Latihan Soal Uas Sbk Kelas 6 Semester 2 Ktsp

Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP - Berikut ini ialah contoh Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP yang sanggup dipelajari selaku bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) / UAS (Ulangan Semester Akhir) terutama kelas 6 mata pelajaran SBK (Seni Budaya dan Keterampilan).

 KTSP yang sanggup dipelajari selaku  bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSPSoal ini pun sanggup dijadikan rujukan atau acauan dalam pengerjaan Soal UKK SBK Kelas 6 Semester 2 pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP 2006). Karena soal ini dilengkapi dengan matrik dan kisi-kisi soal dan mengacu pada Kompetensi Dasar mata pelajaran SBK.





I. Berilah tanda silang (x) dihuruf A, B, C atau D pada respon yang benar!

1. Gambar terbuat dengan pola terorganisir dan digunakan selaku hiasan disebut . . . .
A. motif hias
B. relief
C. patron
D. disain

2. Dalam batik Jawa motif garis-garis disebut motif . . . .
A. abstrak
B. lurik
C. truntum
D. jumputan

3. Sebelum mengenal kain, nenek moyang kita menghasilkan motif hias pada . . . .
A. tembok
B. tubuh dan kulit kayu
C. tempurung kelapa
D. batu cadas

4. Salah satu keunikan motif sulaman kasab muncul yakni . . . .
A. disulam dari benang jahit warna-warni
B. sulaman disusun secara terorganisir dan berulang-ulang
C. bagian dalam motif sulaman diisi potongan karton
D. motif sulaman berupa motif geo metris

5. Keunikan motif poleng terdapat pada makna simboliknya. Motif kotak-kotak hitam dan putih secara berselang-seling mengandung makna . . . .
A. baik dan buruk
B. hambar dan asin
C. laki-laki dan perempuan
D. api dan air

6. Gambar ilustrasi disebut juga gambar . . . .
A. cerita 
B. dekorasi 
C. drama 
D. karikatur

7. menggambar berikut yang tidak membutuhkan pengencer yakni . . . .
A. cat poster 
B. cat air 
C. krayon 
D. tinta

8. Dalam menggambar ilustrasi situasi alam sekitar, bingkai pemandang berfungsi untuk …..
A. memilih sudut pandang situasi alam yang paling menarik
B. membidik gambar situasi alam dalam bentuk foto
C. membuat denah antusias situasi alam yang diamati
D. membingkai gambar situasi alam yang sudah dibuat
9. Pameran kelas seharusnya diadakan …. 
A. tiap final semester
B. Setiap final pecan
C. Setiap minggu
D. Setiap hari

10. Karya seni rupa untuk ekspo kelas ditata menurut ….
A. keputusan kepala sekolah
B. warna-warni karya
C. rapat orangtua
D. jenis karya

11. Sampek berasal dari wilayah . . . .
A. Jawa Barat
B. Jawa Tengah
C. Kalimantan
D. Papua

12. Musik Thek-Thek atau Kentungan berasal dari wilayah . . . .
A. Jawa Barat
B. Jawa Timur
C. Jawa Tengah
D. Papua

13. Tangga nada yang digunakan dalam lagu ”Soleram” yakni . . . .
A. diatonik mayor
B. diatonik minor
C. pentatonik
D. septatonik

14. Lagu yang isi syairnya menggambarkan kegagahan burung garuda yang menja di lambang negara kita yakni lagu . . . .
A. Manuk Dadali
B. Apuse
C. Gundhul Pacul
D. Soleram

15. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik yakni ….
A. Angklung
B. Kecapi
C. rebab
D. Tifa

16. Musik Thek-Thek atau Kentungan dimainkan oleh . . . orang.
A. 20 hingga 30
B. 20 hingga 40
C. 30 hingga 40
D. 30 hingga 50

17. Tarian yang hidup dan meningkat di kelompok rakyat jelata disebut tari . . . .
A. klasik
B. rakyat
C. modern
D. kreasi baru

18. Karya tari yang berasal dari wilayah Surakarta yakni tari . . . .
A. Gambyong
B. Payung
C. Jaipongan
D. Remo

19. Sebelum menjalankan pementasan musik, ada satu hal penting yang mesti kau rencanakan yakni ….
A. repertoar atau bahan pertunjukan musik
B. mendokumentasikan pertunjukan musik
C. mengevaluasi hasil pertunjukan musik
D. mengapresiasi hasil pertunjukan musik

20. Birama yang sempurna dikala mementaskan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” yakni ….
A. 2/2
B. 2/4
C. 4/4
D. 6/8

21. Garis-garis di lantai terbuat oleh deretan penari disebut . . . .
A. properti
B. pola lantai
C. pola tari
D. ekspresi

22. Perhatikan tabel berikut ini !
1 Jumlah Penari
2 Gerak Tari
3 Juri Pertunjukan
4 Tempat pertunjukan
5 Penonton Pertunjukan
Bentuk pola lantai karya tari mesti diubahsuaikan dengan …..
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 5
C. 1, 2, 4
D. 1, 4, 5

23. Pendukung yang sempurna dalam membentuk pola tari dengan . . . .
A. jumlah penari, gerak tari, dan tempat pertunjukan
B. busana, tata rias, dan panggung
C. panggung, properti, dan tata rias
D. tata lampu, busana, dan gerak

24. Koreografer sanggup berbincang kemampuannya dalam mencipta karya tari lewat ….
A. pergelaran
B. wawasan
C. apresiasi
D. ekspresi

25. Seksi-seksi khusus dalam pergelaran karya seni tari yakni . . . .
A. penata tari, penata rias, penata busana, penata panggung, dan pe nata iringan
B. sekretaris, bendahara, penanggung jawab, dan penata tari
C. penanggung jawab, ketua, penata tari, penata panggung, dan penata iringan
D. pengumpul karya tari, pelaksana, penanggung jawab, koordinator, dan penata tari

26. Langkah pertama yang diperlukan dalam merencanakan pertunjukan karya seni tari yakni ....
A. mempersiapkan pergelaran
B. menyusun kepanitiaan
C. membuat perencanaan
D. pelaksanaan pertunjukan

27. Tari Kuda Kepang diperagakan secara . . . .
A. berpasangan
B. duet
C. berkelompok
D. perseorangan

28. Tari Kuda gepang Putri berasal dari wilayah . . . .
A. Sumatra Selatan
B. Kalimantan Selatan
C. NTB
D. Maluku

29. Saat pertama kali diciptakan, roda berupa . . . .
A. logam berlapis karet
B. kayu gelondongan
C. bulatan dari tanah liat
D. bulatan dari semen

30. Tujuan sumbangan roda pada banyak sekali perabot yakni untuk . . . .
A. memudahkan dalam memindahkannya
B. memudahkan dalam menjualnya
C. memudahkan dalam membelinya
D. mengamankan perabot dari pencuri

31. Komponen utama otopet yakni . . . .
A. papan pijakan, sabuk pengaman, roda
B. kayuh, tempat duduk, tangkai kemudi
C. papan pijakan, tangkai tegak, tangkai kemudi, roda
D. rem, roda, tangkai kemudi, jeruji

32. Pembuatan gambar rancangan sebelum berkarya benda kerajinan senantiasa disarankan alasannya yakni sanggup . . . .
A. memberi citra bentuk benda yang mau dibuat
B. menghemat ongkos pembuatan
C. mempercepat proses pembuatan
D. merangsang timbulnya ilham baru

33. Gambar rancangan yang bagus yakni . . . .
A. berupa denah kasar
B. sketsa yang diperhalus, diwarnai, dibarengi nama bagian-bagiannya
C. dibuat dalam ukuran besar
D. diwarnai dengan warna-warna terang

34. Perhatikan gambar berikut ini !
         KTSP yang sanggup dipelajari selaku  bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bagian otopet yang ditunjukkan oleh karakter A disebut . . . .
A. tangkai tegak
B. kemudi
C. kayuh
D. sandaran

35. Perhatikan gambar berikut ini !
   KTSP yang sanggup dipelajari selaku  bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bagian truk yang ditunjukkan oleh karakter B disebut . . . .
A. bak
B. roda
C. kepala
D. rem

II. Isilah titik-titik berikut ini dengan respon yang sempurna !

36. Perhatikan gambar berikut ini !
 KTSP yang sanggup dipelajari selaku  bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Tema yang sempurna pada gambar ilustrasi tersebut yakni ….
37. Dalam menyiapkan ekspo karya seni rupa diperlukan hiasan ruang. Dekorasi ruang berencana untuk ….
38. Jenis gendang yang terdapat di Papua, Kalimantan Tengah, dan Maluku disebut gendang . . . .
39. Lagu belum dewasa menggambarkan wacana segala kehidupan ….
40. Alat musik angklung berasal dari …..
41. Perhatikan pola lantai berikut ini !
  KTSP yang sanggup dipelajari selaku  bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Jumlah pemain pada pola lantai tersebut yakni ….
42. Nama lain pakaian tari disebut ….
43. Tugas seksi peralatan panggung dalam antisipasi pertunjukan disekolah yakni ….
44. Perhatikan gambar berikut ini !
   KTSP yang sanggup dipelajari selaku  bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bahan utama mainan pada gambar tersebut yakni ….
45. Perhatikan gambar berikut ini !
   KTSP yang sanggup dipelajari selaku  bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Gambar rancangan tersebut digunakan untuk menghasilkan mainan ….

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan respon yang singkat dan jelas!

46. Apa tujuan penataan karya seni rupa dalam penyelenggaraan ekspo seni rupa di kelas atau sekolah ?
47. Sebutkan hal-hal yang mesti dijalankan sebelum pementasan !
48. Perhatikan gambar berikut ini !
    KTSP yang sanggup dipelajari selaku  bekal atau antisipasi dalam menghadapi UKK  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Gambarkan garis bentuk deretan penari menurut gambar tersebut !
49. Tuliskan faedah pengerjaan mainan dari barang bekas bagi belum dewasa !
50. Jelaskan fungsi roda pada mainan beroda !

Buku rujukan SBK Kelas 6 >>> Klik Disini <<<

Untuk mendapat Matrik, kisi-kisi serta kunci jawaban Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP ini, silahkan hub (WA) 08811023226. Semoga soal ini berharga bagi pembaca.

Subscribe to receive free email updates: