Soal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Jawaban
  1. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil simpulan yang ingin dicapai terletak pada ....
    a. Teori berguru yang akan diuji
    b. Temuan penelitian yang sanggup digeneralisasikan
    c. Perbaikan hasil berguru siswa
    d. Meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian
  2. Manfaat PTK bagi sekolah yaitu untuk meningkatkan ....
    a. Kemampuan guru di bidang instruksional
    b. Kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
    c. Daya penemuan pada diri guru
    d. Kualitas pembelajaran di kelas
  3. Berikut yaitu beberapa langkah yang sanggup ditempuh dalam melaksanakan analisis masalah, kecuali ....
    a. Melakukan refleksi
    b. Mengkaji dokumen-dokumen kelas wacana siswa
    c. Berdiskusi dengan sobat sejawat
    d. Melakukan studi banding ke sekolah lain
  4. Hipotesis tindakan yaitu ....
    a. Tindakan perbaikan yang dirancang pada ketika menyusun Rencana Perbaikan
    b. Alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
    c. Dugaan-dugaan wacana upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
    d. Kajian teori yang relevan dengan problem penelitian
  5. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
    1) Perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
    2) Suasana dan sikap berguru siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
    3) Intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  6. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK yaitu ....
    a. Menentukan metode pengolahan data yang tepat
    b. Mempersiapkan diri sebagai peneliti
    c. Menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
    d. Mempersiapkan sarana pendukung penelitian
  7. Salah satu prinsip observasi berdasarkan Hopkins yaitu perencanaan bersamA. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
    (1) Kesamaan persepsi antara guru dan sobat sejawat
    (2) Membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
    (3) Membangun hukum main antar pihak-pihak yang terlibat
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  8. Yang dimaksud dengan high inference observation yaitu model pengamatan ....
    a. Tanpa penafsiran
    b. Langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
    c. Tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
    d. Yang membutuhkan penafsiran
  9. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melaksanakan observasi ....
    a. Terfokus
    b. Sistematis
    c Terstruktur
    d. Terbuka
  10. Berikut yaitu teknik-teknik lain di samping observasi yang sanggup dipakai guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
    a. Wawancara
    b. Studi dokumen kelas
    c. Pengisian kuesioner
    d. Survai
  11. Hasil analisis data sanggup dijadikan materi untuk ....
    1) Membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
    2) Melakukan refleksi untuk menciptakan perencanaan tindak lanjut
    3) Mengidentifikasi temuan penelitian
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  12. Refleksi paling sempurna dilakukan oleh peneliti PTK pada ketika ....
    a. Sebelum menyusun proposal
    b. Sesudah mengidentifikasi masalah
    c. Sesudah memilih upaya tindakan perbaikan
    d. Sesudah melaksanakan upaya perbaikan
  13. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK yaitu .... 
    a. Menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
    b. Merevisi pedoman observasi
    c. Menyusun tawaran PTK
    d. Menentukan metode yang akan digunakan
  14. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan sanggup dikategorikan ke dalam domein .... 
    a. Kenakalan remaja
    b. Disiplin belajar
    c. Interaksi belajar
    d. Prestasi belajar
  15. Penelitian yang bersifat dialektis, reflektif, partisipasi atau kolaboratif merupakan prinsip....
    a. Struktur jamak
    b. Kritik Dialektis
    c. Kolaboratif
    d. Resiko
  16. Penelitian yang dirancang dengan menuntun peneliti ke arah suatu tindakan merupakan jenis penelitian....
    a. Diagnostik
    b. Partisipan
    c. Empiris
    d. Eksperimental
  17. Apabila orang yang akan melaksanakan penelian harus terlibat eksklusif dalam proses penelitian semenjak awal hingga dengan hasil penelitian berupa laporan merupakan jenis penelitian....
    a. Diagnostik
    b. Partisipan
    c. Empiris
    d. Eksperimental
  18. Apabila peneliti berupaya melaksanakan sesuatu tindakan atau agresi dan membukakan apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama agresi berlangsung merupakan jenis penelitian...
    a. Diagnostik
    b. Partisipan
    c. Empiris
    d. Eksperimental
  19. PTK diselenggarakan dengan berupaya menerapkan banyak sekali teknik atau taktik secara efektif dan efisien di dalam suatu kegiatam belajar-mengajar jenis penelitian....
    a. Diagnostik
    b. Partisipan
    c. Empiris
    d. Eksperimental
  20. Berikut yaitu kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih apakah problem yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali .... 
    a. Masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa
    b. Guru bisa untuk melaksanakannya
    c. Relevan dengan pengembangan sekolah
    d. Mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
  21. Dalam upaya mencapai tujuan dan target observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan target pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
    1) Apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
    2) Apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
    3) Apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
    a. 1 dan 2
    b. 1, 2, dan 3
    c. 2, dan 3
    d. 1 dan 3
  22. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis problem yaitu .... 
    a. Melakukan kajian dokumen kelas
    b. Melakukan introspeksi diri wacana pembelajaran di kelas
    c. Mewawancarai siswa
    d. Memberikan tes formatif
  23. Judul PTK harus menggambarkan .... 
    a. Upaya perbaikan pembelajaran
    b. Masalah pembelajaran
    c. Masalah pendidikan
    d. Perbaikan sistem persekolahan
  24. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abnormal penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abnormal penelitian, kecuali .... 
    a. Difokuskan pada saripasi penelitian
    b. Menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
    c. Disajikan secararuntut, singkatdan padat
    d. Merupakan ringkasan penelitian
  25. PTK yaitu suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
    a. McTaggard
    b. Carr dan Kemmis
    c. Rochman
    d. Schmuck
  26. Maksud dari self-reflective inquiry yaitu penelitian yang ....
    a. Berbasis refleksi diri
    b. Metode yang longgar dan fleksibel
    c. Berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
    d. Disesuaikan dengan kemampuan guru
  27. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang dipakai dalam PTK termasuk jenis ....
    a. Sampel representatif 
    b. Sampel purposif
    c. Sampel acak
    d. Kasus khusus yaitu kelas
  28. Hasil analisis problem menunjukkan 
    (1) Siswa tidak mau menyimak pelajaran, 
    (2) Guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan 
    (3) Siswa tidak ada yang bertanya kepada guru wacana pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang sanggup dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali.... 
    a. Metode apa yang sebaiknya dipakai biar siswa mau menyimak pelajaran?
    b. Strategi apa yang sebaiknya dipakai biar siswa mau menyimak?
    c. Bagaimana cara saya menuntaskan problem ini?
    d. Bagaimana cara saya memotivasi siswa biar mau mau bertanya?
  29. Dalam menyusun laporan PTK, problem penelitian ditulis/disajikan di bab .... 
    a. Identifikasi masalah
    b. Perumusan masalah
    c. Pendahuluan
    d. Kesimpulan
  30. Tulisan wacana sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK yaitu ..... 
    a. Kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
    b. Ungkapan penulis yang mempunyai kesatuan inspirasi dan pikiran
    c. Kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru
    d. Buah pikiran para pakar yang dikutip penulis
Jawaban:
  1. c. Perbaikan hasil berguru siswa
  2. b. Kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
  3. c. Berdiskusi dengan sobat sejawat
  4. c. Dugaan-dugaan wacana upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
  5. a. 1 dan 2
  6. c. Menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
  7. d. 1, 2 dan 3
  8. d. Yang membutuhkan penafsiran
  9. b. Sistematis
  10. b. Studi dokumen kelas
  11. c. 2 dan 3
  12. d. Sesudah melaksanakan upaya perbaikan
  13. a. Menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
  14. b. Disiplin belajar
  15. a. Struktur jamak
  16. a. Diagnostik
  17. b. Partisipan
  18. c. Empiris
  19. d. Eksperimental
  20. b. Guru bisa untuk melaksanakannya
  21. d. 1 dan 3
  22. b. Melakukan introspeksi diri wacana pembelajaran di kelas
  23. a. Upaya perbaikan pembelajaran
  24. d. Merupakan ringkasan penelitian
  25. b. Carr dan Kemmis
  26. a. Berbasis refleksi diri
  27. d. Kasus khusus yaitu kelas
  28. d. Bagaimana cara saya memotivasi siswa biar mau mau bertanya?
  29. c. Pendahuluan
  30. c. Kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru

Subscribe to receive free email updates: