Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Teori Belajar Beserta Jawaban
- Dalam perencanaan pembelajaran ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan. “ Belajar hanya terjadi hanya apabila anak aktif mengalami sendiri”. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran …
a. Motivasi
b. Keaktifan
c. Tantangan
d. Pengulangan - Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan pandangan kaum strukturalis adalah…
a. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
b. Fokus perhatian pada fonologi, morfologi, sedikit, sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
c. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan semantik.
d. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sama sekali tidak memperhatikan sintaksis dan semantik. - Pada dasarnya teori berguru behavioristik sangat menekankan pada ...
a. Proses belajar
b. Perkembangan siswa
c. Hasil belajar
d. Kepandaian siswa - Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
a. Clasical conditioning dari Pavlov.
b. Connectionism dari Thorndike.
c. Behaviorism dari Watson.
d. Operant conditioning dari Skinner. - Pada waktu mengajar, guru menawarkan hadiah atau kebanggaan kepada siswa yang berhasil menjawab atau menuntaskan satu soal. Dalam hal ini guru menerapkan teori berguru ...a. Clasical conditioning.
b. Connectionism.
c. Behaviorism.
d. Operant conditioning. - Menurut Hull dalam teori systematic behavior, proses berguru merupakan upaya menumbuhkan kebiasaan melalui ...
a. Pengalaman.
b. Serangkaian percobaan.
c. Kegiatan membaca.
d. Serangkaian kegagalan. - Proses lupa pada diri seseorang berdasarkan Guthrie terjadi secara ...
a. Tiba-tiba.
b. Tidak terkendali.
c. Bertahap.
d. Terkendali. - Pemberian kebanggaan terhadap siswa yang berhasil menuntaskan tugasnya dengan tepat, sebaiknya diberikan ...
a. Pada waktu semua siswa telah menuntaskan tugasnya.
b. Segera sehabis siswa menuntaskan tugasnya.
c. Kalau siswa yang lain sudah meninggalkan ruang kelas.
d. Pada waktu siswa memperlihatkan prestasi berikutnya. - Suatu teori berguru dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip berguru secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori berguru ...
a. Insight.
b. Kognitif.
c. Conditioning.
d. Connectionism. - Teori berguru kognitif memiliki perbedaan yang fundamental dengan teori berguru conditioning S-R . Teori berguru kognitif memakai pendekatan masa kini, artinya ...
a. Mempelajari sikap insan di masa kemudian digunakan untuk memprediksi masa depan.
b. Mempelajari sikap insan masa kemudian untuk mengetahui sikap insan masa lampau.
c. Mempelajari sikap insan masa kini untuk keadaan insan ketika ini.
d. Mempelajari sikap insan masa kini untuk dibandingkan dengan sikap insan masa lalu. - Dalam hal belajar, antara siswa satu dengan yang lain kemampuan berpikirnya tidak sama. Hal ini dikemukakan dalam teori berguru ...
a. Kognitif.
b. Conditioning.
c. Connectionism.
d. Behaviorism. - Untuk menerapkan proses kognitif dalam pembelajaran, maka sebaiknya digunakan konsep ...
a. KTSP.
b. CBSA.
c. KBK.
d. Pembelajaran terpadu. - Penerapan teori berguru Bruner dalam pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ...
a. Membantu siswa supaya sanggup melihat adanya kekerabatan konsep yang satu dengan yang lain.
b. Memberikan pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk mencari jawabannya.
c. Mendiskusikan perihal suatu problem dengan siswa.
d. Mendorong siswa untuk memberikan pendapatnya. - Dalam proses pembelajaran, informasi yang diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau konsep yang dimilikinya. Cara berguru ibarat itu disebut dengan ...
a. Belajar bermakna.
b. Belajar sendiri.
c. Beblajar verbal.
d. Belajar menghapal - Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang memperlihatkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase-fase belajar'?
a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa.
b. Pada waktu mengajar, Pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas.
c. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan kegunaan berguru dalam proses pembelajaran.
d. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laris yang berlainan dari siswanya sehabis proses pembelajaran berakhir - Dalam menerapkan teori berguru sosial, yang sanggup dijadikan model untuk ditiru yaitu sebagai berikut, kecuali ...
a. Guru pengajar di kelas.
b. Teman satu kelas.
c. Pahlawan nasional.
d. Alumni. - Belajar dalam perspektif konstruktivisme lebih menekankan kepada ...
a. Hasil.
b. Pembelajaran.
c. Nilai.
d. Proses - Dalam proses mengkonstruksi pengetahuannya, siswa menyebarkan gagasan atau konsep gres berdasarkan analisis dan pemikiran ulang terhadap pengetahuan yang diperoleh pada ...
a. Masa kemudian dan masa depan.
b. Masa kini dan masa lalu.
c. Masa siswa belajar.
d. Saat siswa sedang melaksanakan kegiatan. - Perspektif kognitivisme beropini bahwa sikap siswa ditentukan oleh persepsi siswa itu sendiri yang dipengaruhi oleh ...
a. Pengalaman.
b. Berbagai penguatan.
c. Cara belajarnya.
d. Lingkungannya. - Dari pernyataan di bawah ini, manakah yang memperlihatkan kelebihan pendekatan konstruktivisme dalam proses pembelajaran dilihat dari kiprah guru?
a. Bu Siska hanya memperlihatkan cara bagaimana siswa sanggup memperoleh data melalui internet.
b. Pak Hadi harus menawarkan ceramah di depan kelas sepanjang proses pembelajaran.
c. Pada ketika mengajar, Pak Budi harus menjelaskan materi secara terus menerus.
d. Bu Amalia menganggap bahwa kemampuan siswanya yaitu sama. - Pada dasarnya taktik pembelajaran di sekolah sanggup memakai teori behavioristik untuk mengajarkan siswa memproses informasi sebagai berikut, kecuali ...
a. Membuat asosiasi.
b. Membedakan.
c. Membuat skema.
d. Mengingat
Jawaban:
- b. Keaktifan
- a. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
- b. Perkembangan siswa
- a. Clasical conditioning dari Pavlov.
- b. Connectionism.
- b. Serangkaian percobaan.
- c. Bertahap
- b. Segera sehabis siswa menuntaskan tugasnya.
- b. Kognitif.
- c. Mempelajari sikap insan masa kini untuk keadaan insan ketika ini
- a. Kognitif.
- b. CBSA.
- c. Mendiskusikan perihal suatu problem dengan siswa
- d. Belajar menghapal
- a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa.
- d. Alumni.
- d. Proses.
- b. Masa kini dan masa lalu.
- a. Pengalaman.
- a. Bu Siska hanya memperlihatkan cara bagaimana siswa sanggup memperoleh data melalui internet
- c. Membuat skema