Soal Budi Budi Analitik Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Penalaran Analitik Beserta Jawaban
  1. Kesebelasan Liverpool menang atas kesebelasan Aston Vila dengan skor 3-0. Kesebelasan Arsenal kalah atas kesebelasan Manchester United dengan skor 1-2. Kesebelasan Manchester United menang atas kesebelasan Liverpool dengan skor 2-0. Kesebelasan mana yang menjuarai pertandingan ini?
    a. Liverpool
    b. Arsenal
    c. Manchester United
    d. Aston Villa
  2. Produk Bontang lebih mahal daripada produk Medan. Produk Makasar lebih murah daripada produk Bontang. Makara . . .
    a. Produk Makasar lebih mahal daripada produk Medan.
    b. Produk Medan lebih murah daripada produk Makasar.
    c. Produk Medan dan produk Makasar sama mahalnya.
    d. Produk Medan dan Produk Makasar lebih murah daripada produk Bontang
  3. Ikan kakap merah bergizi dan indah penampilannya. Ikan tuna rasanya lezat tapi membosankan. Udang walaupun kecil-kecil, tetapi mempunyai nilai gizi tinggi daripada ikan kakap merah. Sementara bandeng gizinya lebih baik dari ikan tuna, tetapi biasanya tidak segar. Hidangan yang menarik dan bergizi adalah..
    a. Ikan tuna dan bandeng
    b. Ikan kakap merah dan udang
    c. Bandeng dan kakap merah
    d. Udang dan bandeng
  4. Pada iklim panas tumbuh pohon-pohon getah dan karet. Semak dan rumput hanya tumbuh di tempat yang dingin. Rumput dan karet membutuhkan banyak kelembapan. Semak-semak dan pohon getah hanya tumbuh di kawasan yang cukup kering. Di bersahabat sungai Amazone sangat panas dan lembap. Tumbuh-tumbuhan manakah yang tumbuh di bersahabat Sungai Amazone ?
    a. Pohon-pohon getah dan semak
    b. Pohon karet
    c. Rumput
    d. Jawaban a, b, dan c salah
  5. Tiga tim pendaki gunung harus dibuat dengan masing-masing tim terdiri dari tiga orang. A harus berada dalam satu tim dengan D, B dihentikan setim dengan G atau C, C dihentikan dipisahkan dengan I, E dan H harus berada dalam tim yang sama dengan B, sedangkan F harus dipisahkan dengan A untuk tiap tim yang sanggup dibuat adalah...
    a. A, D, G - B, I, H - C, E, F
    b. A, B, G - D, E, H - C, I, F
    c. A, I, F - B, E, N - C, D, F
    d. A, D, I - B, E, H - C, G, F
  6. Sebagian penyanyi berwajah cantik. Isabella artis elok dan Diana seorang penyanyi.
    a. Isabella penyanyi cantik
    b. Diana berwajah cantik
    c. a dan b bukan di antaranya
    d. a dan b
  7. Jarak antara kota A dan B yakni dua kali jarak antara kota C dan D. Kota E terletak di tengah-tengah antara kota C dan D. Selanjutnya diketahui bahwa jarak kota C ke kota A sama dengan jarak kota C ke kota sama dengan jarak kota D ke kota B, yaitu setengah jarak kota A ke kota E. Dua kota di bawah ini yang jaraknya paling jauh adalah...
    a. Kota A dan B
    b. Kota B dan E
    c. Kota A dan E
    d. Kota B dan D
  8. Seseorang telah menemukan mayit nahkoda A dan anaknya yakni B. Ayah tertembak di dada dan si anak di punggungnya. Mungkin keduanya mati pada dikala itu juga. Senapan bila di tembakkan dari jarak bersahabat menyerupai contohnya bila seseorang menembak dirinya sendiri akan meninggalkan bekas-bekas hitam pada kulit atau pakaian, bahkan sanggup membakar. Tembakan yang dilepaskan dari jarak jauh tidak akan meninggalkan bekas demikian. Kedua mayit itu ditemukan di tengah ruangan yang dipergunakan untuk latihan membidik. Lantainya tertutup dengan pasir berair sehingga setiap jejak tampak faktual dan jelas. Dalam ruangan tersebut hanya tampak dua pasang jejak kaki. Apabila ada orang ketiga di luar ruangan itu, maka akan mungkinkah baginya untuk menembak ke segala jurusan dalam ruangan itu. Tetapi lantai ruangan itu tak memungkinkan sepertinya bekas jejak kaki. Di bawah mayit nahkoda A ditemukan sebuah senapan, pada B tidak terdapat senapan. Bagian-bagian yang ditembus peluru pada pakaian kedua mayit itu menunjukkan bekas-bekas hitam dan kainnya agak hangus. Nahkoda A sangat menyayangi anaknya dan beliau sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk membela diri. Tetapi, sebagian orang menduga bahwa si B rahasia memusuhi ayahnya dan berharap akan mewarisi kekayaan bila ayahnya meninggal dunia. Kematian si B disebabkan :
    a. Pembunuhan yang disengaja
    b. Kecelakaan
    c. Bunuh diri
    d. Membela diri
  9. X lebih renta dari N, E lebih muda dari A, T lebih muda dari N; X lebih muda dari E, N lebih renta dari T maka yang termuda adalah
    a. N
    b. E
    c. X
    d. T
  10. Steven, Richard, dan Anton menyukai bola basket. Joni dan Richard menggunakan arloji. Siapakah yang jatuh arlojinya ketika bermain basket?
    a. Steven
    b. Richard
    c. Anton
    d. Joni
  11. Lima orang mahasiswa telah selesai menempuh ujian final semester. Nilai yang diperoleh Mita lebih tinggi daripada Pipit, Reni menerima nilai tertinggi. Nilai Yani lebih tinggi daripada Mita. Shinta menerima nilai lebih rendah dibandingkan Mita, tetapi lebih tinggi dibanding Pipit. Bagaimanakah urutan kelima mahasiswa ini bila di urutkan mulai dari nilai yang paling rendah?
    a. Shinta, Pipit, Mita, Yeni, Reni
    b. Pipit, Shinta, Yeni, Reni, Mita
    c. Pipit, Shinta, Yeni, Mita, Reni
    d. Pipit, Shinta, Mita, Yeni, Reni
  12. Si Amin sedang sakit. Bila seseorang kulitnya berbintik merah, ada kemungkinan orang itu menderita cacar air, campak, atau kudis. Bila terbukti bahwa beliau batuk dan salesma, maka boleh jadi beliau sakit batuk kering, campak, atau gondok. Sudah beberapa hari si Amin selalu bersin dan batuk-batuk, lagi pula timbul bintik-bintik merah di dahi dan tangannya. Sakit apakah si Amin ?
    a. Campak
    b. Kudis
    c. Batuk kering
    d. Gondok
  13. Jika seseorang membunuh orang lain berarti pembunuhan. Tiap pembunuhan yakni salah kalau ditinjau secara moral. Karena itu, tidak pernah sanggup dibenarkan untuk membunuh seseorang yang menderita penyakit yang tidak sanggup disembuhkan walaupun dirinya sendiri yang menyetujui tindakan ini.
    a. Pernyataan tersebut benar
    b. Pernyataan tersebut salah
    c. Pernyataan tersebut belum tentu benar
    d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
  14. Susan adiknya Jim, Peter kakaknya Susan dan lebih muda dari Jim. Siapa yang paling muda?
    a. Jim
    b. Susan
    c. Peter
    d. tidak sanggup disimpulkan
  15. Yang terbaik tumbuh pada iklim hambar yakni wortel, kentang, dan kubis. Pada iklim sedang aneka macam padang rumput dan disana tumbuh ketela serta jagung. Pada iklim subtropis terdapat gandum, buah zaitun, dan kebun anggur. Pada iklim tropis tumbuh kelapa sawit dan padi. Bangsa X terutama hidup dari roti dan minyak sebagai pengganti mentega. Mereka minum anggur dan makan buah anggur. Pada iklim manakah mareka hidup ?
    a. Pada iklim dingin
    b. Pada iklim subtropis
    c. Pada iklim tropis
    d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
  16. Orang-orang eskimo termasuk sebagian kecil dari orang-orang yang makan daging. Sekarang orang telah menemukan bahwa semua orang eskimo mempunyai gigi yang baik. Makara sanggup disimpulkan :
    a. Orang tidak memakan daging giginya buruk
    b. Orang yang giginya baik niscaya hanya memakan daging
    c. Orang hanya memakan daging belum tentu giginya baik
    d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
  17. Semua anak bergembira kalau bermain di taman wisata. Hari ini semua anak bermain di 
    taman wisata.
    a. Hari ini semua anak tidak bergembira
    b. Hari ini tidak semua anak bergembira
    c. Hari ini tidak ada anak yang tidak bergembira
    d. Hari ini ada anak yang tidak bergembira
  18. Vinny lebih cendekia daripada Budi. Vinny lebih cendekia daripada Susi dan Arip.
    a. Vinny paling cendekia di antara meraka.
    b. Susi dan Arip mempunyai tingkat kepintaran yang sama.
    c. Budi lebih cendekia daripada Arip
    d. Budi lebih cendekia daripada Susi
  19. Di sebuah pasar, harga daging lokal mahal dari harga beras, harga beras lebih mahal dari harga sayur-mayur, dan daging impor yakni yang paling mahal. Jika demikian sanggup disimpulkan ....
    a. Sayur-mayur lebih mahal dari daging lokal
    b. Daging lokal lebih mahal dari daging impor
    c. Daging impor lebih mahal dari daging lokal
    d. Beras lebih mahal dari daging impor
  20. Disebabkan menghisap rokok dan hanya untuk kepuasaan yang sedang-sedang saja, tidak seorang pun yang pernah rusak kesehatannya. Nikotin yakni suatu penyebab gangguan ringan. Sedikit sekali orang yang biasa merokok berhasil untuk merokok secara berlebihan-lebihan. Karena itu :
    a. Omong kosong untuk beropini bahwa merokok itu merusak kesehatan
    b. Merokok yakni merusak kesehatan
    c. Pernyataan a dan b kedua-duanya salah
    d. Pernyataan a dan b kedua-duanya benar
  21. Prestasi berguru Tedjo lebih tinggi dari Tini dan lebih rendah dari Tono. Prestasi berguru Sinta lebih rendah dari Tedjo, tetapi lebih tinggi dari Tini, sedangkan prestasi berguru Dono lebih tinggi dari Tini dan Sinta. Apabila dipilih dari tiga orang yang mempunyai prestasi terbaik yang dipilih adalah...
    a. Tedjo, Tono, dan Shinta
    b. Tedjo, Dono, dan Shinta
    c. Tono, Shinta, Tini
    d. Dono, Tedjo, dan Tono
  22. Albert dan Irene mendengarkan musik. Gloria dan Albert hobi membaca. Siapa yang sedang membaca sambil mendengarkan musik?
    a. Gloria
    b. Albert
    c. Irene
    d. Gloria dan Albert
  23. Daryanti bangkit kesiangan. Oleh lantaran itu, beliau menyadari akan terlambat masuk sekolah. Maka, beliau lari sekenceng mungkin dan tidak melihat ada lubang, kemudian kakinya patah. Ia dibawa ke rumah sakit dan selama dirawat di rumah sakit, beliau dijenguk kawan-kawannya yang ingin tahu mengapa Daryanti bangkit sedemikian terlambat. Kesimpulan apakah yang sempurna dari dongeng di atas?
    a. Karena Daryanti tidak makan pagi, beliau mengalami patah kaki.
    b. Kawan-kawan Daryanti menjenguknya di rumah sakit lantaran ingin tahu mengapa Daryanti terlambat ke sekolah.
    c. Daryanti tidak melihat lubang lantaran bangkit kesiangan.
    d. Daryanti mengalami patah kaki lantaran terlambat tidur pada malam sebelumnya
  24. Film Bundaku Tersayang memecahkan rekor paling banyak ditonton orang. Sementara film Pencuri yang Baik Hati memperoleh 4 buah piala Citra, antara lain sutradara dan tugas utama laki-laki terbaik. Film Rinduku terpaut di Awan tidak ditonton sebanyak orang dibanding film terdahulu, tetapi menerima piala Citra dua lebih banyak dari film Pencuri Yang Baik Hati merupakan film dokumenter terbaik. Manakah film, terbaik menurut piala Citra yang diperolehnya?
    a. Rinduku terpaut di Awan
    b. Pencuri Yang Baik Hati
    c. Bundaku Tersayang
    d. Hatiku-Hatiku
Jawaban:
  1. c. Manchester United
  2. d. Produk Medan dan Produk Makasar lebih murah daripada produk Bontang
  3. b. Ikan kakap merah dan udang
  4. b. Pohon karet
  5. b. A, B, G - D, E, H - C, I, F
  6. c. a dan b bukan di antaranya
  7. a. Kota A dan B
  8. b. Kecelakaan
  9. d. T
  10. b. Richard
  11. d. Pipit, Shinta, Mita, Yeni, Reni
  12. a. Campak
  13. a. Pernyataan tersebut benar
  14. b. Susan
  15. b. Pada iklim subtropis
  16. c. Orang hanya memakan daging belum tentu giginya baik
  17. c. Hari ini tidak ada anak yang tidak bergembira
  18. a. Vinny paling cendekia di antara meraka.
  19. c. Daging impor lebih mahal dari daging lokal
  20. b. Merokok yakni merusak kesehatan
  21. d. Dono, Tedjo, dan Tono
  22. b. Albert
  23. d. Daryanti mengalami patah kaki lantaran terlambat tidur pada malam sebelumnya
  24. a. Rinduku terpaut di Awan

Subscribe to receive free email updates: