  7. Proses yang menghasilkan suatu uraian detail dan langkah2 yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan disebut?
    a. Action
    b. Chek
    c. Do
    d. Plan
  8. Dalam PDCA , P yaitu …..
    a. Passage
    b. Power
    c. Planning
    d. Proccessing
  9. Kepanjangan dari metode PDCA yaitu …
    a. Planning ,do ,care ,active
    b. Program, doing ,care ,action
    c. Planning, do, check, action
    d. Plan, does, check, attitudes
  10. Pendekatan yang dipakai oleh bidan dalam menerapkan metode pemecahan duduk kasus secara sistematis mulai dari pengkajian, analisis data, diagnosis kebidanan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adalah pengertia administrasi kebidanan menurut..
    a. Buku 50th IBI
    b. Depkes RI
    c. Helen varney
    d. Thomas djorgi
  11. Tingkat kesempurnaan dan standar yang telah ditetapkan dalam memperlihatkan pelayanan kebidanan untuk mengurangi tingkat kematian, yaitu pengertian dari..
    a. Konsep 
    b. Mutu
    c. Dimensi
    d. Konsep dasar mutu pelayanan kebidanan
  12. Persepsi mutu pelayanan kesehatan dibagi menjadi 4, menurut:
    a. Konsumen/pasien/masyarakat.
    b. Pemberi pelayanan:
    c. Penyandang dana pelayanan kesehatan
    d. Semua benar
  13. Manfaat Program Jaminan Mutu adalah..
    a. Pelayanan kesehatan akan bisa bersaing dalam masyarakat.
    b. Mempermudah menerima akreditasi.
    c. Salah semua
    d. A dan B
  14. Program menjaga mutu yang diselenggarakan sebelum pelayanan kesehatan, yaitu pengertian dari..
    a. Program menjaga mutu persfektif
    b. Dimensi mutu
    c. Program KB
    d. Program mutu
  15. 1. Menetapkan duduk kasus mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan
    2. Menetapkan prioritas duduk kasus mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan
    3. Melakukan analisis duduk kasus mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan
    4. Menetapkan aspek pelayanan kesehatan yang dipandang penting untuk diperhatikan
    Dibawah ini yang termasuk dalam acara pelaksanaan PJM yaitu . . . 
    a. 1, 2, 4
    b. 2, 4
    c. 1, 2, 3
    d. Semuanya benar
  16. Macam-macam penghargaan yang sanggup diterima oleh bidan, yaitu ….
    a. Bidan delima
    b. Bidan bintang
    c. Bidans siaga
    d. Benar semua
  17. Indikator penampilan minimal disebut juga ….
    a. Indikator keluaran
    b. Indikator masukan
    c. Indikator proses
    d. Indikator lingkungan
  18. Standar yang menunjuk pada keadaan minimal yang harus dipenuhi untuk sanggup menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu disebut?
    a. Standar persyaratan minimal
    b. Standar pelayanan kebidanan
    c. Standar pelayanan mutu kebidanan
    d. Standar pelayan kesehatan
  19. Menurut Bernardin dan Russel ,catatan wacana hasil-hasil yang diperoleh dari fungsi-fungsi pekerjaan atau acara tertentu selama kurun waktu tertentu yaitu definisi dari …..
    a. Mutu
    b. Kinerja
    c. Standarisasi
    d. Lisensi
  20. Ada 3 faktor yang kuat terhadap kinerja seseorang berdasarkan Gibson yaitu …..
    a. Faktor fisik, lingkungan, dan psikis
    b. Faktor lingkungan, susila isitiadat, dan budaya
    c. Faktor individu, psikologis, dan organisasi
    d. Benar semua
  21. Standar yang menunjuk pada keadaan minimal yang harus dipenuhi untuk sanggup menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan pengertian dari....
    a. Program menjaga mutu
    b. PDCA
    c. Standar pelayanan kebidanan
    d. Standar pelayanan minimal
  22. Standar yang mengacu kepada penampilan pelayanan kesehatan yang masih bisa diterima pengertian dari…..
    a. Standar masukan
    b. Standar lingkungan
    c. Standar pengeluaran
    d. Standar penampilan minimal
  23. Yang termasuk indikator pengukuran suatu standar pelayanan kebidanan adalah…..
    a. Indicator persyaratan minimal
    b. Indicator penampilan minimal
    c. Indicator pelayanan minimal
    d. A dan B benar
  24. Langkah2 perencanaan untuk meningkatkan kinerja bidan yaitu?
    a. Melaksanakan kegiatan
    b. Menilai kegiatan
    c. Mengamati keadaan
    d. Melaksanakan kerja sama
  25. Standar persyaratan minimal mempunyai 3 macam ,yaitu ….
    a. Standar sarana, standart ketenagaan, dan standart of personel
    b. Standar lingkungan, standart masukan, dan standart pengeluaran
    c. Standar pelayanan, standart penilaian, standrt proses
    d. Standar lingkungan, standart masukan , dan standart proses
  26. Standar mutu pelayan kebidanan diatur dalam KEPMENKES
    a. NO 938/ MENKES/ SK/VIII/2005
    b. NO 938/ MENKES/ SK/VIII/2006
    c. NO 938/ MENKES/ SK/ VIII/ 2007
    d. NO 938/ MENKES/ SK/ VIII/ 2008
  27. Ruang lingkup standar pelayanan kebidanan ada …. Macam
    a. 23 macam
    b. 24 macam
    c. 25 macam
    d. 26 macam
Jawaban:
  1. c. Penatalaksanaan aktif persalinan kala III
  2. c. Ekonomi
  3. d. Pengeluaran
  4. c. Exam
  5. c. Mengkaji hambatan
  6. d. Alat-alat medis
  7. d. Plan
  8. c. Planning
  9. c. Planning, do, check, action
  10. a. Buku 50th IBI
  11. d. Konsep dasar mutu pelayanan kebidanan
  12. d. Semua benar
  13. d. A dan B
  14. a. Program menjaga mutu persfektif
  15. c. 1, 2, 3
  16. d. Benar semua
  17. a. Indikator keluaran
  18. a. Standar persyaratan minimal
  19. b. Kinerja
  20. c. Faktor individu, psikologis, dan organisasi
  21. d. Standar pelayanan minimal
  22. d. Standar penampilan minimal
  23. d. A dan B benar
  24. c. Mengamati keadaan
  25. d. Standar lingkungan, standart masukan , dan standart proses
  26. c. NO 938/ MENKES/ SK/ VIII/ 2007
  27. b. 24 macam

Subscribe to receive free email updates: