Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Cerpen Beserta Jawaban
- Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Setibanya pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, larasati segera memulai pembicaraan.
“Sebelum membicarakan soal diah, saya perlu menjelaskan menggapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah alasannya ialah saya ingin saya bicarakan ialah persoalan yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan”
“Maksud ibu apa?
‘ Saya khwatir , harapan bapak untuk menghabisi Diah itu alasannya ialah kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatin terhadap diah. Dia anak yang lemah pak, sudah mengalami banyak sekali cobaan hidup, sering murung alasannya ialah mendapatkan beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.
Sifat tokoh larasati berdasarklan kutipan di atas adalah?
a. Sabar dan penyayang
b. Angkuh dan disiplin
c. Tegas dan pemberani
d. Penakut - Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen di atas mempunyai sifat…..
a. Pendendam
b. Keras kepala dan gampang marah
c. Tidak sanggup membedakan urusan dinas dan pribadi
d. Ingin menang sendiri - Bagaimana citra abjad tokoh diah dalam cerpen di atas?
a. Kuat mendapatkan cobaan
b. Gampang putus asa
c. Lemah dan penuh penderitaan
d. Trauma dalam menjalani kehidupanya - Kedudukan tokoh Pak usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas adalah……
a. Tokoh antagonis, tokoh penengah
b. Tokoh protagonist, tokoh penengah
c. Tokoh antagonis, tokoh protagonis
d. Tokoh protagonis, tokoh protagonist - Bacalah penggalan cerpen berikut!
Kelihatan seorang kakek berjalan bersama cucunya seorang gadis belia yang cantik. Mereka
duduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu meminta kakeknya menceritakan riwayat
hidupnya, siapa sebetulnya kedua orang tuanya dan di mana mereka sekarang. Sang kakek
terdiam sebentar, kemudian mulailah ia bercerita. “Delapan belas tahun yang lalu, seorang
pemuda kota berjalan-jalan ke desa ini. Ia terpikat gadis bagus bunga desa ini, dan mereka
pun menikah. Gadis bagus itu ialah putri kakek satu-satunya.
Latar kawasan pada dongeng di atas adalah...
a. Di bawah pohon rindang.
b. Di perkampungan.
c. Di hutan rimba.
d. Di jalan pedasaan. - Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan cermat!
Dengan tergesa Ersa menaiki bus yang nyaris meninggalkan suasana yang kurang yaman
baginya. Dari kejauhan terdengan sayup bunyi “… penumpang bus Gemilang Asauntuk
segera memasuki kendaraan…”. Hati Ersa agak hening alasannya ialah ia sudah berada di
dalamnya. “Mudah-mudahan sore nanti saya sanggup berada di program itu,” harapnya dalam hati.
Latar waktu dan kawasan pada penggalan cerpen tersebut ialah …
a. Sore hari, terminal
b. Siang hari, perjalanan
c. Siang hari, terminal
d. Pagi hari, rumah - Perhatikan kutipan cerpen berikut!
“kita sebagai pendidik dihentikan memandang persoalan secara hitam-putih pak, diah itu telah banyak menanggung beban hidup, sudah selayaknya kita ikut mendampingi dan membantunya ,bukan malah menambah bebanya.
Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen di atasa adalah…..
a. Sebagai insan harus saling tolong-menolong
b. Seorang pendidik harus sanggup membantu siswanya dalam mengatasi permasalahan hidup
c. Guru harus bersikap professional dalam mendidik muridnya
d. Guru harus mempunyai perilaku kasih sayang dalam mendidik - Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan cermat!
Meski termasuk anak yang berakal dan masuk kelas akselerasi, Romero tetap memilik banyak
teman dan sahabat. Baginya sahabat ialah lingkungan yang sanggup menawarkan banyak
inspirasi dan pengalaman yang tidak diperoleh di dingklik sekolah. Di rumah ia juga bersikap
baik pada tetangga. Ia ingat ketika orang tuannya berpesan, “Carilah sahabat dan sahabat
sebanyak-banyaknya alasannya ialah kita tidak sanggup hidup sendiri. Suatu dikala niscaya kita membutuhkan
orang lain.”
Unsur ekstrinsik penggalan cerpen tersebut ialah ….
a. Budaya
b. Ekonomi
c. Pendidikan
d. Social - Bacalah dongeng berikut dengan seksama
Kita lihat, dari pintu masuk sebuah ruangan di hotel berbintang empat itu, ia membelok ke arah kiri, ia menentukan kursi paling samping dari formasi kursi paling belakang. Begitu ia duduk, sejumlah lelaki bersahabat kursi itu serempak kaasak-kusuk dalam gelap.
Latar kawasan penggalan cerpen tersebut adalah...
a. Pintu masuk
b. Kursi paling belakang
c. Arah kiri
d. Hotel bintang empat - Bacalah kutipan tajuk planning berikut dengan saksama!
…….perencanaan gerakan irit air dan sekaligus berarti berdisiplin dalam penggunaan air di Surabaya menjadi amat relevan. Disiplin dalam penggunaan air higienis harus dilihat sebagai semacam kesetiakawanan sosial. Sebab dengan kita berdisiplin memakai air higienis berarti menawarkan peluang kepada anggota masyarakat lainnya yang selama ini kesulitan air untuk berkesempatan menikmati air bersih.
Pernyataan yang berupa pendapat penulis dalam tajuk planning tersebut adalah…
a. Sejumlah anggota masyarakat dengan semena-mena memakai air.
b. Kesulitan air yang menimpa sebagian besar penduduk hendaknya sanggup ditarik maknanya.
c. PDAM harus terus berjuang keras untuk meningkatkan suplai air bersihnya.
d. Masyarakat harus berdisiplin dalam penggunaan air higienis alasannya ialah hal ini sanggup mencerminkan kestiakawanan sosial.
Jawabannya Klik Disini