Soal PAS Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013 - Berikut ini ialah teladan soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 4 Tema 7 Termin 1 yang sanggup dipelajari oleh siswa-siswi sekolah dasar selaku bekal dalam menghadapi PAT diakhir tahun pelajaran. Soal PAT atau PAS tema 7 kelas 4 ini pun sanggup dijadikan materi acuan bagi para pendidik dalam menyusun soal-soal utamanya soal kelas 4 tema 7 kurikulum 2013. Soal PAT kelas 4 tema 7 termin 1 ini menampung 3 pelajaran yakni PPKn KD 3.4 , Bahasa Indonesia KD 3.7 dan IPA KD 3.3. Berikut ini teladan soal PAT kelas 4 tema 7 mudah-mudahan sanggup bermanfaat.
PPKn KD 3.4
I.Berilah tanda silang (x) pada abjad A, B, C atau D jikalau respon itu benar dan tepat!
1.Keragaman suku bangsa di Indonesia di sebabkan oleh faktor…
A.Keadaan transportasi
B.Perbedaan keadaan alam
C.Kondisi negara kepulauan
D.Sikap penduduk terhadap perubahan
2.Dampak dari Perbedaan keadaan alam di Indonesia adalah..
A.Keragaman Agama
B.Keragaman sosial
C.Keragaman bahasa
D.Keragaman mata pencaharian
3.Suku bangsa yang terdapat di provinsi Bengkulu yaitu…
A.Abung
B.Lebang
C.Rawas
D.Talang mamak
4.Walaupun negara kita memiliki keanekaragaman suku bangsa, sosial, dan budaya tidak menjadi penghalang untuk tetap bersatu. Karena Negara kita memiliki semboyan yang menjadi pemersatu bangsa. Semboyan yang dimaksud yakni ….
A.Ing Madya Mangun Karsa
B.Ing Ngarsa Sung Tulada
C.Tut Wuri Handayani
D.Bhineka tunggal ika
5.Indonesia memiliki keanekaragaman agama. Negara menjamin keleluasaan setiap pemeluk agama untuk menjalankan ibadahnya. Salah satu upaya kita dalam menghargai keberagaman tersebut yakni dengan cara ….
A.melarang oranglain membaca kitab suci agamanya
B.mempengaruhi oranglain biar tidak melaksanakan ibadah
C.mempersilahkan oranglain menjalankan hari raya keagamaanya
D.mempengaruhi oranglain biar mau mengikuti agama yang kita anut
6.Keragaman suku hendaknya menjadi kekayaan bangsa. Untuk itu kita mesti saling ….
A.menghargai
B.berselisih
C.bertengkar
D.bermusuhan
7.Manfaat menjalin kebersamaan dan keberagaman antar suku yakni ….
A.kehidupan akan makin sulit
B.kita akan hidup damai
C.budaya akan tersaingi
D.tidak ada manfaatnya
8.Ada berbagai suku bangsa di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari ….
A.Asia hingga Australia
B.Aceh hingga Irian Jaya
C.Pulau Jawa hingga Bali
D.Sabang hingga Marauke
9.Salah satu upaya untuk melestarikan keanekaragaman budaya Indonesia yakni ….
A.tidak perlu menyelenggarakan kesibukan budaya nasional yang mau mengkonsumsi banyak biaya
B.menjaga kelestarian budaya nasional secara ketat sehingga penduduk luar tidak tahu
C.mengadakan kesibukan pengenalan dan penyebaran budaya nasional terhadap masyarakat
D.menyerahkan kebudayaan nasional terhadap bangsa lain biar kita tidak perlu menjaganya
10.Keragaman budaya di Indonesia sanggup terlihat dari ….
A.kesenian daerahnya
B.jenis pekerjaannya
C.warna pakaiannya
D.film kesukaannya
11.Biasanya tiap tempat memiliki cara tersendiri untuk menghargai budaya daerahnya. Salah satunya yakni ….
A.mengadakan pelatihan ke tempat lain untuk mengenalkan budayanya
B.mengadakan upacara ritual sebagaibentuk rasa syukur terhadap Tuhan YME
C.mengadakan jalan-jalan atau rekreasi keliling ke mancanegara bareng keluarga
D.mengadakan kesibukan resmi menyerupai rapat untuk membicarakan perkembangan daerahnya
II.Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan respon yang sempurna !
12.Indonesia memiliki keanekaragaman agama . Jumlah agama yang diakui di Indonesia yakni ….
13.Sikap toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah ialah pengamalan sila ke ....
14.Perhatikan tabel berikut ini !
NoPernyataan
1Kerja golongan untuk mengakhiri kiprah yang diberikan guru
2Memberikan contekan terhadap teman dekat dikala cobaan sekolah
3Menolong teman dekat yang sedang memerlukan bantuan
4Membantu teman dekat yang lupa menjalankan PR
Contoh sikap hidup rukun ditunjukan oleh nomor ….
III.Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terperinci !
15.Upaya apa yang sanggup kita kerjakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI ?
16.Apa yang mau terjadi jikalau kita tidak menghargai keberagaman sosial budaya ?
Bahasa Indonesia KD 3.7
I.Berilah tanda silang (x) pada abjad A, B, C atau D jikalau respon itu benar dan tepat!
(Teks bacaan untuk soal nomor 17 dan 18)
Suku Bangsa di Indonesia
Sejak dulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tapi semua sanggup hidup rukun berdampingan.
Berdasarkan hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, bangsa Indonesia terdiri atas 1.331 suku. Berdasarkan sensus itu pula, suku bangsa paling besar yakni Suku Jawa yang termasuk 40,2 persen dari penduduk Indonesia. Suku Jawa ini ialah adonan dari suku-suku bangsa di Pulau Jawa, yaitu: Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean, Naga, dan suku-suku lainnya. Suku yang paling sedikit jumlahnya yakni Suku Nias dengan jumlah 1.041.925 jiwa atau cuma 0,44 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Namun, suku-suku Papua yang terdiri atas 466 suku, jumlahnya cuma 2.693.630 jiwa atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan etnis Tionghoa jumlahnya 2.832.510 jiwa atau 1,2 persen penduduk Indonesia.
(Sumber: http://bobo.kidnesia.com. diunduh 1 September 2016)
17.Berdasarkan teks di atas suku paling besar yang ada di Indonesia yakni ….
A.Suku nias
B.Etnis tionghoa
C.Suku jawa
D.Suku papua
18.Pokok pikiran dari paragraf pertama adalah..
A.Keragaman bangsa Indonesia
B.Keragaman suku bangsa di Indonesia
C.Keragaman agama di Indonesia
D.Keragaman adat istiadat di Indonesia
19.Teks bacaan “ Suku Bangsa di Indonesia” adalah..
A.Teks fiksi
B.Dongeng
C.Teks nonfiksi
D.Legenda
20.Perhatikan bacaan berikut !
Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia sekarang ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa meraih 867 bahasa. Selanjutnya Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa.
Ide pokok bacaan tersebut yakni ….
A.Jumlah bahasa terbanyak di dunia
B.Indonesia menempati posisi kedua
C.Papua Nugini menempati posisi pertama
D.Jumlah bahasa Papua Nugini yakni 867 bahasa
21.Perhatikan bacaan berikut !
Bahasa menjadi alat untuk berkomunikasi. Amatilah teman-teman di lingkungan sekitar tempat tinggalmu atau di kelasmu! Bagaimana cara mereka berkomunikasi? Adakah temanmu yang menggunakan dialek atau bahasa berbeda?
Arti kata yang bercetak tebal pada bacaan tersebut yakni ….
A.ragam bahasa yang berbeda-beda
B.bahasa yang diakui oleh bangsa
C.cara berkomunikasi dua arah
D.bahasa pemersatu bangsa
22.Perhatikan bacaan berikut !
Karnaval mini ini ialah upaya edukasi bagi masyarakat. Karnaval ini diperlukan sanggup meneguhkan kesadaran penduduk bahwa di Indonesia ini terdapat keanekaragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari kostum, atribut, dan lambang yang dikenakan para akseptor karnaval.
Kata sukar pada bacaan tersebut yakni ….
A.lambang, akseptor dan upaya
B.karnaval, edukasi dan atribut
C.kostum, terlihat dan karnaval
D.Indonesia, meneguhkan dan suku
23.Perhatikan bacaan berikut !
Indonesia kaya akan seni dan tradisi peninggalan nenek moyang kita. Setiap tempat memiliki kesenian khas. Begitu pula tempat Sumatra Utara suku bangsa Batak di Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uning-uningan. Seni musik uning-uningan ini menggunakan banyak alat musik tradisional Sumatra Utara.
Informasi penting yang terdapat pada bacaan tersebut yakni ….
A.Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uning-uningan
B.Seni dan tradisi ialah peninggalan nenek moyang kita
C.Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional
D.Sumatra Utara berada di sebelah barat Indonesia
24.Perhatikan bacaan berikut !
Kebanyakan akseptor kontes memperlihatkan tari tempat Aceh. Di antara akseptor ada yang memperlihatkan tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa akseptor memperlihatkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Gagasan utama bacaan tersebut yakni ….
A.Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang
B.Peserta ada yang memperlihatkan tari Ranup Lam Puan
C.Kebanyakan akseptor kontes memperlihatkan tari tempat Aceh
D.Ada pula beberapa akseptor memperlihatkan seni tari dari provinsi lain
25.Untuk mencari arti dari kata-kata sulit, sanggup kita gunakan ….
A.Buku paket Pelajaran
B.Buku-buku Cerita anak
C.Buku Pengetahuan Umum
D.Kamus Besar Bahasa Indonesia
26.Kalimat yang menjadi permasalahan atau pokok obrolan disebut ….
A.Kalimat pengembang
B.Kata-kata sulit
C.Gagasan pokok
D.Kalimat penjelas
27.Kegiatan yang sanggup ditangani bareng teman dekat untuk memecahkan sebuah kendala yakni ….
A.diam
B.ngobrol
C.diskusi
D.bercanda
II.Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan respon yang sempurna !
Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 22 dan 23 !
Ki Hajar Dewantara diberi gelar selaku Bapak Pendidikan Indonesia. Pemberian gelar itu ditetapkan pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. Gelar itu diberikan terhadap Ki Hajar Dewantara atas jasa ia merintis pendidikan biasa di Indonesia. Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei ditetapkan selaku Hari Pendidikan Nasional.
Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Nama aslinya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Namun, pada usia 40, ia berubah nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas, lantaran ia ingin erat dengan rakyat.
28.Gelar Bapak Pendidikan Indonesia disematkan terhadap ….
29.Kata yang bercetak tebal memiliki makna ….
30.Kegiatan yang ditangani untuk menemukan sebuah isu terhadap seseorang atau nara sumber disebut ….
31.Untuk mendapat isu penting dari sebuah bacaan, maka kita mesti ….
III.Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terperinci !
32.Perhatikan bacaan berikut !
Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yakni berupa barang tambang. Di wilayah Indonesia terdapat barang tambang minyak dan gas (migas) serta barang tambang nonmigas. Contoh barang tambang nonmigas antara lain emas, perak, tembaga, kerikil bara, bijih besi, nikel, aluminium, intan, pasir besi, dan bauksit.
Tuliskan informasi-informasi penting dari bacaan tersebut !
IPA KD 3.3
I.Berilah tanda silang (x) pada abjad A, B, C atau D jikalau respon itu benar dan tepat!
33.Perhatikan gambar berikut !
Gaya yang diberikan pada gambar tersebut yakni ….
A.gaya gravitasi
B.gaya magnet
C.gaya listrik
D.gaya otot
34.Pernyataan berikut yang mengambarkan adanya gaya gravitasi yakni ….
A.Andi dan teman-teman mendorong kendaraan beroda empat yang mogok
B.Paku-paku tersebut melekat pada magnet
C.Lampu senter menyala dikala dinyalakan
D.Buah kepala yang jatuh dari pohonnya
35.Gaya yang dihasilkan dari aliran listrik yang menyala disebut gaya ….
A.gaya gravitasi
B.gaya magnet
C.gaya listrik
D.gaya otot
36.Ketapel mempergunakan gaya ….
A.gaya gravitasi
B.gaya magnet
C.gaya listrik
D.gaya otot
37.Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada dikala itu terjadi aliran listrik ….
A.diam
B.statis
C.tetap
D.dinamis
38.Energi listrik bermetamorfosis energi cahaya terjadi pada benda berikut yakni ….
A.Kipas angin
B.Majicom
C.Lampu
D.Alarm
39.Perhatikan gambar alat-alat rumah tangga berikut ini !
A B
Bentuk pergantian energi pada gambar tersebut yakni ….
A.perubahan energi dari listrik ke bunyi terjadi pada gambar A dan B
B.perubahan energi dari listrik ke gerak terjadi pada gambar A dan B
C.perubahan energi dari kimia ke panas cuma terjadi pada gambar B
D.Perubahan energi dari listrik ke bunyi cuma terjadi pada gambar A
40.Benda yang sanggup ditarik oleh magnet yakni ….
A.pensil
B.peniti
C.kayu
D.kain
41.Magnet sanggup memukau benda-benda yang yang dibikin dari ….
A.Logam
B.Plastik
C.Serat kain
D.karet
42.Sesuatu yang mengalir dari kutub negatif menuju kutub positif yakni .…
A.Gaya listrik
B.Arus listrik
C.Muatan listrik
D.Medan listrik
43.Bentuk pergantian energi kipas angin yakni dari energi listrik ke ….
A.Energi gesek
B.Energi gerak
C.Energi panas
D.Energi cahaya
44.Bahan terbaik dalam menghasilkan magnet sehingga tidak gampang hilang yakni ….. .
A.Baja
B.Croom
C.Tembaga
D.Alumunium
45.Buah jatuh pada pohon memamerkan terjadinya gaya … .
A.Gravitasi bumi
B.Perubahan gaya
C.Perubahan bentuk benda
D.Perubahan arah
II.Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan respon yang sempurna !
46.Dorongan atau tarikan yang sanggup memunculkan benda bergerak atau berubah bentuk disebut ….
47.Gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi yakni gaya ….
48.Perhatikan gambar berikut ini !
Gbr. Kulkas Gbr. Sepeda Gbr. Solder Timah
1 2 3
Benda yang mempergunakan gaya magnet ditunjukan oleh nomor ….
III.Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terperinci !
49.Tuliskan macam-macam gaya !
50.Perhatikan gambar berikut !
Tuliskan yang terjadi jikalau kedua magnet dihadapkan menyerupai pada gambar tersebut !