Keperawatan Medikal Bedah - Soal Dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Keperawatan Medikal Bedah Lengkap Jawaban
  1. Seorang pria berusia 30 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan batuk dan dahak sukar keluar. Hasil investigasi didapatkan suara ronkhi pada bronchial kiri bab posterior. Tekanan darah: 110/70 mmHg, frekuensi nadi: 100 kali/menit, frekuensi pernafasan: 28 kali/menit, suhu tubuh: 370C.Perawat akan melaksanakan fisioterapi dada. Bagaimanakah pengaturan posisi yang sempurna pada klien tersebut?
    a. Tengkurap miring kekanan dengan kepala lebih rendah dari badan
    b. Tengkurap miring kekiri dengan kepala lebih rendah dari badan
    c. Terlentang miring kekiri dengan kepala sejajar dengan badan
    d. Terlentang dengan kepala lebih rendah dari badan
  2. Seorang laki-laki, usia 50 tahun, sudah 1 hari dirawat di ICCU, pasien menderita kelainan katup jantung mitral, hasil investigasi fisik ketika ini: kesadaran menurun, nafas terdengar ronki, GCS 8, nadi 82x/mnt, TD 150/100 mmHg, pernafasan 24 x/mnt. Apakah prioritas tindakan pada masalah diatas?
    a. Suction
    b. Fisioterapi dada
    c. Posisi kepala ekstensi
    d. Posisi pasien dimiringkan
  3. Seorang laki laki usia 73 tahun dirawat diruang hemodialisa, mengeluh sesak nafas ( pernafasan kusmaul ), lemah untuk beraktifitas, terpasang folley catheter, infus RL 15 tts/menit,Terpasang oksigen 6L/Menit, RR 36X/Menit, TD 183/105mmHg, HR 100X/Menit.seorang perawat menunjukkan natrium bicarbonat sesuai aktivitas dan melaksanakan observasi tiap 1/2 jam sekali. Apakah tindakan keperawatan kolaboratif yang sempurna ?
    a. Memasang foller catheter
    b. Memberikan infuse RL
    c. Mengukur tekanan darah
    d. Memberikan natrium bicarbonat
  4. Seorang wanita 61 tahun tiba ke poliklinik rumah sakit melaporkan sering nyeri ketika berkemih, kadang keluar darah, sehabis dilakukan USG, diduga menderita kerikil ginjal. Hasil LAB dalam batas normal kecuali Ca2+ dan oksalat. RR 20X/menit, TD 160/100 mmHg, HR 80X/menit. Apakah faktor resiko terbentuknya kerikil ginjal menurut masalah diatas ?
    a. Hypoalbuminemia
    b. Hypopospatemia
    c. Uricemia
    d. Hypercalsemia
  5. Seorang wanita berusia 34 tahun tiba ke puskesmas melaporkan sering berkemih, sedikit sedikit, dan tidak tuntas. Keadaan ini di laporkan semenjak 1 bulan yang kemudian sehabis kecelakaan sepeda motor. Setiap hari merasa tidak nyaman alasannya urin keluar tidak sanggup di kontrol. Apakah persoalan keperawatan utama masalah diatas?
    a. Gangguan contoh eliminasi urin
    b. Gangguan rasa nyaman
    c. Gangguan contoh tidur
    d. Kerusakan integritas kulit
  6. Seorang pria usia 39 tahun dirawat di bangsal dengan glomerulonefritis. Mengeluh nyeri bab pinggang, udema periobita setiap bangkit tidur, kadang merasa sesak ketika aktifitas. Perawat A mengambil darah untuk dilakukan investigasi rutin. RR 20X/menit, TD 160/90 mmHg, HR 70X/menit. Apakah jenis investigasi LAB yang sempurna sesuai kondisi diatas?
    a. Tekanan Pa CO2
    b. Jumlah HC03
    c. Ureum / Kreatinin
    d. Alkali pospatase
  7. Seorang pria berusia 40 tahun dirawat di bangsal dengan Sindroma nefrotikmengalami nanah pada wajah, kadang kadang merasa sesak ketika aktifitas. Perawat menunjukkan pendidikan kesehatan terhadap beberapa hal terkait asuhan keperawatan yang diberikan. Apakah topik pendidikan kesehatan yang sempurna mengatasi persoalan edemapasien?
    a. Pola istirahat
    b. Aktivitas fisik
    c. Diet tinggi garam
    d. Diet rendah protein
  8. Seorang pria berusia 55 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan Diabetes Mellitus tipe 2 dengan ulkus pada tumit kanan. Saat ini pasien akan dilakukan penggantian dan perawatan luka. Sebelum dibuka didapatkan data balutan kondisi basah, kotor dan bernanah. Setelah balutan dibuka, kondisi luka terdapat banyak eksudat, sedikit granulasi, kemerahan disekeliling area luka dan sedikit jaringan mati. Apakah tindakan keperawatan pertama kali yang dilakukan pada masalah di atas ?
    a. Tekan area sekitar luka untuk mengeluarkan eksudat
    b. Lakukan tindakan debridement pada jaringan mati
    c. Bersihkan eksudat memakai kassa steril
    d. Irigasi area luka dengan normal salin
  9. Seorang wanita berusia 55 tahun, dirawat di ruang penyakit dalam dengan keluhan sering lapar, tubuh kurus, sering buang air kecil, haus, lemas, pandangan kabur, dan kebas pada ekstremitas bawah. Hasil investigasi berat tubuh turun dari 55 kg menjadi 47 kg, kulit kering. Kadar gula darah sewaktu 310 mg/dl. Apakah persoalan keperawatan utama pada masalah diatas?
    a. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan
    b. Ketidakseimbangan nutrisi lebih dari kebutuhan
    c. Perubahan persepsi sensori; penglihatan
    d. Perubahan persepsi sensori; perabaan
  10. Seorang wanita berumur 50 tahun mengalami sakit perut semenjak 3 hari yang kemudian dan kadang disertai kembung. Setelah tiba di RS dilakukan investigasi fisik dengan hasil skala nyeri 7 keringat dingin, pucat, mual, TD 130/100 mmHg, Nadi 110 x/mnt, pernafasan 28 x/mnt suhu 37,5 C. Klien memiliki riwayat gastritis. Apakah prioritas persoalan keperawatan pada masalah di atas ?
    a. Nyeri
    b. Ansietas
    c. Hipertermi
    d. Resiko Infeksi
Kunci Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: