Soal Pengembangan Sdm Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pengembangan SDM Beserta Jawaban
  1. Tentukan mana yang bukan menjadi pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar….
    a. Menggunakan hasil berguru untuk mencapai kinerja yang lebih baik
    b. Adaptif terhadap lingkungan internal
    c. Mengembangkan kemampuan untuk berguru secara individual dan kolektif
    d. Meningkatkan kapabilitas untuk berubah secara berkelanjutan
  2. Empat tipe pembelajaran yang dikembangkan dalam organisasi berguru sanggup diaplikasikan kepada tiga tingkat akseptor belajar, yaitu…
    a. Individu – organisasi – kelompok
    b. Kelompok – organisasi – individu
    c. Individu – kelompok – organisasi
    d. Organisasi – individu – kelompok
  3. Peningkatan intelektual dan kapabilitas produksi yang diperoleh dari kesepakatan organisasi dan kesempatan untuk melaksanakan perbaikan secara berkelanjutan merupakan salah satu tingkatan berguru atau level of learning, yaitu…
    a. Individual learning
    b. Group or team learning
    c. Learning organization
    d. Organizational learning
  4. Menurut Robinson dalam Marjuki (1992), manfaat training bagi organisasi meliputi…
    a. Alat untuk memperbaiki penampilan/kemampuan individu atau kelompok dengan impian memperbaiki performance organisasi
    b. Memperbaiki perilaku terhadap pekerjaan, pimpinan atau karyawan
    c. Memperbaiki standar keselamatan kerja
    d. Jawaban A, B, dan C semua benar
  5. Anggota tim yang berperan menerjemahkan ide-ide ke dalam realitas sehingga berfungsi sebagai implementator, yaitu…
    a. Ideator
    b. Inventor
    c. Technical gatekeeper
    d. Market gatekeeper
  6. Salah satu metode training karyawan operasional di mana cara pengajarannya yakni dengan menawarkan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari trainee sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu disebut…
    a. Tanya-jawab
    b. Drill
    c. Diskusi
    d. Pemberian kiprah belajar
  7. Salah satu prinsip dalam menciptakan performance sasaran yang efektif yakni setiap pemimpin harus berperan menyerupai seorang ‘coach’, di mana beliau harus memimpin karyawannya untuk menghadapi kompetitor dalam waktu yang sudah ditentukan, yaitu disebut…
    a. Spesific
    b. Agreed
    c. Realistic
    d. Time-bound
  8. Kemampuan yang harus dimiliki seorang manajer dan direktur organisasi, antara lain…
    a. Pandai berfantasi
    b. Berpikir secara lokal dan bertindak secara global
    c. Tidak mendapatkan suasana chaos
    d. Menggerakkan impian dan keyakinan diri para staf
  9. Suatu acara yang mendefinisikan bagaimana tugas, kewenangan, dan sistem diorganisasikan serta diintegrasikan dalam unit organisasi dan pekerjaan individu, disebut…
    a. Pengembangan organisasi
    b. Desain jabatan/organisasi
    c. Perencanaan SDM
    d. Pelatihan dan pengembangan
  10. Konsep yang menawarkan citra mengenai riset SDM dan sistem gosip adalah…
    a. Menentukan kebutuhan, taktik dan filosofi SDM yang utama dalam organisasi
    b. Menjamin kesehatan kekerabatan antar dan intra unit kerja, dan membantu kelompok dalam organisasi memulai dan mengelola perubahan
    c. Menjamin basis data dan gosip SDM dalam organisasi
    d. Menjamin kekerabatan yang sehat antara karyawan dan administrasi dalam organisasi
  11. Salah satu persyaratan yang diharapkan untuk mendukung keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuannya, yaitu...
    a. Misi
    b. Motivasi
    c. Komunikasi
    d. Kapabilitas
  12. Pendekatan yang tidak dipakai dalam membangun organisasi berguru yaitu pendekatan…
    a. Pendekatan sistem
    b. Pendekatan sistematik
    c. Pendekatan proses
    d. Pengembangan organisasi
  13. Semua pekerjaan atau jabatan yang ditangani atau di pegang selama kehidupan kerja seseorang merupakan definisi karier menurut…
    a. Haneman et al. (1983)
    b. Handoko (2000)
    c. Simamora (2001)
    d. Soetjipto, dkk. (2002)
  14. Evaluasi yang berfokus pada pengoperasian pengembangan SDM dengan pemfokusan pada bagaimana dan mengapa pekerjaan tidak sanggup berlangsung, yaitu evaluasi…
    a. Usaha
    b. Proses
    c. Efisiensi
    d. Pelaksanaan
  15. Salah satu level penilaian berdasarkan Kirkpatrick, D. L. yakni level…
    a. Proses
    b. Konten
    c. Dampak
    d. Hasil
  16. Model benchmarking yang paling sederhana berdasarkan Deming terdiri atas 4 tahap yaitu ...
    a. POAC
    b. PDCA
    c. CIPP
    d. ARCH
  17. Elemen utama perencanaan karier yaitu perencanaan karier…
    a. Individual
    b. Organisasional
    c. Internal
    d. Jawaban A dan B, benar
  18. Akuntan dan bankir merupakan referensi dari jenis orientasi pribadi, yaitu orientasi…
    a. Konvensional
    b. Investigatif
    c. Perusahaan
    d. Realistik
  19. Sebuah proses yang dilakukan untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas serta memberi pandangan gres kepada klien untuk memaksimalkan potensi personal dan profesionalnya merupakan esensi dari…
    a. Counseling
    b. Training
    c. Coaching
    d. Controlling
  20. Jenis konseling di mana kiprah konselor cenderung lebih banyak didominasi atau berfokus pada kelancaran kiprah dan fungsi organisasi, yaitu…
    a. Nondirecting conseling
    b. Directive conseling
    c. Cooperative counseling
    d. Noncooperative counseling
  21. Salah satu manfaat dari penilaian pengembangan SDM dan pembelajaran yaitu…
    a. Mempersiapkan pegawai biar bisa mencapai standar kualitas kerja
    b. Menyegarkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki
    c. Menyiapkan pegawai menghadapi pekerjaan baru
    d. Pimpinan lebih bisa memprediksi potensi karyawan
  22. Berikut ini yakni tindakan yang dilakukan para profesional SDM untuk mengatasi kendala pada penilaian pengembangan SDM, kecuali…
    a. Membuat sasaran proporsi training dan anggaran SDM pada proses evaluasi
    b. Melakukan metode Total Quality Management (TQM ) dalam pengembangan SDM
    c. Mendidik para direktur untuk penilaian yang tepat
    d. Meminimalisir pengambilan risiko untuk mencapai tujuan evaluasi
Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: