Uji Kompetensi (Ukom) Perawat - Soal Dan Jawaban

Latihan Soal Uji Kompetensi (UKOM) Keperawatan Lengkap Jawaban
  1. Seorang perawat sedang berkunjung ke rumah keluarga dan mendapati anak usia 7 tahun sedang bermain tanah dengan teman-temannya, tangan terlihat kotor. Dalam penerapan promosi kesehatan pada keluarga, tindakan manakah yang sebaiknya dilakukan perawat?
    a. Mengajarkan kepada orang bau tanah ihwal cara menghadapi anak
    b. Melatih daya kreatifitas anak dalam bermain
    c. Menjelaskan kepada orangtua semoga melarang anak bermain di tanah
    d. Mengajarkan pada anak dan orangtua cara mencuci tangan yang benar.
  2. Seorang perawat keluarga melaksanakan konseling kepada keluarga untuk menjelaskan jenis jenis, jadwal dan cara pemberian, manfaat, laba dan imbas samping imunisasi balita pada keluarga yang mempunyai bayi gres lahir. Perawat memberi kesempatan pada keluarga untuk menetapkan akan melaksanakan atau tidak imunisasi kepada bayinya. Apakah prinsip sopan santun yang dipakai perawat dalam kasus diatas?
    a. Beneficence
    b. Nonmaleficence
    c. Veracity
    d. Otonomi
  3. Seorang lansia usia 65 tahun tidak punya pekerjaan dan penghasilan dia juga hidup sendiri tidak mempunyai keluarga dan teman, kesudahannya menciptakan lansia tersebut semakin tertekan dan depresi. Masalah apakah yang muncul pada keadaan lansia tersebut secara umum?
    a. Masalah status ekonomi dan sosial
    b. Masalah perkembangan contoh kehidupan keluarga
    c. Masalah berkurangnya daya tahan tubuh
    d. Masalah biaya pemeliharaan kesehatan lansia
  4. Dalam suatu tempat permukiman kumuh dan padat penduduk, sebagian besar masyarakat menderita ISPA, berdasarkan data puskesmas setempat, tahun ini terdapat 350 kasus ispa serta 30 meninggal lantaran komplikasi dari ISPA. Apakah penyebab ( etiologi )utama untuk kasus diatas?
    a. Kuman di wilayah padat penduduk terlalu banyak
    b. Kurangnya sikap hidup higienis dan sehat
    c. Wilayah keluarga yang padat penduduk
    d. Tidak adanya ventilasi disetiap rumah
  5. Perawat komunitas melaksanakan kegiatan di masyarakat berupa deteksi dini ( early diagnosis ) dan melaksanakan penanganan yang sempurna dengan deteksi dini dan skrining kesehatan untuk mengetahui adanya gangguan kesehatan. Pencegahan yang dilakukan oleh perawat komunitas tersebut yaitu pencegahan?
    a. Pencegahan primer
    b. Pencegahan sekunder
    c. Pencegahan tersier
    d. Pencegahan dan penanggulangan
  6. Jika anda menemukan lansia yang menderita sakit menahun yang ditampung oleh salah satu warga yang kurang mampu, semua kebutuhan pasien dipenuhi seadanya oleh warga hingga pasien diputuskan untuk dibawa ke PSTW oleh warga setempat. Sebagai perawat, Hal utama yang anda lakukan dari kasus diatas adalah?
    a. Berikan perawatan stadium terminal
    b. Siapkan segera sarana dan akomodasi yang memadai
    c. Berikan askep geriatric di belahan kronis
    d. Berikan sarana pelatihan sesuai dengan kondisi pasien
  7. Dari hasil survey di suatu RW didapatkan data jumlah balita sebanyak 340 anak (27,50%), ibu tidak memperlihatkan ASI pada balita, hasil penimbangan di KMS ketika ini 4 balita berada dibawah garis kuning dan 2 balita berada dibawah garis merah. Apakah intervensi yang sempurna untuk kasus diatas?
    a. Pendidikan kesehatan ihwal kesehatan ibu & anak
    b. Lomba bayi dan balita sehat tingkat posyandu
    c. Pembentukan posyandu bagi ibu dan balita
    d. Pendidikan kesehatan ihwal gizi bagi bayi dan balita.
  8. Saat seorang perawat berkunjung ke rumah keluarga, ditemukan anak berusia 1 tahun sedang mengalami diare sudah BAB cair sebanyak 6 kali sehari. Ibu anak tersebut mempunyai prinsip anak harus dipuasakan hingga diarenya sembuh. Apa yang sebaiknya dilakukan perawat dalam situasi menyerupai itu?
    a. Memberikan oralit kepada keluarga
    b. mengajarkan cara menciptakan larutan gula gram
    c. Menjelaskan ASI tetap diberikan sebagai sumber cairan dan nutrisi yang kondusif bagi anaknya
    d. mendiskusikan pada keluarga ihwal makanan yang menyebabkan diare
  9. Ners M mengajarkan ihwal teknik senam otak bagi lansia di PSTW, diakhir sesi penyuluhan, Ners M meminta lansia untuk melaksanakan senam otak menyerupai yang sudah diajarkan dalam penyuluhan tersebut Apakah jenis penilaian yang dilakukan oleh Ners M?
    a. Formatif
    b. Sumatif
    c. Partisipastif
    d. Normatif
  10. Seorang perawat memperlihatkan asuhan keperawatan pada sebuah keluarga, yaitu melaukan edukasi kepada keluarga untuk sanggup berkomunikasi secara lebih fungsional menyerupai mendengarkan satu sama lain tanpa menginteruosi ketika ada anggota keluarga lain yang berbicara.Strategi komunikasi yang dipakai oleh perawat ganteng pada kasus diatas berdasarkan tingkat fungsional keluarga adalah?
    a. Kognitif
    b. Afektif
    c. Perilaku
    d. Kebiasaan
  11. Seorang perawat bertanggung jawab merawat seorang pasien dengan acute miocard infraction. Pasien bisa melaksanakan ADL, bisa mandi,makan dan minum sendiri, ambulasi dengan pengawasan, pemantauan tanda vital setiap pergantian shift. Apakah tingkat ketergantungan perawatan pada pasien tersebut berdasarkan Douglass ?
    a. Total care
    b. Partial care
    c. Minimal care
    d. Mediate care
  12. Kepala ruangan perawat bedah mendapat laporan dari perawat ruang lainnya, bahwa banyak perawat yang tidak melaksanakan sesuai asuhan keperawatan dan ada beberapa perawat yang sering terlambat tiba lantaran merasa tidak cocok dengan sobat satu sift dalam melaksanakan kiprah dinas di ruangan, kepala ruangan bermaksud ingin membicarakan hal tersebut kepada kepala bidang keperawatan. Apakah langkah yang harus dikerjakan oleh kepala ruangan?
    a. Mengumpulkan gosip ihwal persoalan sebanyak mungkin
    b. Menanyakan apa masalahnya kepada perawat yang bersangkutan
    c. Mengenal persoalan yang perlu penanganan terlebih dahulu.
    d. Menangani persoalan yang ada pada perawat tersebut.
  13. Seorang kepala ruangan perawatan bedah menjalankan supervisi mengenai pendokumentasian asuhan keperawatan kepada seluruh perawat pelaksana yang bertugas pada ketika supervisi didapatkan perawat hanya menuliskan persoalan keperawatan yang dialami pasien dalam penulisan diagnosa keperawatan pada lembar asuhan keperawatan di ruangan. Apa yang harus dilakukan oleh kepala ruangan tersebut?
    a. Menjalankan sesuai dengan instrumen supervisi dalam pelaksanaan SAK
    b. Mendokumentasikan semua insiden ketika supervisi
    c. Menegur secara lisan dengan bahasa lembut dan tegas
    d. Membuat analisa situasi
  14. Seorang perawat dari hasil penilaian kinerja dari pihak administrasi ditetapkan sebagai perawat berprestasi di rumah sakit. Manajemen rumah sakit memperlihatkan penghargaan dengan memperlihatkan paket liburan keluar negeri selama seminggu. Apa bentuk penghargaan yang diberikan pihak administrasi rumah sakit tersebut?
