Soal Ph Kelas 6 Tema 2 Bahasa Indonesia Kd 3.4 Revisi Kurikulum 2013

Soal PH Kelas 6 Tema 2 Bahasa Indonesia KD 3.4 Revisi Kurikulum 2013 - Berikut ini merupakan pola soal Penilaian Harian atau Ulangan Harian (PH) Kelas 6 Tema 2 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan faktor : apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Soal ini disusun menurut kompetensi dasar yang sudah ditetapkan dan ditujukan biar siswa-siswi terutama kelas 6 sekolah dasar lebih mengerti bahan tersebut.
Berikut ini merupakan pola soal Penilaian Harian atau Ulangan Harian  Soal PH Kelas 6 Tema 2 Bahasa Indonesia KD 3.4 Revisi Kurikulum 2013
Berikut ini pola soal PH Kelas 6 Tema 2 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4 Revisi Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

1. Achmad Soebarjo lahir di Karawang, 23 Maret 1896 dan wafat pada 15 Desember 1978. Achmad Soebardjo menjabat selaku Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Achmad Soebardjo merupakan perwakilan dari kalangan renta pada di saat proklamasi. Beliau ikut menyusun rancangan teks proklamasi bareng Bung Karno dan Bung Hatta.
Pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf tersebut merupakan .... 
a. Mengapa Achmad Soebardjo terpilih selaku Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama?
b. Bagaimana tugas Achmad Soebardjo di saat menjadi Menteri Luar Negeri?
c. Di mana Achmad Soebardjo meninggal?
d. Apa tugas Achmad Soebardjo dalam merencanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia?

2. Jepang memang prospektif kemerdekaan bagi Indonesia. Namun, para perjaka mengharapkan proklamasi kemerdekaan tidak dicampuri oleh Jepang. Oleh alasannya merupakan itu, perjaka memaksa Soekarno untuk secepatnya memproklamasikan kemerdekaan biar tidak terpengaruh oleh Jepang. Pemuda ingin menyediakan bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hasil usaha bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan hasil dari pinjaman bangsa asing. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menandakan kesuksesan bangsa Indonesia menghalau penjajah.
Informasi penting yang terdapat pada paragraf tersebut merupakan .... 
a. bangsa Indonesia memerlukan ratifikasi dari bangsa Jepang
b. bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mandiri
c. bangsa Indonesia mengharapkan kemerdekaan dari Jepang
d. bangsa Indonesia lahir dari penjajah Jepang

3.Bandung lautan api merupakan peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut dilatarbelakangi impian untuk menghambat prajurit Sekutu dan NICA Belanda memicu Kota Bandung selaku markas seni administrasi militer. Dalam waktu tujuh jam, 200 penduduk Bandung memperabukan rumah dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung. 
Jawaban yang sempurna dari kata tanya mengapa sesuai teks tersebut merupakan .... 
a. Bandung lautan api merupakan peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung.
b. Peristiwa Bandung Lautan Api dijalankan oleh 200 ribu penduduk Bandung.
c. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada 23 Maret 1946.
d. Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi untuk menghambat prajurit Sekutu dan NICA Belanda memicu Kota Bandung selaku markas seni administrasi militer

4. Bandung lautan api merupakan peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut dilatarbelakangi impian untuk menghambat prajurit Sekutu dan NICA Belanda memicu Kota Bandung selaku markas seni administrasi militer. Dalam waktu tujuh jam, 200 penduduk Bandung memperabukan rumah dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan Bandung. . Pertanyaan berikut yang jawabannya tidak cocok dengan isi teks merupakan ....
a. Kapan peristiwa Bandung Lautan Api terjadi?
b. Siapa yang memimpin peristiwa Bandung Lautan Api?
c. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Bandung Lautan Api?
d. Bagaimana terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api?

5. Perhatikan teks sejarah berikut!Latar belakang para jagoan kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para jagoan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kesanggupan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula yang memiliki kesanggupan perundingan atau orasi. Perbedaan kemampuan tersebut mereka pakai untuk tujuan menggapai kemerdekaan Indonesia.
Informasi penting paragraf pada teks sejarah tersebut merupakan .… 
a. perbedaan latar belakang para jagoan kemerdekaan
b. tujuan para jagoan kemerdekaan
c. kesanggupan setiap jagoan kemerdekaan
d. upaya meraih kemerdekaan Indonesia

6.B.M. Diah menyimpan naskah orisinil proklamasi selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Naskah tersebut lalu dikembalikan terhadap bangsa Indonesia. B.M. Diah menyerahkan naskah orisinil proklamasi terhadap Presiden Soeharto pada Selasa, 19 Mei 1992. Naskah orisinil proklamasi lalu disimpan di Arsip Nasional RI, Jakarta. Berkat B.M. Diah, sekarang bangsa Indonesia sanggup menyaksikan naskah orisinil proklamasi.
Kalimat tanya yang tepat isi teks sejarah tersebut merupakan .... 
a. Bagaimana B.M. Diah mendapatkan naskah orisinil proklamasi?
b. Berapa usang B.M. Diah menyimpan naskah orisinil proklamasi?
c. Mengapa B.M. Diah menyimpan naskah orisinil proklamasi?
d. Apa yang melatarbelakangi B.M. Diah menyerahkan naskah orisinil proklamasi terhadap Presiden Soeharto?

7. Perhatikan teks sejarah berikut!B.M. Diah menyimpan naskah orisinil proklamasi selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Naskah tersebut lalu dikembalikan terhadap bangsa Indonesia. B.M. Diah menyerahkan naskah orisinil proklamasi terhadap Presiden Soeharto pada Selasa, 19 Mei 1992. Naskah orisinil proklamasi lalu disimpan di Arsip Nasional RI, Jakarta. Berkat B.M. Diah, sekarang bangsa Indonesia sanggup menyaksikan naskah orisinil proklamasi.
Kalimat tanya yang tepat isi teks sejarah tersebut merupakan .... 
a. Bagaimana B.M. Diah mendapatkan naskah orisinil proklamasi?
b. Berapa usang B.M. Diah menyimpan naskah orisinil proklamasi?
c. Mengapa B.M. Diah menyimpan naskah orisinil proklamasi?
d. Apa yang melatarbelakangi B.M. Diah menyerahkan naskah orisinil proklamasi terhadap PresidenSoeharto?

8. Perhatikan teks sejarah berikut!Di Indonesia terdapat peribahasa "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." Peribahasa tersebut berarti mendalam bagi bangsa Indonesia. Apabila kita bersatu, kita akan menjadi bangsa yang kuat. Namun apabila kita terpecah belah, kita akan hancur. Peribahasa tersebut sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman. 
Kata tidak baku pada teks sejarah tersebut merupakan .... 
a. peribahasa
b. keperibadian
c. keberagaman
d. bercerai

9. Perhatikan teks sejarah berikut!Di Indonesia terdapat peribahasa "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." Peribahasa tersebut berarti mendalam bagi bangsa Indonesia. Apabila kita bersatu, kita akan menjadi bangsa yang kuat. Namun apabila kita terpecah belah, kita akan hancur. Peribahasa tersebut sesuai dengan keperibadian bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman. 
Informasi menurut faktor siapa pada teks tersebut merupakan .... 
a. Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih pertama kali dibentuk oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno.
b. Warna merah dan putih pada bendera bangsa Indonesia saling melengkapi lantaran merah berarti berani dan melambangkan badan manusia, sedangkan putih berarti suci dan
melambangkan jiwa manusia.
c. Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih terakhir dikibarkan tahun 1968 lantaran usianya sudah tua. Untuk mengambil alih bendera pusaka, pemerintah menghasilkan duplikat dengan ukuran 300 × 200 cm.
d. Sejak tahun 1946 hingga 1968, Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih cuma dikibarkan di saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia.

10. Perhatikan teks sejarah berikut!Latar belakang para jagoan kemerdekaan Indonesia berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak melemahkan semangat mereka untuk bersatu melawan penjajah. Para jagoan memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kesanggupan menggunakan senjata dan bela diri. Ada pula yang memiliki kesanggupan perundingan atau orasi. Perbedaan kemampuan tersebut mereka pakai untuk tujuan menggapai kemerdekaan Indonesia.
Informasi penting paragraf pada teks sejarah tersebut merupakan .... 
a. perbedaan latar belakang para jagoan kemerdekaan
b. tujuan para jagoan kemerdekaan
c. kesanggupan setiap jagoan kemerdekaan
d. upaya meraih kemerdekaan Indonesia

Subscribe to receive free email updates: