Soal Pemasaran Strategik Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pemasaran Strategik Beserta Jawaban
  1. Bentuk reaksi terhadap penetapan taktik harga dimana pesaing kecil umumnya mengikuti harga yang ditetapkan pesaing lebih besar disebut dengan...
    a. Coperative pricing
    b. Adaptive pricing
    c. Opportunistic pricing
    d. Predatory pricing
  2. Penggunaan teknik harga dengan cara menurunkan harga merek populer atau produk yang sensitif terhadap harga untuk meningkatkan kunjungan konsumen disebut sebagai..
    a. Harga penglaris (loss-leader pricing)
    b. Special-event pricing
    c. Cash-rebate
    d. Longer payment terms
  3. Kelompok pembeli yang berbeda dikenakan harga yang berbeda, yakni merupakan teknik diskriminasi harga berdasarkan ...
    a. Segmen
    b. Bentuk produk (product-form pricing)
    c. Lokasi (location pricing)
    d. Waktu (time pricing)
  4. Proses menjabarkan pesan ke dalam simbol-simbol berupa kata-kata lisan, tulisan, bahasa isyarat, lambang, gambar, warna, maupun kombinasinya disebut sebagai...
    a. Sender
    b. Receiver
    c. Encoding
    d. Decoding
  5. Medium yang memungkinkan perusahaan memberikan pesan berulang-ulang atau yang memungkinkan iklan disaksikan berulang-ulang dalam karakteristik iklan merupakan pengertian dari...
    a. Presentasi publik
    b. Pervasiveness
    c. Dramatisasi pesan
    d. Impersonalitas
  6. Jumlah orang yang terekspos media yang memenuhi karakteristik sebagai audiens yakni pengertian dari...
    a. Sirkulasi
    c. Audiens
    c. Audiens efektif terekspos media
    d. Audiens efektif
  7. Yang dimaksud dengan penjualan solusi adalah...
    a. Produk diadaptasi dengan kebutuhan klien dan harga merupakan hal kedua dibanding keberhasilan aplikasi produk
    b. Penjualan didasarkan pada harga dan produk yang diperjualbelikan berupa komoditi
    c. Dalam situasi penjualan, harga dan fitur sama-sama penting
    d. Situasi-situasi mencakup korelasi serupa konsultan yang memakai pendekatan tim
  8. Public Relations sudah menemukan penyebab timbulnya permasalahan dan sudah siap dengan langkah-langkah pemecahan atau pencegahan, hal ini merupakan tindakan pada tahap...
    a. Mendefinisikan permasalahan
    b. Perencanaan dan program
    c. Aksi dan komunikasi
    d. Evaluasi program
  9. Saluran pemasaran untuk bisnis tingkat dua terdiri dari…
    a. Produces -> customers
    b. Producer -> retailer -> customers
    c. Producer -> representative -> biro -> customer
    d. Producer -> representative -> customers
  10. Memilih pasar target terbatas (tidak semua segmen) untuk pemasaran produk gres atau dengan menentukan satu atau beberapa segmen untuk dimasuki dan dikuasai, yakni merupakan strategi…
    a. Penetrasi pasar secara massal (mass-market penetration)
    b. Penetrasi ceruk pasar (niche penetration)
    c. Skimming dan keluar dari pasar dengan cepat (skimming and early witdrawal)
    d. Memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresif
  11. Ilustrasi berikut yang menggambarkan susukan pemasaran dengan taktik distribusi selektif, adalah..
    a. Pasta gigi Pepsodent yang sanggup ditemukan pada warung kumuh hingga pada sentra perbelanjaan mewah
    b. Kemeja Arrow hanya ada atau dijual di departemen store kelas menengah ke atas, dan tidak dijual pasar-pasar tradisional
    c. Pakaian rancangan Giovany Versace hanya dijual pada satu butik di Jakarta
    d. Telepon seluler premium Vertu hanya ada dijual pada dua sentra perbelanjaan mewah
  12. Perilaku konsumen terhadap produk yang menggambarkan produk diklasifikasikan sebagai Specialty product, adalah..
    a. Memiliki preferensi merek/berkeliling untuk mencari harga/layanan terbaik
    b. Memilih produk dari antara produk-produk yang tersedia pada toko yang paling gampang didatangi
    c. Menyukai toko tertentu/mempertimbangkan banyaknya pilihan produk dalam menetapkan toko yang didatangi/merek belum pasti
    d. Menyukai toko tertentu/tidak peduli terhadap merek
  13. Kriteria yang mempertimbangkan bagaimana perusahaan sanggup menyesuaikan taktik pemasaran apabila terjadi suatu perubahan, yakni kriteria...
    a. Kriteria ekonomi
    b. Kriteria adaptif
    c. Kriteria pengendalian
    d. Alternatif II dalam kriteria pengendalian
  14. Produsen memberikan keinginannya dalam hal cakupan pasar, tingkat inventory, pengembangan pasar, pencarian pelanggan, layanan dan sumbangan teknis, serta gosip pasar, yakni merupakan cara yang sanggup dilakukan untuk memotivasi anggota susukan melalui...
    a. Kerjasama
    b. Kemitraan
    c. Pemrograman distribusi
    d. Evaluasi anggota saluran
  15. Ford Corporation bekerja sama dengan Mazda Corporation. Kedua korporasi menciptakan produk bersama, untuk pasar Amerika diberi merek Ford dan didistribusikan Ford Corporation dan untuk pasar Jepang mereknya Mazda dan distribusinya di bawah bendera Mazda Corporation. Ilustrasi tersebut menggambarkan tipe sistem pemasaran..
    a. Corporate System
    b. Contractual System
    c. Administered System
    d. Sistem Pemasaran Horisontal
  16. Walaupun produk sudah dikenal atau disadari keberadaannya, supaya cepat tersebar, harus diusahakan supaya konsumen bisa membelinyA. Taktik yang sebaiknya dipakai berdasarkan Walker et al. (2003), yaitu...
    a. Menetapkan harga penetrasi
    b. Meluncurkan iklan yang gencar melalui media
    c. Promosi penjualan intensif
    d. Uji coba produk gratis dan pemberian garansi
  17. Kewalahan dengan serangan Kuda, Toyota eksklusif melaksanakan lompatan ke depan, dengan mengeluarkan Kijang Innova, tetap 2000 CC, tetapi sudah memakai teknologi bukaan klep variabel (oleh Toyota disebut VVTi), dengan desain ibarat multi-purpose vehicle (MPV) murni. Hasilnya, tahun 2005 Kuda mengalah dengan menghentikan produksi dan pemasaran KudA. Strategi bertahan yang diterapkan oleh Toyota adalah...
    a. Strategi Pertahanan Posisi
    b. Strategi Pertahanan Sisi
    c. Strategi Konfrontasi
    d. Strategi Ekspansi Pasar
  18. Pada dikala kemunculan DVD menggantikan VCD, secara keseluruhan terjadi penurunan ajakan terhadap CD. Sebagian besar konsumen usang beralih ke VCD atau DVD alasannya kedua format ini menampilkan gambar selain suara, sementara CD hanya menghasilkan suarA. Konsumen gres eksklusif ke VCD atau DVD tanpa melirik CD. Namun, tidak semua konsumen meninggalkan CD. Ada segmen yang tetap mempertahankan CD dengan alasan kualitas musiknya yang lebih bagus. Ukurannya memang kecil tetapi tetap bertahan. Strategi pemasaran bagi perusahaan yang tersisa tersebut adalah…
    a. Strategi Memanen
    b. Strategi Mempertahankan
    c. Strategi Pemain yang Untung
    d. Niche Strategy
  19. Praktek pembuatan harga-harga dengan memakai angka ganjil, contohnya Rp 3.977, Rp15.970, Rp 21.365.000, dan seterusnya, salah satunya bertujuan memberi kesan harga produk lebih lebih murah alasannya belum menyentuh level harga di atasnyA. Model penetapan harga ini digolongkan sebagai jenis teknik...
    a. Value pricing
    b. Perceived Quality Pricing
    c. Odd-pricing
    d. Mark-up pricing
  20. Potongan harga yang diberikan alasannya volume pembelian yang besar disebut sebagai...
    a. Cash-discount
    b. Quantity-discount
    c. Functional-discount
    d. Seasonal Discount
Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: