Bank Soal Pkn Kelas 5 Semester 2 Ktsp

Bank Soal PKn Kelas 5 Semester 2 KTSP - Berikut ini ialah pola soal formatif atau soal ulangan harian mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas 5 semester 2 KTSP yang dibentuk untuk menguji pemaham-pemahaman terkait bahan dalam pelajaran tersebut.

Soal Ulangan Harian PKn Kelas 5 Semester 2 ini disusun menurut Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang sudah ditetapkan dalam KTSP. Bank Soal ini sudah dilengkapi oleh kunci jawaban. Semoga Bank Soal PKn Kelas 5 ini sanggup berfaedah bagi semua.

 Berikut ini ialah pola soal formatif atau soal ulangan harian mata pelajaran Pendid Bank Soal PKn Kelas 5 Semester 2 KTSP

SOAL EVALUASI KE I

Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas  / Semester : V / II
Hari / Tanggal      : ......................................

Standar Kompetensi :
3. Memahami keleluasaan berorganisasi

Kompetensi Dasar :
3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi
3.2 Menyebutkan pola organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
3.3 Menampilkan tugas serta dalam menentukan organisasi di sekolah

Bentuk Soal :
Pilihan Ganda dan Isian

A. Berilah tanda silang (x) pada karakter A, B, C atau D didepan respon yang paling benar !

1. Semua acara dalam organisasi berusaha untuk meraih … bersama.
A. keuntungan
B. tujuan
C. kekayaan
D. kejayaan

2. Susunan pengelola dalam suatu organisasi terdiri atas …..
A. ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi
B. ketua, penasihat, dan anggota
C. sekretaris, bendahara, dan anggota
D. ketua, bendahara, dan seksi-seksi

3. Pengurus organisasi yang diserahi pekerjaan mengelola kendala keuangan disebut …..
A. ketua
B. wakil ketua
C. bendahara
D. sekretaris

4. Pemilihan pengelola organisasi lewat penunjukan pribadi disebut ….
A. aklamasi
B. proklamasi
C. komunikasi
D. instruksi

5. Sekolah ialah salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang ….
A. perekonomian
B. sosial
C. pendidikan
D. kebudayaan

6. Anggota komite sekolah terdiri atas wali murid dan ….
A. kepala sekolah
B. para siswa
C. tokoh masyarakat
D. guru kelas

7. Organisasi yang menertibkan tertibnya tatanan penduduk yakni ….
A. koperasi
B. sekolah
C. RT/RW
D. puskesmas

8. Warga penduduk bergabung dalam organisasi desa untuk menyanggupi kebutuhannya selaku ....
A. makhluk pribadi
B. makhluk sosial
C. makhluk ciptaan Tuhan
D. makhluk hidup

9. Salah satu organisasi kepemudaan di desa yakni ….
A. pramuka
B. PKK
C. posyandu
D. karang taruna

10. Rumah sakit tergolong organisasi yang bergerak di bidang ....
A. perdagangan
B. politik
C. kesehatan
D. perindustrian

B. Isilah titik-titik dengan respon yang singkat dan sempurna pada pertanyaan berikut ini !
  1. Suatu asosiasi yang terdiri atas beberapa orang dan saling kolaborasi untuk meraih tujuan disebut …. (Organisasi)
  2. Ciri-ciri suatu organisasi yakni …. (memiliki tujuan yang jelas)
  3. Pengurus organisasi yang diserahi pekerjaan surat menyurat disebut …. (sekretaris)
  4. Pemilihan pengelola organisasi selain lewat penunjukan pribadi yakni …. (voting)
  5. Tujuan organisasi sekolah yakni …. (untuk mencerdaskan kehidupan bangsa) 
  6. Contoh organisasi di lingkungan penduduk antara lain …. (Posyandu, Karang Taruna, PKK dan lain-lain)
  7. Bunyi Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 E ayat (3) yakni …. (Setiap orang berhak atas keleluasaan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat)
  8. Tujuan organisasi desa yakni …. (untuk menertibkan kehidupan penduduk agar hidup tertib sesuai dengan peraturan yang berlaku di lingkungannya)
  9. Seseorang berhak menentukan organisasi sesuai dengan …. (minat dan bakat)
  10. Tujuan suatu organisasi dilarang berlainan dengan …. (UUD 1945 dan Pancasila)

SOAL EVALUASI KE II

Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas  / Semester : V / II
Hari / Tanggal      : ......................................

Standar Kompetensi :
4. Menghargai keputusan bersama

Kompetensi Dasar :
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan  bersama
4.2 Mematuhi keputusan bersama

Bentuk Soal :
Pilihan Ganda dan Isian

A. Berilah tanda silang (x) pada karakter A, B, C atau D didepan respon yang paling benar !

1. Segala putusan yang sudah ditetapkan lewat banyak sekali pertimbangan disebut ....
A. peraturan
B. keputusan
C. pendapat
D. kesepakatan

2. Cara terbaik dalam mengakhiri kendala bareng yakni ....
A. musyawarah
B. bertengkar
C. berdebat
D. diam saja

3. Semua hasil keputusan musyawarah mesti dilaksanakan dengan ....
A. hati gelisah
B. senang hati
C. keterpaksaan
D. penuh tanggung jawab

4. Pengambilan keputusan menurut bunyi terbanyak disebut juga ....
A. musyawarah
B. voting
C. pemungutan suara
D. pemilu

5. Musyawarah mufakat merefleksikan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila, khususnya sila ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

6. Ada dua jenis keputusan, yakni ....
A. keputusan pemerintah dan keputusan daerah
B. keputusan pribadi dan keputusan teman
C. keputusan sendiri dan keputusan orang lain
D. keputusan pribadi dan keputusan bersama

7. Jika pengambilan keputusan tidak sanggup dijalankan dengan musyawarah mufakat maka ditempuh dengan jalan ....
A. suara terbanyak
B. perdamaian
C. berdasarkan ketetapan ketua
D. berdasarkan usulan para tokoh

8. Pelanggaran kepada hasil keputusan bareng sanggup merugikan ... .
A. diri sendiri
B. diri sendiri dan orang lain
C. orang lain
D. orang bau tanah kita

9. Sebelum mengambil keputusan, yang mesti kita kerjakan yakni ....
A. mendengarkan dampak dari orang lain
B. tidak perlu berpikir panjang
C. mempertimbangkan baik dan buruknya
D. mendengarkan pesan tersirat teman

10. Musyawarah kelas umumnya dipimpin oleh ....
A. ayah
B. ibu
C. kakak
D. guru

B. Isilah titik-titik dengan respon yang singkat dan sempurna pada pertanyaan berikut ini !
  1. Keputusan bareng yakni …. (segala sesuatu yang sudah disepakati bareng untuk dijalankan bersama)
  2. Pembahasan bareng dengan maksud meraih keputusan atas solusi kendala disebut …. (musyawarah mufakat)
  3. Keputusan yang diambil secara musyawarah mufakat sanggup bikin puas semua pihak dan tidak akan memicu persoalan, alasannya …. (telah disepakati bersama)
  4. Kita mesti mau menemukan hasil keputusan dan mau melaksanakannya dengan …. (penuh tanggung jawab dan lapang dada)
  5. Agar di dalam keluarga tidak ada perkelahian maka dalam menentukan segala sesuatu mesti lewat …. (keputusan bersama)
  6. Sistem keselamatan lingkungan disebut …. (siskamling)
  7. Kita mesti mau menemukan kritik, usul, dan rekomendasi dengan perilaku …. (terbuka)
  8. Keputusan bareng dibentuk kalau keputusan tersebut menyangkut …. (permasalahan bersama)
  9. Kebersihan lingkungan rumah yakni tanggung jawab …. (keluarga)
  10. Kita mesti memprioritaskan kepentingan bareng ketimbang …. (kepentingan pribadi)

Setelah menjalankan Tes formatif Soal PKn Kelas 5 Semester 2 KTSP ini, silahkan untuk menganalisis hasil respon siswa. Silahkan download pola Format Analisis Soal Ulangan Harian berikut ini
 Berikut ini ialah pola soal formatif atau soal ulangan harian mata pelajaran Pendid Bank Soal PKn Kelas 5 Semester 2 KTSP

Subscribe to receive free email updates: