Soal Pts Kelas 5 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 5 Tema 7 Semester 2 Kurikulum 2013 - Berikut ini merupakan contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) tema 7 "Peristiwa dalam kehidupan" untuk kelas 5 Sekolah Dasar lengkap dengan kisi-kisi dan kunci jawabannya. Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 7 ini mengacu pada Kompetensi dasar yang sudah diputuskan dan dibentuk menjadi 2 termin atau bagian. Kisi-kisi soal Perguruan Tinggi Swasta tema 7 kelas 5 ini memajukan kompetensi dasar menjadi suatu indikator soal yang hendak diujikan.

Soal Perguruan Tinggi Swasta tema 7 termin 1 kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 ini sanggup dijadikan contoh menuntut ilmu bagi siswa-siswi dan sanggup pula dijadikan rujukan bagi para pendidik dalam menyusun soal PTS. Berikut contoh latihan soalnya. Semoga bermanfaat.

Berikut ini merupakan contoh soal Penilaian Tengah Semester  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 5 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 5 Tema 7 Termin 1

PPKn
I. Berilah tanda silang (X) di abjad A, B, C atau D pada respon yang dianggap benar !

1. Adat-istiadat tiap kawasan berbeda-beda. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sudah dijalankan secara bebuyutan dalam suatu suku. Salah satu kebiasaan yang ditangani penduduk kawasan yakni dengan melaksanakan ….
A. Upacara adat
B. Pesta di gedung
C. Upacara bendera
D. Hajatan dirumah

2. Masyarakat di Bali memiliki ciri khas dalam melakukan kebiasaan adat-istiadatnya. Adat-istiadat tersebut yakni ….
A. ngaben
B. lompat batu
C. sungkeman
D. srah-srahan

3. Upaya yang sanggup ditangani dalam  melestarikan kebudayaan nasional antara lain ….
A. tidak perlu menyelenggarakan aktivitas budaya nasioanal yang hendak mengkonsumsi banyak biaya
B. menjaga kelestarian budaya nasional secara ketat sehingga penduduk luar tidak tahu
C. menyerahkan kebudayaan nasional terhadap bangsa lain biar kita tidak perlu menjaganya
D. mengadakan aktivitas pengenalan dan penyebaran budaya nasional terhadap masyarakat

4. Sikap yang mesti ditunjukan dalam upaya melestarikan kebudayaan nasional yakni ….
A. bertanggung jawab
B. tidak perduli
C. acuh tak acuh
D. biasa-biasa saja

5. Bhineka tunggal ika memiliki makna ….
A. Bangsa Indonesia memiliki budaya yang sungguh banyak dan beraneka ragam
B. Walaupun kita berbeda-beda suku, budaya dan bahasa, Agama kita tetap sama
C. Walaupun kita berlawanan suku, agama, bahasa dan ras kita tetap Bangsa Indonesia
D. Kesenian Bangsa Indonesia mesti kita lestarikan dan kita jaga hingga simpulan hayat

6. Perbedaan yang kita miliki merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa yang mesti kita ….
A. rubah 
B. biarkan
C. syukuri
D. acuhkan

7. Agama yang diakui di Indonesia berjumlah ….
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7

8. Perhatikan gambar berikut ini !
    Berikut ini merupakan contoh soal Penilaian Tengah Semester  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 5 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013
Pakaian akhlak pada gambar tersebut berasal dari kawasan ….
A. Sumatera Barat
B. Jawa tengah
C. Papua
D. Riau

II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan respon yang sempurna !

9. Perhatikan gambar berikut ini !
    Berikut ini merupakan contoh soal Penilaian Tengah Semester  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 5 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013
Gambar tersebut menandakan perilaku penduduk Indonesia untuk saling ….
10. Menolong sobat yang sedang memerlukan tunjangan mesti ditangani dengan ….
11. Melaksanakan musyawarah untuk meraih mufakat merupakan amalan dari nilai-nilai Pancasila sila ke ….

III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terang !
Desa Sukamaju mendapat dana tunjangan dari pemerintah untuk perbaikan ekonomi masyarakat. Kepala Desa menyelenggarakan rapat untuk menyeleksi jenis tunjangan yang hendak diberikan terhadap warga yang tidak mampu. Pak Doni dan Pak Badu bersikeras biar semua tunjangan diwujudkan dalam bentuk hewan ternak, yakni kambing dan sapi. Pak Ali menganjurkan biar tunjangan yang diberikan diadaptasi dengan kesanggupan dan mata pencaharian warga. Misalnya, Pak Anto selaku peternak angsa mendapat tunjangan bebek. Bu Rita pedagang nasi goreng dan Bu Parmi pedagang barang kelontong mendapat tunjangan berupa duit selaku embel-embel modal usaha. Namun, seruan Pak Ali ini ditentang oleh Pak Doni dan Pak Badu alasannya yakni tidak cocok dengan saran mereka berdua.

12. Bagaimana perilaku yang ditunjukan Pak Ali ?
13. Menurutmu, apakah perilaku yang ditunjukan Pak Doni dan Pak Badu sudah sesuai menurut norma-norma dalam pancasila ?

Bahasa Indonesia
I.Berilah tanda silang (x) pada abjad A, B, C atau D kalau respon itu benar dan tepat!

Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 14 dan 17 !
Mulai simpulan kurun XV, bangsa Eropa berupaya melaksanakan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melaksanakan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya merupakan bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.
Tujuan utama mereka yakni mencari kekayaan berupa rempah-rempah. Sekitar kurun XV di Eropa, harga rempah-rempah sungguh mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sungguh memerlukan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.
Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga menenteng misi khusus. Misi khusus tersebut yakni berbagi agama terhadap penduduk kawasan yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap selaku kiprah suci yang mesti dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

14.Apa tujuan utama bangsa Eropa melaksanakan penjelajahan samudra ?
Jawaban yang sempurna untuk menjawab pertanyaan tersebut yakni ….
A.untuk berwisata keliling dunia
B.untuk mencari rempah-rempah
C.mencari kekayaan dan tanah jajahan
D.menyebarkan agama terhadap penduduka daerah

15.Kapan bangsa Portugis mendarat di Malaka ?
Jawaban yang sempurna untuk menjawab pertanyaan tersebut yakni ….
A.sekitar kurun XV
B.tahun 1511
C.tahun 1521
D.tahun 1596

16.Mengapa bangsa Eropa berbagi agama terhadap penduduk kawasan yang dikuasainya ?
Jawaban yang sempurna untuk menjawab pertanyaan tersebut yakni ….
A.agar mereka mendapat pahala yang banyak
B.agar mereka mendapat kekayaan dan tanah jajahan
C.karna agama sanggup dijadikan alat untuk menjajah dunia
D.karna misi tersebut merupakan kiprah suci yang mesti dilaksanakan

17.Arti kata yang bercetak tebal pada bacaan tersebut yakni ….
A.didukung
B.dihadang
C.diterima
D.dikuasai

II.Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan respon yang sempurna !

Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 18 dan 19!
Setelah mendengar gunjingan Jepang mengalah terhadap Sekutu, bangsa Indonesia merencanakan dirinya untuk merdeka. Perundingan-perundingan  diadakan  di  antara  para  pemuda  dengan tokoh-tokoh tua, maupun di antara para perjaka sendiri. Walaupun demikian, antara tokoh perjaka dan kalangan renta sering terjadi perbedaan pendapat. Akibatnya, terjadilah “Peristiwa Rengasdengklok”. Pada tanggal 16 Agustus pukul 04.00 WIB, Bung Hatta dan Bung Karno beserta Ibu Fatmawati  dan  Guntur Soekarno  Poetra  dibawa  oleh tokoh pemuda  ke  Rengasdengklok  agar  tidak terpengaruh oleh Jepang. Tujuannya mendesak kalangan renta untuk secepatnya memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

18.Siapa yang menenteng Bung Hatta dan Bung Karno ke Rengasdengklok ?
Jawaban yang sempurna untuk menjawab pertanyaan tersebut yakni ….
19.Bagaimana cara yang ditangani tokoh perjaka biar tokoh kalangan renta tidak terpengaruh oleh Jepang ?
Jawaban yang sempurna untuk menjawab pertanyaan tersebut yakni ….

III.Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terang !

Perhatikan pemberitahuan bacaan berikut ini !
Ir. Soekarno merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) dan Pahlawan Proklamator. Beliau menjadi Presiden RI sejak tahun 1945 hingga dengan 1967. Ir. Soekarno dipahami cerdik berpidato dan menguasai beberapa bahasa abnormal sehingga dijuluki selaku “Singa Podium”. Ir. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901.  Jenjang pendidikannya  dimulai  dari  Indische School (IS) di Tulungagung. Setelah lulus, Soekarno melanjutkan pendidikannya di   Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Jawa Timur; Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS), kini menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Jawa Barat, dan mendapatkan gelar insinyur.

20.Tuliskan pemberitahuan penting dari teks atau narasi sejarah tersebut !

Untuk mendapat soal dan kisi-kisi beserta kunci jawabannya secara lengkap, silahkan WA ke 08811023226. mudah-mudahan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: