Soal Paragraf Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Paragraf Beserta Jawaban
  1. Seni teater sudah menjadi cuilan hidup Selvi. Pertama kali ia berkenalan dengan teater ketika duduk di dingklik SMA. Kala itu, ia bergabung dengan komunitas teater di sekolahnya. Teater Rupawan nama komunitasnya. Alasan ia begitu menyukai teater karena di seni itulah ia mempelajari kehidupan. Dengan memerankan bermacam-macam peran, ia sanggup memaknai kehidupan manusia. Teater baginya sudah menunjukkan pelajaran akan kehidupan. 
    Pernyataan berikut yang tidak benar yaitu … 
    a. Selvi menyukai seni teater
    b. Pertama kali Selvi berteater ialah ketika duduk di dingklik SMA
    c. Teater memberikannya sumber pendapatan
    d. Selvi mempelajari kehidupan dari teater.
  2. Tiga pola soal tersebut mengambil ragam soal dengan kutipan paragrafnya. Soal tipe itu akan selalu muncul dalam bermacam-macam tes, baik itu UTS, UAS, maupun UN. Untuk soal nomor 4 dan 5, Quipper Video Blog akan menunjukkan jenis soal wacana pengetahuan akan paragraf deskripsi. 
    Paragraf deskripsi yang tidak disertai opini penulis disebut … 
    a. Deskripsi subjektif
    b. Deskripsi objektif
    c. Deskripsi spasial
    d. Deskripsi waktu
  3. Di bawah ini yang bukan tujuan dari paragraf deskripsi yaitu … 
    a. Memberikan info mengenai objek secara umum dan tidak mendetil
    b. Membuat pembaca mencicipi apa yang penulis rasakan
    c. Menggambarkan atau melukiskan objek tertentu
    d. Menempatkan pembaca seakan-akan melihat objek yang ditulis
  4. Stroke tidak hanya terjadi pada otak. Hal yang sama terjadi pada mata. Stroke di otak terjadi karena adanya sumbatan pernbuluh darah otak. Hal ini sanggup mengakibatkan kelumpuhan sebagian anggota tubuh. Adapun stroke mata terjadi karena adanya kendala suplai darah ke saraf rnata.
    Simpulan isi paragraf tersebut yaitu ....
    a. Gangguan darah menjadi penyebab stroke otak dan mata,
    b. Stroke banyak menyerang otak melalui pembuluh darah.
    c. Stroke sangat berbahaya bagi kesehatan mata. 
    d. Stroke sanggup mengakibatkan kelumpuhan pada anggota tubuh.
  5. Cokelat yang sering meniadi primadona untuk memulihkan rasa stres ternyata sanggup mencegah pertumbuhan nanah yang sedang diderita oleh seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami School of Medicine berhasil menemukan cokelat mempunyai tugas mencegah pertumbuhan jerawat. Responden dalam penelitian tersebut terdiri atas sepuluh laki-laki berusia 18 sampai 35 tahun. Mereka diminta memakan cokelat murni sebanyak tiga sampai empat ons. Setelah itu mereka harus diet selama seminggu. Selama proses diet inilah ditemukan hormon nanah yang kian hari kian memburuk.
    Simpulan isi paragraf tersebut yaitu ....
    a. Cokelat baik untuk memulihkan stres.
    b. Cokelat diteliti oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami.
    c. Cokelat memliki tugas mencegah pertumbuhan jerawat.
    d. Responden mengalami pertumbuhan nanah yang kian memburuk.
  6. Kelapa sawit berbentuk pohon. Tingginya sanggup mencapai 24 meter. Akar serabut tumbuhan kelapa sawit mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar napas yang tumbuh mengarah ke samping atas untuk mendapat komplemen oksigen. 
    Pernyataan sesuai isi paragraf di atas yaitu …. 
    a. Tinggi pohon kelapa sawit mencapai 24 cm
    b. Kelapa sawit berakar serabut
    c. Akar napas kelapa sawit mengarah tegak ke atas
    d. Akar napas kelapa sawit berfungsi untuk mengeluarkan oksigen
  7. Apakah kau tahu? Sayuran hijau mempunyai bermacam-macam manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizinya mirip vitamin, zat besi, dan serat sangat dibutuhkan tubuh kita. Vitamin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat. Zat besi bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, serat sayuran berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi tersebut di antaranya terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, dan daun singkong. 
    Pernyataan yang sesuai paragraf di atas yaitu … 
    a. Sayuran hijau perlu dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi.
    b. Penderita anemia disebabkan jarang mengonsumsi sayuran hijau.
    c. Sayuran hijau mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh.
    d. Kandungan gizi pada sayuran hijau, mirip serat, vitamin, dan zat besi.
  8. Hutan mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kita. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang sanggup mencegah banjir, erosi dan tanah longsor. Hewan-hewan juga sanggup hidup bebas di hutan, kita juga sanggup memanfaatkan hutan sebagai daerah wisata. 
    Pernyataan yang sesuai paragraf di atas yaitu … 
    a. Hutan bermanfaat untuk menghasilkan kayu dari tumbuh-tumbuhan.
    b. Hutan hanya sanggup mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor.
    c. Hutan sanggup dimanfaatkan sebagai daerah wisata.
    d. Bermacam-macam tumbuhan langka hidup di hutan.
  9. Hutan mangrove mempunyai tiga fungsi utama, yaitu fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi. Secara fungsi fisik, mangrove tak hanya melindungi pantai dari erosi saja, melainkan juga menjaga garis pantai supaya tetap stabil dan mengurangi risiko tanggapan imbas tsunami. Fungsi mangrove secara biologis, yaitu sebagai habitat organisme biota maritim yang hidup di padang lamun atau terumbu karang. Selain itu, mangrove berperan sebagai sumber keanekaragaman bagi hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Dalam hal sosial ekonomi, mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencarian, daerah wisata alam, serta objek pendidikan dan penelitian. 
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas yaitu ... 
    a. Mangrove sanggup merangkap sisa-sisa materi organik.
    b. Mangrove sanggup mencegah abrasi.
    c. Mangrove sanggup menjadi habitat organisme biota laut.
    d. Mangrove sanggup mencegah kerusakan ekosistem laut.
  10. Lapisan ozon menipis. Hutan-hutan tropis mulai meranggas. Gurun makin luas. Akibatnya suhu bumi meningkat, cuaca tidak menentu, dan petaka makin sering datang. Kesimpulannya, bumi makin kritis. Siapa bersama-sama yang berperan dalam menimbulkan planet bumi ini menjadi demikian ? Jawabnya tentu insan sendiri!
    Berdasarkan tujuannya, paragraf di atas termasuk paragraf....
    a. Narasi
    b. Deskripsi
    c. Argumentasi
    d. Persuasi
  11. Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci mirip kertas putih. Bayi akan dibuat pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya mirip kertas sanggup diisi dengan banyak sekali hal sesuai dengan harapan pemiliknya. Bila bayi dididik dengan baik mirip kertas yang terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya.Jadi, membentuk kepribadian baik seorang anak menyerupai menulisi kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat.
    Berdasarkan tujuannya, paragraf di atas termasuk paragraf....
    a. Narasi
    b. Eksposisi
    c. Argumentasi
    d. Persuasi
  12. Patih Pranggulang menghunus pedangnya. Ia mengayunkan pedang itu dengan cepat ke tubuh Tunjungsekar. Tapi aneh, sebelum mengenai tubuh Tunjungsekar, pedang itu jatuh ke tanah. Patih Pranggulang memungut pedang dan membacokkan lagi ke tubuh Tunjungsekar.Tiga kali Patih Pranggulang melaksanakan hal itu. Akan tetapi semuanya gagal.
    Berdasarkan tujuannya, paragraf di atas termasuk paragraf....
    a. Narasi
    b. Eksposisi
    c. Argumentasi
    d. Persuasi
  13. Bertanam hidroponik sanggup dilakukan dengan media apa saja, selain itu sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak. Penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil dari bertanam hidroponik tidak kalah dengan penanaman eksklusif di tanah. Meskipun begitu biaya awal untuk menciptakan sistem hidroponik memang agak mahal, tapi ini sanggup diakali dengan memakai bahan-bahan bekas disekliling. Itulah manfaat dan kekurangan sistem bertanam hidroponik.
    Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk paragraf....
    a. Deduktif
    b. Induktif
    c. Campuran
    d. Persuasi
  14. Acara tahun gres di desaku dirayakan dengan meriah. Acara tahun gres tersebut diselenggarakan di lapangan terbuka dengan menggelar konser dan menyalakan kembang api. Banyak orang-orang yang tiba ke lapangan untuk merayakan tahun gres bersama. Namun, kemeriahan tahun gres tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lapangan. Akibatnya banyak sampah masakan dan minuman yang tertinggal sesudah perayaan tahun gres tersebut. 
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas yaitu ... 
    a. Para pengunjung program perayaan tahun gres membuang sampah di daerah sampah
    b. Banyak pengunjung yang tiba di program perayaan tahun baru
    c. Acara perayaan tahun gres dirayakan dengan meriah dengan mendatangkan artis ibu kota
    d. Banyak sampah masakan dan minuman yang dibawa pengunjung sesudah perayaan tahun baru
  15. Eceng gondok dianggap sebagai gulma yang sanggup merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan gampang menyebar melalui akses air. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, eceng gondok yaitu tumbuhan benalu yang hanya mengotori sungai. Eceng gondok sanggup mengakibatkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena ditumbuhi eceng gondok terlalu banyak. Masyarakat di sekitar pinggiran danau juga menganggap eceng gondok yaitu tumbuhan pengganggu yang menghalangi acara mereka di danau. 
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas yaitu ... 
    a. Mengapa eceng gondok dianggap sebagai gulma?
    b. Eceng gondok banyak berkembang biak di akses air
    c. Eceng gondok dikenal sebagai tumbuhan yang mengotori sungai
    d. Eceng gondok dianggap tumbuhan pengganggu di sungai karena menghalangi acara penduduk di danau
  16. Buah nangka mempunyai serat yang rendah kalori. Serat rendah kalori banyak mengandung kalium. Kalium sanggup menurunkan tekanan darah sehingga sanggup mencegah terjadinya penyakit jantung, apalagi yang mempunyai kolesterol tinggi. 
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas yaitu ... 
    a. Serat dalam buah nangka tidak tinggi
    b. Serat buah nangka mengandung kalsium
    c. Kalium sanggup menurunkan tekanan darah
    d. Serat rendah kalori
  17. Seledri merupakan jenis tumbuhan herbal tegak dengan tinggi sekitar 25-100 cm. Batangnya persegi dan berjalur membujur, dengan bunga kecil putih kehijauan. Seledri berbatang kecil, sehingga seluruh bagiannya dipakai sebagai sayur. Cara mengembangbiakkannya melalui biji dan memindahkan anak rumpunnya. 
    Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas yaitu ... . 
    a. Tinggi seledri sekitar 25 – 100 meter
    b. Seledri termasuk tumbuhan herbal
    c. Batang seledri berbentuk lingkaran persegi
    d. Bunga seledri berwarna hijau
  18. Seledri sangat bermanfaat karena mengandung vitamin dan zat gizi. Vitaminnya mirip A, B, dan C. Adapun zat gizinya antara lain serat, sodium, kalium, magnesium, protein. Seledri juga mengandung kalsium, garam pospat, minyak asiri, dan saponin. Karena itu, seledri sanggup menyembuhkan panas anak, reumatik, gagal ginjal, dan lain-lain. Seledri juga sanggup menurunkan kadar asam urat, hormon stres, tekanan darah tinggi, menormalkan gula darah, serta menjaga kesehatan gigi, jantung, tulang, dan kecantikan.
    Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas yaitu ... . 
    a. Seledri mengandung vitamin B, C, dan D
    b. Seledri sanggup menyembuhkan gula darah
    c. Seledri mengandung kalsium dan magnesium
    d. Seledri mengandung vitamin dan zat gizi
  19. Biasanya, tanda-tanda penyakit leptospirosis yaitu tubuh kita demam dengan suhu di atas 38 derajat celcius. Kalau diabaikan dan tidak segera diobati, gejalanya akan meningkat menjadi kejang dan kaku otot. Kita harus tahu tanda-tanda penyakit ini karena jikalau dibiarkan sanggup mengakibatkan kematian. 
    Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas yaitu ... . 
    a. Tikus yaitu binatang penyebar leptospirosis
    b. Gejala leptospirosis yaitu demam dengan suhu 38 derajat celcius
    c. Kalau tidak segera diobati, penyakit leptospirosis akan sangat membahayakan bagi yang menderita
    d. Orang yang tahu tanda-tanda penyakit lepstospirosis tidak sanggup mengakibatkan kematian
Jawabannya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: