Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Jawaban
- Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil simpulan yang ingin dicapai terletak pada ....a. Teori berguru yang akan diujib. Temuan penelitian yang sanggup digeneralisasikanc. Perbaikan hasil berguru siswad. Meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian
- Manfaat PTK bagi sekolah yaitu untuk meningkatkan ....a. Kemampuan guru di bidang instruksionalb. Kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutanc. Daya penemuan pada diri gurud. Kualitas pembelajaran di kelas
- Berikut yaitu beberapa langkah yang sanggup ditempuh dalam melaksanakan analisis masalah, kecuali ....a. Melakukan refleksib. Mengkaji dokumen-dokumen kelas wacana siswac. Berdiskusi dengan sobat sejawatd. Melakukan studi banding ke sekolah lain
- Hipotesis tindakan yaitu ....a. Tindakan perbaikan yang dirancang pada ketika menyusun Rencana Perbaikanb. Alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakanc. Dugaan-dugaan wacana upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikand. Kajian teori yang relevan dengan problem penelitian
- Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....1) Perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan2) Suasana dan sikap berguru siswa selama berlangsung tindakan perbaikan3) Intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamata. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Langkah awal dalam pelaksanaan PTK yaitu ....a. Menentukan metode pengolahan data yang tepatb. Mempersiapkan diri sebagai penelitic. Menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)d. Mempersiapkan sarana pendukung penelitian
- Salah satu prinsip observasi berdasarkan Hopkins yaitu perencanaan bersamA. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....(1) Kesamaan persepsi antara guru dan sobat sejawat(2) Membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat(3) Membangun hukum main antar pihak-pihak yang terlibata. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Yang dimaksud dengan high inference observation yaitu model pengamatan ....a. Tanpa penafsiranb. Langsung sebagaimana yang teramati oleh penelitic. Tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)d. Yang membutuhkan penafsiran
- Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melaksanakan observasi ....a. Terfokusb. Sistematisc Terstrukturd. Terbuka
- Berikut yaitu teknik-teknik lain di samping observasi yang sanggup dipakai guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....a. Wawancarab. Studi dokumen kelasc. Pengisian kuesionerd. Survai
- Hasil analisis data sanggup dijadikan materi untuk ....1) Membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian2) Melakukan refleksi untuk menciptakan perencanaan tindak lanjut3) Mengidentifikasi temuan penelitiana. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Refleksi paling sempurna dilakukan oleh peneliti PTK pada ketika ....a. Sebelum menyusun proposalb. Sesudah mengidentifikasi masalahc. Sesudah memilih upaya tindakan perbaikand. Sesudah melaksanakan upaya perbaikan
- Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK yaitu ....a. Menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnyab. Merevisi pedoman observasic. Menyusun tawaran PTKd. Menentukan metode yang akan digunakan
- Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan sanggup dikategorikan ke dalam domein ....a. Kenakalan remajab. Disiplin belajarc. Interaksi belajard. Prestasi belajar
- Penelitian yang bersifat dialektis, reflektif, partisipasi atau kolaboratif merupakan prinsip....a. Struktur jamakb. Kritik Dialektisc. Kolaboratifd. Resiko
- Penelitian yang dirancang dengan menuntun peneliti ke arah suatu tindakan merupakan jenis penelitian....a. Diagnostikb. Partisipanc. Empirisd. Eksperimental
- Apabila orang yang akan melaksanakan penelian harus terlibat eksklusif dalam proses penelitian semenjak awal hingga dengan hasil penelitian berupa laporan merupakan jenis penelitian....a. Diagnostikb. Partisipanc. Empirisd. Eksperimental
- Apabila peneliti berupaya melaksanakan sesuatu tindakan atau agresi dan membukakan apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama agresi berlangsung merupakan jenis penelitian...a. Diagnostikb. Partisipanc. Empirisd. Eksperimental
- PTK diselenggarakan dengan berupaya menerapkan banyak sekali teknik atau taktik secara efektif dan efisien di dalam suatu kegiatam belajar-mengajar jenis penelitian....a. Diagnostikb. Partisipanc. Empirisd. Eksperimental
- Berikut yaitu kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih apakah problem yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....a. Masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswab. Guru bisa untuk melaksanakannyac. Relevan dengan pengembangan sekolahd. Mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
- Dalam upaya mencapai tujuan dan target observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan target pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:1) Apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?2) Apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?3) Apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?a. 1 dan 2b. 1, 2, dan 3c. 2, dan 3d. 1 dan 3
- Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis problem yaitu ....a. Melakukan kajian dokumen kelasb. Melakukan introspeksi diri wacana pembelajaran di kelasc. Mewawancarai siswad. Memberikan tes formatif
- Judul PTK harus menggambarkan ....a. Upaya perbaikan pembelajaranb. Masalah pembelajaranc. Masalah pendidikand. Perbaikan sistem persekolahan
- Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abnormal penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abnormal penelitian, kecuali ....a. Difokuskan pada saripasi penelitianb. Menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitianc. Disajikan secararuntut, singkatdan padatd. Merupakan ringkasan penelitian
- PTK yaitu suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....a. McTaggardb. Carr dan Kemmisc. Rochmand. Schmuck
- Maksud dari self-reflective inquiry yaitu penelitian yang ....a. Berbasis refleksi dirib. Metode yang longgar dan fleksibelc. Berbasis hasil pengamatan dan renungan gurud. Disesuaikan dengan kemampuan guru
- Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang dipakai dalam PTK termasuk jenis ....a. Sampel representatifb. Sampel purposifc. Sampel acakd. Kasus khusus yaitu kelas
- Hasil analisis problem menunjukkan(1) Siswa tidak mau menyimak pelajaran,(2) Guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan(3) Siswa tidak ada yang bertanya kepada guru wacana pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang sanggup dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....a. Metode apa yang sebaiknya dipakai biar siswa mau menyimak pelajaran?b. Strategi apa yang sebaiknya dipakai biar siswa mau menyimak?c. Bagaimana cara saya menuntaskan problem ini?d. Bagaimana cara saya memotivasi siswa biar mau mau bertanya?
- Dalam menyusun laporan PTK, problem penelitian ditulis/disajikan di bab ....a. Identifikasi masalahb. Perumusan masalahc. Pendahuluand. Kesimpulan
- Tulisan wacana sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK yaitu .....a. Kumpulan gagasan yang ditulis penelitib. Ungkapan penulis yang mempunyai kesatuan inspirasi dan pikiranc. Kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris barud. Buah pikiran para pakar yang dikutip penulis
Jawaban:
- c. Perbaikan hasil berguru siswa
- b. Kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
- c. Berdiskusi dengan sobat sejawat
- c. Dugaan-dugaan wacana upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
- a. 1 dan 2
- c. Menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
- d. 1, 2 dan 3
- d. Yang membutuhkan penafsiran
- b. Sistematis
- b. Studi dokumen kelas
- c. 2 dan 3
- d. Sesudah melaksanakan upaya perbaikan
- a. Menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
- b. Disiplin belajar
- a. Struktur jamak
- a. Diagnostik
- b. Partisipan
- c. Empiris
- d. Eksperimental
- b. Guru bisa untuk melaksanakannya
- d. 1 dan 3
- b. Melakukan introspeksi diri wacana pembelajaran di kelas
- a. Upaya perbaikan pembelajaran
- d. Merupakan ringkasan penelitian
- b. Carr dan Kemmis
- a. Berbasis refleksi diri
- d. Kasus khusus yaitu kelas
- d. Bagaimana cara saya memotivasi siswa biar mau mau bertanya?
- c. Pendahuluan
- c. Kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru