Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Strategi Pembelajaran Beserta Jawaban
- Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang kemudian dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif yaitu ....
a. Menyiapkan materi baru
b. Menyediakan balikan
c. Melakukan review harian
d. Menyediakan koreksi - Salah satu ciri kelompok berguru berbasis dilema yang efektif yaitu ....
a. Belajar secara aktif
b. Kerjasama antardisiplin
c. Peranan pengajar
d. Belajar mandiri - Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang sempurna sebagai sumber berguru yaitu ....
a. TMII
b. Karang Taruna
c. Museum
d. Kantor Gubernur - Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih gampang dan sederhana sehingga sanggup dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
a. Pengungkapan pertanyaan secara terang dan singkat
b. Pemberian tuntunan
c. Penyebaran
d. Pemberian acuan - Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan tanggapan pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
a. Pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
b. Pengaturan urutan pertanyaan
c. Penggunaan pertanyaan pelacak
d. Peningkatan terjadinya interaksi - Strategi pembelajaran yang didasarkan atas acara siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk taktik pembelajaran ….
a. Ekspositori
b. Deduktif
c. Heuristik
d. Induktif - Salah satu faktor yang mensugesti keberhasilan siswa dalam berguru yaitu lingkungan keluarga, yaitu ….
a. Teman di rumah
b. Pembantu yang suka mengajarkan siswa
c. Perhatian orang renta terhadap berguru siswa
d. Paman yang kadang kala bisa mengajarkan siswa - Seorang anak dipandang mempunyai kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
a. Mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
b. Mampu merespons suasana hati
c. Mampu memotivasi orang lain
d. Mampu mengimajinasikan cita-cita dan gagasan diri sendiri - Pembelajaran nyata yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
a. 5
b. 6
c. 3
d. 4 - Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi sanggup dilaksanakan secara …
a. Logis dan sistematik
b. Konkret dan interaktif
c. Produktif dan inisiatif
d. Formal dan informal - Pengalaman merupakan proses berguru yang paling baik dikala siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip berguru …
a. Kolaboratif
b. Kuantum
c. Kooperatif
d. Tematik - Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi ....
a. Sinetik
b. Memonik
c. Berpikir induktif
d. Inkuiri ilmiah - Memberitahukan tujuan yang dibutuhkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk memilih acara awal pembelajaran dalam hal …
a. Menimbulkan motivasi siswa
b. Membuat kaitan
c. Melaksanakan tes awal
d. Memberi acuan - Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ....
a. Sistematis
b. Kerjasama
c. Belajar tuntas
d. Perhatian - Yang harus dilakukan guru dalam acara simpulan pembelajaran yaitu …
a. Memberikan kiprah dan latihan-latihan
b. Meninjau kembali penguasaan siswa
c. Memberikan motivasi
d. Memberikan bimbingan belajar - Pada karakteristik materi pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang berafiliasi dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan mekanisme yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
a. Konsep
b. Fakta
c. Nilai
d. Prinsip - Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode ....
a. Diskusi
b. Demonstrasi
c. Simulasi
d. Eksperimen - Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata kursi setengah bundar biar seluruh peserta diskusi sanggup saling memandang, dan semua klarifikasi Pak Ali sebelum diskusi dimulai sanggup didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
a. Visibility
b. Accessibility
c. Flexibility
d. Comfortableness - Pak Ali ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik perkara kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut menciptakan Riri semangat sebab dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang ia lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip berguru …
a. Perhatian
b. Motivasi
c. Aktivitas
d. Perbedaan individual - Dalam acara pembelajaran, tujuan menawarkan penguatan terdiri dari, kecuali ….
a. Meningkatkan perhatian siswa
b. Memudahkan siswa belajar
c. Menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
d. Mendorong munculnya sikap yang negatif - Pak Ali menawarkan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan sempurna sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non mulut dengan cara …
a. Mimik dan gerakan badan
b. Gerak mendekati
c. Sentuhan
d. Kegiatan yang menyenangkan - Dalam acara pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
a. Melayani gaya berguru siswa yang beraneka ragam
b. Meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam acara pembelajaran
c. Memelihara iklim kelas yang kondusif
d. Menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar - Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, sesudah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
a. Variasi suara
b. Pemusatan perhatian
c. Kesenyapan
d. Mengadakan kontak pandang - Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
a. Melibatkan siswa dalam memecahkan banyak sekali dilema melalui cara berfikir yang lebih sistematis
b. Membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
c. Mengatasi kekurangan banyak sekali sumber belajar
d. Memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap klarifikasi yang diberikan guru - Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi kiprah kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali menawarkan rumus wacana menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang menawarkan keterampilan merencanakan klarifikasi dalam bentuk …
a. Menganalisis karakteristik akseptor pesan
b. Merencanakan isi pesan
c. Pemberian tekanan
d. Penggunaan contoh dan ilustrasi
Jawaban:
- a. Belajar secara aktif
- a. TMII
- b. Pemberian tuntunan
- d. Peningkatan terjadinya interaksi
- c. Heuristik
- c. Perhatian orang renta terhadap berguru siswa
- d. Mampu mengimajinasikan cita-cita dan gagasan diri sendiri
- c. 3
- a. Logis dan sistematik
- b. Kuantum
- b. Memonik
- d. Memberi acuan
- c. Belajar tuntas
- b. Meninjau kembali penguasaan siswa
- d. Prinsip
- c. Simulasi
- c. Flexibility
- a. Perhatian
- d. Mendorong munculnya sikap yang negatif
- a. Mimik dan gerakan badan
- c. Memelihara iklim kelas yang kondusif
- c. Kesenyapan
- a. Melibatkan siswa dalam memecahkan banyak sekali dilema melalui cara berfikir yang lebih sistematis
- b. Merencanakan isi pesan