    a. Imbalan sosial
    b. Motivasi langsung
    c. Kompensasi langsung
    d. Kompensasi tidak langsung
  15. Seorang perawat yang bekerja di RS dia dinas pagi, perawat tersebut menjelaskan secara singkat terperinci dan lengkap ihwal tindakan berdikari perawat, tindakan kolaboratif yang sudah dilakukan dan memberikan perkembangan pasien ketika itu kepada perawat lainnya dengan tertulis dan lisan pada ketika timbang terima. Apakah kiprah perawat tersebut dalam metode asuhan?
    a. Perawat primer
    b. Perawat pelaksana
    c. Supervisor
    d. Kepala ruangan
  16. Berdasarkan pengkajian komunitas, didapatkan data : 53% binatang yang ada disekitar rumah warga merupakan vector penyakit, 47% kondisi susukan pembuangan air limbah tertutup tergenang, 77% masyarakat buang air di pekarangan/ladang, dan jarak sumber mata air warga dengan sentra pembuangan sampah kurang dari 10 meter. Perawat komunitas menyimpulkan adanya resiko terjadinya peningkatan penyakit berbasis lingkungan. Apakah intervensi yang bersifat pencegahan primer yang sanggup dilakukan?
    a. Koordinasi dengan dinas kesehatan
    b. Koordinasi dngan dinas kebersihan
    c. Pengkajian kesehatan lingkungan
    d. Penyuluhan kesehatan lingkungan
  17. Perawat melaksanakan asuhan keperawatan pada keluarga dengan diagnosa keperawatan resiko penularan penyakit TBC pada anggota keluarga berafiliasi dengan kidakmampuan keluarga mengenal persoalan kesehatan ihwal penularan TBC. Intervensi apakah yang sanggup dilakukan pada keluarga tersebut?
    a. Anjurkan berobat kembali ke puskesmas atau rumah sakit ketika kambuh
    b. Diskusikan alternatif yang sanggup dilakukan untuk pencegahan terjadinya penularan
    c. Berikan penyuluhan pada keluarga mengenai cara mengidentifikasi serangan kambuhan
    d. Jelaskan bahwa pengobatan TBC merupakan kegiatan pemerintah dan gratis melalui puskesmas
  18. Seorang perawat keluarga telah memperlihatkan tindakan berupa pendidikan berdikari untuk mendeteksi hipertensi, mengajarkan cara memasak sajian untuk contoh makan makanan yang baik pada pasien dengan hipertensi dan cara mengontrol emosi. Salah satu penilaian struktur yang dilakukan perawat komunitas pada kasus diatas adalah?
    a. Strategi yang dilakukan keluarga dalam mengontro emosi
    b. Bahan dan tenaga yang diharapkan untuk pendidikan hipertensi
    c. Peningkatan pengetahuan keluarga terhadap penyakit hipertensi
    d. Penurunan tekanan darah pada keluarga yang menderita hipertensi
  19. Seorang lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werda mengeluhkan sudah dua hari sobat sekamarnya mengamuk dan semalam tidak bisa tidur lantaran masih ribut dan marah-marah. Pasien bisa tidur dari jam 02.00 hingga 04.00. pasien tampak tertidur di kursi, selama 45 menit ketika siang hari. Manakah persoalan utama kasus diatas?
    a. Gangguan pemenuhan biologis ( tidur )
    b. Gangguan kenyamanan dan keamanan
    c. Lingkungan tidur tidak nyaman
    d. Gangguan contoh tidur
  20. Seorang ibu membawa anaknya yang berusia 5 tahun dengan keluhan mual muntah semenjak tiga hari yang lalu, satu hari sebelumnya ibu sudah membawa anaknya berobat ke puskesmas, dari investigasi fisik didapatkan baahwa turgor kulit buruk dan ditemukan gejala dehidrasi. Perawat puskesmas segera memperlihatkan dan mendampingi ibu tersebut untuk dibawa ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Apa kiprah perawat tersebut ketika melaksanakan perawatan kesehatan pada pasien tersebut?
    a. Advokat
    b. Pendidik
    c. Kolaborator
    d. Fasilitator
  21. Seorang ibu tiba ke poli klinik anak untuk melaksanakan imunisasi bayinya pada tanggal 25 maret 2015, bayi tersebut lahir tanggal 12 Desember 2014. Perawat melaksanakan investigasi antropometri kepada bayi tersebut dan sesudah melaksanakan pemeriksaan, perawat segera mengimunisasi bayinya. Dari kasus diatas, investigasi antropometri utama yang dilakukan oleh perawat adalah?
    a. LLA dan LK
    b. Berat badan
    c. Berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala
    d. Berat tubuh dan tinggi badan
  22. Anak usia 12 tahun diperiksakan di poli klinik oleh orangtuanya lantaran terdapat tanda kemerahan di belahan lisan sehingga menyebabkan kesulitan makan dan tak bisa tidur jawaban rasa nyeri. Sebagai perawat harus bisa melaksanakan administrasi nyeri pada anak. Apa jenis rencana awal administrasi nyeri yang dilakukan pertama kali sesuai dengan usia anak...?
    a. Bimbing anak untuk teknik distraksi relaksasi
    b. Skala nyeri wajah edisi perbaikan / revisi (FPS-R)
    c. Kolaborasi derma analgesik (acetaminophen)
    d. Mengukur tingkat intensitas nyeri Wong Baker FACES
  23. Seorang anak usia 3 tahun di diagnosis Leukemia 3 ahad yang lalu. Anak harus menjalani kemoterapi dalam waktu yang cukup panjang yakni 2 tahun. Apa tahapan kemoterapi yang akan diberikan pada anak tersebut?
    a. Radiasi, induksi, konsolidasi
    b. Induksi, maintenance, radiasi
    c. Induksi, konsolidasi, maintenance
    d. Induksi, maintenance, radioterapi
  24. Anak usia 8 tahun post operasi appendiktomi hari ke 0, anak tampak menangis kesakitan, memegang belahan perutnya, dan sulit diajak komunikasi. Apa tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi atau mengurangi persoalan utama pada anak tersebut?
    a. Melakukan massage
    b. Mengajarkan distraksi
    c. Mengajarkan nafas dalam
    d. Kolaborasi derma analgesik
  25. Seorang anak laki laki usia 2 tahun diantar orangtua ke puskesmas dengan keluhan batuk yang sudah 3 hari, demam, sulit makan dan sakit menelan. Pemeriksaan fisik didapati bull neck, frekuensi nadi 100 kali permenit, frekuensi nafas 28 kali permenit, suhu 38,5 derajat selsius, anak didiagnosis Difteri. Apakah persoalan keperawatan utama pada anak tersebut?
    a. Nyeri
    b. Hipertermi
    c. Pola nafas tidak efektif
    d. Bersihan jalan nafas tidak efektif
  26. Kepala ruangan perawat bedah mendapat laporan dari perawat ruang lainnya, bahwa banyak perawat yang tidak melaksanakan sesuai asuhan keperawatan dan ada beberapa perawat yang sering terlambat tiba lantaran merasa tidak cocok dengan sobat satu sift dalam melaksanakan kiprah dinas di ruangan, kepala ruangan bermaksud ingin membicarakan hal tersebut kepada kepala bidang keperawatan. Apakah langkah yang harus dikerjakan oleh kepala ruangan?
    a. Mengumpulkan gosip ihwal persoalan sebanyak mungkin
    b. Menanyakan apa masalahnya kepada perawat yang bersangkutan
    c. Mengenal persoalan yang perlu penanganan terlebih dahulu.
    d. Menangani persoalan yang ada pada perawat tersebut.
  27. Tn. Roni dibawa keluarga ke RS Jiwa Sambang Lihum lantaran mengamuk dan memukuli warga disekitar rumahnya, ketika dibawa ke RSJ, kondisinya dalam keadaan tenang, klien menyampaikan kadang timbul rasa ingin murka dan memukul orang. Klien dianjurkan menginap di RSJ. Apakah intervensi pertama yang sempurna dilakukan pada klien tersebut?
    a. Melakukan restrain
    b. Mencegah sikap kekerasan
    c. Bina hubungan saling percaya
    d. Diskusikan bersama klien jawaban sikap kekerasan
  28. Tn. Roni mengalami depresi berat, ketika dikaji didapatkan data bahwa pasien pernah menulis pesan yang berisi keinginannya untuk mati. Tindakan keperawatan yang sempurna untuk kasus diatas adalah?
    a. Mendiskusikan cara mengatai impian mati
    b. Meningkatkan kemampuan menuntaskan masalah
    c. Memberi kesempatan mengungkapkan perasaan
    d. Menjauhkan benda berbahaya
  29. Tn. Roni usia 40 tahun dirawat di RSJ, mengeluh pusing, tidak sanggup bangkit dari tempat tidur. Pasien meyakini dirinya diguna guna oleh orang lain, pasien tampak lemah dan menolak makan minum, tidak mau mandi dan mengeluh tak bisa tidur setiap malam memikirkan penyakitnya. Apa persoalan utama yang sanggup ditegakkan perawat?
    a. Waham Curiga
    b. Waham Kebesaran
    c. Waham Sisip Pikir
    d. Waham Somatic
  30. Seorang mantan model dirawat dirumaah sakit selama 5 hari pasca operasi amputasi kaki jawaban kecelakaan, hasil pengkajiian didapatkan data, pasien tampak berdiam diri, menolak bertemu dengan orang lain, menolak makan, pasien mengeluhkan merasa malu, merasa tidak berharga lantaran hanya mempunyai kaki sebelah. Masalah keperawatan utama dari kasus diatas adalah?
    a. Gangguan ideal diri
    b. Gangguan kiprah diri
    c. Harga diri rendah
    d. Gangguan gambaran diri
  31. Seorang pasien jiwa gres dirawat di ruang akut, sama sekali tidak mau bicara termasuk dengan perawat. Pasien selalu menunduk, duduk dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama, perawat yang berdinas siang hari mencoba membina hubungan saling percaya dengan pasien, lantaran pasien sama sekali tidak mau bicara maka perawat berkata "ibu oke lantaran ibu belum mau bicara maka saya akan disini selama 10 menit menemani ibu, barangkali ada hal yang mau ibu sampaikan pada saya". Apakah tekhnik komunikasi terapeutik yang diaplikasikan oleh perawat ?
    a. Diam
    b. Refleksi
    c. Menawarkan diri
    d. Menunjukkan penerimaan
  32. Seorang ibu melahirkan bayinya dengan usia gestasi 32 minggu, ketika bayi lahir tampak tidak menangis dan tonus otot lemah, ada mekonium pada air k3tuban, gerakan bayi menurun, denyut jantung 70x/menit. Apa tindakan yang harus dilakukan perawat pada kasus tersebut?
    a. Stimulasi bayi
    b. Berikan oksigen
    c. Berikan kehangatan
    d. Lakukan resusitasi
  33. Seorang bayi lahir normal dengan usia gestasi 34 minggu, ketika lahir bayi tampak kebiruan dan apnue, dihangatkan, reposisi, dilakukan suction untuk membebaskan jalan napasnya, diberikan stimulasi, namun denyut jantung bayi tetap saja kurang dari 100x/menit. Apa tindakan selanjutnya untuk mengatasi keadaan diatas?
    a. Berikan oksigen
    b. Kolaborasi derma epinefrin
    c. Lakukan tindakan kompresi dada
    d. Lakukan tindakan ventilasi tekanan positif
  34. Seorang bayi lahir normal dengan usia gestasi 34 minggu. Bayi dilakukan tindakan resusitasi neonatus (VTP dan kompresi dada) dikarenakan henti nafas dan frekuensi jantung kurang dari 60x/menit. Apa hal yang harus dinilai kembali pada bayi pasca resusitasi neonatus?
    a. Frekuensi nafas dan warna kulit
    b. Frekuensi nafas dan frekuensi jantung
    c. Frekuensi jantung, frekuensi nafas dan warna kulit
    d. Nilai pernafasan, frekuensi jantung dan warna kulit
  35. Seorang anak usia 13 bulan dibawa ibunya ke klinik tumbuh kembang untuk menilai perkembangan anaknya, Ibu mengeluh anaknya belum bisa berjalan dan berat tubuh anaknya kurang. Perawat melaksanakan pengkajian tumbuh kembang dengan memakai format DDST II dan didapatkan hasil bahwa anak gagal ketika di test (keterangan Garis usia anak berada atau memotong pada 50 % balok kiprah perkembangandari kemamuan berjalannya). Apa kesimpulan dari hasil investigasi tahapan perkembangan anak tersebut?
    a. Normal
    b. Caution
    c. Delayed
    d. Advance
  36. Seorang wanita usia 28 tahun G2P1A0 hamil 30 ahad mengeluh pusing, pasien tidak pernah konsumsi obat maupun vitamin apapun. DJJ 144x/menit, TFU 28 cm, presentasi kepala dan belum masuk PAP. Hasil investigasi tanda vital TD 110/70 mmHg, frekuensi nafas 20x/menit, frekuensi nadi 88x/menit, Hb 10,3 gr/dl. Sebagai perawat profesional, apa yang harus anda sampaikan kepada pasien tersebut?
    a. Pil penambah darah sebabkan konstipasi
    b. Pil penambah darah sebabkan mual muntah
    c. Sebaiknya pil tambah darah diminum dengan jus
    d. Sebaiknya pil tambah darah diminum pagi hari sesudah sarapan.
  37. Perempuan usis\a 26 tahun G1P0A0 hamil 12 ahad tiba ke poli kandungan dengan keluhan mual muntah, investigasi TD 90/60 mmH, frekuensi nadi 59x/menit, kesadaran somnolen, turgor kulit > 3 detik, suhu 38 derajat selsius. Apa tindakan keperawatan utama yang harus dilakukan perawat?
    a. Pemeriksaan keadaan umum
    b. Memberikan obat anti mual muntah
    c. Mengobservasi TTV
    d. Memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit
  38. Seorang bayi gres lahir beratnya 2700 gram usia kehamilan 40 minggu, berhasil di resusitasi jawaban asfiksia lahir lantaran kompresi tali pusat. Apakah intervensi keperawatan yang sesuai untuk kasus diatas?
    a. Pemberian antibiotik
    b. Memandikan setiap hari
    c. Puasa 24 hingga 48 jam
    d. Pemberian Oksigen 100%
  39. Wanita usia 26 tahun G1P0A0 usia kehamilan 38 ahad tiba ke Rumah Sakit dengan keluhan perutnya mulas mulas yang semakin sering, pasien dalam keadaan cemas, hasil investigasi keadaan umum baik, TD 110/70mmHg, Nadi 81x/menit, Nafas 24x/menit, TFU 30 cm, kepala sudah masuk 2/5, hasil VT : portio tipis lunak, pembukaan serv!ks 8 cm, selaput k3tuban masih utuh, presentasi kepala. Apa intervensi keperawatan utama yang bisa dilakukan oleh perawat?
    a. Pengkajian ibu
    b. Pengkajian janin
    c. Pengkajian fisik
    d. Pengkajian kemajuan persalinan
  40. Perempuan usia 35 tahun P3A0 post partum 2 ahad tiba ke poli klinik kandungan dengan mengeluh demam, nyeri belahan bawah perut, menggigil, lokhia berbau dan mengeluarkan nanah, hasil investigasi tekanan darah 100/80 mmHg, Nadi 110 x/menit, nafas 25x/menit, suhu tubuh 38,5 derajat selsius, terdapat nyeri tekan uterus. Apa penatalaksanaan keperawatan kasus diatas?
    a. Melakukan investigasi TTV
    b. Melakukan pen-kes ihwal breastcare
    c. Menganjurkan minum sehari 2 liter air putih
    d. Kolaborasi derma antibiotik sesuai resep
Kunci Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: