Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pendidikan Anak di SD Beserta Jawaban
- Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu menerima proteksi dari segala bentuk kekerasan, contohnya....a. Pasal 19 yang meminta biar Negara melaksanakan banyak sekali cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salahb. Pasal 25 yang meminta biar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, proteksi atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnyac. Pasal 11 perihal Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranyad. Pasal 21 yang membahas perihal hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
- Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan menciptakan pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berafiliasi dengan pendidikan, yaitu pasal....a. 27b. 28c. 29d. 31
- Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun berdasarkan planning Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, sanggup dilihat melalui penyediaan....a. Gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan berguru lainnyab. Tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikanc. Pendidikan nonformal bagi yang belum menerima kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMPd. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan sampai jenjang SMA
- Salah satu pola praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....a. Ibu Tati tidak memakai media alasannya ialah tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaranb. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikanc. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah alasannya ialah ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramukad. Darti berhasil menjadi juara kelas alasannya ialah orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
- Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....a. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswab. Penataan kembali seni administrasi dan mekanisme pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi bahan maupun metode penyampaiannyac. Pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswad. Guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
- Salah satu kiprah guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah ialah mengumpulkan data dan isu perihal anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini sanggup dilakukan dengan cara....a. Berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswab. Memberi kiprah berguru secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil berguru siswac. Berupaya biar setiap siswa mempunyai catatan kumulatif yang berisi perihal perkembangan kegiatan dan hasil berguru siswa dari waktu ke waktud. Bekerja sama dengan anak dalam menciptakan rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
- Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan sanggup dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....a. Tingkat intelegensinya tinggi niscaya kreatifb. Tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatifc. Kreatif harus mempunyai tingkat intelegensi yang tinggid. Kreatif belum tentu mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi
- Kemampuan berpikir kreatif sanggup dikembangkan melalui....a. Memberikan pertanyaan yang berbagi kemampuan berpikir konvergenb. Menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergenc. Meminta anak untuk memecahkan problem kelompok di daerah duduk masing-masingd. Mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
- Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....a. Kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam korelasi kita dengan orang lainb. Dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannyac. Aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta korelasi antara suatu proses pemikiran dengan lingkungand. Kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sesungguhnya dengan cara menahan diri kita
- Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman ialah memotivasi diri sendiri, yaitu....a. Mengatur emosi penting biar seseorang sanggup memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-citab. Menjaga korelasi dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannyac. Mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang sanggup mengganggu stabilitas kehidupan seseorang biar sanggup mencapai keseimbangand. Membaca gejala non lisan dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga bisa menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
- Peran orang bau tanah dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....a. Memberi pemberian atau dukungan saat anak mengalami kesulitan dalam kegiatan berguru ataupun kegiatan sosialnyab. Memberikan kebanggaan saat anak berprestasi dan tidak mencerca anak saat anak tidak berhasilc. Memberikan pola positif dan tantangan positif pada anakd. Memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
- Salah satu perangkat yang diharapkan dalam acara layanan bimbingan dan konseling di SD ialah informasi, berupa....a. Buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karirb. Format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isianc. Buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang bau tanah atau walid. Buku langsung dan map siswa
- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan acara bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....a. Menyediakan pengalaman berguru yang sempurna bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SDb. Mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lainc. Pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan kiprah perkembangan secara efektifd. Cara berguru bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
- Pelaksanaan acara bimbingan dan konseling di SD dari segi kolaborasi sanggup terealisasi melalui....a. Penginterpretasian data hasil tes, kegiatan pengembangan karir dan membantu menemukan kursusb. Menjalin korelasi baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolahc. Memberikan layanan konsultasi atau pesan yang tersirat kepada siswad. Merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus daerah diselenggarakan kelas unggulan
- Salah satu prinsip penilaian acara bimbingan dan konseling di SD berdasarkan pendapat Gibson dan Mitchell adalah....a. Mengulangi presentasib. Menjelaskan ulang kepada pesertac. Mencatat perbedaan kesan inid. Mengevaluasi kegiatan presentasi
- Ciri-ciri yang memperlihatkan bahwa perkembangan adab anak berada pada tahap prakonvensional ialah anak....a. Yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan korelasi yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baikb. Cenderung berperilaku dengan cara mengatur undangan sosialc. Cenderung berdasarkan penilaian atas banyak sekali situasi dan masyarakatd. Menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu sikap berdasarkan konsekuensinya
- Salah satu kebutuhan anak yang sanggup dipenuhi melalui disiplin ialah sanggup menciptakan anak merasa aman, karena....a. Melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosialb. Anak akan berbagi kata hatinya dalam menciptakan keputusanc. Anak berguru mengapa pola sikap tertentu diterima dan mengapa pola sikap lain tidak diterimad. Melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan dihentikan dilakukan
- Pengajaran perihal hal yang baik dan jelek serta alasan mengapa pola sikap diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak mempunyai konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....a. Penghargaanb. Hukumanc. Alat untuk membentuk morald. Konsistensi
- Salah satu kiprah eksekusi dalam menanamkan aturan dan disiplin ialah untuk mendidik anak, dengan cara memperlihatkan hukuman....a. Setiap kali anak melaksanakan kesalahanb. Disertai alasan mengapa orang bau tanah melaksanakan ituc. Fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagid. Dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
- Orang bau tanah dan guru sanggup menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....a. Memberikan hafalan doa harian kepada anakb. Menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masingc. Memperkenalkan banyak sekali hari besar keagamaan kepada anakd. Meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
- Perkembangan sosial bagi anak usia SD sanggup dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan kiprah sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini ialah untuk....a. Membuat anak mengerti mengenai sikap yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnyab. Melatih anak menyukai orang lain dan kegiatan sosialc. Melatih anak mempunyai kiprah dan memahami kiprah yang ada di lingkungan sekitarnyad. Membuat anak mempunyai pembiasaan diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
- Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD berdasarkan Hurlock adalah....a. Acap kali memakai kode-kode belakang layar atau bahasa sandi dalam berkomunikasib. Kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di daerah umumc. Anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebihd. Menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
- Salah satu pola tingkah laris yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya ialah diskriminasi sosial, yaitu....a. Anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknyab. Kecenderungan anak untuk gampang merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhanc. Kecenderungan untuk menciptakan perbedaan antara individu berdasarkan suatu gejala tertentud. Kemampuan untuk memahami arti dari situasi social
- Faktor yang menghipnotis kiprah gender pada anak usia SD dari segi orang bau tanah sanggup terlihat melalui....a. Mendukung anak untuk terlibat dalam kegiatan yang sesuai dengan jenis kelaminnyab. Keyakinan bahwa anak pria lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran senic. Penampilan perempuan di banyak sekali iklan ketimbang pria yang lebih banyakdi bidang olah ragad. Perbedaan sikap atau reaksi pada anak pria yang harus lebih berdikari daripada anak perempuan
- Suatu kondisi dimana anak mempunyai kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....a. Obesitasb. Malnutrisic. Kekurangan makanand. Kekurangan waktu istirahat
Jawaban:
- a. Pasal 19 yang meminta biar Negara melaksanakan banyak sekali cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
- b. 28
- d. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan sampai jenjang SMA
- b. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
- a. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
- c. Berupaya biar setiap siswa mempunyai catatan kumulatif yang berisi perihal perkembangan kegiatan dan hasil berguru siswa dari waktu ke waktu
- d. Kreatif belum tentu mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi
- b. Menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
- a. Kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam korelasi kita dengan orang lain
- a. Mengatur emosi penting biar seseorang sanggup memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
- b. Memberikan kebanggaan saat anak berprestasi dan tidak mencerca anak saat anak tidak berhasil
- a. Buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
- d. Cara berguru bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
- b. Menjalin korelasi baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
- c. Mencatat perbedaan kesan ini
- d. Menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu sikap berdasarkan konsekuensinya
- d. Melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan dihentikan dilakukan
- c. Alat untuk membentuk moral
- b. Disertai alasan mengapa orang bau tanah melaksanakan itu
- d. Meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa
- b. Melatih anak menyukai orang lain dan kegiatan sosial
- a. Acap kali memakai kode-kode belakang layar atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
- c. Kecenderungan untuk menciptakan perbedaan antara individu berdasarkan suatu gejala tertentu
- d. Perbedaan sikap atau reaksi pada anak pria yang harus lebih berdikari daripada anak perempuan
- a. Obesitas