Karakteristik Akseptor Asuh - Soal Dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Karakteristik Peserta Didik Lengkap Jawaban
  1. Pak Dema sangat memahami karakteristik siswa-siswinya. Karena siswa-siswinya sering memperlihatkan sikap kurang antusias setiap kali diskusi kelompok. Kali ini Pak Dema melaksanakan kebijakan yang berbeda dari biasanya. Pak Dema membentuk kelompok-kelompok kecil terdiri atas 4-5 siswa yang heterogen terdiri atas putra dan putri. Ternyata upaya Pak Dema ini berhasil. Tiap-tiap kelompok menjadi lebih antusias berdiskusi. 
    Keberhasilan Pak Dema tersebut disebabkan adanya perkembangan fisik anak pada cuilan ....
    a. Kelenjar eksostrin
    b. Hormon testosterone
    c. Kelenjar endoktrin
    d. Struktur fisik
  2. Siswa diminta untuk mengidentifikasi persoalan yang mereka hadapi, kemudian persoalan itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapat solusinya.
    Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
    a. Kemampuan kognitif
    b. Kemampuan interaksional
    c. Kemampuan integrasi diri
    d. Kemampuan komunikatif
  3. Seorang anak yang tidak bisa membangun kolaborasi dalam kelompok. Dia cenderung menguasai lembaga dan tidak memberi kesempatan kepada teman-temannya. Jika sahabat lain berhasil mengendalikan diskusi, beliau lebih menentukan bekerja mandiri.
    Anak menyerupai itu bermasalah dalam hal perkembangan ....
    a. Kognitif interaksional
    b. Sosial emosional
    c. Moral spiritual
    d. Sosial kognitif
  4. Seorang anak yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan susila alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, kemudian menciptakan keputusan berdasarkan suatu isyarat susila pribadi.
    Hal ini merupakan pola sikap moral-spritual pada tahapan ...
    a. Penalaran prakonvensional
    b. Penalaran interkonvensional
    c. Penalaran pascakonvensional
    d. Penalaran konvensional
  5. Salah satu faktor internal yang memengaruhi potensi intelektual penerima didik ialah motivasi intrinsik. Hal-hal yang termasuk faktor motivasi intrinsik ialah ....
    a. Budaya dan kebiasaan
    b. Harmonisasi keluarga
    c. Daya tarik integrase
    d. Sifat positif dan kreatif
  6. Seorang penerima didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah hingga sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang lantaran matahari hampir tenggelam.
    Peserta didik tersebut dicurigai mempunyai kendala pengembangan potensi berupa faktor ....
    a. Intelegensi dan kognitif
    b. Budaya dan pembiasaan
    c. Keluarga dan lingkungan masyarakat
    d. Emosional dan kepribadian
  7. Seorang guru berusaha untuk memperlihatkan pembelajaran yang variatif kepada penerima didiknya. Dia ingin seluruh penerima didik berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh penerima didiknya.
    Kegiatan yang harus dilakukan guru biar terpenuhi harapannya tersebut ialah ...
    a. Mendata bekal awal yang dimiliki oleh masing-masing penerima didiknya
    b. Mempersiapkan rancangan pembelajaran sesuai dengan keinginan guru.
    c. Membuat media pembelajaran yang mendukung pembelajarannya.
    d. Mengumpulkan banyak sekali sumber mencar ilmu sesuai keinginan guru.
  8. Memaksimalkan acara ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan acara informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan mencar ilmu dalam hal ….
    a. Mengaktualisasikan diri
    b. Penciptaan hubungan yang baik
    c. Mengemukakan gagasan
    d. Memformulasikan tindakan
  9. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang dipakai untuk mengidentifikasi kesulitan mencar ilmu penerima didik yang bersumber dari faktor sosial ialah …
    a. Brainstorming
    b. Wawancara
    c. Angket
    d. Sosiometri
  10. Status pengetahuan dan keterampilan penerima didik kini untuk menuju ke status yang akan tiba yang diinginkan guru biar tercapai oleh penerima didik merupakan konsep dasar dari ….
    a. Proses belajar
    b. Kemajuan belajar
    c. Bekal awal
    d. Capaian belajar
  11. Seorang anak mempunyai tanda-tanda tidak suka bersenang-senang, tidak sanggup berkonsentrasi, kurang tidur, tidak ada selera makan, berbuat kejelekan di sekolah, tidak merasa bahagia, dan selalu merasa bersalah. Gejala tersebut adalah....
    a. Depresi
    b. Kecemasan
    c. Takut sekolah
    d. Stress
  12. Kegiatan anak selalu untuk mencar ilmu melalui proses peniruan sikap disebut dengan....
    a. Internalisasi
    b. Imitasi
    c. Ekstrovet
    d. Introvet
  13. Peserta didik dipandang sebagai sosok insan yang mempunyai langsung yang utuh dan merupakan pengejawan tahan manunggalnya banyak sekali ciri atau sifat kodrat insan yang seimbang banyak sekali segi:
    a. Peserta didik dipandang sebagai mahlukindividudan mahluksosial
    b. Pendidikan harus membekali penerima didik dengan banyak sekali kecakapan untuk hidupdidunia dan akhirat
    c. Keseimbangan penerima didik yang menggambarkan keselarasan hubungan antara insan dengan dirinya, dengan sesama manusia, alam sekitar dan insan dengan tuhan
    d. Manusia dalam kodratnya sanggup di didik, maka dipandang sebagai homosapien, dan homo educandum
  14. Pada awal kehidupan anak, aspek perkembangan yang berkembang lebih menonjol ialah aspek:
    a. Fisik-motorik
    b. Kognitif
    c. Bahasa
    d. Sosial emosional
  15. Pertumbuhan dan perkembangan ialah dua istilah yang sering dipakai secara bersamaan,namun bergotong-royong keduanya mempunyai perbedaan lantaran perkembangan....
    a. Menyatakan perubahan-perubahan kuantitatif mengenai fisik ataubiologis
    b. Digunakan untuk perubahan-perubahan kualitatif mengenai aspek psikis atau rohani dan aspek sosial
    c. Berkembang semenjak masa konsepsi hingga selesai hayatnya
    d. Pertumbuhan akan terhenti sehabis tercapai kematangan
Kunci Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: