Soal Perencanaan Pemasaran Lengkap Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Perencanaan Pemasaran Beserta Jawaban
  1. Metode penentuan anggaran promosi menurut keseimbangan pangsa bunyi dan pangsa pesaing disebut..
    a. Affordable method
    d. Percentage- of-sales method
    c. Objective -and -task-method
    d. Competitive-parity method
  2. Tahapan respons konsumen pada Model penemuan adopsi adalah..
    a. Kesadaran-Minat-Evaluasi-Percobaan-Adopsi
    b. Kesadaran-Pengetahuan-Kesukaan-Preferensi-Keyakinan-Pembelian
    c. Perhatian-Minat-Keinginan-Tindakan
    d. Keterbukaan-Penerimaan-Respon Kognitif-Maksud-Perilaku
  3. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan anggaran periklanan adalah..
    a. Harga produk pesaing
    b. Jumlah fitur yang ditawarkan
    c. Tingkat kerumitan penggunaan produk
    d. Kemungkinan substitusi produk
  4. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh aktivitas HUMAS yakni berafiliasi dengan tubuh pembuat undang-undang dan pejabat pemerintah, yang disebut dengan...
    a. Lobi
    b. Publikasi produk
    c. Hubungan pers
    d. Komunikasi perusahaan
  5. Strategi yang dipakai oleh pengelola jalan tol, yang mendominasi pasar sehingga pelanggan tidak sanggup berbuat apa-apa tanpa produk tersebut, merupakan teladan dari strategi...
    a. Ceruk
    b. Dimensi
    c. Posisi
    d. Entry
  6. Salah satu tujuan penetapan harga yakni memperoleh keuntungan sebanyak mungkin pada ketika sekarang, tanpa memperhatikan kinerja jangka panjang, hal ini disebut dengan…
    a. Maximum current profit
    b. Maximum current revenue
    c. Survival
    d. Maximum sales growth
  7. Faktor yang menghipnotis elastisitas seruan harga, diantaranya ...
    a. Pembeli cepat dalam mengubah kebiasaan membelinya
    b. Pembeli segera menyadari harga yang lebih tinggi
    c. Pembeli berfikir bahwa harga yang lebih tinggi yakni pantas
    d. Pembeli sadar akan adanya produk pengganti
  8. Kurva pengalaman menawarkan bahwa biaya manufaktur terutama tenaga kerja turun kalau volume...
    a. Stabil
    b. Fluktuatif
    c. Turun
    d. Naik
  9. Dasar perhitungan penetapan harga cost plus adalah...
    a. Biaya manufaktur
    b. Kualitas
    c. Harga pesaing
    d. Economic value to the customer
  10. Suatu akan cepat kehilangan keunikannya dan turun martabatnya sehingga hanya dipandang sebagai satu diantara produk kompetitor apabila...
    a. Pasar potensialnya kecil sehingga akan memancing imitasi
    b. Kompetitor potensial lemah
    c. Tidak diharapkan investasi besar dalam memproduksi dan mendistribusi produk
    d. Paten dan teknologi yang kuat
  11. Suatu perusahaan Handphone memperkenalkan seri barunya dengan harga yang tinggi dan seri ini dilengkapi fitur-fitur canggih. Ketika kompetitor mulai menciptakan handphone yang mempunyai keunggulan serupa, harga handphone seri gres tersebut diturunkan. Strategi harga yang dipakai oleh perusahaan tersebut yakni taktik harga ...
    a. Perkenalan
    b. Yang menyaingi kompetitor
    c. Skimming
    d. Psikologis
  12. Tahapan pertama dalam proses pembelian oleh konsumen adalah...
    a. Evaluasi alternatif
    b. Pencarian informasi
    c. Pengenalan masalah
    d. Penentuan pembelian
  13. Peran wiraniaga untuk menciptakan penawaran yang unik untuk mencocokkanya dengan kebutuhan pembeli, merupakan tugas sebagai...
    a. Penyedia
    b. Prospektor
    c. Prokreator
    d. Pembujuk
  14. Peran wiraniaga dalam mendeskripsikan taktik untuk suatu account merupakan tugas wiraniaga dalam...
    a. Pembuatan peta
    b. Survey
    c. Pembimbingan
    d. Pemecah masalah
  15. Salah satu tanggung jawab tenaga penjualan meliputi...
    a. Mendata jumlah pelanggan
    b. Menentukan kebutuhan dan harapan pelanggan
    c. Membeli barang kebutuhan pelanggan
    d. Memproduksi pesanan pelanggan
  16. Peran imbalan sangat bervariasi dalam memotivasi wiraniaga. Bagi wiraniaga yang lebih senior dan mempunyai keluarga besar, imbalan yang sangat bernilai adalah...
    a. Finansial
    b. Pengakuan
    c. Rasa keberhasilan
    d. Pendidikan lanjutan
  17. Alternatif solusi yang diambil kalau terjadi kesenjangan antara tren/ramalan penjualan dan tujuan perusahaan adalah...
    a. Repositioning
    b. Pengembangan produk baru
    c. Promosi
    d. Diferensiasi
  18. Kesenjangan antara ramalan penjualan dengan tujuan perusahaan, sanggup diisi melalui peningkatan produktivitas, yang salah satunya dilakukan dengan...
    a. Akuisisi
    b. Meningkatkan pangsa pasar
    c. Joint venture
    d. Meningkatkan harga
  19. Strategi yang secara eksplisit mengalokasikan sumber daya untuk mengidentifikasi dan menangkap kesempatan serta mengantisipasi insiden yang tidak menguntungkan disebut strategi...
    a. Reaktif
    b. Proaktif
    c. Defensif
    d. Imitatif
  20. Berdasarkan Matriks Analisis Portofolio, perusahaan yang mempunyai daya tarik pasar tinggi dan kekuatan bisnis tinggi, sanggup menerapkan taktik ...
    a. Mempertahankan posisi pasar
    b. Mendapatkan keuntungan
    c. Berinvestasi untuk pertumbuhan
    d. Mencari kesempatan
  21. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang Jawab:
    Benar perihal daur hidup produk yakni ...
    a. Pada tahap pertumbuhan, promosi berfungsi untuk membangun kesadaran terhadap produk
    b. Tahap perkenalan merupakan tahapan biaya rendah untuk pemasaran
    c. Pada tahap pertumbuhan, kompetisi semakin memanas dan kompetitor yang kurang efisien akan dipaksa untuk mundur
    d. Produksi akan kembali mengalami kekurangan kapasitas pada tahap penurunan alasannya yakni berkurangnya permintaan
  22. Salah satu bab dari struktur perencanaan pemasaran yakni melaksanakan analisis situasi. Bagian dari lingkungan netral yang harus dianalisis diantaranya...
    a. Demografi
    b. Lingkungan kompetitor
    c. Lingkungan finansial
    d. Faktor sosial dan budaya
Jawaban:
  1. d. Competitive-parity method
  2. a. Kesadaran-Minat-Evaluasi-Percobaan-Adopsi
  3. d. Kemungkinan substitusi produk
  4. a. Lobi
  5. a. Ceruk
  6. a. Maximum current profit
  7. c. Pembeli berfikir bahwa harga yang lebih tinggi yakni pantas
  8. d. Naik
  9. a. Biaya manufaktur
  10. c. Tidak diharapkan investasi besar dalam memproduksi dan mendistribusi produk
  11. c. Skimming
  12. c. Pengenalan masalah
  13. c. Prokreator
  14. a. Pembuatan peta
  15. b. Menentukan kebutuhan dan harapan pelanggan
  16. a. Finansial
  17. b. Pengembangan produk baru
  18. d. Meningkatkan harga
  19. b. Proaktif
  20. c. Berinvestasi untuk pertumbuhan
  21. c. Pada tahap pertumbuhan, kompetisi semakin memanas dan kompetitor yang kurang efisien akan dipaksa untuk mundur
  22. c. Lingkungan finansial

Subscribe to receive free email updates: