Rangkuman Bahan Us Plbj Menurut Kisi-Kisi Us 2018

Rangkuman Materi Ujian Sekolah (US) PLBJ Berdasarkan Kisi-kisi US 2018 - Berikut ini merupakan rangkuman materi yang dihidangkan untuk pembelajaran dalam menghadapi Ujian Sekolah (US) PLBJ Berdasarkan Kisi-kisi US 2018. Semoga rangkuman ini sanggup berfaedah bagi peserta didik maupun pendidik dalam menyodorkan materi Ujian Sekolah (US).

rangkuman materi yang dihidangkan untuk pembelajaran dalam menghadapi Ujian Sekolah  Rangkuman Materi US PLBJ Berdasarkan Kisi-kisi US 2018

RANGKUMAN MATERI UJIAN SEKOLAH (US) PLBJ BERDASARKAN KISI-KISI US
By : ANDRE PRIMA

1. Indikator 1. Peserta didik sanggup memberi pola sikap meminimalisir air higienis dengan benar
Perilaku meminimalisir air bersih
Rumah :
- Mandi dengan air secukupnya
- Jangan terlalu sering mencuci kendaraan
- Gunakan air seperlunya di saat menyiram tanaman

Sekolah :
- Ketika akhir mencuci tangan eksklusif tutup kerannya
- Ketika sedang mengisi air di baskom jangan hingga air keluar bertumpahan
- Cegah penggunaan air berlebih di saat mencuci perlengkapan laboratorium

2. Indikator 2. Disajikan tabel, peserta didik sanggup menampilkan faedah hutan kota di Jakarta dengan benar
Manfaat hutan kota:
1. Sebagai identitas kota.
2. Tempat pelestarian plasma nutfah.
3. Penahan dan penyaring partikel padat dari udara.
4. Penyerap dan penjerap partikel timbal.
5. Penyerap dan penjerap bubuk semen.
6. Pereda kebisingan.
7. Mengurangi ancaman hujan asam.
8. Penyerap karbon monoksida.
9. Penyerap karbon dioksida dan penghasil oksigen.
10. Penahan angin.
11. Penyerap dan penapis bau.
12. Mengatasi penggenangan air.
13. Produksi terbatas.
14. Mengatasi instrusi air maritim (khusus untuk kota pantai seumpama Jakarta).
15. Ameliorasi (upaya untuk mendapatkan peningkatan buatan serta menurunkan ongkos pokok, misal dengan perbaikan tanah) iklim.
16. Pengelola sampah.
17. Pelestarian air tanah.
18. Penapis cahaya silau.
19. Meningkatkan keindahan.
20. Sebagai habitat burung.
21. Mengurangi stres.
22. Mencegah pengikisan pantai (kota pantai).
23. Meningkatkan industri pariwisata.
24. Sebagai kegemaran dan pengisi waktu luang.

3. Indikator 3. Peserta didik sanggup menerangkan fungsi biopori bagi lingkungan penduduk dengan benar
Manfaat-manfaat lubang biopori tersebut antara lain;
1. Penyerapan Air
2. Penanganan limbah organik
3. Kesehatan Tanah
4. Meningkatkan kawasan hijau di halaman rumah

4. Indikator 4. Peserta didik sanggup mengidentifikasi ciri-ciri kali higienis dengan tepat
Kali kotor :
1. berbau busuk
2. Aliran air mampet
3. ada sampah
4. Warna air hitam legam

Kali higienis :
1. Tidak berbau busuk
2. Aliran air tidak mampet
3. Tidak ada sampah
4. Warna air tidak hitam legam

5. Indikator 5. Disajikan tabel, peserta didik sanggup menyeleksi penyebab pencemaran kali di Jakarta dengan benar
Penyebab pencemaran kali di Jakarta
1. karena adanya limbah pabrik
2. banyaknya penduduk yg mencampakkan sampah sembarangan

6. Indikator 6. Disajikan tabel,peserta didik sanggup menyeleksi faedah kali higienis bagi penduduk Jakarta dengan benar
Manfaat kali higienis bagi penduduk Jakarta
a. Sebagai fasilitas transportasi air.
b. Sarana rekreasi.
c. Sebagai sumber air bersih.
d. Sebagai tempat penampungan air hujan.

7. Indikator 7. Disajikan peta Jakarta, siswa sanggup menampilkan letak kantor kedutaan negara kawan dekat dengan tepat

Di soal nanti ada gambar peta kantor kedutaan negara sahabat

8. Indikator  8. Peserta didik sanggup menerangkan metode berkunjung ke kedutaan negara kawan dekat dengan benar
1. Mengajukan tuntutan kunjungan ke kantor kedutaan.
2. Jika berkunjung secara rombongan, kita mesti menenteng surat pengirim dari instansi terkait.
3. Jika berkunjung individual menampilkan kartu identitas diri, misalnya Kartu Pelajar atau KTP
4. Pengunjung wajib melapor ke potongan resepsionis dan mengisi daftar tamu
5. Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan
6. Pengunjung mesti berpakaian sopan & rapih
7. Pengunjung mesti bersikap sopan, tertib, dan disiplin serta mematuhi tata tertib yang berlaku.

9. Indikator 9. Peserta didik sanggup menerangkan akhir menghirup udara yang terkontaminasi dengan benar
Akibat menghirup udara yang tercemar
Dari sisi kesehatan imbas pencemaran udara oleh bubuk bisa membuat penyakit paru-paru (bronchitis) serta penyakit jalan masuk pernapasan lainnya. Sedangkan imbas pencemar udara oleh zat kimia seumpama Karbon Monoksida bisa membuat gangguan kesehatan pada hemoglobin (metaloprotein pengangkut oksigen yang mengandung besi dalam sel darah merah). Dan disamping itu penyakit yang muncul merupakan ISPA (infeksi jalan masuk pernapasan akut), tergolong di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lain

10. Indikator 10. Peserta didik sanggup menjelaskaan upaya menangani pencemaran udara di Jakarta dengan tepat
Upaya menangani pencemaran udara di Jakarta
1. Reboisasi
2. Pengurangan Penggunaan CFC (Pengurangan penggunaan pendingin)
3. Menggunakan Transportasi Umum
4. Menggunakan Bahan Bakar yang Ramah Lingkungan
5. Memanfaatkan Biogas Sebagai Bahan Bakar

11. Indikator 11. Peserta didik sanggup menyeleksi jenis perumahan yang cocok dengan keadaan penduduk Jakarta dengan benar
Jenis perumahan yang cocok dengan keadaan penduduk Jakarta  merupakan Rumah susun (rusun)

12. Indikator 12. Peserta didik sanggup menerangkan tujuan pemerintah DKI Jakarta membangun rumah susun
Tujuan pemerintah DKI Jakarta membangun rumah susun yaitu
1. Memenuhi keperluan perumahan yang patut dalam lingkungan yang sehat, secara adil, dan merata, serta bisa merefleksikan kehidupan penduduk yang berkepribadian Indonesia.
2. Mewujudkan permukiman yang harmonis dan seimbang, sesuai dengan pola tata ruang kota dan tata kawasan serta tata guna tanah yang berdaya guna dan sukses guna.

13. Indikator 13. Disajikan gambar, peserta didik sanggup menampilkan jenis transportasi masal di Jakarta.
Di soal nanti ada gambar jenis transportasi missal di Jakarta
Bus Transjakarta, metromini, bajaj, angkot, KRL

14. Indikator 14. Peserta didik sanggup menyebutkan fasilitas transportasi lazim yang sedang dibangun pemerintah DKI Jakarta dengan benar
Sarana transportasi lazim yang sedang dibangun pemerintah DKI Jakarta yakni MRT / Monorel

15. Indikator 15. Peserta didik sanggup menerangkan tindakan dalam mempergunakan layanan transportasi online di Jakarta dengan benar
Transportasi berbasis internet secara online mengajak pemerintah berpartisipasi dalam menyediakan peraturan seumpama penentuan tarif, persyaratan pelayanan, juga perihal pertolongan konsumen

18. Indikator 18. Disajikan tabel, peserta didik sanggup menyeleksi tindakan penggunaan alat komunikasi tertentu dengan benar
Alat Komunikasi antara lain :
1. Telepon
2. Handphone (HP)

Langkah-langkah penggunaan alat komunikasi telepon
1. Angkat gagang telepon
2. Tekan nomor yang ingin dituju
3. Akan terdengar nada panggil kalau panggilan belum dijawab oleh penerima
4. Jika telah dijawab oleh penelepon, berbicaralah dengan menggunakan etika dalam berkomunikasi
5. Tutup gagang telepon dengan benar sehabis akhir berbicara

19. Indikator 19. Peserta didik sanggup menerangkan keunggulan alat komunikasi telepon seluler dengan benar
1. Dapat mengantarkan pesan secara cepat
2. Praktis kalau dibawa kemanapun
3. Canggih dalam teknologi dan aplikasi fitur-fiturnya

20. Indikator 20. Peserta didik sanggup menuliskan pola sikap yang sanggup menghancurkan kepraktisan lazim dengan benar
Contoh sikap yang sanggup menghancurkan kepraktisan lazim dengan benar
1. Mencorat-coret kepraktisan umum
2. Aksi pembakaran kendaraan beroda empat transportasi lantaran peningkatan tarif yang disebabkan harga BBM melonjak tinggi
3. Merusak kepraktisan yang ditawarkan untuk umum

21. Disajikan gambar, peserta didik sanggup menyeleksi nama kepraktisan lazim di Jakarta dengan benar
Nama kepraktisan lazim di Jakarta dengan benar
1. Trotoar
2. Halte
3. ZebraCross
4. Jembatan Penyebrangan Orang

22. Indikator 22. Melalui suguhan gambar, peserta didik sanggup menuliskan nama  tempat wisata di Jakarta dengan benar
1. Nama tempat wisata di Jakarta
2. Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara
3. Fatahillah di Jakarta Barat
4. Monumen Nasional di Jakarta Pusat
5. TMII di Jakarta Timur
6. Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan

23. Indikator 23. Peserta didik sanggup menuliskan salah satu faedah obyek wisata bagi penduduk sekitar dengan tepat
Manfaat obyek wisata bagi penduduk sekitar
1. Penduduk bisa membuka kerja keras seumpama kerajinan tangan untuk di jual kembali
2. Penduduk sekitar dapat menjadi pemandu wisata bagi wisatawan
3. Dapat membuka lapangan pekerjaan

24. Indikator 24. Peserta didik sanggup menuliskan motto pariwisata provinsi DKI Jakarta dengan tepat
Motto pariwisata provinsi DKI Jakarta merupakan “Enjoy Jakarta” lantaran menghasilkan tenteram para hadirin pariwisata

25. Indikator 25. Melalui suguhan gambar permainan rakyat Betawi, peserta didik sanggup menyeleksi nama jenis permainan tersebut dengan tepat
Nama-nama jenis permainan rakyat Betawi :
1. Dampu Kapal
2. Wak-wakgung
3. Petak Jongkok
4. Nenek Gerondong, dll

26. Peserta didik sanggup menerangkan nilai yang terkandung dalam sebuah permainan  rakyat Betawi dengan benar
1. Sportifitas
2. Kejujuran
3. Kemandirian
4. Disiplin
5. Keuletan, dll

27. Disajikan gambar alat musik Betawi, peserta didik sanggup menyeleksi nama alat musik tersebut dengan tepat
   rangkuman materi yang dihidangkan untuk pembelajaran dalam menghadapi Ujian Sekolah  Rangkuman Materi US PLBJ Berdasarkan Kisi-kisi US 2018
28. Disajikan potongan syair lagu Betawi, peserta didik sanggup menuliskan kelanjutan syair lagu tersebut dengan tepat
Dalam soal ada kutipan syair lagu Betawi (Hafalkan lagu-lagu betawi seumpama : Sirih Kuning, Ondel-ondel, dll)

29. Disajikan gambar tarian Betawi, peserta didik sanggup menyeleksi nama tari tersebut dengan tepat
1. Tari Yapong
2. Tari Sirih Kuning
3. Tari Topeng Betawi, dll

30. Disajikan gambar upacara susila Betawi, peserta didik sanggup menyeleksi nama upacara tersebut dengan tepat
1. Khitanan
2. Nujuh Bulan
3. Nikahan
4. Palang Pintu

31. Disajikan gambar pedagang masakan khas Betawi, peserta didik sanggup menampilkan jenis masakan yang dijual dengan tepat
Nama Makanan Khas Betawi yang dijual cepat
1. Kerak Telor
2. Soto Betawi, dll

32. Peserta didik sanggup memberi pola nama masakan khas Betawi dengan tepat
Nama Makanan Khas Betawi
3. Kerak Telor
4. Soto Betawi, dll

33. Disajikan gambar kebakaran, peserta didik sanggup mengidentifikasi kerugian yang sanggup terjadi dengan benar
1. Kehilangan harta benda
2. Kehilangan nyawa
3. Kehilangan Surat-surat berharga

34. Peserta didik sanggup menyeleksi alat-alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran kecil dengan tepat
1. Karung Goni
2. Lap Basah

35. Peserta didik sanggup menuliskan upaya menghambat kebakaran dengan benar
1. Tidak mencampakkan puntung rokok sembarangan
2. Menjauhkan lilin yang menyala dari bahan-bahan yang mudah terbakar

36. Peserta didik sanggup menuliskan faedah penampungan air hujan di Jakarta dengan tepat
Manfaat penampungan air hujan di Jakarta
1. Mencegah /  menyingkir dari banjir
2. Olah  Raga Air   dayung renang dll
3. Rekreasi  /wisata

37. Peserta didik sanggup menerangkan faedah terumbu karang bagi kelestarian biota maritim dengan benar
- rumah bagi jenis mahkluk hidup di laut
- Tempat meningkat biak ikan dan makhuk hidup di laut
- Tempat berlindung makhuk hidup di laut
- Mencegah abrasi

38. Peserta didik sanggup memberi contoh  etika penumpang di kendaraan lazim dengan benar
- mendahulukan penumbang yang lebih membutuhkan ( orngtua , ibu hamil dan orang cacat dan lain- lain )
- tidak meludah sembarangan
- Tidak merokok dalam bus

39. Peserta didik sanggup menerangkan upaya-upaya untuk mempertahankan kepraktisan lazim dengan benar
- Tidak mencorek – coret kepraktisan umum
- Menggunakan sesuai dengan peruntukannya
- Tidak mencampakkan sampah asal pilih tempat

40. Peserta didik sanggup menerangkan salah satu upaya melestarikan tarian tradisional Betawi
- mempelajari budaya betawi
- Mementaskanbudaya betawi
- Mengunjungi tempat tempat cagar budaya betawi
- Mengadakan pameran kesenian betawi

Subscribe to receive free email updates: