Rangkuman Bahan Us Pkn Menurut Kisi-Kisi Us 2018

Rangkuman Materi Ujian Sekolah (US) PKn Berdasarkan Kisi-kisi US 2018 - Berikut ini merupakan rangkuman bahan yang dihidangkan untuk pembelajaran dalam menghadapi Ujian Sekolah (US) PKn Berdasarkan Kisi-kisi US 2018 KTSP. Semoga rangkuman ini sanggup berharga bagi akseptor didik maupun pendidik dalam menyodorkan bahan Ujian Sekolah (US).

 Berikut ini merupakan rangkuman bahan yang dihidangkan untuk pembelajaran dalam menghadapi Rangkuman Materi US PKn Berdasarkan kisi-kisi US 2018

RANGKUMAN MATERI UJIAN SEKOLAH (US) PKN BERDASARKAN KISI-KISI US
By : ANDRE PRIMA

1. Peserta didik sanggup memutuskan pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang menampung bentuk negara Indonesia dengan benar
Pasal 1 Ayat 1 “Negara Indonesia merupakan Negara Kesatuan, yang berupa Republik”.

2. Peserta didik sanggup memutuskan makna dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan benar
Negara Indonesia merupakan negara kesatuan. Negara Indonesia berupa Republik, alasannya negara Indonesia bangun pada satu wilayah dan dipimpin oleh pemimpin negara yang disebut dengan Presiden

3. Peserta didik sanggup memutuskan sikap yang sanggup menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa
sikap yang sanggup menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa menyerupai :
Saling menghormati antar sesama umat beragama
Menghargai pertimbangan oranglain
Mempererat tali silatuhrami antar sesama
Tidak membeda-bedakan ras suku maupun agama
Saling berafiliasi dalah hidup bermasyarakat

4. Peserta didik sanggup menampilkan teladan bentuk cinta tanah air di lingkungan sekolah
Belajar dengan sungguh-sungguh
Mengikuti upacara bendera dengan khitmad
Mengikuti kesibukan hari besar nasional

5. Peserta didik sanggup memutuskan sikap selaku warga negara yang bagus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar
Mengikuti setiap kesibukan dilingkungan masyarakat
Mempererat tali silaturahmi antar sesama warga
Membantu tetangga yang terkena musibah
Saling bahwasanya dalam mempertahankan kebersihan lingkungan

6. Disajikan tabel pernyataan tentang tujuan negara, akseptor didik sanggup mengidentifikasi tujuan NKRI menurut pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea IV dengan benar
Tujuan NKRI menurut pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea IV yakni selaku berikut :
No Pernyataan
1 melindungi seluruh bangsa Indonesia
2 memajukan kemakmuran umum
3 mencerdaskan kehidupan bangsa
4 ikut mengerjakan ketertiban dunia

7. Peserta didik sanggup memutuskan gambar tentang nilai persatuan di rumah dengan benar
Contoh gambar :
  --- Gambar : Anak menolong Ibu/Ayahnya ---

8. Peserta didik sanggup memutuskan sikap yang merefleksikan nilai persatuan di sekolah dengan benar
Melaksanakan piket bersama
Melaksanakan kerja bakti bersama
Saling mempertahankan kebersihan sekolah, dll

9. Peserta didik sanggup memutuskan sikap yang merefleksikan nilai persatuan dan kesatuan di penduduk dengan benar
Membantu tetangga yang terkena musibah
Saling bahwasanya dalam mempertahankan kebersihan lingkungan
Menghargai perbedaan pendapat

10. Disajikan Ilustrasi tentang kehidupan penduduk yang sarat dengan nilai persatuan dan kesatuan, akseptor didik sanggup memprediksi imbas buruk hilangnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di penduduk tersebut dengan benar
Dampak buruk hilangnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di penduduk yakni :
Dapat memicu perpecahan antar sesama masyarakat
Dapat memicu perpecahan antar umat beragama
Hilangnya norma-norma serta etika hidup bermasyarakat

11. Disajikan naskah teks sumpahpemuda, akseptor didik sanggup mengidentifikasi makna yang terkandung di dalamnya dengan benar

SUMPAH PEMUDA
1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

makna yang terkandung pada teks sumpah perjaka adalah 
Memberikan pementingan untuk menghargai usaha Indonesia
Memberikan semangat untuk berjuang
Memberikan makna untuk mengasihi Indonesia dengan segenap hati
Memberikan pementingan untuk besar hati menjadi bab dari Indonesia
Memberikan pementingan untuk mengasihi dan besar hati menggunakan bahasa Indonesia
Mengajak untuk tolong-menolong dalam mempertahankan keutuhan NKRI

12. Peserta didik sanggup memutuskan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar
Nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Selalu hidup tenang dan toleransi antar umat beragama di negara
Tidak membeda bedakan teman
Tidak membedakan agama, suku, bahasa
Bekerja sama dalam mengakhiri mslh
Memiliki semangat yg tinggi untuk menjunjung nilai kesatuan dan persatuan
Bergotong royong

13. Disajikan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari, akseptor didik sanggup memutuskan makna yang cocok dengan sila ke 1 Pancasila dengan benar
Ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari yang cocok dengan sila ke 1
Sila ke 1 : Ketuhanan Yang Maha Esa
Rajin beribadah selaku bentuk rasa syukur kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Selalu mengikuti program besar keagamaan sesuai dengan keyakinannya

14. Disajikan tabel tentang makna Pancasila, akseptor didik sanggup memutuskan makna yang cocok dengan pengamalan sila ke 3 Pancasila dengan benar
Sila ke 3 : Persatuan Indonesia
No Pernyataan
1 Memberikan pinjaman terhadap korban peristiwa alam
2 Hidup rukun antar sesama warga
3 Ikut gotong royong di sekolah dan masyarakat
4 Saling menghormati antar umat beragama

15. Disajikan tabel tentang nilai-nilai Pancasila, akseptor didik sanggup memutuskan nilai-nilai yang cocok dengan sila ke 3 Pancasila dengan benar
Sila ke 3 : Persatuan Indonesia
1) Di lingkungan keluarga:
a. Mencintai sesama anggota keluarga dan membina kerukunan serta keutuhan keluarga.
b. Mengutamakan kepentingan keluarga.
c. Tidak memaksakan kehendak terhadap anggota keluarga.
d. Saling menyayangi, tolong-menolong, saling menghormati, dan menghargai serta bahwasanya di antara sesama anggota keluarga.
e. Memajukan pergaulan demi keutuhan keluarga.
f. Menjaga, memelihara dan memiliki rasa memiliki harta benda keluarga.

2) Di lingkungan masyarakat:
a) Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan eksklusif dan golongan.
b) Mengembangkan transmigrasi.
c) Giat mengikuti metode keselamatan lingkungan dan bela negara.
d) Saling tukar kesenian daerah.
e) Bergaul dengan penduduk tanpa menatap perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.
f) Meningkatkan pariwisata dalam negeri.
g) Mencintai dan berbelanja produk bangsa Indonesia.

16. Peserta didik sanggup memutuskan gambar yang cocok dengan nilai sila ke 2 Pancasila dengan benar
Sila Kedua : Kemanusiaan yang adil dan beradab
Contoh gambar
   ---Gambar: Memberikan pinjaman terhadap yang tidak mampu---

17. Peserta didik sanggup memutuskan nilai yang terkandung dalam sila ke 5 Pancasila dengan benar
Sila Ke 5 : Keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia
Tidak boleh membeda-bedakan antara orang miskin atau kaya
Menghargai hasil karya orang lain

18. Peserta didik sanggup memutuskan sikap dalam kehidupan di lingkungan sekolah yang cocok dengan sila ke 3 Pancasila dengan benar
a) Menghindari sikap dan sikap yang mencemarkan nama baik sekolah.
b) Mencintai dan saling menghormati antarteman, guru dan petugas sekolah.
c) Mengutamakan kepentingan sekolah.
d) Bergaul dengan kawan dekat tanpa saling mengejek dan membedakan antarsuku, agama, ras, dan golongan.
e) Mengikuti upacara dengan tertib.
f) Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan serta tidak mencoret-coret dinding dan fasilitas lainnya.
g) Menggunakan bahasa kawasan dan nasional secara baik dan benar.
h) Rajin menyebarkan usaha-usaha mengembangkan diri, misalnya ulet belajar, mengikuti kesibukan ekstrakurikuler, gemar membaca, dan memperdalam bidang keahliannya.
i) Tertib mengeluarkan duit uang sekolah.

19. Peserta didik sanggup memutuskan sikap di lingkungan rumah yang cocok dengan sila ke 2 Pancasila dengan benar
Perilaku di lingkungan rumah yang cocok dengan sila ke 2
Sila Kedua : Kemanusiaan yang adil dan beradab
1. Bersikap adil terhadap seluruh anggota keluarga
2. Berbicara yang sopan terhadap kedua orangtua dan orang yang lebih tua
3. Beretika yang bagus dikala berada didalam rumah
4. Mencintai, menghormati dan menaati nasihat orang tua

20. Disajikan tabel tentang sikap dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, akseptor didik sanggup memutuskan sikap yang cocok dengan pengamalan sila ke 2 Pancasila dengan benar
Contoh sikap di sekolah yang cocok dengan sila ke 2
Tidak merendahkan dan menyakiti perasaan teman
Berbicara yang sopan terhadap guru dan kepala sekolah
Memiliki etika yang bagus dalam berteman
Tidak memutuskan kawan dekat dikala di sekolah

21. Disajikan gambar tentang kesibukan sehari-hari di lingkungan masyarakat, akseptor didik sanggup memutuskan sikap yang cocok dengan pengamalan sila ke 4 Pancasila dengan benar
Sila ke 4 : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Contoh gambar :
 ---Gambar : Orang-orang yang sedang bermusyawarah---
Selalu bermusyawarah dalam pengambilan keputusan

22. Disajikan gambar kesibukan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat, akseptor didik sanggup memutuskan sikap yang cocok dengan sila ke 5 Pancasila dengan benar
Contoh gambar :
 ---Gambar : Tidak membeda-bedakan kalau ingin memberi---
23. Disajikan pernyataan tentang kesibukan sehari-sehari, akseptor didik sanggup mengelompokan perilaku  yang cocok dengan sila ke 1 Pancasila dengan benar
Saling menghormati antar umat beragama 
Percaya dan takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa 

24. Peserta didik sanggup memutuskan makna Bhinneka Tunggal Ika dengan benar
Makna Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetap satu jua)
Walaupun kita berlainan suku ras agama budaya dan bahasa, akan tetapi kita tetap bersaudara dan bersatu didalam Bangsa, Bangsa Indonesia.

25. Disajikan ilustrasi tentang keanekaragaman sosial (suku, ras, etnis, agama), akseptor didik sanggup menampilkan sikap persatuan bangsa dalam lingkungan penduduk dengan benar
Contoh Ilustrasi :
Made beragama Hindu, Ia berteman dengan Fauzan yang beragama Islam. dikala sedang berguru kalangan bareng Fauzan mendengar bunyi adzan, Ia meminta ijin pada Made untuk mengerjakan ibadahnya.
sikap Made sebaiknya  .... (mempersilahkan Fauzan mengerjakan ibadahnya)

26. Disajikan gambar tentang budaya bangsa Indonesia akseptor didik sanggup memutuskan asal kawasan budaya dengan benar
Di soal nanti akan ada gambar tentang budaya bangsa Indonesia. Siswa mesti sanggup menjawab asal kawasan budaya dengan benar

27. Disajikan ilustrasi tentang pertunjukan budaya kawasan tertentu akseptor didik sanggup menampilkan sikap yang merefleksikan keanekaragaman budaya bangsa Indonesia dalam Bhinneka Tunggal Ika dengan tepat.
Salah satu tarian tradisional kawasan Yogyakarta yang sungguh kondang merupakan tarian Serimpi. Biasanya tarian ini di bawakan oleh empat orang wanita berwajah bagus nan anggun. Lemah gemulai pada setiap gerakan yang dijalankan oleh para penari.
Tarian serimpi mengambarkan sikap yang menggambarkan kesopanan dan sikap santun yang dimiliki oleh penduduk sekitar.

28. Peserta didik sanggup menerangkan pentingnya hidup dalam keberagaman di lingkungan masyarakat/sekolah dengan tepat
Menerima keanekaragaman suku dan budaya selaku kekayaan bangsa merupakan cerminan bangsa yang besar.

29. Disajikan ilustrasi tentang keberagaman di bidang sosial/ekonomi akseptor didik sanggup menampilkan faedah dari keberagaman dengan benar
    Berikut ini merupakan rangkuman bahan yang dihidangkan untuk pembelajaran dalam menghadapi Rangkuman Materi US PKn Berdasarkan kisi-kisi US 2018
Manfaat dari keberagaman tersebut yakni keperluan utama akan terpenuhi

30. Peserta didik sanggup memutuskan sikap melestarikan budaya kawasan dengan benar
melestarikan ragam budaya kawasan menyerupai mempelajari tariannya maupun lagunya
mengapresiasi pertunjukan budaya daerah, dll

31. Peserta didik sanggup memutuskan faedah melestarikan budaya kawasan dengan benar.
Manfaat mempertahankan dan melestarikan budaya lokal 
1. memperkaya khasanah kebudayaan bangsa Indonesia,
2. menambah pendapatan Negara alasannya digunakan selaku obyek wisata,
3. menyelamatkan eksistensi benda peninggalan sejarah, sehingga sanggup dirasakan oleh generasi yang mau datang, serta
4. membantu dunia pendidikan dan ilmu wawasan dengan mempergunakan untuk obyek penelitian

32. Peserta didik sanggup memutuskan pentingnya mempertahankan dan melestarikan budaya dengan benar
- Mau mempelajari budaya tersebut, baik cuma sekedar mengenal atau dapat juga dengan ikut mempraktikkannya dalam kehidupan kita.
- Ikut ikut serta apabila ada kesibukan dalam rangka pelestarian kebudayaan, misalnya :
- Mengajarkan kebudayaan itu pada generasi penerus sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap sanggup bertahan.
- Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain.
- Mempraktikkan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya berbahasa.
- Menghilangkan perasaan gengsi ataupun aib dengan kebudayaan yang kita miliki.

33. Peserta didik sanggup memutuskan sikap yang sanggup memperkokoh semangat kebangsaan dengan benar
1. Mengikuti upacara pada Peringatan Hari Kemerdekaan
2. Kerja bakti untuk membersihkan lingkungan
3. Mencintai negara dengan segenap jiwa
4. Mengetahui kiprahnya dalam berbangsa dan bernegara
5. Mempelajari proses para pejuang dulu dalam menjangkau kemerdekaan

34. Peserta didik sanggup memutuskan faedah adanya semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari
- Tumbuhnya sikap saling menghormati, berafiliasi dan gotong royong dalam masyarakat
- Indonesia dapat menjadi negara yang dipahami selaku negara yang sanggup bangun diatas kaki sendiri dan negara maju

35. Disajikan ilustrasi tentang maraknya budaya dari luar negeri akseptor didik sanggup memprediksi peristiwa kalau budaya luar negeri tersebut tidak disaring dengan benar.
Prediksi peristiwa kalau budaya luar negeri tersebut tidak disaring dengan benar
Hilangnya norma-norma serta etika dalam hidup bermasyarakat
Para berakal balig cukup akal akan mengikuti budaya luar negeri mulai dari berpakaian, tutur kata sampai pergaulan

36. Disajikan Ilustrasi akseptor didik sanggup mengemukakan pertimbangan tentang terjadinya perkelahian antar pelajar dengan tepat
Terjadinya kenakalan berakal balig cukup akal akan memperpecah persatuan dan kesatuan bangsa

37. Disajikan Ilustrasi tentang pentingnya nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat, akseptor didik sanggup menerangkan akhir kalau tidak adanya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di penduduk dengan benar
Contoh ilustrasi : RT.006 senantiasa mengadakan kerja bakti saban hari ahad biar lingkungan senantiasa higienis dan asri
Akibat kalau tidak adanya nilai-nilai persatuan dan kesatuan di penduduk menurut iustrasi tersebut yakni :
Lingkungan akan menjadi kotor / kumuh
Lingkungan kotor akan menjadi sarang penyakit
Kurangnya tali silaturahmi antar warga

38. Disajikan ilustrasi tentang peristiwa alam, akseptor didik sanggup menuliskan makna yang cocok dengan sila ke 2 Pancasila dengan tepat
Sila kedua : Kemanusiaan yang adil dan beradab
Bencana alam : Banjir, longsor, kebakaran, dll
Makna yang cocok dengan sila kedua yakni :
Memberikan pinjaman terhadap korban petaka secara menyeluruh
Memberikan santunan terhadap korban peristiwa alam

39. Disajikan ilustrasi penyeleksian ketua kelas, akseptor didik sanggup menyimpulkan sikap yang cocok dengan sila ke 4 Pancasila dengan tepat
Ilustrasi : Suasana penyeleksian kelas
Sila ke 4 : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Sikap yang cocok dengan sila ke 4 yakni :
Pengambilan keputusan mesti dijalankan secara musyawarah
Menerima hasil keputusan dengan lapang dada
Menghargai pertimbangan oranglain

40. Peserta didik sanggup menampilkan teladan kesibukan yang sanggup memperkokoh persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan tepat
Contoh kesibukan yang sanggup memperkokoh persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Gotong Royong
Bermusyawarah
malakukan kerja sama, dll.

Subscribe to receive free email updates: