Soal Penilaian Harian (PH) Matematika Kelas 5 - Berikut ini merupakan salah satu contoh latihan soal ulangan harian muatan pelajaran Matematika Kelas 5 perihal Bangun Ruang Kubus dan Balok Kurikulum 2013. Soal ulangan harian ini dihidangkan selaku bekal untuk memperbesar pengetahuan atau pengetahuan siswa-siswi kelas 5 sekolah dasar. Soal ulangan harian matematika perihal berdiri ruang kubus dan balok ini sanggup dijadikan acuan bagi para pendidik dalam penyusunan soal.
Kompetensi Dasar (KD) matematika kelas 5 yang meliputi bahan tersebut yakni KD 3.5 yang berisi menjelaskan, dan menyeleksi volume berdiri ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. Berikut ini pola soal analisa harian matematika kelas 5 yang sanggup dipelajari.
A.Berilah Tanda Silang (X) Pada Huruf A, B, C Atau D Pada Jawaban Yang Benar!
1. Bangun kubus memiliki sisi sebanyak ....
a. 3 c. 5
b. 4 d. 6
2. Jumlah rusuk kubus sebanyak ....
a. 15 c. 6
b. 12 d. 8
3. Bangun kubus merupakan berdiri yang sisi-sisinya berupa ....
a. Segitiga c. Persegi panjang
b. Persegi d. Trapesium
4. Rumus untuk mencari volume kubus merupakan ....
a. V = s x s c. V = p x l x t
b. V = p x s x s d. V = s x s x s
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 5 – 7 !
a. 343 cm³ c. 512 cm³
b. 1.000 cm³ d. 729 cm³
6. Volume gambar nomor II merupakan ....
a. 1.331 cm³ c. 1.000 cm³
b. 1.728 cm³ d. 3.375 cm³
7. Volume gambar nomor III merupakan ....
a. 3.375 cm³ c. 15.625 cm³
b. 125 cm³ d. 42.875 cm³
8. Arda memiliki kardus berupa kubus yang memiliki panjang sisi 40 cm. Volume kubus milik Arda merupakan .... cm³
a. 64.000 c. 16.000
b. 54.000 d. 1.600
9. Serra memiliki kotak pensil berupa kubus dengan panjang sisinya 20 cm. Aura juga punyak kotak pensil berupa kubus dengan panjang sisi 15 cm. Selisih volume kotak pensil mereka berdua merupakan .... cm³
a. 4600 c. 3.375
b. 8.000 d. 4.625
10.Perhatikan gambar di bawah ini !
Panjang sisi kubus tersebut merupakan ....
a. 6 cm c. 8 cm
b. 7 cm d. 9 cm
11. Balok merupakan berdiri ruang yang sisinya paling banyak berupa ....
a. Segi empat c. Lingkaran
b. Layang-layang d. Persegi panjang
12. Balok memiliki jumlah rusuk sebanyak ....
a. 12 buahc. 6 buah
b. 15 buahd. 8 buah
13.Panjang balok 10 cm, lebar 5 cm dan tinggi 3 cm. Volume balok tersebut merupakan … cm³.
a.50c.100
b.150d.200
B. Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut Ini Dengan Benar!
14.Sebuah balok memiliki jumlah sisi sebanyak ....
15.Sisi-sisi kubus memiliki ukuran yang ....
16.Panjang sisi kubus yang volumenya 2.744 dm³ merupakan ....
17. Reyva memiliki kotak pensil berupa balok dengan panjang 15 cm, lebar 8 cm dan tinggi 4 cm. Volume kotak pensil Reyva merupakan .... cm³
C. Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut Ini Dengan Benar!
18.Pak Agam memiliki aquarium berupa kubus dengan panjang sisinya 120 cm. Ia mengisi air setengah saja. Berapakah volume air yang mesti dimasukkannya?
19.Baya dan Areta memiliki kotak pensil berupa kubus. Baya memiliki kotak pensil dengan panjang sisi 16 cm, sedangkan punya Areta panjang sisinya merupakan 17 cm. Hitunglah selisih volume kotak pensil antara Baya dan Areta.
20. Sebuah aquarium berupa balok dengan panjang, lebar dan tinggi aquarium tersebut yakni 50 cm, 45 cm dan 60 cm. Berapa volume aquarium tersebut !
Semoga Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 5 perihal Bangun Ruang Kubus dan Balok Kurikulum 2013 sanggup berharga bagi para pembaca.
20. Sebuah aquarium berupa balok dengan panjang, lebar dan tinggi aquarium tersebut yakni 50 cm, 45 cm dan 60 cm. Berapa volume aquarium tersebut !
Semoga Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 5 perihal Bangun Ruang Kubus dan Balok Kurikulum 2013 sanggup berharga bagi para pembaca.