1. Perhatihan bacaan berikut ini !
Topik masalah yang disampaikan penulis merupakan .... *
A. semangat pantang mengalah sanggup menghasilkan listrik
B. kita mesti senantiasa taat mengeluarkan duit listrik setiap bulannya
C. listrik sudah menampilkan pergantian dalam kehidupan manusia
D. bagaimana perjalanan arus listrik hingga hingga kerumah kalian ?
2. Kalimat yang efektif mengungkapkan ide sehingga mudah dipahami disebut kalimat .... *
A. kalimat utama
B. kalimat efektif
C. kalimat penjelas
D. kalimat pembuka
A. kalimat utama
B. kalimat efektif
C. kalimat penjelas
D. kalimat pembuka
3. Tamu-tamu duduk di kursi. Penulisan kata yang serupa maknanya dan efektif yakni .... *
A. Tamu-tamu duduk-duduk di kursi
B. Para tamu-tamu duduk di kursi
C. Tamu duduk-duduk di kursi
D. Para tamu duduk di kursi
A. Tamu-tamu duduk-duduk di kursi
B. Para tamu-tamu duduk di kursi
C. Tamu duduk-duduk di kursi
D. Para tamu duduk di kursi
4. Perhatikan teks berikut ini !
John Logie Baird lahir di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus 1888. Ia merupakan penemu pertama yang menampilkan bahwa gambar hidup sanggup ditransmisikan lewat pesawat yang kini dipahami selaku televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan kemajuan teknologi, kemudian televisi kemudian terus bertambah hingga menjadi makin mutakhir seumpama di saat ini.
Kalimat tidak efektif pada bacaan tersebut merupakan .... *
A. John Logie Baird lahir di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus 1888
B. Baird mendemonstrasikan televisi di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925
C. Seiring dengan kemajuan teknologi, kemudian televisi kemudian terus bertambah hingga menjadi makin mutakhir seumpama di saat ini
D. Ia merupakan penemu pertama yang menampilkan bahwa gambar hidup sanggup ditransmisikan lewat pesawat yang kini dipahami selaku televisi
John Logie Baird lahir di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus 1888. Ia merupakan penemu pertama yang menampilkan bahwa gambar hidup sanggup ditransmisikan lewat pesawat yang kini dipahami selaku televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan kemajuan teknologi, kemudian televisi kemudian terus bertambah hingga menjadi makin mutakhir seumpama di saat ini.
Kalimat tidak efektif pada bacaan tersebut merupakan .... *
A. John Logie Baird lahir di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus 1888
B. Baird mendemonstrasikan televisi di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925
C. Seiring dengan kemajuan teknologi, kemudian televisi kemudian terus bertambah hingga menjadi makin mutakhir seumpama di saat ini
D. Ia merupakan penemu pertama yang menampilkan bahwa gambar hidup sanggup ditransmisikan lewat pesawat yang kini dipahami selaku televisi
5. Bagian selesai dari suatu teks eksplanasi disebut dengan…. *
A. Interpretasi
B. Konklusi
C. Krisis
D. Koda
A. Interpretasi
B. Konklusi
C. Krisis
D. Koda
6. Bacalah teks bacaan berikut ini
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia cuma sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sungguh tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah sanggup menghasilkan telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia mempergunakan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan banyak sekali percobaan. Pada tahun 1861 ia sanggup mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laku terjual.
Ia menyaksikan dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk membuatkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang sanggup menyala selama 40 jam.
Deret penjelas menurut paragraf kedua bacaan tersebut merupakan .... *
A. Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847
B. Thomas Alva Edison merupakan penemu lampu pijar listrik pertama
C. Thomas Alva Edison mulai kerja pada tanggal 21 Oktober 1879
D. Thomas Alva Edison senantiasa menghabiskan dana pemerintah
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia cuma sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sungguh tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah sanggup menghasilkan telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia mempergunakan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan banyak sekali percobaan. Pada tahun 1861 ia sanggup mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laku terjual.
Ia menyaksikan dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk membuatkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang sanggup menyala selama 40 jam.
Deret penjelas menurut paragraf kedua bacaan tersebut merupakan .... *
A. Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847
B. Thomas Alva Edison merupakan penemu lampu pijar listrik pertama
C. Thomas Alva Edison mulai kerja pada tanggal 21 Oktober 1879
D. Thomas Alva Edison senantiasa menghabiskan dana pemerintah
7. Teks eksplanasi dituliskan berdasarkan…. *
A. Hasil kesepakan umum
B. Permintaan masyarakat
C. Selera penulis
D. Fakta yang ada
A. Hasil kesepakan umum
B. Permintaan masyarakat
C. Selera penulis
D. Fakta yang ada
8. Perhatikan kutipan teks berikut ini !
Sebuah magnet akan hilang sifat kemagnetannya dengan cara dipanaskan hingga berpijar atau dibakar dan dipukul atau ditempa hingga bentuknya berubah atau rusak. Pemanasan pada magnet mengakibatkan sifat kemagnetan menyusut atau bahkan hilang.
Penggalan teks tersebut menerangkan tentang …. *
A. cara menghasilkan magnet
B. tahapan penemuan magnet
C. Proses menetralisir sifat magnet
D. nasehat cara menetralisir sifat magnet
Sebuah magnet akan hilang sifat kemagnetannya dengan cara dipanaskan hingga berpijar atau dibakar dan dipukul atau ditempa hingga bentuknya berubah atau rusak. Pemanasan pada magnet mengakibatkan sifat kemagnetan menyusut atau bahkan hilang.
Penggalan teks tersebut menerangkan tentang …. *
A. cara menghasilkan magnet
B. tahapan penemuan magnet
C. Proses menetralisir sifat magnet
D. nasehat cara menetralisir sifat magnet
9. Perhatikan tabel berikut ini !
Kata baku ditunjukan oleh nomor …. *
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 4 dan 5
C. 2, 3 dan 6
D. 4, 5 dan 6
Kata baku ditunjukan oleh nomor …. *
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 4 dan 5
C. 2, 3 dan 6
D. 4, 5 dan 6
10. Perhatikan struktur penyusun dalam teks berikut ini!
1. Abtrasi
2. Tesis
3. Argumentasi
4. Pernyataan umum
Bagian yang tergolong dalam stuktur teks eksplanasi ditujukkan oleh nomor…. *
1. Abtrasi
2. Tesis
3. Argumentasi
4. Pernyataan umum
Bagian yang tergolong dalam stuktur teks eksplanasi ditujukkan oleh nomor…. *
A. 1
B. 2
C. 3
B. 2
C. 3
D. 4