Soal Perspektif Global Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Perspektif Global Beserta Jawaban
  1. Secara alamiah, kondisi, dan fisik maupun kehidupan sosial insan dipermukaan bumi beraneka ragam, sehingga secara rasial sanggup dibedakan. Yang termasuk pada ras kuning yakni ....
    a. Negroid
    b. Kaukasoid
    c. Mongoloid
    d. Indian
  2. Menurut Merry M. Marryfield terdapat isu-isu yang terkait dengan persoalan global salah satunya yakni self determination yang berarti ....
    a. Hak rakyat memilih pemerintahan sendiri
    b. Penduduk dan keluarga berencana
    c. Hak asasi manusia
    d. Emigrasi, imigrasi, dan pengungsian
  3. Keterbatasan lapangan pekerjaan di tanah air menimbulkan penduduk Indonesia mencari pekerjaan ke negara Malaysia, masuknya penduduk ke negara tersebut disebut ....
    a. Emigrasi
    b. Transmigrasi
    c. Urbanisasi
    d. Imigrasi
  4. Dalam perkembangan dunia, setiap negara daat digolongkan pada masing-masing golongan tergantung pada tingkat kemampuan menguasai IPTEK dan mengolah sumber daya alam bagi kepentingan kemakmuran penduduknya . Adapun yang termasuk pada golongan negara sedang berkembang yakni ....
    a. Republik Afrika Selatan
    b. Ghana
    c. Ethiopia
    d. Banglades
  5. Bergulirnya globalisasi yang telah merambah diberbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya jenis-jenis makanan yang telah mengglobal yang dikelola oleh perusahaan tingkat dunia yaitu ....
    a. Hanamasa
    b. Pizza Hut
    c. Biskuit
    d. Roti
  6. Kehiduan yang sudah mengglobal ternyata telah menyisakan kemiskinan sampai 40 % dari penduduk dunia yang ada dalam tingkat kemiskinan yang serius, kemiskinan ini menyangkut kebutuhan ....
    a. Pendidikan
    b. Ekonomi
    c. Perumahan
    d. Kendaraan
  7. Bagi masyarakat lapisan bawah yang lemah sangat sukar untuk mendapat perlakuan dan pelayanan HAM-nya secara wajar, hal ini tertuang dalam "Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat dunia" yang disunting oleh ....
    a. Makagiansar
    b. T. Mulya Lubis
    c. Hamijoyo
    d. HAR Tilaar
  8. Dalam kehidupan di abad global bahwa kita harus berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Ungkapan ini dikemukakan oleh ....
    a. Parker dan Jarolimek
    b. Marry M. Marryfield
    c. G. Foley
    d. Bartelmus
  9. Dalam Pemberajaran IPS, penyajian bahan perspektif global tidak akan kehabisan bahan untuk dibahas dan tidak lagi mengalami kesulitan mengingat sumber bahan sanggup diperoleh dari ....
    a. Sekolah
    b. Lingkungan rumah
    c. Tingkat lokal atau global
    d. Bahan bacaan
  10. Dengan berhasilnya perkembangan teknologi, membuktikan bahwa relasi antarkawasan atau negara seolah tidak ada batas lagi. Oleh seorang tokoh hal ini disebut sebagai ....
    a. Perspektif global
    b. Dusun global
    c. Kepemilikan global
    d. Batas global
  11. Secara ideal sumber daya Alam (SDA) sanggup menjamin kesejahteraan masyarakat dan sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya insan (SDM) dalam membuatkan budaya dalam bentuk penerapa IPTEK. Hal ini sesuai dengan pendapat dari ....
    a. Henry J. warman
    b. Emanuel Kant
    c. Mac Cluhan
    d. Muesing
  12. Proses globalisasi yang tidak mengenal batas dan ruang dan batas waktu, faktor utamanya disebabkan oleh ....
    a. Gaya hidup dan acara manusia
    b. Perilaku insan dengan segala akibatnya
    c. Penduduk insan dengan pertumbuhannya
    d. Eksploitasi insan terhadap sumber daya alam
  13. Masyarakat yang mengolah rotan menjadi barang jadi menyerupai kursi, meja bahkan menjadi barang perdagangan luar negeri. Kegiatan ini sanggup dikatakan telah memasuki industri ....
    a. Primer
    b. Sekunder
    c. Tertier
    d. Kuliner
  14. Seorang pakar filsafat yang juga sejarawan dan geografiwan yang mengemukakan bahwa sejarah dan geografi merupakan "ilmu dwitunggal". Tokoh tersebut yakni ....
    a. Emmanuel Kant
    b. Preston E. James
    c. Henry J. Warman
    d. Gerald Foley
  15. Penerapan model pembelajaran perspektif global dengan cara memperhatikan hakikat dasar mental yang menempel pada diri siswa diantaranya yakni ....
    a. Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
    b. Memberi latihan dari yang sederhana ke arah yang kompleks
    c. Mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai fenomena yang kontroversial
    d. Memberi kiprah kepada siswa mulai dari kepatuhan sampai ketepatan waktu
  16. Suatu proses pengajaran aspek konotatif dari konsep-konsep kegiatan merupakan ....
    a. Strategi training konsep
    b. Pembinaan konsep
    c. Penerapan konsep
    d. Evaluasi konsep
  17. Membuat daftar, mengelompokkan menyerupai menciptakan tabel oleh John Jarolimek dimasukkan dalam training konsep tertuang dalam taktik ....
    a. Pertama
    b. Kedua
    c. Ketiga
    d. Keempat
  18. Evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang dilakukan untuk mengungkapkan mutu atau hasil, definisi tersebut dikemukakan oleh ....
    a. John W. Best
    b. Loren Bagus
    c. Alexander Graham Bell
    d. Steiner
  19. Membuat laporan presentasi penerima didik berkenaan dengan hasil pembelajaran yang harus diketahui oleh orang bau tanah masing-masing, hal tersebut termasuk dalam ....
    a. Hakikat evaluasi
    b. Asas evaluasi
    c. Fungsi evaluasi
    d. Tujuan evaluasi
  20. Membuat kisi-kisi tes tertulis dalam rancangan mekanisme dan alat penilaian hasil pembelajaran perspektif global termasuk dalam ....
    a. Tujuan evaluasi
    b. Sasaran evaluasi
    c. Prosedur evaluasi
    d. Alat evaluasi
  21. Kelompok Roma yang telah mencanangkan persoalan keterbatasan kemampuan planet bumi menjamin kehidupan, kalau tidak dilakukan upaya-upaya mengenai pembatasan pertumbuhan penduduk dan menekan kebutuhan hidup sampai batas minimal. Tesisnya populer dengan judul  ....
    a. Perspectives of Global Education
    b. Environment ang Development
    c. The Limit to Growth
    d. New Viewpoints in Geography
  22. Suatu kondidi yang menggambarkan norma dan nilai telah tersusun dalam struktur tata tertib, peraturan, hukum, dan undang-undang tertulis "hitam di atas putih" merupakan ciri negara yang ....
    a. Sangat modern
    b. Modern
    c. Tradisional
    d. Terbelakang
  23. Dalam pembelajaran IPS salah satu yang perlu diperhatikan yakni konteks keruangan. Ada beberapa pengembangan terkait dengan keruangan yaitu ....
    a. Mempertahankan diri
    b. Memperhatikan konteks lingkungan
    c. Membiarkan lingkungan
    d. Merekayasa lingkungan
  24. Pembinaan konsep dalam menanamkan banyak sekali pengertian ihwal perspektif global menyerupai fenomena informasi dan persoalan kontroversial, oleh lantaran itu dalam proses pembelajaran hal ini termasuk dalam ....
    a. Metode yang diterapkan
    b. Strategi yang diterapkan
    c. Media pengajaran yang diterapkan
    d. Teknik penilaian yang diterapkan
  25. Melakukan karyawisata dalam rangka membuatkan kemampuan observasi menemukan realita, dan mengalami pribadi kehidupan bagi siswa, hal tersebut merupakan proses kegiatan pembelajaran dengan menerapkan ....
    a. Evaluasi
    b. Strategi
    c. Media
    d. Metode
Jawaban:
  1. c. Mongoloid
  2. a. Hak rakyat memilih pemerintahan sendiri
  3. d. Imigrasi
  4. a. Republik Afrika Selatan
  5. b. Pizza Hut
  6. c. Perumahan
  7. b. T. Mulya Lubis
  8. a. Parker dan Jarolimek
  9. c. Tingkat lokal atau global
  10. b. Dusun global
  11. a. Henry J. warman
  12. c. Penduduk insan dengan pertumbuhannya
  13. c. Tertier
  14. a. Emmanuel Kant
  15. a. Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
  16. b. Pembinaan konsep
  17. a. Pertama
  18. a. John W. Best
  19. d. Tujuan evaluasi
  20. c. Prosedur evaluasi
  21. c. The Limit to Growth
  22. b. Modern
  23. b. Memperhatikan konteks lingkungan
  24. b. Strategi yang diterapkan
  25. d. Metode

Subscribe to receive free email updates: