Soal Keperawatan Medikal Bedah Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Keperawatan Medikal Bedah Beserta Jawaban
  1. Seorang Laki-laki berusia 60 tahun, dirawat di ruang ICCU dengan diagnosa medis Gagal Jantung Kongestif. Pada pengkajian ditemukan adanya keluhan sesak nafas, kepala pusing dan lelah. Kedua tungkai teraba masbodoh dan edema. Tekanan darah 90/70 mmHg, frekuensi nadi 110 x/mnt dan teraba lemah, suhu badan 36,5 C, frekuensi pernafasan 28 x/mnt. Pasien merasa sangat cemas dengan keadaannya. Apa penyebab timbulnya keluhan sesak nafas pada Tn. K ?
    a. Adanya penyempitan spasme
    b. Adanya penumpukan cairan di paru
    c. Adanya pembengkakan pada laring
    d. Adanya perlekatan paru
  2. Seorang Laki-laki berusia 30 tahun dirawat di ruang penyakit dalamdengan keluhan nyeri pada ulu hati semenjak sehari yang lalu, skala nyeri 8. Pasien terlihat meringis menahan nyeri. Pasien mempunyai riwayat gastritis semenjak 1 tahun yang lalu. Dari data pengkajian didapatkan tekanan darah 140/90 mmHg, frekuensi nadi 98 x/menit, frekuensi pernafasan 28 x/menit dan suhu 36 C. Apakah intervensi keperawatan kolaboratif yang sempurna diberikan pada kasus diatas?
    a. Ajarkan tehnik imajinasi terbimbing
    b. Anjurkan pasien untuk istirahat
    c. Pemberian antasida
    d. Hindari lingkungan yang berisik
  3. Seorang Remaja berusia 22 tahun dirawat di ruang bedah dengan keluhan nyeri pada perut kanan bawah semenjak kemarin, muntah dan demam.Nyeri dirasakan terus menerus dengan skala nyeri 7, klien juga tidak ada nafsu makan. Dari hasil investigasi didapatkan nyeri tekan pada titikMc.Burney, dan tanda rovsing (+). Dokter mendiagnosa apendicitis akut dan harus segera dilaksanakan pembedahan. Apakah diagnosa keperawatan utama yang paling sempurna ditegakkan pada kasus diatas?
    a. Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
    b. Resiko kurang volume cairan
    c. Gangguan rasa nyaman
    d. Nyeri akut
    4. Kasus (vignete)
  4. Seorang pria berusia 53 tahun dirawat d iruang bangsal penyakit dalam dengan riwayat asma bronchial semenjak 3 tahun yang lalu. Saat dikajipasienmengeluh sesak nafas, batuk dengan dahak kental dan lengket susah dikeluarkan. Apakah tindakan keperawatan yang sempurna untuk kasus diatas?
    a. Mengajarkan cara batuk efektif
    b. Memberikan klarifikasi perihal penyakit klien.
    c. Berikan klarifikasi perihal tanda tanda penyakit.
    d. Menganjurkan klien untuk sering minum air dingin
  5. Seorang pria berusia 63 tahundirawat di bangsal penyakit dalam, saatperawat mengobservasi pernafasan diperoleh data bahwa pasien terlihatgelisah, terdapat retraksi otot bantu nafas, nafas cuping hidung. Hasil investigasi gejala vital diperoleh tekanan darah: 140/100 mmHg, frekuensi nadi: 90 kali/menit, frekuensi pernafasan: 32 kali/menit, suhu tubuh: 380C. Setelah kerja sama dengan dokter, diputuskan klien diberiterapi oksigen 6L/menit.
    a. Nasal kanul
    b. Masker venturi
    c. Masker sederhana
    d. Rebreathing Masker (RM)
  6. Seorang wanita usia 35 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan diagnosa DM Tipe I, pasien mengeluh banyak kencing, Pasien jug merasa mual serta lemah. Hasil investigasi GDS 300 g/dl. Pasien dianjurkan diberikan insulin, tetapi pasien menolak dikarenakan berdasarkan pasien, obat minum saja sudah cukup. Apakah Masalah Keperawatan Utama pada kasus diatas
    a. Kurangnya Pengetahuan
    b. Kelebihan Volume Cairan
    c. Gangguan Nutrisi
    d. Pertukaran Gas
  7. Seorang pria usia 60 tahun dirawat diruang penyakit dalam dengan diagnosa Gagal Jantung Kongestif. Pada pasien dilakukan penyadapan EKG untuk memantau irama Jantung, hasil rekaman tidak jelas. Apakah tindakan yang akan anda lakukan pada kasus di atas ?
    a. Mengganti kertas EKG
    b. Memeriksa mesin rekam EKG
    c. Menambah jelly pada elektroda
    d. Mengatur ulang posisi elektroda
  8. Seorang pria usia 20 tahun dirawat dengan keluhan diare..Klien menyampaikan tangan yang dipasang infus terasa nyeri. Hasil pengkajian infus terpasang 3 hari yang lalu, tangan tampak infeksi kemerahan dan teraba hangat. Apa tindakan keperawatan yang sempurna pada kasus di atas ?
    a. Melepas infus dan menggantinya di ekstremitas lain
    b. Memberikan kompres hangat pada tempat nyeri
    c. Melakukan masase pada tempat yang bengkak
    d. Membersihkan infus dengan desinfektan
  9. Seorang pria berusia 54 tahun dirawat dengan diagnosa Gagal Jantung Kongestif. Saat dilakukan penyadapan EKG balasannya yakni irama regular dengan jarak puncak gelombang R satu dengan R berikutnya 25 kotak kecil. Berapa frekuensi denyut jantung pasien ?
    a. 80X/menit
    b. 75X/menit
    c. 70X/menit
    d. 60X/menit
  10. Seorang wanita usia 32 tahun dirawat diruang penyakit dalam semenjak 2 bulan, klien mengeluh adanya luka di kaki kanan dan bernanah, awalnya alasannya gatal dan sering digaruk. Hasil investigasi luka dibagian punggung kaki dengan luas 20 cm, kondisi klien lemah, GDS 350 mg/dl, ada demam dengan suhu 37oc, Nadi 100x/menit, pernafasan 20x/menit, TD 100/70 mmHg. Apakah problem keperawatan prioritas pada kasus diatas?
    a. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
    b. Resiko kekurangan volume cairan.
    c. Kerusakan integritas kulit
    d. Penurunan curah jantung
Jawaban:
  1. b. Adanya penumpukan cairan di paru
  2. c. Pemberian antasida
  3. d. Nyeri akut
  4. a. Mengajarkan cara batuk efektif
  5. c. Masker sederhana
  6. a. Kurangnya Pengetahuan
  7. d. Mengatur ulang posisi elektroda
  8. a. Melepas infus dan menggantinya di ekstremitas lain
  9. d. 60X/menit
  10. c. Kerusakan integritas kulit

Subscribe to receive free email updates: