Belajar Bedah Kisi-Kisi Un

Pada postingan kali ini saya akan menyebarkan wawasan saya wacana bagaimana cara belajar membedah Kisi-kisi Ujian Nasional (UN). Semoga postingan ini berharga bagi pendidik maupun penerima didik selaku bekal atau antisipasi dalam mengerjakan UN. 

Pemerintah menampilkan kisi-kisi UN yang nantinya digunakan selaku contoh pendidik, penyelenggara atau tim dalam pengerjaan latihan soal-soal tryout tingkat kecamatan/kota/provinsi. Pada peluang ini saya akan menjajal mencontohkan cara Belajar Bedah Kisi-kisi UN IPA. Langsung aja kita simak pembahasan singkat berikut ini.

 Pada postingan kali ini saya akan menyebarkan wawasan saya wacana bagaimana cara Belajar Bedah Kisi-kisi UN

Membuat soal latihan tryout menurut Kisi-kisi UN IPA tidak terlampau susah asalkan kita mengerti maksud dari bahan yang diinginkan. Hal pertama yang ditangani telah niscaya mesti memiliki kisi-kisi UN apalagi dahulu. Jika belum memiliki Kisi-kisi UN silahkan klik link berikut ini.


Dalam membedah kisi-kisi UN, hal pertama yang mesti kita amati merupakan INDIKATOR bahan soal.  Saya ambil contoh Indikator 1 bahan IPA selaku berikut.

 Pada postingan kali ini saya akan menyebarkan wawasan saya wacana bagaimana cara Belajar Bedah Kisi-kisi UN
  • Kata Mengidentifikasi yang dilingkari warna biru merupakan TUJUAN yang dijadi contoh dalam pengerjaan soalKata Mengidentifikasi merupakan suatu kerja keras untuk mengenali sesuatu.
  • Sedangkan kalimat yang dilingkari warna merah merupakan MATERI yang mesti kalian ketahui.
Saya berikan citra soal selaku berikut
INDIKATOR : Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup dilingkungan tertentu

MATERI SOAL
1. Mawar
Tanaman mawar memiliki bunga yang indah. Namun, berhati-hatilah kalau ingin memetiknya. Sebab, kalian bisa terkena duri-durinya yang tajam. Duri pada batang merupakan ciri khusus yang dimiliki tumbuhan mawar. Duri tersebut berfungsi melindungi diri dari musuh. Musuh yang mendekat akan terkena duri tajam mawar.
Ciri-ciri khusus pada tumbuhan

2. Kaktus
Kaktus hidup di tempat yang kering. Oleh alasannya itu, tumbuhan ini dikelompokkan ke dalam tumbuhan xerofit. Untuk sanggup tetap hidup di tempat yang kering, kaktus memiliki ciri khusus selaku berikut. Akar kaktus lazimnya panjang. Akar menyerupai ini memungkinkan kaktus mencari air sebanyak mungkin. Ciri khusus yang lain yakni daunnya yang berupa duri. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir proses penguapan air dari dalam tubuhnya. Tempat fotosintesis digantikan oleh batang. Batang kaktus memiliki klorofil untuk sanggup mengerjakan fotosintesis. Selain itu, batang kaktus menjadi besar dan menggembung. Tujuannya untuk menyimpan cadangan air.

3. Teratai
Teratai biasanya hidup terapung di bak atau danau. Daun teratai lebar dan tipis, sehingga memudahkan penguapan air dari tumbuhan tersebut dan perembesan cahaya matahari. Batang dan akar teratai memiliki rongga-rongga udara. Rongga-rongga ini berfungsi menenteng oksigen ke batang dan akar sehingga teratai sanggup bernapas meskipun batang dan daun akar terendam dalam air.

4. Putri Malu
Putri aib memiliki daun yang sanggup mengatup apabila disentuh. Dahannya halus, bercabang dan berduri tajam. Namun, letak durinya jarang. Duri tersebut digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Jika tumbuhan putri aib dipotong, umbinya sanggup bersemi. Bahkan, batangnya yang diiris pun bisa menumbuhkan akar baru. Selanjutnya, akar tersebut berkembang selaku tumbuhan baru.

5. Kantung Semar
Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berupa menyerupai piala. Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk menarik serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh badan kantung semar. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan khas yang ada di daerah rawa-rawa. Daerah ini memiliki kandungan nitrogen yang sedikit sehingga tidak memadai keperluan tumbuhan yang hidup di sana. Untuk menyanggupi kebutuhannya kantung semar sungguh bergantung pada serangga selaku makanannya alasannya serangga mengandung banyak nitrogen.

6. Rafflesia Arnoldi
Tumbuhan Rafflesia arnoldi yang merupakan tumbuhan langka bunganya berbau bangkai. Bau bunga ini untuk memukau perhatian lalat. Lalat diperlukan oleh bunga Rafflesia untuk menolong terjadinya penyerbukan.

Yang mesti kalian pahami adalah Identifikasi ciri khusus tumbuhan
Tumbuhan teratai memiliki ciri khusus yakni batang yang berongga berfungsi menenteng oksigen

CONTOH SOAL
Tumbuhan teratai memiliki batang berongga yang berfungsi untuk ….
A. menenteng oksigen
B. memudahkan penguapan
C. memudahkan mengapung di air
D. menyimpan kuliner cadangan

Tumbuhan kaktus memiliki ciri khusus yakni daun yang berupa menyerupai duri berfungsi untuk meminimalisir proses penguapan air dari dalam tubuhnya

CONTOH SOAL
Daun pada tumbuhan kaktus berupa menyerupai duri yang berfungsi untuk ....
A. memudahkan penguapan
B. meminimalisir proses penguapan
C. menyimpan cadangan makanan
D. mencari air sebanyak mungkin

Jika telah faham silahkan anda menjajal menghasilkan soal sendiri menurut kisi-kisi acuannya. Semoga postingan ini sanggup berharga bagi semua.

Subscribe to receive free email updates: