Soal PAS Tema 4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 - Berikut ini ialah salah satu pola soal Penilaian Akhir Semester (PAS) tema 4 semester 1 perihal materi pokok "Berbagai Pekerjaan" khusus kelas 4 Sekolah Dasar. Soal PAS kelas 4 tema 4 ini sanggup dijadikan tumpuan bagi pendidik dan sanggup pula dijadikan materi pembelajaran bagi penerima didik dalam menghadapi cobaan atau ulangan selesai semester.
Latihan PAS Tema 4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 ini menampung beberapa pelajaran, menyerupai : PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Semoga pola latihan soal PAS tema 4 ini sanggup berharga bagi para pembaca.
1. Makna yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila antara lain yakni ….
A. Saling menghargai yakni keharusan manusia
B. Setiap orang berhak melakukan pekerjaan dan berusaha
C. Setiap insan mesti bersusah payah dan berdoa
D. Persatuan akan menenteng kesejahteraan
2. Menjaga persatuan dan kesatuan akan bikin negara kita menjadi ….
A. Kaya
B. Kuat
C. Rapuh
D. Modern
3. Sila pertama pada Pancasila mempunyai makna salah satunya yakni bahwa setiap warga negara ....
A. tidak menganut agama apapun
B. memaksa oranglain masuk ke agama tertentu
C. harus mempunyai agama yang sama
D. percaya adanya Tuhan yang bikin alam semesta
4. Ayah Budi melakukan pekerjaan menjadi seorang petani, nyaris saban hari ayah Budi senantiasa pergi ke sawah. Sikap Budi semestinya terhadap pekerjaan ayahnya yakni ….
A. Menyuruh ayahnya berhenti menjadi petani alasannya yakni mesti kotor siap hari
B. Membandingkan dengan pekerjaan-pekerjaan ayah temannya yang di kantor
C. Bangga terhadap ayahnya alasannya yakni pekerjaannya berharga bagi banyak orang
D. Menyuruh ayahnya melamar pekerjaan lain yang lebih besar gajinya
5. Ayah Bayu seorang nelayan, ayah Dani seorang guru dan ayah Rani seorang sopir. Mereka tetap bersyukur dengan pekerjaan ayah mereka, alasannya yakni pekerjaan tersebut ….
A. tidak sanggup bikin cepat kaya
B. tidak perlu banyak tenaga
C. tidak terlampau banyak waktu
D. tidak merugikan orang lain
6. Rasa persatuan dan kesatuan sungguh dikehendaki oleh negara Indonesia, alasannya yakni negara kita ini mempunyai …..
A. Jumlah suku yang sedikit
B. Satu budaya yang seragam
C. Suku dan budaya yang sungguh beraneka ragam
D. Keadaaan iklim yang berubah-ubah
7. Contoh perbuatan seorang siswa yang tidak merefleksikan sila ketiga Pancasila yakni ….
A. Berdiskusi dengan teman
B. Tidak mau mencar ilmu kelompok
C. Terlambat menjalankan PR
D. Tawuran antar siswa
8. Sila ketiga pancasila mempunyai simbol ….
9. Percaya adanya Tuhan sehingga setiap warga negara rela untuk diatur.
Pernyataan tersebut sesuai dengan sila ….
10. Mengapa kita mesti menerapkan perilaku sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ?
Bacalah dongeng berikut ini untuk menjawab soal nomor 11-15 !
Semut dan Belalang
Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sungguh rajin. Setiap hari semut itu senantiasa melakukan pekerjaan menghimpun kuliner dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan tidak menghemat semangat Sang Semut untuk menghimpun makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bersusah payah untuk menenteng kuliner kemudian dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya.
Pada suatu hari di saat sedang bekerja, Sang Semut berjumpa dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan. “Hai, Mut, kau sedang apa?” tanya belalang. “Aku sedang menghimpun kuliner untuk antisipasi ekspresi dominan dingin,” jawab Semut. “Ah, buat apa kau melakukannya sekarang. Musim hirau taacuh masih lama, lebih baik kita berpangku tangan dahulu,” kata belalang lagi. Sang Semut tidak mengenal belalang. Ia tetap melakukan pekerjaan menghimpun kuliner yang dijumpainya. Demikianlah seharian Sang Semut sibuk bekerja, sementara Sang Belalang bermalas-malasan.
Akhirnya ekspresi dominan hirau taacuh tiba. Sang Semut yang tekun itu duduk dengan tenteram di dalam rumahnya yang hangat. Ia menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termangu duka di rumahnya alasannya yakni tidak mempunyai kuliner sedikit pun. Saat Belalang nyaris mati kelaparan, Sang Semut tiba dan memberinya makanan. Sejak dikala itu, Sang Belalang tekun melakukan pekerjaan menghimpun kuliner menyerupai Sang Semut.
(Sumber dengan revisi, www.anaknusantara.com)
11. Tokoh protagonis dalam dongeng tersebut yakni ….
A. Semut
B. Belalang
C. Hutan
D. Semut dan Belalang
12. Latar tempat pada dongeng tersebut yakni ….
A. Perkotaan
B. Pedesaan
C. Lautan
D. Hutan
13. Semut menghimpun kuliner untuk ….
A. diberikan terhadap belalang
B. perbekalan dikala ekspresi dominan dingin
C. dibagi-bagi terhadap binatang lainnya
D. dimakan belalang dan binatang lainnya
14. Prilaku yang ditunjukan oleh Belalang yakni ….
A. pemalas
B. rajin bekerja
C. sopan santun
D. pandai berbicara
15. Saran yang sempurna untuk Belalang yakni ….
A. Sebaiknya belalang menghimpun kuliner setelah semut
B. Seharusnya Belalang tekun melakukan pekerjaan untuk menghimpun makanan
C. Seharusnya belalang menolong semut menghimpun makanan
D. Seharusnya Belalang dan Semut berpangku tangan saja
Jangan Lupa Share dan Komentarnya
Bacalah kutipan dongeng berikut ini untuk menjawab soal nomor 16 dan 17 !
Dahulu kala, hiduplah sepasang kawan dekat di wilayah Kalimantan Barat. Mereka yakni seekor bajing dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melaksanakan acara bersama. Mencari makan, bermain, bahkan mendatangi tempat-tempat gres senantiasa dilakuan bersama.
Suatu hari, Tupai tidak menyaksikan Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sungguh kaget. Gabus terlihat lesu. Ternyata ia sedang sakit. Tupai sungguh sedih. Ia mengatakan kuliner untuk sahabatnya, tetapi Gabus tidak berselera makan. Gabus cuma menghendaki satu jenis kuliner yang diyakininya sanggup menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencari demi sahabatnya.
16. Kesimpulan pada dongeng tersebut yakni ….
A. Mereka berdua dekat dan tak mau dipisahkan
B. Gabus sakit dan Tupai sungguh peduli terhadap Gabus
C. Tupai sakit dan Gabus sungguh peduli terhadap Tupai
D. Tupai dan Gabus sungguh peduli terhadap binatang lain
17. Berdasarkan dongeng tersebut, tentukan unsur-unsur dongeng berikut ini !
Jawaban yang sempurna pada pertanyaan tersebut yakni ….
A. Judul : Tupai dan Gajah
Tokoh : Tupai dan Gajah
Pesan : Kita mesti peduli terhadap kawan dekat yang memerlukan bantuan
Sifat : Tupai baik hati
B. Judul : Tupai dan Ikan Gabus
Tokoh : Tupai dan Ikan Gabus
Pesan : Kita tidak perlu menolong kawan dekat yang sedang sakit
Sifat : Tupai baik hati
C. Judul : Tupai dan Ikan Gabus
Tokoh : Tupai dan Ikan Gabus
Pesan : Kita mesti peduli terhadap kawan dekat yang memerlukan bantuan
Sifat : Tupai baik hati
D. Judul : Tupai dan Ikan Gabus
Tokoh : Tupai dan Ikan Gabus
Pesan : Kita mesti peduli terhadap kawan dekat yang memerlukan bantuan
Sifat : Tupai jahat
Bacalah kutipan dongeng berikut ini untuk menjawab soal nomor 18 dan 19 !
Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya dingklik Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu saya dong! Geser sedikit ke kiri, biar saya sanggup menyaksikan balasan di kertas ulanganmu!” pinta Gugut.
18. Suasana hati yang dialami tokoh pada dongeng tersebut yakni ….
19. Latar tempat pada dongeng tersebut yakni ….
20. Perhatikan gambar berikut ini !
Soal PAS Kelas 4 Kurikulum 2013 ---
34. Pekerjaan jasa yang bertugas mempertahankan keselamatan lingkungan rumah yakni ....
A. Polisi
B. TNI
C. Hansip
D. Paspamres
35. Teknologi yang digunakan untuk menenun benang menjadi kain yakni ….
A. Mesin jahit
B. Alat penenun
C. Alat pemintal
D. Gunting
36. Barang yang dihasilkan dari acara menernak Ayam yakni ….
A. Minyak dan susu
B. Daging dan susu
C. Telur dan minyak
D. Daging dan Telur
37. Perhatikan jenis pekerjaan berikut ini !
1. Montir
2. Guru
3. Petani
4. Nelayan
5. Perajin
6. Dokter
Pekerjaan yang menciptakan barang ditunjukan oleh nomor ….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 6
C. 3, 4 dan 5
D. 4, 5 dan 6
38. Bahan baku utama untuk bikin Pensil yakni ….
39. Perhatikan jenis pekerjaan berikut !
1. Pengrajin mebel
2. Karyawan swalayan
3. Tukang Kusen
4. Pramugari
5. Montir
6. Kuli bangunan
Jenis pekerjaan yang mempergunakan kayu ditunjukan oleh nomor ....
40. Sebutkan 3 pekerjaan yang menciptakan Jasa !
41. Alat yang digunakan untuk melukis di media canvas yakni ….
A. Spidol warna
B. Cat minyak
C. Pulpen
D. Crayon
42. Lukisan pada media canvas tergolong kedalam jenis gambar ….
A. Dua dimensi
B. Tiga dimensi
C. Dekoratif
D. Cergam
43. Karya seni rupa tiga dimensi yakni ….
A. Karya seni rupa yang mempunyai ukuran Panjang dan lebar
B. Karya seni yang dibentuk untuk memperjelas teks atau isi cerita
C. Karya seni rupa yang mempunyai ukuran Panjang dan lebar serta mempunyai kedalaman
D. Karya seni yang di buat atau di design selaku cover buku
44. Agar gambar yang dibentuk terlihat menawan dan indah, semestinya diberi ….
A. Judul
B. Sampul
C. Nama
D. Warna
45. Contoh karya seni rupa tiga dimensi yakni ….
A. Foto
B. Patung
C. Lukisan
D. Kain songket
46. Mengapa langkah pertama dalam bikin karya seni mesti menyeleksi wangsit atau tema ?
Jawaban yang sempurna yakni ….
A. Agar karya seni yang dibentuk akan terlihat bagus
B. Agar mendapat nilai jual yang tinggi
C. Agar kita sanggup bikin rancangan menurut ide
D. Untuk mendapat nilai yang anggun dari Guru
47. Perhatikan pewarna berikut ini !
1. Wantek
2. Crayon
3. Cat minyak
4. Pensil warna
5. Cat besi
Pewarna yang kondusif dan cocok digunakan belum dewasa ditunjukan oleh nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 3, 5
48. Untuk bikin bagan gambar menggunakan ….
49. Perhatikan gambar berikut !
Pewarna tersebut dinamakan ….
50. Gambarlah suatu simbol sesuai dengan sila-sila Pancasila !