Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Perencanaan Pemasaran Beserta Jawaban
- Metode penentuan anggaran promosi menurut keseimbangan pangsa bunyi dan pangsa pesaing disebut..a. Affordable methodd. Percentage- of-sales methodc. Objective -and -task-methodd. Competitive-parity method
- Tahapan respons konsumen pada Model penemuan adopsi adalah..a. Kesadaran-Minat-Evaluasi-Percobaan-Adopsib. Kesadaran-Pengetahuan-Kesukaan-Preferensi-Keyakinan-Pembelianc. Perhatian-Minat-Keinginan-Tindakand. Keterbukaan-Penerimaan-Respon Kognitif-Maksud-Perilaku
- Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan anggaran periklanan adalah..a. Harga produk pesaingb. Jumlah fitur yang ditawarkanc. Tingkat kerumitan penggunaan produkd. Kemungkinan substitusi produk
- Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh aktivitas HUMAS yakni berafiliasi dengan tubuh pembuat undang-undang dan pejabat pemerintah, yang disebut dengan...a. Lobib. Publikasi produkc. Hubungan persd. Komunikasi perusahaan
- Strategi yang dipakai oleh pengelola jalan tol, yang mendominasi pasar sehingga pelanggan tidak sanggup berbuat apa-apa tanpa produk tersebut, merupakan teladan dari strategi...a. Cerukb. Dimensic. Posisid. Entry
- Salah satu tujuan penetapan harga yakni memperoleh keuntungan sebanyak mungkin pada ketika sekarang, tanpa memperhatikan kinerja jangka panjang, hal ini disebut dengan…a. Maximum current profitb. Maximum current revenuec. Survivald. Maximum sales growth
- Faktor yang menghipnotis elastisitas seruan harga, diantaranya ...a. Pembeli cepat dalam mengubah kebiasaan membelinyab. Pembeli segera menyadari harga yang lebih tinggic. Pembeli berfikir bahwa harga yang lebih tinggi yakni pantasd. Pembeli sadar akan adanya produk pengganti
- Kurva pengalaman menawarkan bahwa biaya manufaktur terutama tenaga kerja turun kalau volume...a. Stabilb. Fluktuatifc. Turund. Naik
- Dasar perhitungan penetapan harga cost plus adalah...a. Biaya manufakturb. Kualitasc. Harga pesaingd. Economic value to the customer
- Suatu akan cepat kehilangan keunikannya dan turun martabatnya sehingga hanya dipandang sebagai satu diantara produk kompetitor apabila...a. Pasar potensialnya kecil sehingga akan memancing imitasib. Kompetitor potensial lemahc. Tidak diharapkan investasi besar dalam memproduksi dan mendistribusi produkd. Paten dan teknologi yang kuat
- Suatu perusahaan Handphone memperkenalkan seri barunya dengan harga yang tinggi dan seri ini dilengkapi fitur-fitur canggih. Ketika kompetitor mulai menciptakan handphone yang mempunyai keunggulan serupa, harga handphone seri gres tersebut diturunkan. Strategi harga yang dipakai oleh perusahaan tersebut yakni taktik harga ...a. Perkenalanb. Yang menyaingi kompetitorc. Skimmingd. Psikologis
- Tahapan pertama dalam proses pembelian oleh konsumen adalah...a. Evaluasi alternatifb. Pencarian informasic. Pengenalan masalahd. Penentuan pembelian
- Peran wiraniaga untuk menciptakan penawaran yang unik untuk mencocokkanya dengan kebutuhan pembeli, merupakan tugas sebagai...a. Penyediab. Prospektorc. Prokreatord. Pembujuk
- Peran wiraniaga dalam mendeskripsikan taktik untuk suatu account merupakan tugas wiraniaga dalam...a. Pembuatan petab. Surveyc. Pembimbingand. Pemecah masalah
- Salah satu tanggung jawab tenaga penjualan meliputi...a. Mendata jumlah pelangganb. Menentukan kebutuhan dan harapan pelangganc. Membeli barang kebutuhan pelanggand. Memproduksi pesanan pelanggan
- Peran imbalan sangat bervariasi dalam memotivasi wiraniaga. Bagi wiraniaga yang lebih senior dan mempunyai keluarga besar, imbalan yang sangat bernilai adalah...a. Finansialb. Pengakuanc. Rasa keberhasiland. Pendidikan lanjutan
- Alternatif solusi yang diambil kalau terjadi kesenjangan antara tren/ramalan penjualan dan tujuan perusahaan adalah...a. Repositioningb. Pengembangan produk baruc. Promosid. Diferensiasi
- Kesenjangan antara ramalan penjualan dengan tujuan perusahaan, sanggup diisi melalui peningkatan produktivitas, yang salah satunya dilakukan dengan...a. Akuisisib. Meningkatkan pangsa pasarc. Joint ventured. Meningkatkan harga
- Strategi yang secara eksplisit mengalokasikan sumber daya untuk mengidentifikasi dan menangkap kesempatan serta mengantisipasi insiden yang tidak menguntungkan disebut strategi...a. Reaktifb. Proaktifc. Defensifd. Imitatif
- Berdasarkan Matriks Analisis Portofolio, perusahaan yang mempunyai daya tarik pasar tinggi dan kekuatan bisnis tinggi, sanggup menerapkan taktik ...a. Mempertahankan posisi pasarb. Mendapatkan keuntunganc. Berinvestasi untuk pertumbuhand. Mencari kesempatan
- Berikut ini yang merupakan pernyataan yang Jawab:Benar perihal daur hidup produk yakni ...a. Pada tahap pertumbuhan, promosi berfungsi untuk membangun kesadaran terhadap produkb. Tahap perkenalan merupakan tahapan biaya rendah untuk pemasaranc. Pada tahap pertumbuhan, kompetisi semakin memanas dan kompetitor yang kurang efisien akan dipaksa untuk mundurd. Produksi akan kembali mengalami kekurangan kapasitas pada tahap penurunan alasannya yakni berkurangnya permintaan
- Salah satu bab dari struktur perencanaan pemasaran yakni melaksanakan analisis situasi. Bagian dari lingkungan netral yang harus dianalisis diantaranya...a. Demografib. Lingkungan kompetitorc. Lingkungan finansiald. Faktor sosial dan budaya
Jawaban:
- d. Competitive-parity method
- a. Kesadaran-Minat-Evaluasi-Percobaan-Adopsi
- d. Kemungkinan substitusi produk
- a. Lobi
- a. Ceruk
- a. Maximum current profit
- c. Pembeli berfikir bahwa harga yang lebih tinggi yakni pantas
- d. Naik
- a. Biaya manufaktur
- c. Tidak diharapkan investasi besar dalam memproduksi dan mendistribusi produk
- c. Skimming
- c. Pengenalan masalah
- c. Prokreator
- a. Pembuatan peta
- b. Menentukan kebutuhan dan harapan pelanggan
- a. Finansial
- b. Pengembangan produk baru
- d. Meningkatkan harga
- b. Proaktif
- c. Berinvestasi untuk pertumbuhan
- c. Pada tahap pertumbuhan, kompetisi semakin memanas dan kompetitor yang kurang efisien akan dipaksa untuk mundur
- c. Lingkungan finansial