Bank Soal Ulangan Harian Ipa Kelas 6 Semester 1

Bank Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Semester 1 - Berikut ini ialah kumpulan bank soal ulangan harian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 6 semester 1 yang dibentuk untuk menguji pemaham-pemahaman terkait materi yang termuat pada pelajaran IPA kelas 6 semester 1.

Soal ulangan harian IPA kelas 6 semester 1 ini disusun secara lengkap sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang sudah ditetapkan. 
 Berikut ini ialah kumpulan bank soal ulangan harian Ilmu Pengetahuan Alam  Bank Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Semester 1

SOAL EVALUASI KE I

Mata Pelajaran : IPA
Kelas  / Semester : VI / I
Hari / Tanggal         : ……………………………………..

Standar Kompetensi :
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Memahami kekerabatan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan kawasan hidupnya

Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan kekerabatan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki binatang (kelelawar, cicak, bebek)  dan  lingkungan hidupnya
1.2 Mendeskripsikan  hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki flora  (kaktus, flora pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas

A. Pilihlah respon yang benar !

1. Makhluk hidup yang memiliki kaki yang beralur pararel dan lengket untuk merayap di dinding yakni ....
a. bunglon
b. cicak
c. kadal
d. iguana

2. Punuk unta berfungsi untuk ....
a. cadangan air dan makanan
b. melindungi dari panas matahari
c. melindungi dari debu
d. supaya sanggup berlangsung di gurun pasir

3. Kemampuan mahluk hidup untuk menyeleksi kondisi di sekitarnya dengan menggunakan bunyi pantul disebut ....
a. adaptasi
b. ekolokasi
c. mimikri
d. iritabilita

4. Berikut ciri khusus teratai untuk menyesuaikan diri di lingkungan air, kecuali ....
a. berdaun lebar
b. batang berongga-rongga
c. batang menggembung berisi cadangan air
d. akar menambat di dasar air

5. Daun pada kaktus berubah bentuk menjadi duri berencana untuk ....
a. memperbanyak penguapan
b. menyimpan air
c. mencari air
d. meminimalisir penguapan

6. Kelelawar memiliki kesanggupan dalam metode sonar dengan mempergunakan bunyi ....
a. supersonic
b. audiosonik
c. infrasonik
d. ultrasonik

7. Tujuan kantung semar menangkap serangga yakni menyanggupi keperluan zat ....
a. hydrogen
b. nitrogen
c. oksigen
d. karbohidrat

8. Agar sanggup menyimpan cadangan air, flora kaktus memiliki ciri khusus, yakni ....
a. daun berupa duri
b. akar pendek
c. akar panjang
d. batang menggembung

9. Untuk menangkap mangsanya cicak memiliki ciri khusus, yakni ....
a. kaki beralur dan lengket
b. merubah warna kulit
c. pengecap panjang dan lengket
d. menentukan ekornya

10. Berikut ciri khusus yang dimiliki bebek, kecuali ....
a. memiliki lapisan minyak pada bulunya
b. memiliki selaput di antara jari kakinya
c. memiliki paruh yang pendek dan agak lebar
d. meningkat biak dengan cara bertelur

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

1. Jelaskan tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!
2. Mengapa teratai memiliki batang yang berongga? Jelaskan!
3. Sebutkan ciri-ciri khusus pada unta!
4. Mengapa kelelawar sanggup melayang pada malam hari? Jelaskan!
5. Jelaskan ciri khusus yang dimiliki kantung semar!

SOAL EVALUASI KE II

Mata Pelajaran : IPA
Kelas  / Semester : VI / I
Hari / Tanggal         : ……………………………………..

Standar Kompetensi :
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

Kompetensi Dasar :
2.1 Mendeskripsikan pertumbuhan dan pertumbuhan insan dari bayi hingga lanjut usia
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri  perkembangan fisik anak pria dan perempuan
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan flora dan hewan
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia

Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas

A. Pilihlah respon yang benar !

1. Perkembangbiakkan secara kawin disebut juga ….
a. vegegatif
b. generatif
  c. regenerasi
  d. membelah diri

2. Mahkluk hidup saban hari semakin marak lantaran ….
a. hidup dan tumbuh
b. berkembangbiak
  c. peka kepada rangsangan
  d. berkembang dan bergerak

3. Bawang merah meningkat biak dengan ....
a. umbi akar
b. umbi batang
c. umbi lapis
d. tunas

4. Tahapan makhluk hidup menuju kedewasaan dimulai pada masa ….
a. embrio
b. janin
  c. zigot
  d. pubertas

5. Berikut pergantian fisik ada laki-laki, kecuali ….
a. bunyi membesar
b. berkembang kumis
  c. panggul membesar
  d. berkembang jakun

6. Salah satu ciri sederhana binatang yang meningkat biak dengan cara ovipar yakni ….
a. menyusui anaknya
b. tidak berdaun telinga
  c. hidup di dua alam
d. mengalami metamorfosis

7. Tanaman pada gambar di samping, meningkat biak menggunakan ....
a. tunas adventif
b. geragih
c. setek
d. umbi lapis

8. Perkembangbiakan yang dijalankan dengan cara menempelkan kulit yang  bertunas pada batang pohon induk disebut ….
a. mencangkok
b. menyetek
c. okulasi
d. kopulasi

9. Pernyataan yang salah wacana perkembangbiakkan flora yakni ….
a. suplir meningkat biak dengan tunas
b. mangga meningkat biak dengan biji
c. cocor angsa bertunas dengan tunas adventif
d. pisang meningkat biak dengan tunas

10. Di bawah ialah laba perkembangbiakkan secara vegetatif, kecuali ….
a. tidak usah menanti hingga pohon itu berbuah
b. cepat berbuah dan memberi hasil
c. sifatnya sama dengan induknya
d. tidak tahan kepada hama

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

1. Apa yang dimaksud dengan meningkat biak!
2. Gambarkan dan tuliskan bagian-bagian bunga lengkap!
3. Jelaskan macam-macam penyebukan!
4. Sebutkan perubahan-perubahan fisik pada pria dan wanita pada masa pubertas!
5. Jelaskan ciri-ciri binatang bertelur (ovipar)!

SOAL EVALUASI KE III

Mata Pelajaran : IPA
Kelas  / Semester : VI / I
Hari / Tanggal         : ……………………………………..

Standar Kompetensi :
3. Memahami  pengaruh acara insan kepada keseimbangan lingkungan

Kompetensi Dasar :
3.1 Mengidentifikasi acara insan yang sanggup mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3.2 Mengidentifikasi belahan flora yang sering dimanfaatkan insan yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.3 Mengidentifikasi belahan badan binatang yang sering dimanfaatkan insan yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan

Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Isian

A. Pilihlah respon yang benar !

1. Tempat tinggal makhluk hidup disebut ....
  a. komunitas
  b. populasi
  c. habitat
  d. ekosistem

2. Hewan yang dikejar untuk dimanfaatkan atau diambil culanya yakni ....
a. gajah
b. harimau
  c. badak
  d. rusa

3. Berikut yang tergolong aspek abiotik dalam ekosistem, kecuali ....
a. udara
b. tanah
  c. air
  d. sawah

4. Zat kimia yang digunakan petani untuk menyuburkan tumbuhan yakni ....
a. pestisida
b. pupuk
  c. formalin
  d. DDT

5. Perhatikan gambar berikut!
(Gambar Badak)
Bagian badan yang diambil dari binatang tersebut yakni ….
a. kaki
b. daging
c. cula
d. kulit

6. Tumbuhan yang banyak dimanfaatkan lantaran tekstur kayunya manis yakni ....
a. cendana
b. jambu
  c. jati
  d. pinus

7. Jenis flora yang sering digunakan insan untuk menghasilkan materi bangunan, meja dan dingklik yakni ….
a. jati
b. jambu
  c. bambu
  d. padi

8. Berikut ini jenis flora yang tergolong langka yakni ….
a. jambu air
b. rambutan
c. durian
d. raflesia

9. Berikut ini akhir buruk yang ditimbulkan oleh penebangan hutan secara liar yakni ….
a. tersedia air bersih
b. banyak tersedia kayu
c. harga kayu murah
  d. terjadi tanah longsor

10. Hewan menjadi langka lantaran hal-hal berikut, kecuali….
a. banyak pemangsanya
b. sedikit beranak
  c. dikejar manusia
  d. tidak sanggup terbang

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

1. Jelaskan pergantian lingkungan yang terjadi secara alami!
2. Apa yang dimaksud dengan ekosistem?
3. Jelaskan pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk secara berlebihan!
4. Jelaskan bagian-bagian badan binatang yang sering dimanfaatkan sehingga mengarah pada pemusnahan jenis tertentu!
5. Apa yang dimaksud dengan keseimbangan alam?

SOAL EVALUASI KE IV

Mata Pelajaran : IPA
Kelas  / Semester : VI / I
Hari / Tanggal         : ……………………………………..

Standar Kompetensi :
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk menangkal kepunahan

Kompetensi Dasar :
4.1 Mengidentifikasi jenis binatang dan flora yang mendekati  kepunahan
4.2 Mendeskripsikan  pentingnya pelestarian jenis makhluk  hidup untuk pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat

Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas

A. Pilihlah respon yang benar !

1. Pohon cendana ialah flora khas dari provinsi ....
a. NTB
b. NTT
  c. Papua
  d. Bali

2. Berikut ialah penyebab punahnya cendrawasih di Papua, kecuali ....
a. penebangan hutan
b. makin maraknya penangkapan
c. sifat reproduksinya lamban
d. perpindahan kawasan hidup Cendrawasih

3. Lingkungan yang ditempati makhluk hidup untuk melakukan acara hidupnya menyerupai mencari makan, berkembang dan berkembangbiak disebut ....
a. ekosistem
b. komunitas
  c. habitat
  d. teritorial

4. Berikut ialah beberapa binatang yang nyaris punah, kecuali ....
a. Badak bercula satu
b. Badak bercula dua
  c. Cendrawasih
  d. Kasuari

5. Yang ialah salah satu flora yang nyaris punah yakni ....
a. bunga gladiol
b. bunga bangkai
  c. bunga tulip
  d. bunga anggrek

6. Usaha untuk melestarikan makhluk hidup yang dijalankan oleh pemerintah yakni dengan menentukan hal-hal selaku berikut, kecuali ....
a. hutan lindung
b. cagar alam
c. suakamargasatwa
d. hutan produksi

7. Tanam Nasional kawasan habitat dari warak bercula dua dilindungi terdapat di Pulau ....
a. Jawa
b. Bali
  c. Sumatera
  d. Irian

8. Akibat yang dialami insan lantaran punahnya binatang dan flora di antaranya....
a. hilangnya keragaman hayati
b. hilangnya kesuburan tanah
c. terjadinya banjir
d. hilangnya sumber buruan

9. Pemanfaatan teknologi untuk melestarikan binatang dan flora dari kepunahan diantarannya dengan cara ....
a. inseminasi buatan dan penebangan pohon
b. inseminai buatan dan kultur jaringan
c. kultur jaringan dan pemburuan hewan
d. kultur jaringan dan pembukaan lahan untuk pertanian

10. Perusakan lingkungan akhir perbuatan insan yang sanggup menyebabkan terjadinya kepunahan binatang tertentu adalah....
a. kekeringan, longsor dan kebakaran hutan
b. pembukaan hutan untuk lahan pertanian
c. gunung meletus dan pembangunan bendungan
d. perburuan liar dan banjir

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

1. Bagaimana kerja keras yang dijalankan pemerintah untuk mempertahankan kelestarian makhluk hidup?
2. Sebutkan empat jenis binatang dan flora yang langka beserta kawasan asalnya!
3. Bagaimana pemanfaatan teknologi dalam kerja keras pelestarian makhluk hidup?
4. Apa yang di maksud kultur jaringan?
5. Bagaimana kerugian yang dialami insan lantaran hilangnya makhluk hidup tertentu?

SOAL EVALUASI KE V

Mata Pelajaran : IPA
Kelas  / Semester : VI / I
Hari / Tanggal         : ……………………………………..

Standar Kompetensi : 
Benda dan Sifatnya
5. Memahami  saling kekerabatan antara  suhu, sifat hantaran dan  kegunaan benda

Kompetensi Dasar
5.1 Membandingkan sifat kesanggupan menghantarkan  panas dari aneka macam benda
5.2 Menjelaskan argumentasi penyeleksian benda dalam kehidupan sehari-hari menurut kesanggupan menghantarkan panas

Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas

A. Pilihlah respon yang benar !

1. Benda yang sanggup menghantarkan panas dengan baik disebut ....
a. isolator
b. konduktor
  c. radiator
  d. konvektor

2. Berikut ialah benda yang tergolong isolator, kecuali ....
a. plastik
b. kayu
  c. kain
  d. batangan besi

3. Benda konduktor yang sanggup kita jumpai sehari-hari yakni ....
a. kaca
b. panci
  c. ember plastik
  d. selimut

4. Benda-benda konduktor dimanfaatkan untuk aneka macam perlatan sehari-hari alasannya yakni ....
a. sanggup menghantarkan panas
b. membatasi merambatnya panas
  c. menghantarkan dingin
  d. sanggup menstabilkan suhu

5. Istilah lain dari panas yakni ....
a. intensitas
b. temperatur
  c. kalor
  d. suhu

6. Berikut alat rumah tangga yang sekaligus menggunakan isolator dan konduktor yakni ....
a. baskom
b. cobek
  c. setrika listrik
  d. ember

7. Alat listrik yang berfungsi untuk membereskan busana yakni ....
a. setrika
b. lemari es
  c. rice cooker
  d. televisi

8. Fungsi jaket yakni selaku ....
a. menahan panas badan biar tidak keluar
b. biar kedinginan
c. selaku hiasan
d. selaku alat perhiasan pakaian

9. Berikut alat rumah tangga yang tidak memerlukan isolator, yakni ....
a. baskom
b. panic
c. penggorengan
d. setrika

10. Berikut yakni kegunaan karet pada pegangan panci, yakni ....
a. biar panci lebih mahal
b. biar panci lebih bagus
c. selaku penahan panas
d. selaku penghantar panas

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

1. Apa yang dimaksud dengan konduktor?
2. Apa yang dimasud dengan isolator?
3. Sebutkan tiga benda konduktor
4. Sebutkan tiga benda isolator!
5. mengapa semua logam tergolong konduktor?

SOAL EVALUASI KE VI

Mata Pelajaran : IPA
Kelas  / Semester : VI / I
Hari / Tanggal         : ……………………………………..

Standar Kompetensi :
6. Memahami aspek penyebab pergantian benda

Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan  faktor-faktor penyebab pergantian benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) lewat pengamatan
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyeleksi penyeleksian benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari

Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas

A. Pilihlah respon yang benar !

1. Perhatikan data berikut:
1) pemanasan,
2) pewarnaan,
3) perkaratan,
4) pembusukan.
Faktor penyebab pergantian pada benda yakni . . . .
a. 1) dan 2)
b. 2) dan 4)
c. 1), 3), dan 4)
d. 1), 2), 3), dan 4)

2. Contoh pelapukan biologis yakni . . . .
a. air membeku di celah batuan
b. batuan melapuk lantaran hujan asam
c. dinding lapuk lantaran ditumbuhi lumut
d. kayu ringkih lantaran kepanasan terus-menerus

3. Logam akan mudah berkarat jika terkena . . . .
a. tanah
b. nitrogen
  c. karbon
  d. oksigen

4. Wujud gas menjelma cair disebabkan oleh proses . . . .
a. pendinginan
b. pembekuan
c. perkaratan
d. pembakaran

5. Benda yang sanggup mengalami perkaratan yakni . . . .
a. batu
b. gelas plastik
  c. pagar besi
  d. wajan

6. Salah satu tanda pembusukan masakan yakni . . . .
a. terjadi pergantian wujud
b. ditumbuhi jamur
c. berbau khas
d. lunak

7. Manakah pernyataan yang benar wacana pembusukan?
a. Pembusukan sanggup terjadi pada semua benda.
b. Makanan di kawasan tertutup cepat membusuk.
c. Pendinginan mempercepat pembusukan.
d. Mikroba ialah penyebab pembusukan pada makanan.

8. Manakah pergantian wujud yang sanggup balik?
a. nasi yang sudah menjadi bubur
b. kertas yang dibakar menjadi abu
c. buah pepaya yang dibiarkan menjadi lembek dan membusuk
d. es mencair menjadi air

9. Pelapukan yang disebabkan oleh hujan asam disebut . . . .
a. pelapukan fisika
b. pelapukan biologi
c. pelapukan kimia
d. pelapukan benda mati

10. Apakah yang terjadi kalau sepotong kawat senantiasa terkena air?
a. Mencair.
b. Membusuk.
  c. Berkarat.
  d. Lapuk.

B. Jawablah dengan singkat dan terang !

1. Sebutkan tiga aspek penyebab pergantian pada benda.
2. Sebutkan tiga cara menangkal pelapukan pada kayu.
3. Berikan tiga pola benda yang mudah berkarat.
4. Mengapa pengasinan masakan sanggup menangkal pembusukan?
5. Mengapa pegangan pada cerek yang dibikin dari kayu?

Semoga Bank Soal Ulangan Harian IPA Kelas 6 Semester 1 ini sanggup berharga bagi anda.

Subscribe to receive free email updates: