Soal Pendidikan Anak Di Sd Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pendidikan Anak di SD Beserta Jawaban
  1. Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu menerima proteksi dari segala bentuk kekerasan, contohnya....
    a. Pasal 19 yang meminta biar Negara melaksanakan banyak sekali cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
    b. Pasal 25 yang meminta biar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, proteksi atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya
    c. Pasal 11 perihal Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya
    d. Pasal 21 yang membahas perihal hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi
  2. Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan menciptakan pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berafiliasi dengan pendidikan, yaitu pasal....
    a. 27
    b. 28
    c. 29
    d. 31
  3. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun berdasarkan planning Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, sanggup dilihat melalui penyediaan....
    a. Gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan berguru lainnya
    b. Tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan
    c. Pendidikan nonformal bagi yang belum menerima kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
    d. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan sampai jenjang SMA
  4. Salah satu pola praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....
    a. Ibu Tati tidak memakai media alasannya ialah tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
    b. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
    c. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah alasannya ialah ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
    d. Darti berhasil menjadi juara kelas alasannya ialah orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah
  5. Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
    a. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
    b. Penataan kembali seni administrasi dan mekanisme pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi bahan maupun metode penyampaiannya 
    c. Pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
    d. Guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
  6. Salah satu kiprah guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah ialah mengumpulkan data dan isu perihal anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini sanggup dilakukan dengan cara....
    a. Berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
    b. Memberi kiprah berguru secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil berguru siswa
    c. Berupaya biar setiap siswa mempunyai catatan kumulatif yang berisi perihal perkembangan kegiatan dan hasil berguru siswa dari waktu ke waktu
    d. Bekerja sama dengan anak dalam menciptakan rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak
  7. Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan sanggup dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....
    a. Tingkat intelegensinya tinggi niscaya kreatif
    b. Tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
    c. Kreatif harus mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi
    d. Kreatif belum tentu mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi
  8. Kemampuan berpikir kreatif sanggup dikembangkan melalui....
    a. Memberikan pertanyaan yang berbagi kemampuan berpikir konvergen
    b. Menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
    c. Meminta anak untuk memecahkan problem kelompok di daerah duduk masing-masing
    d. Mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa
  9. Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
    a. Kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam korelasi kita dengan orang lain
    b. Dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya
    c. Aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta korelasi antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
    d. Kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sesungguhnya dengan cara menahan diri kita
  10. Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman ialah memotivasi diri sendiri, yaitu....
    a. Mengatur emosi penting biar seseorang sanggup memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
    b. Menjaga korelasi dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya
    c. Mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang sanggup mengganggu stabilitas kehidupan seseorang biar sanggup mencapai keseimbangan
    d. Membaca gejala non lisan dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga bisa menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
  11. Peran orang bau tanah dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
    a. Memberi pemberian atau dukungan saat anak mengalami kesulitan dalam kegiatan berguru ataupun kegiatan sosialnya
    b. Memberikan kebanggaan saat anak berprestasi dan tidak mencerca anak saat anak tidak berhasil
    c. Memberikan pola positif dan tantangan positif pada anak
    d. Memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat
  12. Salah satu perangkat yang diharapkan dalam acara layanan bimbingan dan konseling di SD ialah informasi, berupa....
    a. Buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
    b. Format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
    c. Buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang bau tanah atau wali
    d. Buku langsung dan map siswa
  13. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan acara bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....
    a. Menyediakan pengalaman berguru yang sempurna bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
    b. Mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain
    c. Pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan kiprah perkembangan secara efektif
    d. Cara berguru bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
  14. Pelaksanaan acara bimbingan dan konseling di SD dari segi kolaborasi sanggup terealisasi melalui....
    a. Penginterpretasian data hasil tes, kegiatan pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
    b. Menjalin korelasi baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
    c. Memberikan layanan konsultasi atau pesan yang tersirat kepada siswa
    d. Merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus daerah diselenggarakan kelas unggulan
  15. Salah satu prinsip penilaian acara bimbingan dan konseling di SD berdasarkan pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
    a. Mengulangi presentasi
    b. Menjelaskan ulang kepada peserta
    c. Mencatat perbedaan kesan ini
    d. Mengevaluasi kegiatan presentasi
  16. Ciri-ciri yang memperlihatkan bahwa perkembangan adab anak berada pada tahap prakonvensional ialah anak....
    a. Yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan korelasi yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
    b. Cenderung berperilaku dengan cara mengatur undangan sosial
    c. Cenderung berdasarkan penilaian atas banyak sekali situasi dan masyarakat
    d. Menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu sikap berdasarkan konsekuensinya
  17. Salah satu kebutuhan anak yang sanggup dipenuhi melalui disiplin ialah sanggup menciptakan anak merasa aman, karena....
    a. Melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
    b. Anak akan berbagi kata hatinya dalam menciptakan keputusan
    c. Anak berguru mengapa pola sikap tertentu diterima dan mengapa pola sikap lain tidak diterima
    d. Melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan dihentikan dilakukan
  18. Pengajaran perihal hal yang baik dan jelek serta alasan mengapa pola sikap diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak mempunyai konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
    a. Penghargaan
    b. Hukuman
    c. Alat untuk membentuk moral
    d. Konsistensi
  19. Salah satu kiprah eksekusi dalam menanamkan aturan dan disiplin ialah untuk mendidik anak, dengan cara memperlihatkan hukuman....
    a. Setiap kali anak melaksanakan kesalahan
    b. Disertai alasan mengapa orang bau tanah melaksanakan itu
    c. Fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
    d. Dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
  20. Orang bau tanah dan guru sanggup menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....
    a. Memberikan hafalan doa harian kepada anak
    b. Menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
    c. Memperkenalkan banyak sekali hari besar keagamaan kepada anak
    d. Meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa 
  21. Perkembangan sosial bagi anak usia SD sanggup dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan kiprah sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini ialah untuk....
    a. Membuat anak mengerti mengenai sikap yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
    b. Melatih anak menyukai orang lain dan kegiatan sosial
    c. Melatih anak mempunyai kiprah dan memahami kiprah yang ada di lingkungan sekitarnya
    d. Membuat anak mempunyai pembiasaan diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya
  22. Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD berdasarkan Hurlock adalah....
    a. Acap kali memakai kode-kode belakang layar atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
    b. Kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di daerah umum
    c. Anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
    d. Menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi
  23. Salah satu pola tingkah laris yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya ialah diskriminasi sosial, yaitu....
    a. Anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
    b. Kecenderungan anak untuk gampang merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
    c. Kecenderungan untuk menciptakan perbedaan antara individu berdasarkan suatu gejala tertentu
    d. Kemampuan untuk memahami arti dari situasi social
  24. Faktor yang menghipnotis kiprah gender pada anak usia SD dari segi orang bau tanah sanggup terlihat melalui....
    a. Mendukung anak untuk terlibat dalam kegiatan yang sesuai dengan jenis kelaminnya
    b. Keyakinan bahwa anak pria lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
    c. Penampilan perempuan di banyak sekali iklan ketimbang pria yang lebih banyakdi bidang olah raga
    d. Perbedaan sikap atau reaksi pada anak pria yang harus lebih berdikari daripada anak perempuan
  25. Suatu kondisi dimana anak mempunyai kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
    a. Obesitas
    b. Malnutrisi
    c. Kekurangan makanan
    d. Kekurangan waktu istirahat
Jawaban:
  1. a. Pasal 19 yang meminta biar Negara melaksanakan banyak sekali cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
  2. b. 28
  3. d. Dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan sampai jenjang SMA
  4. b. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
  5. a. Guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
  6. c. Berupaya biar setiap siswa mempunyai catatan kumulatif yang berisi perihal perkembangan kegiatan dan hasil berguru siswa dari waktu ke waktu
  7. d. Kreatif belum tentu mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi
  8. b. Menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
  9. a. Kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam korelasi kita dengan orang lain
  10. a. Mengatur emosi penting biar seseorang sanggup memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
  11. b. Memberikan kebanggaan saat anak berprestasi dan tidak mencerca anak saat anak tidak berhasil
  12. a. Buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
  13. d. Cara berguru bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah
  14. b. Menjalin korelasi baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
  15. c. Mencatat perbedaan kesan ini
  16. d. Menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu sikap berdasarkan konsekuensinya
  17. d. Melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan dihentikan dilakukan
  18. c. Alat untuk membentuk moral
  19. b. Disertai alasan mengapa orang bau tanah melaksanakan itu
  20. d. Meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa 
  21. b. Melatih anak menyukai orang lain dan kegiatan sosial
  22. a. Acap kali memakai kode-kode belakang layar atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
  23. c. Kecenderungan untuk menciptakan perbedaan antara individu berdasarkan suatu gejala tertentu
  24. d. Perbedaan sikap atau reaksi pada anak pria yang harus lebih berdikari daripada anak perempuan
  25. a. Obesitas

Subscribe to receive free email updates: