Soal Pengantar Pendidikan Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pengantar Pendidikan Beserta Jawaban
  1. Salah satu hambatan yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional yaitu ....
    a. Masih rendahnya relevansi pendidikan
    b. Terbatasnya jumlah guru yang bermutu
    c. Masih tingginya angka putus sekolah yang merupakan penggalan dari tantangan
    d. Kurangnya peranan dunia perjuangan dalam pendidikan nasional
  2. Pada awal berdirinya forum pendidikan ini mempunyai tujuh asas pendidikan, kemudian setelah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah menjadi Panca DarmA. Lembaga pendidikan yang dimaksud yaitu ....
    a. Taman Siswa
    b. Muhamadiyah
    c. Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam
    d. Pesanteren Tebu Ireng
  3. Salah satu karakteristik kebudayaan yaitu menyerupai di bawah ini ....
    a. Sistem religi dan upacara keagamaan
    b. Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia
    c. Sebagai suatu komplek acara kelakuan berpola dari manusia
    d. Stabil dan berubah
  4. Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannaA. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
    a. Pranata kebudayaan
    b. Hubungan kebudayaan dan pendidikan
    c. Pendidikan sebagai proses enkulturasi
    d. Pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan
  5. Kelakuan berpola dari insan dalam kebudayaannya yang mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
    a. Pranata kebudayaan
    b. Pendidikan sebagai ekulturasi
    c. Hubungan kebudayaan dan pendidikan
    d. Kepribadian dan kepribadian bangsa
  6. Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun sanggup berlangsung secara efisien dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
    a. Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005
    b. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005
    c. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
    d. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007
  7. Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan lain-lain. Oleh lantaran itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi syarat yang dihentikan ditinggalkan yaitu bahwa kurikulum harus ....
    a. Berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada siswa
    b. Memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai dengan usia mereka masing-masing
    c. Berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA
    d. Bersifat nasional dan bermuatan lokal
  8. Gerakan wajib berguru (wajar) 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya yaitu ....
    a. Meningkatnya standar nasional mutu pendidikan
    b. Terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
    c. Keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi
    d. Relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan keadaan lingkungan dan sosial budaya daerah
  9. Menurut pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, jenis pendidikan ini merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan akseptor didik untuk mempunyai pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu yang setara dengan acara sarjanA. Jenis pendidikan yang dimaksud yaitu pendidikan ....
    a. Umum
    b. Khusus
    c. Akademik
    d. Vokasi
  10. Tidak semua pergaulan maupun efek orang remaja kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
    a. Pengaruh harus diciptakan oleh orang remaja dengan tujuan untuk membuat kedewasaan anak
    b. Harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur relasi dan pergaulan tersebut
    c. Ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa
    d. Memiliki waktu khusus menyerupai layaknya jam berguru di sekolah
  11. Pak Bonar yaitu guru yang populer sangat galak, ia suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi tidak hormat kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah senyum, bawah umur menjadi segan dan hormat kepadanyA. Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jikalau ada apa penyebabnya?
    a. Pak Bonar dihormati siswa lantaran kegalakannya, dan pak Ali dihormati lantaran pendiamnya
    b. Pak Bonar dihormati siswa lantaran ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa lantaran ia guru agama
    c. Dengan pak Bonar anak menjadi takut melaksanakan kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi hirau tak hirau dan masa bodoh
    d. Guru yang dihormati siswa lantaran wibawanya yaitu guru yang memperhatikan dan mencintai siswanya
  12. Pendidikan dianggap bisa mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan gres yang memungkinkan sanggup menyelamatkan insan dimasa depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi kini ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran ....
    a. Behavior
    b. Progresivisme
    c. Humanisme
    d. Psikologi kognitif
  13. Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman insan mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu yaitu pluralistis? Pengalaman itu ....
    a. Terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
    b. Baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang setiap saat
    c. Hidup, dan menuntut pembiasaan dan readaptasi dalam semua perubahan yang terjadi secara terus menerus
    d. Terjadi selama adanya relasi dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan
  14. Pendidikan bertugas memperlihatkan pengetahuan perihal nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan awet yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan perihal pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
    a. Behaviorisme
    b. perenialisme
    c. Nativisme
    d. Konvergensi
  15. Salah satu faktor yang menghipnotis difusi penemuan yaitu komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat menghipnotis proses difusi penemuan yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari komunikasi konvergen yaitu ....
    a. Dilakukan oleh dua individu/kelompok yang mempunyai kesamaan satu sama lain
    b. Saling menghipnotis dan memberikan warta sehingga diperoleh saling pengertian
    c. Dimana partisipan mengembangkan warta untuk mencapai pengertian satu sama lain
    d. Adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan relasi jaringan
  16. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan penemuan pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, akomodasi fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, mekanisme yang digunakan, dan seterusnyA. Dari sistem sosial di atas, pilihlah tanggapan yang paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara faktual membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
    a. Ukuran dan kewilayahan
    b. Kegiatan pemeliharaan terbatas
    c. Fasilitas fisik
    d. Prosedur yang digunakan
  17. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
    a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
    b. Pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
    c. Cara mengatasi hambatan terhadap pelaksanaan penemuan pendidikan
    d. Pendemokrasian pendidikan di Indonesia
  18. Pilihlah pola pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup usang ....
    a. Kursus bahasa Inggris
    b. Kejar Paket A dan Paket B
    c. Secara rutin memanggil andal agama kerumah untuk memberi ceramah perihal agama kepada bawah umur dan keluarga
    d. Kursus komputer dan perbengkelan
  19. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya sanggup menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin supaya sanggup memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru yaitu ....
    a. Semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat akseptor didik
    b. Semua guru harus menguasai banyak sekali kompetensi mengajar
    c. Kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan akseptor didik
    d. Media pembelajaran yang dipakai guru harus sempurna dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa
Jawaban:
  1. b. Terbatasnya jumlah guru yang bermutu
  2. a. Taman Siswa
  3. d. Stabil dan berubah
  4. c. Pendidikan sebagai proses enkulturasi
  5. a. Pranata kebudayaan
  6. c. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
  7. d. Bersifat nasional dan bermuatan lokal
  8. c. Keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi
  9. d. Vokasi
  10. a. Pengaruh harus diciptakan oleh orang remaja dengan tujuan untuk membuat kedewasaan anak
  11. d. Guru yang dihormati siswa lantaran wibawanya yaitu guru yang memperhatikan dan mencintai siswanya
  12. c. Humanisme
  13. d. Terjadi selama adanya relasi dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan
  14. b. perenialisme
  15. d. Adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan relasi jaringan
  16. b. Kegiatan pemeliharaan terbatas
  17. a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
  18. c. Secara rutin memanggil andal agama kerumah untuk memberi ceramah perihal agama kepada bawah umur dan keluarga
  19. a. Semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat akseptor didik

Subscribe to receive free email updates: