Soal Asuransi Jiwa Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Asuransi Jiwa Beserta Jawaban
  1. Deposito bank dari perusahaan asuransi sanggup ditarik :
    a. Pada ketika pembukaan deposito baru
    b. Hanya sehabis penutupan perusahaan
    c. Pada ketika jatuh tempo
    d. Pada ketika penjualan deposito
  2. Hubungan yang benar dalam insurable interest yakni :
    a. Tidak adanya ketergantungan keuangan antara pemegang polis dengan penanggung
    b. Adanya ketergantungan keuangan antara tertanggung dengan penanggung
    c. Adanya ketergantungan keuangan antara pemegang polis dengan tertanggung
    d. Adanya ketergantungan antara tertanggung dengan penanggung
  3. Pada dasarnya polis asuransi jiwa unit link dipakai :
    a. Untuk dukungan terhadap resiko sebagai investasi
    b. Untuk tabungan dan investasi
    c. Hanya untuk investasi
    d. Hanya untuk dukungan terhadap resiko
  4. Mana yang bukan merupakan polis unit link ?
    a. Top up
    b. Forward pricing
    c. Backdate
    d. Switching
  5. Istilah persyaratan dalam kontrak asuransi jiwa mengacu pada klaim pembayaran :
    a. Ketika satu atau lebih persyaratan dilanggar
    b. Ketika semua persyaratan dilanggar
    c. Ketika semua persyaratan dipenuhi
    d. Meskipun ketika premi diabaikan
  6. Di bawah ini yakni aspek aspek legal dalam kontrak asuransi jiwa, kecuali :
    a. Utmost good faith
    b. Aleatory
    c. Law of large numbers
    d. Insurable interest
  7. Produk produk asuransi jiwa yang menggabungkan investasi dengan asuransi disebut :
    a. Santunan pada tahun ke 100
    b. Produk tradisional
    c. Produk unit link
    d. Produk jaminan hari tua
  8. Polis dwiguna menjanjikan manfaat pembayaran sejumlah dana :
    a. Hanya jikalau tertanggung mengalami cacat
    b. Hanya jikalau tertanggung masih hidup pada tamat masa polis
    c. Baik pada ketika janjkematian tertanggung maupun jikalau masih hidup pada tamat masa polis
    d. Hanya pada ketika janjkematian tertanggung
  9. Pihak yang memenuhi kapasitas legal yakni :
    a. Orang yang di bawah imbas obat obatan
    b. Sekutu musuh pada masa perang
    c. Orang di anak-anak (<17tahun)
    d. Orang berilmu balig cukup akal yang sehat mental dan fisik
  10. Tipe pemegang polis (investor) yang moderat yakni :
    a. Orang netral terhadap resiko
    b. Orang yang menghindari resiko
    c. Orang yang bersedia menanggung resiko tinggi
    d. Orang yang berhati hati dan tidak mau mengambil resiko
  11. Manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat :
    a. Meningkatkan kekhawatiran dan ketakutan bagi individu
    b. Menggantikan aktivitas dukungan pemerintah
    c. Menghasilkan lebih banyak pengangguran
    d. Membekukan tabungan
  12. Yang dimaksud dengan alokasi dana yakni menginvestasikan sesuai dengan yang dipilih oleh :
    a. Pemegang polis
    b. Manager investasi
    c. Regulator
    d. Agen
  13. Ketentuan unilateral dalam kontrak asuransi jiwa mengacu kepada :
    a. Pihak tertanggung tidak perlu membayar premi
    b. Pihak penanggung sanggup memaksa pihak tertanggung untuk membayar premi
    c. Pihak tertanggung tidak sanggup memaksa secara legal pihak penanggung untuk memenuhi janji
    d. Pihak penanggung memberi komitmen dengan paksaan secara legal
  14. Investasi asuransi jiwa unit link yakni :
    a. Instrumen yang menggabungkan asuransi dengan kredit tanpa bunga
    b. Cara menabung dengan resiko aman
    c. Instrumen yang menggabungkan asuransi dengan investasi
    d. Instrumen yang menggabungkan unsur tabungan dan jaminan di hari tua
  15. Klaim janjkematian dilakukan ketika :
    a. Pemegang polis bertahan hidup hingga tamat masa polis
    b. Pemegang polis meninggal sehabis 1 tahun dimulainya polis
    c. Pemegang polis meninggal dalam 1 tahun dimulainya polis
    d. Pemegang polis meninggal di dalam masa polis
  16. Klaim jatuh tempo terjadi ketika :
    a. Pemegang polis meninggal sehabis 1 tahun dimulainya polis
    b. Pemegang polis meninggal dalam 1 tahun dimulainya polis
    c. Pemegang polis meninggal di dalam masa polis
    d. Pemegang polis bertahan hidup hingga tamat masa polis
  17. Faktor yang tidak mempengaruhi penentuan jumlah premi :
    a. Kemungkinan kerugian
    b. Nilai dari setiap kerugian
    c. Ambang kesalahan yang mungkin timbul ketika memprediksi kerugian
    d. Keragaman aset yang dimiliki penanggung
  18. Pernyataan sederhana yang menyebutkan bahwa pihak tertanggung telah melengkapi formulir permohonan dan premi termasuk dalam esensi kontrak :
    a. Tujuan legal
    b. Pertimbangan
    c. Perjanjian yang saling menguntungkan
    d. Kapasitas legal
  19. Tindakan terhadap pelanggaran peraturan industri asuransi jiwa sanggup diambil oleh :
    a. Pihak tertanggung
    b. Dewan / departemen isyarat etik
    c. Agen
    d. Pemegang polis
  20. Produksi asuransi yang berafiliasi dengan investasi merupakan produk yang terdiri dari pembayaran yang mengcover :
    a. Kematian dan kecelakaan
    b. Pembayaran atas kematian, meninggal akhir kecelakaan ditambah elemen investasi.
    c. Hanya janjkematian masuk akal dan kecelakaan
    d. Meninggal akhir kecelakaan dan penyakit
  21. Dalam asuransi jiwa, keahlian seorang dokter yakni :
    a. Aset bayangan / foreshadow
    b. Aset aset fisik / physical
    c. Aset positif / tangible
    d. Aset tidak berwujud / intangible
  22. Departemen apakah yang mengurusi bobot kesalahan bagi biro ?
    a. Departemen keagenan
    b. Departemen kepatuhan
    c. Departemen asuransi
    d. Departemen HRD
  23. Apakah yang dimaksud dengan fidusia ?
    a. Departemen yang mengurusi hal hal legal dalam asuransi jiwa
    b. Pihak yang sanggup mendapatkan amanah / seseorang yang posisi dan tanggung jawabnya melibatkan iman dan keyakinan yang tinggi.
    c. Orang / pihak yang mengatur dan memonitor kepatuhan biro dalam menjalankan isyarat etik
    d. Orang atau perusahaan yang secara sengaja atau tidak sengaja melanggar isyarat etik asuransi.
  24. Manakah pernyataan yang benar berikut ini mengenai proses penjualan asuransi jiwa?
    1. Tugas biro untuk menjual asuransi telah selesai sehabis terjadi kesepakatan
    2. Tugas biro yakni melaksanakan wawancara dengan calon nasabah
    3. Apabila nasabah mengajukan keberatan, biro tidak perlu berargumen.
    a. Hanya no 1 benar
    b. Hanya no 2 benar
    c. Hanya no 3 benar
    d. No 2 dan 3 benar
  25.  Pada prinsipnya inspirasi kerja asuransi jiwa yakni :
    a. Menghilangkan dampak resiko
    b. Meminimalkan dampak resiko
    c. Menimbulkan dampak resiko
    d. Menghindari dampak resiko
  26. Agen asuransi yakni :
    a. Orang yang menjual produk asuransi jiwa kepada penanggung asuransi
    b. Orang / tubuh yang pekerjanya membeli jasa asuransi untuk dan atas nama perusahaan asuransi yang diageninya.
    c. Orang yang mewakili dan bertanggung jawab pada pemberi kuasa / perusahaan asuransi di mana ia bekerja.
    d. Orang yang menjual produk asuransi jiwa kepada penanggung asuransi
  27. Menghidupkan kembali polis yang sudah beberapa bulan tidak dibayar preminya merupakan bab dari kegiatan :
    a. Pelayanan klaim
    b. Pengembangan calon nasabah gres / referensi
    c. Pemulihan
    d. Reselling
  28. Uang pertanggungan dari penanggung sanggup dikenakan pajak pada aspek manfaat tabungan :
    a. Ketika pembayaran dilakukan sehabis 3 tahun
    b. Ketika tidak ada pembayaran
    c. Ketika pembayaran dilakukan < 3 tahun
    d. Ketika pembayaran dilakukan pada janjkematian tertanggung
  29. Tugas departemen keagenan yakni sebagai berikut, kecuali :
    a. Mengangkat biro dan supervisor agensi
    b. Supervisi dan membantu semua yang berafiliasi dengan penjualan
    c. Merekomendasikan tingkat bonus untuk dideklarasikan
    d. Mengelola kegiatan kontes / insentif penjualan bagi agen
  30. Manakah pernyataan yang benar berikut ini mengenai regulasi dalam industri asuransi
    1. Setiap terjadi pelanggaran harus segera dilaporkan kepada polisi
    2. Setiap terjadi pelanggaran harus dilaporkan kepada dewan/departemen isyarat etik
    3. Keluhan yang terjadi setiap ketika merupakan tanggung jawab dewan / departemen isyarat etik
    a. Hanya nomor 1 benar
    b. Hanya nomor 2 benar
    c. Hanya nomor 3 benar
    d. Nomor 2 dan 3 benar
  31. Dokumen yang tidak dibutuhkan ketika melaksanakan klaim janjkematian :
    a. Dokumen polis dan nomor polis
    b. Ijasah pendidikan
    c. Identitas diri
    d. Bukti hubungan keluarga
  32. Agen perlu melanjutkan hubungan dengan nasabah sehabis ia menyerahkan polisnya semoga :
    a. Membantu pemegang polis menjual kembali polisnya.
    b. Nasabah akan menghubunginya lagi jikalau ia ingin perlindungan tambahan
    c. Agen sanggup naik pangkat
    d. Diharapkan nasabah akan memberi tips
  33. Agen harus memperbaharui lisensinya setiap selang berapa tahun ?
    a. 10 tahun
    b. 2 tahun
    c. 5 tahun
    d. 3 tahun
  34. Mana yang bukan kiprah biro ?
    1. Melakukan pelayanan purna jual
    2. Menawarkan produk asuransi jiwa kepada calon nasabah
    3. Melakukan pembujukan kepada calon nasabah dengan hadiah
    a. Pernyataan 2 dan 3
    b. Pernyataan 3 dan 1
    c. Pernyataan 3
    d. Pernyataan 1
  35. Menurut ketentuan pasal pajak pendapatan, pembayaran yang dilakukan oleh penanggung kepada perseorangan yang mengikuti asuransi jiwa :
    a. Tidak perlu membayar pajak
    b. Atasan dipajak
    c. Dapat memperoleh dispensasi pajak
    d. Dapat dikenakan pajak sepenuhnya
  36.  Total investasi yang dilakukan di luar negeri oleh perusahaan asuransi tidak sanggup melebihi batas ketentuan :
    a. 15 % dari jumlah investasi
    b. 20 % dari jumlah investasi
    c. 50 % dari jumlah investasi
    d. 75 % dari jumlah investasi
  37. Transparansi gosip materi mengenai produk asuransi jiwa diungkap dalam :
    a. Halaman muka
    b. Brosur
    c. Polis
    d. Formulir pendaftaran
  38. Mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan keuangan calon nasabah merupakan bab dari proses :
    a. Pertanyaan ketika melaksanakan wawancara
    b. Pendekatan terhadap calon nasabah
    c. Pra pendekatan terhadap calon nasabah
    d. Penyelesaian dari keberatan calon nasabah
  39. Agen yang membantu nasabah membeli polis gres sedang melaksanakan pelayanan :
    a. Pengembangan calon nasabah gres / referensi
    b. Pelayanan klaim
    c. Reselling
    d. Pemulihan
Jawaban:
  1. c. Pada ketika jatuh tempo
  2. c. Adanya ketergantungan keuangan antara pemegang polis dengan tertanggung
  3. a. Untuk dukungan terhadap resiko sebagai investasi
  4. c. Backdate
  5. c. Ketika semua persyaratan dipenuhi
  6. c. Law of large numbers
  7. c. Produk unit link
  8. c. Baik pada ketika janjkematian tertanggung maupun jikalau masih hidup pada tamat masa polis
  9. d. Orang berilmu balig cukup akal yang sehat mental dan fisik
  10. a. Orang netral terhadap resiko
  11. b. Menggantikan aktivitas dukungan pemerintah
  12. a. Pemegang polis
  13. d. Pihak penanggung memberi komitmen dengan paksaan secara legal
  14. c. Instrumen yang menggabungkan asuransi dengan investasi
  15. d. Pemegang polis meninggal di dalam masa polis
  16. d. Pemegang polis bertahan hidup hingga tamat masa polis
  17. d. Keragaman aset yang dimiliki penanggung
  18. b. Pertimbangan
  19. b. Dewan / departemen isyarat etik
  20. b. Pembayaran atas kematian, meninggal akhir kecelakaan ditambah elemen investasi.
  21. d. Aset tidak berwujud / intangible
  22. b. Departemen kepatuhan
  23. b. Pihak yang sanggup mendapatkan amanah / seseorang yang posisi dan tanggung jawabnya melibatkan iman dan keyakinan yang tinggi.
  24. c. Hanya no 3 benar
  25. b. Meminimalkan dampak resiko
  26. c. Orang yang mewakili dan bertanggung jawab pada pemberi kuasa / perusahaan asuransi di mana ia bekerja.
  27. c. Pemulihan
  28. c. Ketika pembayaran dilakukan < 3 tahun
  29. c. Merekomendasikan tingkat bonus untuk dideklarasikan
  30. b. Hanya nomor 2 benar
  31. b. Ijasah pendidikan
  32. b. Nasabah akan menghubunginya lagi jikalau ia ingin perlindungan tambahan
  33. b. 2 tahun
  34. c. Pernyataan 3
  35. a. Tidak perlu membayar pajak
  36. b. 20 % dari jumlah investasi
  37. b. Brosur
  38. c. Pra pendekatan terhadap calon nasabah
  39. c. Reselling

Subscribe to receive free email updates: