Soal Pts Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013 - Berikut ini merupakan teladan latihan soal Perguruan Tinggi Swasta tema 7 kelas 4 semester 2 kurikulum 2013. Soal Perguruan Tinggi Swasta kelas 4 ini menampung soal-soal pada tema 7 "Indahnya Keragaman Negeriku" kurikulum 2013. Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 7 Semester 2 ini sanggup dijadikan rujukan bagi pendidikan maupun materi pelajaran bagi penerima didik lantaran soal ini dilengkapi dengan Kisi-kisi soal berserta kunci jawabannya. Soal ini disusun dan mengacu pada Kompetensi Dasar (KD) serta materi yang terdapat pada tema 7 kelas 4 semester 2.

Materi pada soal Perguruan Tinggi Swasta kelas 4 tema 7 ini dibagi menjadi 2 pecahan / termin yakni Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 tema 7 termin 1 dan Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 tema 7 termin 2 kurikulum 2013. Pada artikel ini, soal-soal yang saya tampilkan yakni soal Perguruan Tinggi Swasta tema 7 termin 1. Kompetensi Dasar pada tema 7 termin 1 antara lain :
  • PPKn 3.4 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
  • Bahasa Indonesia 3.7 Menggali wawasan gres yang terdapat pada teks nonfiksi
  • IPA 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
Berikut ini merupakan teladan latihan soal Perguruan Tinggi Swasta tema  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Jika ingin menyaksikan teladan Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 tema 7 termin 2, silahkan klik link berikut ini :

Berikut ini merupakan teladan latihan soal Perguruan Tinggi Swasta tema  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013






PPKn 3.4 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan


I. Berilah tanda silang (x) pada aksara A, B, C atau D bila respon itu benar dan tepat!

1. Walaupun negara kita memiliki keanekaragaman suku bangsa, sosial, dan budaya tidak menjadi penghalang untuk tetap bersatu. Karena Negara kita memiliki semboyan yang menjadi pemersatu bangsa. Semboyan yang dimaksud merupakan ….
A. Ing Madya Mangun Karsa
B. Ing Ngarsa Sung Tulada 
C. Tut Wuri Handayani
D. Bhineka tunggal ika

2. Indonesia memiliki keanekaragaman agama. Negara menjamin keleluasaan setiap pemeluk agama untuk menjalankan ibadahnya. Salah satu upaya kita dalam menghargai keberagaman tersebut yakni dengan cara ….
A. melarang oranglain membaca kitab suci agamanya
B. mempengaruhi oranglain mudah-mudahan tidak melaksanakan ibadah
C. mempersilahkan oranglain menjalankan hari raya keagamaanya
D. mempengaruhi oranglain mudah-mudahan mau mengikuti agama yang kita anut

3. Keragaman suku hendaknya menjadi kekayaan bangsa. Untuk itu kita mesti saling ….
A. menghargai
B. berselisih
C. bertengkar 
D. bermusuhan

4. Manfaat menjalin kebersamaan dan keberagaman antar suku yakni ….
A. kehidupan akan makin sulit
B. kita akan hidup damai
C. budaya akan tersaingi
D. tidak ada manfaatnya

5. Ada banyak sekali suku bangsa di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar dari ….
A. Asia hingga Australia
B. Aceh hingga Irian Jaya 
C. Pulau Jawa hingga Bali
D. Sabang hingga Marauke

6. Salah satu upaya untuk melestarikan keanekaragaman budaya Indonesia yakni ….
A. tidak perlu menyelenggarakan aktivitas budaya nasional yang hendak mengkonsumsi banyak biaya
B. menjaga kelestarian budaya nasional secara ketat sehingga penduduk luar tidak tahu
C. mengadakan aktivitas pengenalan dan penyebaran budaya nasional terhadap masyarakat 
D. menyerahkan kebudayaan nasional terhadap bangsa lain mudah-mudahan kita tidak perlu menjaganya

7. Keragaman budaya di Indonesia sanggup terlihat dari ….
A. kesenian daerahnya
B. jenis pekerjaannya
C. warna pakaiannya
D. film kesukaannya

8. Biasanya tiap tempat memiliki cara tersendiri untuk menghargai budaya daerahnya. Salah satunya yakni ….
A. mengadakan pelatihan ke tempat lain untuk mengenalkan budayanya
B. mengadakan upacara ritual sebagaibentuk rasa syukur terhadap Tuhan YME
C. mengadakan jalan-jalan atau rekreasi keliling ke mancanegara bareng keluarga
D. mengadakan aktivitas resmi seumpama rapat untuk membicarakan perkembangan daerahnya

II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan respon yang sempurna !

9. Indonesia memiliki keanekaragaman agama . Jumlah agama yang diakui di Indonesia yakni ….
10. Sikap toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah merupakan pengamalan sila ke ....
11. Perhatikan tabel berikut ini !
        No Pernyataan
        1 Kerja golongan untuk menyelesaikan kiprah yang diberikan guru
        2 Memberikan contekan terhadap sobat di saat cobaan sekolah
        3 Menolong sobat yang sedang memerlukan bantuan
        4 Membantu sobat yang lupa menjalankan PR 
Contoh sikap hidup rukun ditunjukan oleh nomor ….

III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terang !
12. Upaya apa yang sanggup kita kerjakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI ?
13. Apa yang hendak terjadi bila kita tidak menghargai keberagaman sosial budaya ?

Bahasa Indonesia 3.7 Menggali wawasan gres yang terdapat pada teks nonfiksi


I. Berilah tanda silang (x) pada aksara A, B, C atau D bila respon itu benar dan tepat!

14. Perhatikan bacaan berikut !
Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia sekarang ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa meraih 867 bahasa. Selanjutnya Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa.
Ide pokok bacaan tersebut merupakan ….
A. Jumlah bahasa terbanyak di dunia
B. Indonesia menempati posisi kedua
C. Papua Nugini menempati posisi pertama
D. Jumlah bahasa Papua Nugini yakni 867 bahasa

15. Perhatikan bacaan berikut !
Bahasa menjadi alat untuk berkomunikasi. Amatilah teman-teman di lingkungan sekitar tempat tinggalmu atau di kelasmu! Bagaimana cara mereka berkomunikasi? Adakah temanmu yang menggunakan dialek atau bahasa berbeda?
Arti kata yang bercetak tebal pada bacaan tersebut merupakan ….
A. ragam bahasa yang berbeda-beda
B. bahasa yang diakui oleh bangsa
C. cara berkomunikasi dua arah 
D. bahasa pemersatu bangsa

16. Perhatikan bacaan berikut !
Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat. Karnaval ini dibutuhkan sanggup meneguhkan kesadaran penduduk bahwa di Indonesia ini terdapat keanekaragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari kostum, atribut, dan lambang yang dikenakan para penerima karnaval.
Kata sukar pada bacaan tersebut merupakan ….
A. lambang, penerima dan upaya
B. karnaval, edukasi dan atribut 
C. kostum, terlihat dan karnaval 
D. Indonesia, meneguhkan dan suku

17. Perhatikan bacaan berikut !
Indonesia kaya akan seni dan tradisi peninggalan nenek moyang kita. Setiap tempat memiliki kesenian khas. Begitu pula tempat Sumatra Utara suku bangsa Batak di Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uning-uningan. Seni musik  uning-uningan ini menggunakan banyak alat musik tradisional Sumatra Utara.
Informasi penting yang terdapat pada bacaan tersebut merupakan ….
A. Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uning-uningan
B. Seni dan tradisi merupakan peninggalan nenek moyang kita 
C. Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional
D. Sumatra Utara berada di sebelah barat Indonesia

18. Perhatikan bacaan berikut !
Kebanyakan penerima kontes memperlihatkan tari tempat Aceh. Di antara penerima ada yang memperlihatkan tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa penerima memperlihatkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Gagasan utama bacaan tersebut merupakan ….
A. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang 
B. Peserta ada yang memperlihatkan tari Ranup Lam Puan 
C. Kebanyakan penerima kontes memperlihatkan tari tempat Aceh
D. Ada pula beberapa penerima memperlihatkan seni tari dari provinsi lain

19. Untuk mencari arti dari kata-kata sulit, sanggup kita gunakan ….
A. Buku paket Pelajaran
B. Buku-buku Cerita anak
C. Buku Pengetahuan Umum
D. Kamus Besar Bahasa Indonesia

20. Kalimat yang menjadi permasalahan atau pokok obrolan disebut ….
A. Kalimat pengembang
B. Kata-kata sulit
C. Gagasan pokok
D. Kalimat penjelas

21. Kegiatan yang sanggup ditangani bareng sobat untuk memecahkan sebuah dilema yakni ….
A. diam
B. ngobrol
C. diskusi
D. bercanda

II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan respon yang sempurna !

Perhatikan bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 22 dan 23 !
Ki Hajar Dewantara diberi gelar selaku Bapak Pendidikan Indonesia. Pemberian gelar itu ditetapkan pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. Gelar itu diberikan terhadap Ki Hajar Dewantara atas jasa dia merintis pendidikan biasa di Indonesia. Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei ditetapkan selaku Hari Pendidikan Nasional.
Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Nama aslinya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Namun, pada usia 40, dia berubah nama menjadi  Ki Hajar Dewantara. Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas, lantaran dia ingin bersahabat dengan rakyat.
22. Gelar Bapak Pendidikan Indonesia disematkan terhadap ….
23. Kata yang bercetak tebal memiliki makna ….
24. Kegiatan yang ditangani untuk mendapatkan sebuah keterangan terhadap seseorang atau nara sumber disebut ….
25. Untuk mendapat keterangan penting dari sebuah bacaan, maka kita mesti ….

III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terang !

26. Perhatikan bacaan berikut !
Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yakni berupa barang tambang. Di wilayah Indonesia terdapat barang tambang minyak dan gas (migas) serta barang tambang nonmigas. Contoh barang tambang nonmigas antara lain emas, perak, tembaga, kerikil bara, bijih besi, nikel, aluminium, intan, pasir besi, dan bauksit.
Tuliskan informasi-informasi penting dari bacaan tersebut !

IPA 3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan

I. Berilah tanda silang (x) pada aksara A, B, C atau D bila respon itu benar dan tepat!

27. Perhatikan gambar berikut !
Berikut ini merupakan teladan latihan soal Perguruan Tinggi Swasta tema  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013
Gaya yang diberikan pada gambar tersebut merupakan ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot

28. Pernyataan berikut yang mengambarkan adanya gaya gravitasi  merupakan ….
A. Andi dan teman-teman mendorong kendaraan beroda empat yang mogok 
B. Paku-paku tersebut melekat pada magnet 
C. Lampu senter menyala di saat dinyalakan
D. Buah kepala yang jatuh dari pohonnya

29. Gaya yang dihasilkan dari aliran listrik yang menyala disebut gaya ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot

30. Ketapel mempergunakan gaya ….
A. gaya gravitasi
B. gaya magnet
C. gaya listrik
D. gaya otot

31. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada di saat itu terjadi aliran listrik ….
A. diam
B. statis
C. tetap
D. dinamis

32. Energi listrik menjelma energi cahaya terjadi pada benda berikut yakni ….
A. Kipas angin
B. Majicom
C. Lampu
D. Alarm

33. Perhatikan gambar alat-alat rumah tangga berikut ini !
       Berikut ini merupakan teladan latihan soal Perguruan Tinggi Swasta tema  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013
Bentuk pergeseran energi pada gambar tersebut yakni ….
A. perubahan energi dari listrik ke suara terjadi pada gambar A dan B
B. perubahan energi dari listrik ke gerak terjadi pada gambar A dan B
C. perubahan energi dari kimia ke panas cuma terjadi pada gambar B 
D. Perubahan energi dari listrik ke suara cuma terjadi pada gambar A

34. Benda yang sanggup ditarik oleh magnet yakni ….
A. pensil
B. peniti
C. kayu
D. kain

35. Magnet sanggup menawan benda-benda yang yang dibikin dari ….
A. Logam
B. Plastik
C. Serat kain
D. karet

II. Isilah titik-titik pada pertanyaan berikut ini dengan respon yang sempurna !

36. Dorongan atau tarikan yang sanggup memicu benda bergerak atau berubah bentuk disebut ….
37. Gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi merupakan gaya ….
38. Perhatikan gambar berikut ini !
  Berikut ini merupakan teladan latihan soal Perguruan Tinggi Swasta tema  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013
        Benda yang mempergunakan gaya magnet ditunjukan oleh nomor  ….

III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan terang !

39. Tuliskan macam-macam gaya !

40. Perhatikan gambar berikut !
        Berikut ini merupakan teladan latihan soal Perguruan Tinggi Swasta tema  Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 4 Tema 7 Termin 1 Semester 2 Kurikulum 2013
         Tuliskan yang terjadi bila kedua magnet dihadapkan seumpama pada gambar tersebut !

Semoga sanggup bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: