Berikut ini ialah pola Soal dan Kisi-kisi UAS Bahasa Indonesia kelas 6 Semester 2 yang sanggup kalian jadikan selaku materi pembelajaran dirumah. Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2 ini disusun menurut kisi-kisi Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 2. Penyebaran soal ini sudah sesuai dan tertuang dalam matrik soal serta disusun menurut aspek-aspek kata kerja operasional atau (KKO). Silahkan di copas soal berikut ini mudah-mudahan sanggup berfaedah bagi semua.
Soal dan Kisi-kisi UAS Bahasa Indonesia kelas 6 Semester 2 Terbaru
5.1. Menyimpulkan isi isu yang didengar dari televisi atau radio
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 – 3 !
Selamat pagi pemirsa!
Saudara, animo kemarau panjang melanda negara kita tahun ini. Dimana-mana penduduk merindukan turunnya hujan. Kekeringan melanda nyaris 80% daerah pertanian di Indonesia. Hal ini sungguh memprihatinkan kita semua.
Sawah-sawah mengalami kekeringan dan kehilangan sumber air. Para petani cuma sanggup menatap dengan sedih daun-daun padi yang kering kerontang dan mati terkulai. Kekeringan ini bukan saja melanda lahan pertanian, namun mempunyai kecenderungan ke kelemahan air minum bagi masyarakat.
1. Apa yang menyebabkan petani bersedih dalam teks tersebut ?
Kalimat respon yang sempurna untuk pertanyaan tersebut yakni ….
A. animo kemarau panjang melanda negara kita tahun ini
B. daun-daun padi yang kering kerontang dan mati terkulai
C. Para petani merindukan turunnya hujan biar tidak kekeringan
D. Kekeringan melanda nyaris 80% daerah pertanian di Indonesia
2. Penyebab yang terjadi pada cuplikan teks bacaan isu tersebut yakni …..
A. turunnya hujan
B. animo kemarau panjang
C. petani kelemahan air minum
D. daun-daun padi yang kering kerontang
3. Kalimat utama yang terdapat pada paragraph kedua pada isi teks bacaan isu tersebut yakni …..
A. Para petani cuma sanggup menatap dengan sedih
B. Kekeringan ini bukan saja melanda lahan pertanian
C. daun-daun padi yang kering kerontang dan mati terkulai
D. Sawah-sawah mengalami kekeringan dan kehilangan sumber air
4. (1) Pada hari Jumat, 30 September 2009, (2) gempa bumi yang dahsyat mengguncang Padang. Gempa tersebut terjadi di saat sore hari sempurna pada pukul 17.16 WIB. Gempa yang berkekuatan 7,6 skala Richter menghasilkan (3) Padang porak-poranda. (4) Bencana alam tersebut sudah mengkonsumsi banyak korban jiwa dan harta benda musnah.
Topik laporan tersebut ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 36 – 37 !
Selama tujuh belas tahun, Noorsyaidah, guru di suatu taman bermain di Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, berkutat dengan penderitaan ekstraberat. Aneh namun nyata. Kawat-kawat runcing secara berkala keluar dari perutnya. Dokter kebingungan memutuskan jenis penyakitnya (Sumber: Suara Merdeka, Jumat, 11 Juli 2008)
36. Penyakit yang dialami oleh Noorsyaidah yakni …..
37. Noorsyaidah menderita penyakit tersebut selama ….
5.2. Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan(Pilihan Ganda)
Perhatikan percakapan berikut ini !
Hani : "Apakah ada yang sanggup kubantu, Bu?"
Ibu : "Han, tolong bantu ibu merencanakan kuliner itu. Sebentar lagi tamu-tamu ayah akan
datang."
Hani : "Baik, Bu."
5. Berdasarkan pembicaraan drama tersebut, tokoh Hani memiliki sifat ....
A. ringan tangan
B. murah hati
C. panjang tangan
D. tinggi hati
Bacalah penggalan teks drama berikut untuk soal nomor 6 - 8!
Elis : (datang dari ruang dalam) “Ya ... Pak. Ada apa, Pak?”
Kakek : “Mana Ari dan Adi? Sudah sore begini belum di rumah?”
Elis : ”Main ... Pak. Tadi bawa motor."
Kakek : “Aduh, Elis. Bagaimana kalian membesarkan anak? Akan jadi apa cucuku kelak?”
Elis : “Sudahlah ... Pak. Kan, Adi dan Ari terbiasa naik motor."
Kakek : “Kau dan suamimu memanjakannya. Mereka masih SMP, belum berhak punya SIM."
Elis : "Biar masa kecil mereka senang, Pak! Tidak menyerupai kita dulu."
Kakek : “Aduh ... Lis! Itu, cara mendidik anak yang salah."
6. Pernyataan kakek terhadap Elis pada percakapan di atas menyatakan rasa ....
A. takut
B. marah
C. khawatir
D. ingin tahu
7. Tokoh utama dalam penggalan drama di atas yakni ....
A. Ari dan Adi
B. Elis dan Kakek
C. Kakek, Adi, dan Ari
D. Kakek, Ari, Adi, dan Elis
8. Kesimpulan dari isi drama tersebut yakni ….
A. kegundahan Kakek terhadap cucunya
B. Ari dan Adi sudah sore belum pulang
C. cara mendidik anak yang kurang baik
D. Ari dan Adi mengendarai motor
(Isian)
Pada hari Selasa, 11 Maret 2009 rumah Pak Bambang dimasuki orang tidak dikenal. Saat kejadian, rumah Pak Bambang dalam kondisi kosong. Pak Bambang dan keluarganya sedang ke luar kota. Menurut informasi dari Pak Bambang, orang tak dipahami tersebut berhasil menenteng laptop dan sejumlah uang.
38. Topik laporan yang paling sempurna yakni ….(Uraian)
46. Buatlah isi drama pendek ihwal kebersihan lingkungan !
6.1. Berpidato atau penyajian untuk banyak sekali kebutuhan (acara perpisahan, peringatan ulang tahun, dll) dengan lafal, intonasi dan perilaku yang tepat.
(Pilihan Ganda)
9. Kalimat pembukaan pidato yang bagus yakni ….
A. Hari ini tempat bersejarah memperoleh makna baru
B. Saya mengucapkan selamat tiba pada masa silam
C. Pada masa silam, tempat ini ialah tempat bersejarah
D. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan YME sebenarnya kita masih diberikan rahmat
10. Perhatikan teks pidato berikut ini !
Selamat sore,
Teman-teman dari Panti Asuhan Kasih Ayah Bunda yang saya cintai. Marilah kita memanjatkan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya sehingga pada sore hari ini kita sanggup berkumpul dalam program ulang tahun saya yang ke-12.
Melalui program ini, saya ingin meningkatkan kebahagiaan dengan kalian semua. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas kemunculan teman-teman Panti Asuhan Kasih Ayah Bunda. Saya juga mengucapkan terima kasih atas lantunan doa dari teman-teman. Semoga dengan doa dari teman-teman saya sanggup meraih keberhasilan dan memperoleh rahmat serta berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Sekian dan terima kasih.
Pidato sambutan tersebut disampaikan dalam suatu program ….
A. ulang tahun
B. pemberian dukungan
C. tasyakuran sebab naik kelas
D. reuni atau konferensi dengan sobat lama
11. Pada potensi ini saya mewakili teman-teman kelas VI menyodorkan terima kasih terhadap Bapak dan Ibu guru yang sudah membimbing kami, sehingga kami sanggup menyelesaikan pendidikan di SD ini. Tak lupa kami juga mohon maaf jikalau selama menempuh pendidikan di SD ini kami melaksanakan banyak kesalahan. ….
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks pidato di atas yakni ….
A. Demikian yang sanggup kami sampaikan dan terima kasih.
B. Demikian klarifikasi dari kami terhadap Bapak dan Ibu.
C. Kehadiran Bapak dan Ibu pada program ini tidak terhitung nilainya harganya.
D. Hanya informasi ini yang perlu kami sampaikan terhadap Bapak Ibu. 12. Perhatikan tabel teks pembuka pidato berikut ini !
No | Teks pembuka pidato |
1 | Pertama-tama sebagai ketua kelas saya merasa kagum karena bisa terpilih menjadi ketua kelas |
2 | Pertama-tama sebagai ketua kelas menyampaikan kepada teman-teman bahwa kelas kita harus rapi |
3 | Pertama-tama sebagai ketua kelas saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan teman-teman kepada saya |
4 | Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih dan merasa bangga |
…. Selanjutnya pada potensi yang berbahagia ini, selaku ketua kelas terpilih saya ingin mengajak teman-teman untuk menjaga kerukunan di antara kita. Dengan demikian, segala kesibukan berguru mengajar sanggup berlangsung lancar.
Kalimat pembuka yang sempurna untuk memulai pidato tersebut ditunjukan oleh nomor ….A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
39. Perhatikan teks berikut !
Kalimat isi pada teks pidato tersebut di tunjukan oleh nomor …..
(Uraian)
47. Tuliskan kalimat pembuka pidato !
6.2. Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman dan isi) dengan kalimat yang runtut(Pilihan Ganda)
Bacalah laporan isi buku berikut ini untuk menjawab soal nomor 13 – 15 !
Judul buku: Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan dan Minuman
Penulis: Choiril Azmiyawati
Penerbit: Sunda Kelapa Pustaka
Tahun terbit: 2007
Tebal buku: iv + 44 halaman
Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, mungkin sudah saatnya untuk membaca buku ini, atau bagi semua orang yang lazim berbelanja kuliner ataupun minuman ketimbang menjadikannya sendiri. Buku ini menyuguhkan topik-topik yang di sekarang ini sering diperdebatkan konsumen, yakni kekerabatan materi tambahan pangan dengan kesehatan. Bahan-bahan tambahan tersebut, seperti, materi pewarna, materi pemanis, materi pengawet, penyedap rasa, antioksidan, dan beberapa materi tambahan lainnya.
Tujuan penggunaan materi tambahan pangan sanggup meningkatkan atau menjaga nilai gizi dan mutu daya simpan, dan memudahkan penyiapannya. Buku ini akan membahas satu per satu bahan-bahan tersebut dan efek negatifnya terhadap kesehatan. Dengan demikian, pembaca akan mengenali ihwal materi tambahan pangan dan efek negatifnya terhadap kesehatan.
13. Berdasarkan laporan buku tersebut, sasaran pembaca buku ini yakni ….
A. pedagang makanan
B. pemilik toko makanan
C. pembeli kuliner atau minuman
D. pabrik kuliner atau minuman
14. Manfaat membaca buku ini yakni ….
A. Menambah wawasan ihwal ancaman materi tambahan yang melampaui dosis dan akan lebih selektif.
B. Membeli kuliner dan minuman yang kandungan materi pengawetnya tinggi.
C. Akan lebih memutuskan menghasilkan makan dan minuman siap saji ketimbang menjadikannya sendiri.
D. Membuat kuliner dan minuman dengan memamerkan banyak sekali materi tambahan
15. Buku tersebut berisi ihwal ….
A. Cara-cara memutuskan kuliner yang sehat dan bebas dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya.
B. Bahan-bahan kuliner yang terbebas dari bahan-bahan pengawet, pewarna, dan materi tambahan lainnya.
C. Daftar materi kuliner yang boleh dan dilarang disantap oleh masyarakat.
D. Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam kuliner dan keterkaitannya dengan kesehatan.
16. Perhatikan data buku berikut ini !
Judul: Perkembangan Bumi
Tahun terbit: 2002
Penerbit: PT Masa Depan
(1) Perkembangan bumi yang kita tempati kini ini sungguh menakjubkan. Pada 4,5 miliar tahun lalu, bumi masih berupa (2) bola gas panas yang berpijar. Setelah hujan turun selama seribu tahun, (3) keajaiban bumi dimulai. Butuh waktu miliaran tahun hingga kehidupan pertama yang sungguh sederhana muncul. Makhluk yang sungguh sederhana ini berubah menjadi (4) makhluk yang melaksanakan fotosintesis.
Topik hasil laporan di atas ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
(Isian)
40. Cara mengetahui isi buku secara garis besar dengan menyaksikan potongan ….
7.1. Menemukan makna tersirat suatu teks lewat membaca intensif(Pilihan Ganda)
Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 17 - 19!
Wartawan yakni seorang yang tugasnya mencari berita. Dalam mencari berita, mereka sering melaksanakan wawancara atau tanya jawab dengan responden, kerap kali sambil menulis sesuatu yang dibutuhkan. Mereka tidak lupa mengambil gambar dengan alat pemotret yang senantiasa dibawa.
17. Makna yang tersirat dari paragraf di atas yakni ….
A. Wartawan senantiasa menjadi incaran para pencari isu yang ingin mewawancarainya.
B. Tugas seorang wartawan yakni mencari isu dengan melaksanakan wawancara dengan responden.
C. Wawancara ditangani oleh responden (narasumber) terhadap wartawan.
D. Kegiatan wawancara senantiasa diawali dengan pengambilan gambar.
18. Arti kata responden pada paragraf di atas yakni ….
A. pencari berita
B. orang yang andal dalam penelitian
C. juru potret yang mendampingi wartawan
D. penjawab (atas pertanyaan yang diajukan untuk kepentingan penelitian)
19. Antonim kata yang bercetak tebal pada teks bacaan tersebut yakni ….
A. selalu
B. tidak pernah
C. sekali
D. sering
20. Perhatikan teks bacaan ini!
Dewasa ini banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia. Tanpa disadari, budaya-budaya yang masuk sedikit memindah budaya (1) nasional kita. Sebagai (2) generasi muda, kita mesti berupaya menghambat efek budaya asing biar budaya nasional tetap (3) lestari. Selain itu, kita mesti mengenal dan memperkenalkan budaya nasional kita pada dunia (4) internasional.
Menyangkut bangsa atau negeri seluruh dunia ialah arti dari kata yang ditunjukan oleh nomor ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
(Isian)
41. Orang yang hidupnya boros akan sukar menjadi kaya.
Antonim dari kata boros yakni ….
42. Andi melaksanakan soal-soal ulangan dengan cermat.
Sinonim kata cermat yakni ….
7.2. Mengidentifikasi banyak sekali elemen (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak(Pilihan Ganda)
Bacalah kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 21-25!
Andi : Bu, saya mau ikut Kak Lukman ke stadion. (tergesa-gesa)
Ibu : Mau naik apa, An?
Andi : Naik motor, Bu. Kakak kan sudah punya SIM.
Ibu : Eh, helmnya belum dipakai dengan benar. Sini, Ibu bantu. (Ibu menolong Andi memakai helm dengan benar)
21. Tokoh utama dalam kutipan drama di atas yakni ….
A. Ibu, Andi, dan Kak Lukman
B. Andi dan Kak Lukman
C. Ibu dan Kak Lukman
D. Andi dan Ibu
22. Latar tempat dalam kutipan drama di atas yakni ….
A. di stadion
B. di rumah
C. di jalan
D. di lapangan bola
23. Amanat yang sesuai dengan kutipan drama di atas yakni ….
A. Jika akan pergi, kita mesti berpamitan terhadap ibu.
B. Kita mesti bersikap sopan terhadap orang tua.
C. Kita mesti mematuhi perintah ibu.
D. Jika akan mengendarai sepeda motor, kita wajib memakai helm dengan benar.
24. Watak Ibu pada teks drama tersebut yakni ….
A. sombong
B. jahat
C. baik
D. acuh
Ingin mendapatkan Soal dan Kisi-kisi beserta Matrik UAS Bahasa Indonesia lengkap dengan indikator dan kunci jawabannya silahkan hubungi (088 1102 3226) WA / SMS.