Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Audit SDM Beserta Jawaban
- Suatu training dengan kapasitas 50 orang penerima hanya diikuti oleh 40 peserta. Maka tingkat inefisiensi penyelenggaraan training ialah ….
a. 20%
b. 15%
c. 10%
d. 5% - Perusahaan Kokiku mempunyai 200 orang karyawan pada bulan Agustus 2011. Pada Bulan tersebut terjadi 100 kasus karyawan yang meninggalkan jam kerja lebih dari satu jam. Maka tingkat frekuensi mangkir kayawan pada perusahaan tersebut pada Bulan Agustus 2011 ialah ....
a. 0,5
b. 1,0
c. 1,5
d. 2,0 - Karyawan pindah ke perusahaan lain merupakan faktor yang sanggup menghipnotis kebutuhan SDM (input) dalam perusahaan. Karyawan pindah tersebut merupakan pola dari faktor....
a. Eksternal
b. Tenaga kerja
c. Audit pegawai
d. Organisasi - Yang harus diperhatikan dalam melaksanakan audit terhadap proses bisnis rekrutmen adalah....
a. Jumlah dan jenis jabatan
b. Profil jabatan
c. Persyaratan jabatan berbasis kompetensi
d. Jangka waktu dan anggaran - Dalam melaksanakan audit analisa jabatan terkait dengan input, maka auditor perlu memeriksa.... ....
a. Tujuan organisasi
b. Jenis dan jenjang jabatan
c. Uraian jabatan
d. Hubungan kerja - Dalam melaksanakan audit analisa jabatan terkait dengan out put, maka auditor perlu memeriksa.... ....
a. Persyaratan jabatan
b. Tujuan
c. Metode yang digunakan
d. Uraian jabatan - Analisa organisasi terkait visi, misi, target dan taktik perusahaan merupakan salah satu yang harus diperiksa auditor dalam melaksanakan audit terhadap ....
a. Proses bisnis training dan pengembangan SDM
b. Efisiensi dan efektivitas training serta pengembangan SDM
c. Integrasi training dan pengembangan SDM dengan sistem SDM lainnya
d. Praktek training dan pengembangan SDM - Sistem evaluasi kinerja, sistem training dan sistem karir merupakan unsur yang akan diperiksa oleh auditor dalam melaksanakan audit perihal ......
a. Integrasi balas jasa
b. Efisiensi dan efektivitas balas jasa
c. Praktek balas jasa
d. Proses bisnis balas jasa - Menurut Robbins & Judge (2009) reaksi pegawai yang kecewa/tidak memperoleh kepuasan kerja akan menampilkanreaksi pasif menunggu dan tidak berbuat apa-apa, namun terhadap kritik dari pihak di luar perusahaan memperlihatkan reaksi positif, masih mempunyai iktikad terhadap manajemen serta menyerukan bahwa manajemen melaksanakan hal yang benar. Reaksi tersebut dinamakan ....
a. Voice
b. Neglet
c. Loyalty
d. Exit - Model audit SDM yang melihat SDM sebagai suatu keseluruhan, melebihi penjumlahan dari setiap sub sistem SDM yang tercakup di dalamnya disebut model audit SDM berlandaskan ....
a. Aspek strategik
b. Aspek integratif
c. Filosofi spiritual
d. Filosofi holistik - Paradigma usang SDM : ukuran kinerja dipandang dari aspek biaya. Yang termasuk dalam paradigma gres SDM adalah...
a. Perintah dan kontrol
b. Program K3 merupakan bab dari evaluasi kinerja
c. Bertanggung jawab atas kinerja K3
d. Adanya pemberian teknologi - Audit yang menekankan pada penyimpangan dari azas azas yang berlaku disebut...
a. Audit kesehatan azas
b. Audit ketaatan azas
c. Audit inovasi
d. Audit umum - Audit untuk menggali potensi nilai dari perspektif SDM serta berusaha memotivasi, memacu auditee biar mau melaksanakan aneka macam penemuan disebut ...
a. Audit SDM
b. Audit kesehatan azas
c. Audit ketaatan azas
d. Audit inovasi - Salah satu indikator dibawah ini yang umumnya merupakan area sensitif adalah...
a. Modal kerja yang tidak cukup
b. Keuntungan yang meningkat
c. Tingkat kehadiran
d. Kepentingan individu - Menurut Zweel (2000) salah satu keberhasilan perusahaan sangat ditentukan oleh faktor ....
a. Modal kerja
b. Bentuk perusahaan
c. Jaringan perusahaan
d. Penerapan dan pemanfaatan budaya berbasis kompetensi secara maksimal - Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menyusun laporan audit SDM, adalah...
a. Program agresi atau kegiatan tindak lanjut audit SDM
b. Makna laporan audit SDM
c. Bukti - bukti pendukung audit SDM
d. Cara memberikan laporan audit SDM - Salah satu dampak negatif dari kerja lembur yang panjang ialah ....
a. Kebosanan karyawan
b. Diperlukan kotak saran
c. Meningkatnya keluhan karyawan
d. Meningkatnya stress karyawan - PT Halimun pada Bulan September 2011 menerima 40 keluhan dan pengaduan karyawan. Jumlah karyawan pada bulan tersebut 200 orang karyawan. Maka rata-rata karyawan yang mengajukan keluhan dan pengaduan pada bulan tersebut ialah .....
a. 0,1
b. 0,2
c. 0,4
d. 0,6 - Menurut Brian et,all (2001), yang dimaksud dengan core efficiency (efisiensi utama) adalah....
a. Mengukur biaya-biaya pegawai yang terkait eksklusif dengan taktik perusahaan
b. Mengukur biaya training yang dikeluarkan perusahaan untuk meningkatkan kompetensi pegawai
c. Mengukur biaya-biaya honor dan tunjangan serta biaya manajemen lainnya
d. Mengukur biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pengadaan pegawai baru - Karakteristik pekerjaan yang dihargai perusahaan untuk dibayar, ibarat kompleksitas tugas, kondisi pekerjaan, pendidikan dan pengalaman yang dipersyaratkan dan tanggung jawab pekerjaan disebut ...
a. Compensable factors
b. Core efficiency
c. Strategic efficiency
d. Clean wages system - Menurut Brian et all (2001), efisiensi MSDM sanggup dinilai dari efisiensi aspek kunci MSDM, yaitu...
a. Efisiensi pengadaan dan seleksi pegawai
b. Efisiensi pengembangan dan training pegawai
c. Efesiensi utama dan efesiensi strategik
d. Efisiensi kinerja dan efisiensi pelatihan - Paradigma usang Sistem Manajemen: fokus pada hasil dan sistem K3 bersifat paralel. Yang termasuk aspek paradigma gres dari sistem manajemen adalah...
a. Partisipasi dan konsultatif
b. Bangga atas keberhasilan K3
c. Fokus pada proses
d. Menyalahkan korban
Jawabannya Klik Disini