Teori Berguru Dan Prinsip Pembelajaran - Soal Dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran Lengkap Jawaban
  1. Di bawah ini hukum-hukum berguru berdasarkan Thordike, kecuali....
    a. Hukum Kesiapan (law of readiness),
    b. Hukum Sebab Akibat (law of cause and effect)
    c. Hukum Latihan (law of exercise)
    d. Hukum Akibat (law of effect)
  2. Pendekatan model kode eksklusif dan meyakini bahwa sikap dikontrol melalui proses Operant Conditioning merupakan dikemukakan oleh tokoh behavioris yaitu....
    a. Skinner
    b. Thorndike
    c. Pavlov
    d. Gutrie
  3. Menurut teori Perkembangan Piaget, usia anak 7-12 tahun di katakan periode operasional konkrit. Hal tersebut dikarenakan anak....
    a. Terjadi perubahan tingkah laris yang bisa diamati
    b. Berpikir dengan kategori tingkat tinggi
    c. Bisa membedakan baik dan buruk
    d. Berpikir logiknya didasarkan atas manipulasi fisik dari objek-objek
  4. Teori berguru yang menjelaskan fenomena berguru ibarat cara kerja komputer, yang dimulai dari masukan (input) kemudian proses (procces) dan keluaran (output) ialah teori ....
    a. Perkembangan kognitif Piaget
    b. Pemrosesan informasi
    c. Bruner
    d. Bermakna Ausubel
  5. Pembelajarannya dimulai dengan mengenalkan banyak sekali bangkit datar, dilanjutkan dengan mengenal sifat-sifatnya. Selanjutnya siswa dibelajarkan kekerabatan antara bangkit datar yang satu dengan bangkit datar yang lain. Contoh tersebut ialah salah satu pola dari pelaksanaan pembelajaran....
    a. Teori Dienes
    b. Teori berguru Van Hielle
    c. Teori Bruner
    d. Teori pemrosesan informasi
  6. Berikut merupakan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan Maslow, kecuali....
    a. Kebutuhan fisik
    b. Kebutuhan akan rasa aman
    c. Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
    d. Kebutuhan rohani
  7. Kebutuhan akan penghargaan dari orang lain, status, perhatian, reputasi, kebanggaan diri, dan kemashyuran, berdasarkan Maslow termasuk kategori ....
    a. Kebutuhan harga diri secara penuh
    b. Kebutuhan akan rasa aman
    c. Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
    d. Kebutuhan aktualisasi
  8. Pembelajaran hendaknya bertemakan upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar, terutama aspek afektif ibarat emosi, perasaan, sikap, nilai dan moral. Merupakan salah satu prinsip dari pembelajaran ...
    a. Kognitif
    b. Humanistik
    c. Berbasis konstruktivisme
    d. Behavioral
  9. Anak sudah sanggup memanipulasi dengan memakai citra dari objek. Menurut Bruner termasuk dalam tahap....
    a. Symbolic
    b. Enactive
    c. Ikonic
    d. Operasional konkrit
  10. Belajar ialah melatih daya-daya yang ada pada insan yang terdiri atas mengamati, mengingat, mengkhayal, merasakan, berpikir dan yang lainnya. Merupakan pengertian berguru menurut....
    a. Prinsip pengalaman
    b. Prinsip tantangan
    c. Prinsip pengulangan
    d. Prinsip keaktifan
  11. Berikut metode yang sanggup memperlihatkan tantangan bagi siswa untuk berguru lebih ulet dan sungguh-sungguh, kecuali....
    a. Metode ceramah
    b. Discovery learning
    c. Eksperimen
    d. Inkuiri
  12. Salah satu upaya guru untuk mengaktifkan berguru siswa adalah....
    a. Memfokuskan pembelajaran dengan satu model
    b. Menjelaskan materi dengan ceramah
    c. Memotivasi siswa supaya bisa berguru mandiri
    d. Mengupayakan pembelajaran dengan melakukan aktivitas eksperimen
  13. Guru selalu memperlihatkan kebanggaan baik secara mulut maupun non mulut merupakan salah satu implikasi dari prinsip....
    a. Keaktifan
    b. Perhatian dan motivasi
    c. Keterlibatan langsung
    d. Pengulangan
  14. Setiap siswa berguru berdasarkan karakteristiknya sendiri-sendiri, dikarenakan....
    a. Dalam berguru dihentikan ada unsur paksaan
    b. Memudahkan guru dalam memperlihatkan materi
    c. Merupakan hak asasi setiap manusia
    d. Setiap siswa mempunyai karakteristik yang berbeda-beda
  15. Yang bukan merupakan implikasi dari prinsip perbedaan individual dalam pembelajaran adalah....
    a. Guru harus bisa merancang dan melakukan aktivitas remedial dan pengayaan bagi siswa-siswanya
    b. Guru harus berusaha melayani setiap siswa sesuai dengan karakteristiknya i
    c. Guru harus merancang dan menyusun RPP sendiri
    d. Guru harus mau dan bisa mengenali karakteristik setiap siswanya
  16. Guru perlu menyiapkan media yang sanggup dipraktekkan sendiri oleh siswa, contohnya alat peraga matematika, alat percobaan IPA atu yang lain. Merupakan implikasi pembelajaran dari prinsip....
    a. Keterlibatan langsung
    b. Pengulangan
    c. Tantangan
    d. Balikan dan penguatan
  17. Tiga prinsip penting dalam proses pembelajaran berdasarkan Bruce Weil, kecuali....
    a. Dalam proses pembelajaran harus memakai media pembelajaran
    b. Proses pembelajaran ialah membentuk kreasi lingkungan yang sanggup membentuk dan mengubah struktur kognitif siswa
    c. Berhubungan dengan tipe-tipe pengetahuan yang harus dipelajari
    d. Dalam proses pembelajaran harus melibatkan tugas lingkungan sosial
  18. Siswa merasa senang, bergairah, berinisiatif dalam berguru dan terjadi perubahan pola pikir, sikap dan sikap atas kemauan sendiri, ialah merupakan salah satu indikator keberhasilan dari aplikasi teori aliran ....
    a. Berbasis konstruktivisme
    b. Behavioral
    c. Koginitif
    d. Humanistik
  19. Di bawah ini merupakan Implikasi dari teori sosio kultural Vygotky, kecuali...
    a. Interaksi sosial itu penting
    b. Perhatian para siswa sanggup diraih dengan memakai kanal sensorik
    c. Perkembangan insan terjadi melalui alat-alat cultural
    d. Zona perkembangan proksimal
  20. Salah satu implikasi teori perkembangan kognitif Piaget bagi pembelajaran antara lain....
    a. Jadilah terbuka dan spesifik mengenai materi yang perlu dipelajari
    b. Asosiasikan materi yang akan dipelajari dengan hal-hal yang disukai siswa
    c. Ciptakan interaksi sosial yang memadai
    d. Katakan kepada siswa, hal-hal apa yang paling penting
Kunci Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: