Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Manajemen Kualitas Beserta Jawaban
- Dalam pandangan tradisional, penerapan atau implikasi JIT dan TQM dipakai secara terpisah memiliki tingkat efektivitas…a. Rendahb. Sedangc. Tetapd. Paling tinggi
- Peran tim proyek dalam mewujudkan administrasi kualitas adalah…a. Menyelesaikan duduk kasus dalam departemen yang bersangkutanb. Merencanakan kualitas dari suatu proses yang bersifat lintas fungsic. Mengendalikan pekerjaan untuk mencapai tujuand. Menyelesaikan duduk kasus yang sifatnya lintas fungsi
- Menurut Oakland, ciri dari karakteristik pimpinan TQM yang handal adalah…a. Mempunyai targetb. Komitmen terhadap training karyawanc. Keadilan dalam membagi wewenang dan tanggung jawabd. Beradaptasi terhadap perubahan
- Elemen Total Quality Leadership (TQL) yang merupakan pertolongan bagi individu atau kelompok dengan memakai konsep perbaikan kualitas secara terus menerus dan berkesinambungan adalah…a. Continuous improvementb. Kepemimpinanc. Membangun tanggung jawabd. Komitmen terhadap pelatihan
- Komponen dari quality assurance yang merupakan upaya memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk dan jasa yang diperlukan ialah kualitas…a. Produkb. Profesionalc. Pelanggand. Proses
- Penjaminan kualitas sanggup dicapai melalui pengembangan…a. Sistem kualitasb. Supervisic. Inspeksid. Pengendalian
- Perbedaan antara standarisasi dan diferensiasi adalah…a. Penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orangb. Penjaminan kualitas bagi sebagian orang, sedangkan diferensiasi untuk semua orangc. Penjaminan kualitas bagi semua produk, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian produkd. Penjaminan kualitas bagi sebagian produk, sedangkan diferensiasi untuk semua produk
- Persamaan antara MBNQA dan EQA dalam hal…a. Kinerja keuanganb. Penilaian tertinggi pada kepuasan pelangganc. Penghargaan bagi kesempurnaan produk atau jasad. Analisis data
- Standar sistem administrasi lingkungan disebut…a. ISO 14000b. ISO 14001c. ISO 14002d. ISO 14003
- Standar administrasi kualitas dan penjaminan kualitas yang merupakan pemandu untuk pemilihan dan penggunaan standar adalah...a. ISO 9000b. ISO 9001c. ISO 9002d. ISO 9003
- Mempertahankan kepuasan pelanggan dan menanggapi keluhan dengan tindakan korektif merupakan manfaat pendaftaran ISO dari aspek...a. Pelangganb. Memenuhi pesanan pelangganc. Calon pembelid. Manajemen
- Dalam sistem produksi, untuk sanggup membantu pull production system maka digunakan…a. Setup timesb. Andonc. Kanban cardd. Jidoka
- Istilah Seiton dalam Just In Time (JIT) berarti…a. Disiplin di kawasan kerja dengan melaksanakan pemisahan banyak sekali alat ditempatnya masing-masingb. Disiplin ditempat kerja dengan melaksanakan penyimpanan fungsional dan membuang waktu untuk mencari barangc. Disiplin ditempat kerja dengan melaksanakan pencucian sebagai investigasi dan tingkat kebersihand. Pembentukan kebiasaaan dan kawasan kerja yang berdisiplin
- Fungsi pemimpin dalam meyakinkan anggota organisasi untuk menjalankan tugasnya sebaik mungkin merupakan fungsi...a. Strukturalb. Penegak kepatuhanc. Pemberian penghargaand. Fungsi pengembangan
- Contoh fokus pada pelanggan dalam mewujudkan kepemimpinan kualitas adalah…a. Pendefinisian visi dan misib. Pendefinisian pelangganc. Menggunakan pandangan jangka panjangd. Komunikasi vertikal dan horisontal
- Berusaha memotivasi pengikut melalui pemberian imbalan merupakan salah satu ciri dari kepemimpinan…a. Transformasionalb. Formalc. Transaksionald. Informal
- Perilaku kepemimpinan transformasional yang sanggup memotivasi antusiasme diantara para pengikutnya terhadap tugas-tugas kelompok merupakan perilaku…a. Kharismatikb. Konsiderasi individualc. Stimulus intelektuald. Inspirasi dan memotivasi
- Menurut K.D Berlo, perbedaan antara kelompok kerja dan tim kerja dalam hal sinergi yaitu…a. Kelompok kerja positif, sedangkan tim kerja negatifb. Kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positifc. Kelompok kerja negatif, sedangkan tim kerja positifd. Kelompok kerja positif, sedangkan timkerja netral
- Konsep JIT sanggup diterapkan pada produk yang bersifat intangibel yaitu…a. Persediaan obatb. Kayu olahanc. Pertambangand. Hasil hutan
- Suatu organisasi yang menganut filosofi bahwa segala sesuatu harus baik semenjak dari awal proses produksi sampai final termasuk penyerahan jasa disebut…a. Zero defectb. Inspectionc. Pull systemd. Push system
- Ahli administrasi kualitas yang memperkenalkan tiga proses kualitas yaitu quality planning, quality control dan quality improvement adalah...a. Feigenbaumb. Frederick Taylorc. Jurand. Garvin
- Dalam suatu organisasi untuk mencapai cost of quality optimum atau minimum sanggup dipakai metode ...a. Standar kinerjab. Standar efektivitas kualitasc. Quality by objectived. Sistem pencapaian kualitas
Jawaban:
- a. Rendah
- d. Menyelesaikan duduk kasus yang sifatnya lintas fungsi
- a. Mempunyai target
- b. Kepemimpinan
- c. Pelanggan
- a. Sistem kualitas
- a. Penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orang
- b. Penilaian tertinggi pada kepuasan pelanggan
- a. ISO 14000
- a. ISO 9000
- d. Manajemen
- c. Kanban card
- b. Disiplin ditempat kerja dengan melaksanakan penyimpanan fungsional dan membuang waktu untuk mencari barang
- b. Penegak kepatuhan
- b. Pendefinisian pelanggan
- c. Transaksional
- d. Inspirasi dan memotivasi
- b. Kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positif
- b. Kayu olahan
- a. Zero defect
- c. Juran
- c. Quality by objective